Skip to main content

Posts

Showing posts from April, 2015

Sabtu Seru di Taman Agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru

Sabtu Seru di Taman Agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru Sabtu pagi tepatnya pukul 09.00 saya dan suami tiba di kota Pekanbaru, 3 jam perjalanan rasanya tidak begitu melelahkan. Setelah menyelesaikan urusan di jalan jendral sudirman, kami langsung menuju ke Taman Agrowisata Tenayan Raya. Untuk menuju Taman Agrowisata Tenayan Raya, dari  gedung guru yang ada di jalan jendral sudirman belok kanan, lurus ikuti jalan (namanya jalan parit indah) mentok sampai bertemu dengan jembatan, belok kanan, kurang lebih 2 km sampai lihat plang Taman Agrowisata di sebelah kanan. Saya kira mobil tidak bisa masuk, ternyata bisa, jadi lumayan tidak panas-panasan hehe. Sampai sana ternyata sudah ramai, saya lumayan ketinggalan separo kegiatan anak-anak. Sebagian kelompok ada yang mengitari kebun bawang dan cabe, sebagian lagi ada yang memanen kangkung, seru banget.  Taman Agrowisata Tenayan Raya adalah salah satu tujuan wisata di daerah Tenayan Raya Kota Pekanbaru dengan konsep agro-edukasi. Beberap

#CurhatanRasa Koepoe Koepoe: Cerita Seru dibalik Dapur

A recipe has no soul. You as the cook, must bring soul to the recipe. ~Thomas Keller~ Buat saya, memasak adalah hal yang terkadang menyenangkan, sebaliknya terkadang menyebalkan. Menyenangkan karena mood untuk memasak sedang baik, ingin menikmati satu masakan yang dirindukan, atau sudah bosan jelajah rasa alias makan diluar.  Menyebalkan karena...terlalu banyak mamasukkan garam di masakan, lupa memasukkan garam dan gula, bikin pizza gagal, bikin roti apalagi, super gagal, dan satu lagi yaitu gosong.  Dan, ceritanya bermula dari sini... Me vs My Husband Beberapa hari yang lalu kami pergi ke pasar membeli sayur dan ikan nila, kebetulan suami pingin banget ikan bakar. Sesampainya di rumah saya mempersiapkan bahan-bahan untuk menu hari itu, kulupan kangkung, lalapan dan sambal tomat. Ketika saya mempersiapkan bumbu ikan bakar, tiba-tiba suami nyeletuk "Iwak'e tak bakar yo dek.." , dengan senang hati saya mengiyakan. Artinya setelah sayur dan sambal beres, saya l

Belanja Seru di Shopious

Kalau ada yang tanya, Setiap bulan, Berapa kali sih kamu beli baju??Nggak pakai mikir panjang dan saya langsung jawab, nggak tentu, paling-paling setahun sekali. Saya tipikal perempuan yang nggak terlalu suka belanja, apalagi ngemall, capek aja gitu muterin mall hehe. Beli baju setahun sekali, itupun kalau inget, kalau nggak inget ya nggak beli. Sudah dipastikan baju yang saya pakai ya yang itu-itu saja, tapi sejak tinggal di Siak, gairah untuk belanja online kok semakin menjadi-jadi ya. Apalagi sejak punya akun instagram , ternyata banyak juga ya yang jualan produk di ig, dan saya baru tahu. Pelung jualan di instagram ternyata bagus sekali, produknya lebih bervarian, mulai dari baju sampai home dekor, bahkan meja jadul sekalipun. Dan perlu diketahui bahwa berjualan di instagram memang lebih simpel, karena kita bisa mengupload foto produk kapanpun.  Dan saya sebagai pemilik instagram biasanya hanya menikmati produk atau barang teman-teman dengan hati legowo, gimana nggak legowo, baran

Sudut Kota : Taman Tengku Mahratu

  Karena pada setiap sudut kota, banyak hal yang harus diceritakan.. ~HM Zwan~ Yeay, kembali lagi dengan saya HM Zwan, eaaa... *tabuh gendang*. Kali ini saya akan bercerita tentang sudut kota yang ada di satu kota kecil di Indonesia, namanya Siak Sri Indrapura. Ada yang belum tahu kota Siak di provinsi apa?? Tepatnya berada di Provinsi Riau, kurang lebih 2-3 jam dari kota Pekanbaru. Salah satu sudut kota yang menjadi tempat duduk asik dan santai bersama keluarga adalah Taman Tengku Mahratu. Letaknya di jantung kota Siak, di depan Istana Siak atau disamping lapangan sepak bola. Namanya cantik ya, Tengku Mahratu. Menurut sejarah Kesultanan Siak Sri Indrapura, Tengku Mahratu adalah salah satu istri dari Sultan Syarif Qasim II. Nama panjangnya Tengku Mahratu Syarifah Fadlun  (Permaisuri II).  Tamannya lumayan luas dan bersih, diapit oleh aliran sungai yang mengalir dari sungai Siak, airnya berwarna gelap kalau kita lihat secara kasat mata. Biasanya banyak pemancing yang duduk

H : Hope

“Bahwa Tuhan selalu mengabulkan doa orang-orang yang memiliki keyakinan dan kemauan kuat untuk mewujudkan harapan.”  ~Khrisna Paichara, Sepatu Dahlan~ *******

