Wednesday, 4 March 2015

Tembilahan: Sensasi Naik Pompong

Setelah menempuh  perjalanan jauh Siak - Tembilahan  selama kurang lebih 9 jam, akhirnya pukul 16.00 sampai juga di kota Tembilahan. Kebetulan di kota ini banyak saudara dari keluarga suami, salah satu keluarga dekat ada paklek. Mumpung suami libur 6 hari, jadi memutuskan untuk jalan-jalan ke Tembilahan. Kebetulan adik neneknya suami ada acara besar, pas banget, kumpul dengan saudara yang sudah berpisah selama belasan dan puluhan tahun. Rumah paklek dan saudara di sebrang, jadi harus menyebrang menggunakan pompong atau perahu kecil. Pompong, sebutan untuk perahu kecil di Batam dan Riau, kalau di Jawa namanya perahu. Pukul 18.00 saya, suami dan paklek siap-siap menyebrang ke Kampung Bertuah. Karena mobil tidak bisa menyebrang, jadi suami menitipkan mobil di rumah temannya paklek. Sebenarnya bisa menitipkan mobil di masjid, tapi berhubung waktu itu satpamnya istirahat, jadi suami tidak bisa bertemu dengan satpam tersebut. 

Penyebrangan ke Kampung Bertuah kapanpun bisa dan diantar, jadi tidak usah takut tidak bisa menyebrang ke sebrang. Saya kira pompongnya seperi yang pernah saya naiki dulu waktu menyebrang dari Sekupang Batam ke Pulau Belakang Padang, ternyata ini lebih pendek. Otomatis lebih deg-deg'an, benar-benar memacu adrenalin. Satu pompong bisa menampung kurang lebih 10 - 15 orang dan sepeda motor. Waktu saya naik pompong di Batam, ada terpalnya, jadi tidak bisa melihat pemandangan laut dan sekitarnya. Tapi kali ini pompongnya lebih pendek dan terbuka, jadi otomatis penumpang bisa menyentuh air dan bisa melihat pemandangan sekitar. Deg-deg'an tapi seru, pengalaman yang berbeda. 10 menit berlalu, akhirnya pompong sampai di Kampung Bertuah, biaya naik pompong murmer, hanya Rp 3000 perorang. Murah ternyata hehe..
Sudut Kota Tembilahan
 Siap-siap menyebrang, itu kampung Bertuah
 Naiknya hati-hati ya,goyang-goyang soalnya^^
 Pendek kan??^^
 Banyak tanaman ilong
Yeay,sampai juga di Kampung Bertuah

Akhirnya sampai juga di Kampung Bertuah, tapi, perjalanan belum usai. Tunggu cerita #exploretembilahan selanjutnya ya.
Teman-teman ada yang pernah naik pompong atau perahu kecil nggak??ayo dong cerita..^^


****

64 comments:

  1. kapan kapan ajakin saya naik itu yaa :)
    biar saya juga punya sensasi

    ReplyDelete
  2. Airnya khas daerah sekitas selat melaka ya Mba, coklat susu. Ngomong2 naik pompongnya ga kalah rasanya sama naik wahana di theme park lah ya deg2annya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak,cokelat susu...iya mungkin,pokoknya deg2an serulah hehee

      Delete
  3. wow murah sekali biayannya dan pemandangan juga indah ya hehehe

    ReplyDelete
  4. Saya belum pernah ke Tembilahan hehehe... Tapi kalau naik perahu kecil pernah. Itu juga nyebrang sungai siak. Duluuuuu banget waktu saya masih SD :D

    Waduuuh... sensasinyaaa... ngeri-ngeri sedap yah Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak,deg2an g karuanlah pokoknya hehe

      Delete
  5. Ooohh..pompong tuh perahu bermotor..namanya lucu..hehe

    Kalau disini namanya katinting mba, saya lumayan sering naik waktu tugas di kabupaten yang banyak pulaunya dulu, dengan body yang pendek gitu kadang air laut sampai bisa nyipratin yang di dalam perahu (biasanya kalau ombaknya kencang) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak,wah unik juga ya namanya,,ketinting^^

      Delete
  6. pernah mbak naik begituan pas ke kenjeran, tapi pusing mbak..mau muntah kepala rasanya udah linglung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...iya kalau belum terbiasa suka pusing^^

