Friday, 6 March 2015

Tembilahan : Lebih Dekat dengan Kampung Bertuah

Traveling is one of my great passions, and something I do a lot of
~Sabrina Lloyd~

Setelah naik pompong selama kurang lebih 10 menit, akhirnya sampai juga di Kampung Bertuah. Sempat beberapa kali ngobrol dengan bulek yang sudah lama tinggal di sini, saya kira awalnya ini pulau, karena untuk kesini kita harus nyebrang terlebih dahulu. Ternyata bukan, lha terus kalau bukan pulau apa ya??. Ya sudahlah, pokoknya daerah Kampung Bertuah ini luas. Jangan heran kalau sampai sini tidak ada mobil ataupun truk, apalagi bis, nggak ada. Selama perjalanan menuju rumah bulek, saya sempat mbatin dan tanya ke suami, "ini kok jalannya sempit banget mas??kapan lewat jalan lebar". Dengan santai suami menjawab, "Disini jalannya ya kayak gini", wakz, lumayan kaget juga. Jalannya sempit, banyak yang rusak, cukup buat dua sepeda motor, dan dibuat ngebut juga loh sama anak-anak muda, ya ampunnn. 
 Yeay,sampai juga di Kampung Bertuah
 Ini jalannya...beda banget kan sama Siak hehe
 Kelihatan lebar ya kalau di foto,padahal pas untuk dua sepeda motor

Ribuah pohon kelapa dan jambe
Sambil melihat kanan kiri, keadaan dan lingkungan Kampung Bertuah. Sesekali melihat banyak sekali lahan yang ditanami pohon kelapa dan pinang atau jambe. Ternyata, dua pohon itulah yang banyak tumbuh di daerah sini. Istilahnya, mayoritas masyarakatnya memiliki tanaman pohon kelapa dan pinang. Biasanya hasil dari buah kelapa dikirim ke pabrik untuk dijual, buah kelapa diasap, dicungkil isiny, jadilah kopro. Bahan utama membuat minyak kelapa, itupun jika panennya banyak. Tapi jika sedikit biasanya dijual di pasar. Dan saya sempat heran, ketika banyak kulit pohon kelapa dan jambe yang berjejer rapi di depan rumah warga, tau nggak untuk apa??untuk menimbun air bekas banjir. Jadi, di Kampung Bertuah ini sering banjir jika air laut pasang atau ketika turun hujan. Banjirnyapun tidak main-main, kadnag sampai sedengkul.

Kalau buah kelapa dibawa ke pabrik untuk bahan utama minyak sayur, maka buah pohon pinang atau jambepun tidak ketinggalan. Biasanya kalau panen buah pinang, buahnya dijemur dulu, lalu dicongkel dan dibawa ke pabrik untuk dijual sebagai bahan pewarna. Ketika saya tanya beberapa warga yang sempat berkenalan, biasanya buah jambe untuk pewarna tekstil bukan untuk bahan pewarna makanan. 

 Tuh kan??pohon kelapa dan pinang
 Ini tukang sayur

Serba serbi Kampung Bertuah
Selain jalan yang sempit, banyak pohon kelapa dan pinang. Di Kampung Bertuah masyarakatnya dari mana-mana, ada Jawa, ada Bugis, ada Banjar, dan Melayu. Sempat saya bingung pas mendengarkan bulek dan teman-temannya ngobrol, salah satunya, ngobrol pakai bahasa jawa tapi kok tiba-tiba ditengan percakapan ada bahasa lain yang tidak saya kenali. Sampai rumah saya tanya ke bulek, ternyata temannya itu orang Banjar, jadi ngomongnya pakai bahasa campur-campur, ya bahasa jawa, ya bahasa banjar hehehe. Seru ya ternyata, bisa belajar banyak bahasa nih kalau tinggal lama di Kampung Bertuah. Jangan tanya masalah air, mayoritas setiap rumah pasti punya tandon untuk menampung air hujan. Air mandi warnanya seperti air teh atau air laut *lihat gambar paling atas*. Sempat takut gatal-gatal, tapi alhamdulillah aman sentosa hahaha. 
 Kulit buah kelapa dan pinang untuk menimbun air bekas banjir^^
Air mandi di Tembilahan,kayak teh^^

Empat hari di Kampung Bertuah, seru, pengalaman baru bisa berkunjung ke daerah seperti ini. Awalnya tidak ada banyangan kalau daerahnya seperti ini, tapi pengalaman yang menyenangkan. Seru pokoknya....semoga bisa #exploreriau dan Sumatera aamiin. 