Banyak yang Nyapa

5 bulan lamanya saya dan suami tidak pulang ke rumah, kasihan rumah yang di Batam. Meskipun ada yang bersihkan setiap seminggu sekali, tapi rasanya kasihan gitu, kurang terjamah dengan baik hehe. Beberapa bunga dan tanaman dedaunan sengaja saya taruh di teras pojok, yang bikin saya sedih adalah ketika satu tanaman bunga cantik yang ada di taman paling depan ludes diinjak-injak anak tetangga, hickz *sakitnya tuh disini*. Ohya satu lagi, pohon kamboja mini cantik yang ada di taman sebelah kiri sempal separo,ternyata ada yang memotongnya. Resiko rumah tanpa penghuni...^^ Banyak yang nyapa Hal yang paling bahagia adalah, ketika kita sudah pindah domisili (tapi rumah masih di daerah tersebut), dan saat kita pulang banyak tetangga yang menyapa dan say hi . - Pas naik motor ke pasar misalnya, saya biasanya lewat blok A/B/C dll. Tiba-tiba ada beberapa ibu yang ngerumpi, kemudian mereka teriak "Heyyyyyy....kapan pulangggg!!!", nyengir, kemudian turun sambil senyum cium tan

Jebakan Kopi Susu Peng

Jebakan Kopi Susu Peng Judulnya nggak nguati ya, jebakan??emang kamu kejebak Em...??sedikit tapi nagih hehe. Baiklah, Jelajah Rasa Nusantara kali ini kita terbang ke Batam hehehe. Ceritanya, akhir bulan  lalu kami pulang ke Batam, seperti biasa tempat wajib yang harus kami singgahi salah satunya adalah RM Mi Tarempa. Entah, kami belum bisa move on dan pindah ke lain hati, karena rasanya dari dua tahun yang lalu tidak pernah berubah. Lokasinya di depan Sincom Panasonic Batam Center, yang selalu ramai dan berjubun pembelinya. Jadi, buat yang punya rencana jalan-jalan ke Batam, wajib kesini ya. Kurang lebih 10 menit dari rumah, pukul 09.00 kami sudah sampai di depan Mi Tarempa. Saya pesan nasi dagang dan luti gendang, suami pingin nyoba mi tarempa basah. Untuk minumnya saya pesan jeruk hangat, suami pesan kopi susu peng, katanya pingin kopi susu gitu. Tidak butuh waktu lama tiba-tiba jeruk hangat datang beserta minuman pesanan suami, saya sempat heran dan saling bertatap muka de

Sudut Kota: Puswil Soeman H.S

Karena pada setiap sudut kota, ada banyak hal yang harus diceritakan.. ~HM Zwan~ Hari ini saya akan bercerita tentang sudut kota yang menarik mata saya untuk melihat lebih dekat satu bangunan megah di tegah-tengah kota, yaitu Pekanbaru. Pertama kali melihat bangunan ini ketika saya jalan-jalan keliling kota Pekanbaru menggunakan bis trans, ada satu bangunan unik yang menarik mata. Letaknya di jalan Jendral Sudirman, tepatnya sebelum atau samping kanan Kantor Gubernur Provinsi Riau.  Usut punya usut, ternyata bangunan tersebut adalah Puswil atau Pustaka Wilayah Soeman H.S Pekanbaru. Ohya, barusan saya bewe ke blognya mbak Lia , ternyata puswil Soeman H.S ini perpustakaan terbesar di Asia Tenggara lo, uwwaaa keren sekali. Next, suatu saat saya ingin masuk ke puswil ini, penasaran sama isi gedungnya.  Bangunanya unik, gagah dan keren sekali. Ini sudut kotaku, mana sudut kotamu?? ****

Foodpanda : Cara Gampang Pesan Makanan Via Online

Assalamualaikum... Lama rasanya nggak ngeblog dan bewe cantik, kurang lebih 10 harian libur ngeblog, libur panjang jadi waktunya jalan-jalan alias meninggalkan sementara kota Siak Riau hehe. Sampai di Batam ternyata hujan, pingin makan yang enak-enak tapi malas keluar rumah. Jadi ingat beberapa waktu sering lihat teman-teman ngobrolin tentang platform pesan antar makanan via online, namanya foodpanda . Nggak perlu susah dan bingung kalau lapar, tinggal buka webnya, bisa lewat komputer atau aplikasi hp, tinggal pesan via online dan tunggu beberapa saat. FYI, foodpanda berdiri sejak tahun 2012 dan sudah memiliki banyak patner. Selain itu, foodpanda juga tidak hanya bisa diakses dengan menggunakan komputer saja,tapi dengan hp smartphone juga bisa. Artinya, bisa pesan dan buka dimana saja, asik kan... Kemarin saya coba aplikasinya, cari kota Batam ternyata belum ada. Atas nama penasaran dan pingin tahu, jadi saya survey dulu webnya, nanti kalau pulang ke Jawa, pingin nyobain foodpan

Tembilahan: Becak Dayung

Hal yang paling dicari saat berada di daerah baru adalah sesuatu yang khas dari daerah tersebut, kalau di Medan terkenal dengan bentornya. Maka, di kota Tembilahan Riau terkenal dengan becak dayung.   Bentuk becaknya pun unik tidak seperti becak yang ada di daerah Jawa Timur atau daerah lainnya. Tau sepeda unto??yang orang Jawa pasti tau, sepeda jaman dahulu yang tinggi dan ada pembatas (besi) dibawah tempat duduk. Bingung ya??gambarnya ada dibawah ini. Sepeda unto yang di gabung dengan becak untuk tempat duduk penumpangnya, unik kan??.  Serba Serbi Becak Dayung 1. Manual : Karena menggunakan tenaga manusia, tega nggak tega, atas nama penasaran dan pingin keliling kota naik becak. Jadi saya dan suami memutuskan untuk keliling kota naik becak dayung, kata bulek saya, sekali jalan bayar Rp 5.000. Kalau nggak tega bisa dikasih lebih ^^. 2. Surat izin : Menurut bapak becak, setiap warga yang punya becak dayung harus memiliki surat izin dari Pemerintah setempat. Wakz, rapi banget y