Ada yang mau sponsorin saya dan suami #exploresumatera???hayyukk...dengan senang hati hahaha


*****
Ini juga seru...

50 comments:

  1. Waaww!! Ijo royo-royo kambil ijo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih,seger....banyak degan^^

      Delete
  2. Ya Allah... Airnya gak bikin gatel itu??? Kaya genangan mbak... Tp pohon kelapanya bagus ye

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe untung nggak,katany air galengan nggak bikin gatel hehehe

      Delete
  3. Pohon kelapanya banyak kali. Gak takut kejatuhan mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe takut sih tapi gimana lagii

      Delete
  4. Kampung Bertuah ini sudah ada listrik kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah tapi nyala jam 6 sore mati jam 6 pagi

      Delete
  5. Mirip yah dengan Lakkang yang ada di Makassar, awal mau kesana kirain itu pulau soalnya naik perahu kecil yang biasa disebut katinting, ternyata Lakkang. Jadi semacam pulau kecil di tengah sungai :D
    Disana tidak ada mobil juga mba, masyarakatnya bertani, waktu kesana lagi musim padi

    ReplyDelete
    Replies
    1. oowhh..berarti ada juga ya di makasar,makasih sharingnya

      Delete
  6. perjalanan yang berkesan ya mak...lumayan jauh juga..tapi kalau ngga begini jadi ngg tau wajah lain negeri ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,seru mak,pengalaman baru hehehe

      Delete
  7. weeeeeh ,,, klo liat photo2nya ,,, jadi ingt suasana jalnan disulawesi euy ,,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata nggak di riau aja ya hehehe

      Delete
  8. Bagus banget posisi pohon kelapa dan pinangnya. seperti pernah disibak tenaga luar biasa.

    Mbak, jambe dipakai untuk apa di sana? jadi penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak...dikeringin,diual dipabrik buat pewarna tekstil^^

      Delete
  9. Replies
    1. rame mak,cuma pas lagi sepi hehe

      Delete
  10. jalannya kecil banget ya Mbak...hanya pas untuk 2 sepeda motor, kalau hujan pasti licin juga itu

    ReplyDelete
  11. Pemandangannya sangat mendamaikan hati Mba....
    Ini bener2 alami :D

    ReplyDelete
  12. Selalu terpesona dengan kualitas foto yang indah dan menyiratkan banyak cerita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak christanty n mbak niar....hehehe makasih maks^^

      Delete
  13. Jambe... dulu sering dengar kata ini :')

    ReplyDelete
  14. wah, enak nih tinggal metik degan ya kalu disini :)

    ReplyDelete
  15. waah bagusnya mbak... sumatera... btw, sampe sekarang sy gak tau pinang/jambe itu kayak apa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pohonnya kecil diantara pohon kelapa..

      Delete
  16. Aku ga mo nyeponsorin tp mo ikuuuuuutttt

    ReplyDelete
  17. Pemandangannya masih asli khas Indonesia ya Mak.. dimana2 ada pohon kelapa dan pisang... melakukan perjalanan ke tempat seperti ini memberi sensasi yang lain ya... nice post..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak,indonesia bangett...makaish ya^^

      Delete
  18. Ngiri juga sama pengalaman Mbak Hanna .... kalo baca petualangan2 serunya, suka nyesal, kenapa dulu saya gak jalan2 begini ya? padahal dulu ke Riau itu saya masih pengantin baru, si sulung baru lahir di usia 2 tahun pernikahan *hihihihi payah ya*

    Keren Mbak, foto2nya juga keren mudah2an bisa explore seluruh Riau ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe....belum kepikiran mungkin dulu,semoga bisa ke Riau lagi ya mbak^^
      makasih :)

      Delete
  19. pemandangan alamnya indah ya...ada kelapa lagi.....hmmmmmantap dech pokoknya

    ReplyDelete
  20. wah, mandinya pakai air itu mak?

    ReplyDelete
  21. Masih kampung bgt suasananya ya han...seru jalan jalannya.

    ReplyDelete
  22. wah kebun kelapanya amazing banget. Kalo air mandi seperti saya pernah merasakannya sewaktu tinggal di Pontianak. Salam

    ReplyDelete
  23. Soal bahasa, jadi ingat ada sodara dari Sumatra yang menyebut hari jum'at dengan juminten :D

    ReplyDelete
  24. Tanah air kita itu kaya ya mba...

    ReplyDelete
  25. Walah Mbak, masih penasaran aku. Kalau bukan pulau, terus itu apa?
    Menyenangkan sekali ya Mbak, bener-bener spent time di desa :))

    ReplyDelete
  26. Kasihan penduduknya ya mba kalau lagi banjir.
    Buah jambe/pinang bisa dibuat sirup ga sih? Soalnya sy suka beli sirup itu.

    ReplyDelete
  27. Potensi tersembunyi Sumatra yg harus dieksplore luas lagi

    ReplyDelete