      Delete
  7. Belum pernah mak, kayanya seru ya bikin deg2an..saya kalo liat laut aja suka was-was...liat air buanyak begitu berasa keciiiil banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak,apalagi pas ditengah laut luas,heum...g aa apa2nyalah

      Delete
  8. Ini salah satu pengalaman seru y mbak. berperahu kecil.... mengunjungi keluarga yg lama tak bersua... ditunggu kelanjutannya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,seru banget mbak....siapp^^

      Delete
  9. Ah jadi ingat naik perahu saat di Ambon. Takut karena tak bisa renang, apalagi kalau pas ombak besar, bisa kesempyok air.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak,apalai kalau kosongan nggak pakai pelampung huhu

      Delete
  10. pernah naik perahu seperti ini di sungai musi, sereeem... bawaanya ngeri aja takut nyemplung ga bisa berenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheeh sama mbak,ngeri2 sedap^^

      Delete
  11. Baru tau disebutnya pompong, hehehe. Kalau naik pompong belum pernah, tapi kalau perahu di Pangandaran pernah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sama acuma yang pomong ini lebih kecil mbak^^

      Delete
  12. belum pernah naik perahuuu...takuuuuutttt. Soalnya berenangku gaya batu hihi....

    ReplyDelete
  13. Itu berarti nyebrang pulau, mba? 9 jam lumayan lama ya. Kayak dari sini ke jkt. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emmm..kata orang situ bukan pulau hehe,iya nyebrang mbak^^

      Delete
  14. Saya sudah 7 tahun Saya pindah dari pekanbaru, dulu sering saya menyusuri sungai siak, sungai kampar, kanal kanal hti dan kebun sawit naik spedd boat atau pompong kalau mau menservis alat berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,berarti sudah pernah naik pompong ya..

      Delete
  15. bener2 pendek ya perahunya..... :)

    ReplyDelete
  16. Aku suka parno kalau naik perahu gitu mak. Takut njempalik padahal aku nggak bisa renang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iy mbak,tapi gimana lagi,harus nyebrang ^^

      Delete
  17. Murah ya naik pompongnya, tapi sereem kalo pas arusnya deras

    ReplyDelete
  18. Air lautnya warnanya coklat ya? Dangkal apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang mayoristas warnanya begini mak,di Siak juga gini warnanya,itu sebelum sampai ke laut lepas

      Delete
  19. pernah naek perahu kecil, tapi gak lama sih
    di pantai wisata di bandar lampung, bisa naik perahu mengelilingi pulau kecil
    seru...sering lihat ubur-ubur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe disini g kelihatan ubur2nya^^

      Delete
  20. wah seru bgt perjalanannya mba..iya penasaran pompong nya muat berapa orang...

    ReplyDelete
  21. Seru yaa naik perahu pompong, kirain tadi kepompong lho mbak. kalau naik perahu kecil pernah mbak waktu di kenjeran :D

    ReplyDelete
  22. Wih ngeri juga ya mba klo naik pompong rada lama gini hihihii... ngebayangin klo njempalik itu loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe lumayan cepet,10 menit^^

      Delete
  23. Dija belom pernah Tante...
    naik perahu kecil wisata di kenjeran, atau di Pantai karanggongso aja dija udah terika teriak takut. hehehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijaa hayyuk ke Riau naik pompong^^

      Delete
  24. Naik perahu kecil, tanpa atap....aku pernah pas msih di banyuwangi [Munca tepatnya]. Saking pengen tahu rasanya berada di tengah laut, jadi sewa perahu kecil, asyik banget di laut terombang-ambing, meski panas terik tp udaranya semilir sejuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheeh sensainya beda banget ya mbak^^

      Delete
  25. saya mah harus siap2 minyak kayu putih nih mak... tapi 10 menit gak lama laah yaa... hihihi

    ReplyDelete
  26. Aku ga berani naik pompong. Takut. Naik speedboat aja nyeri nyeri takut, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe..masih enak speedboat mak^^

      Delete
  27. Aaak aku belum pernah ke Tembilahan :((

    ReplyDelete
  28. saya pernah mbak tapi di laut rasanya mual-mual gak karu-karuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,harus nyiapin minyak kayu putih

      Delete
  29. perjalanan seruuuu...kebayang naik pompongnyaaaa...

    ReplyDelete
  30. Pompong itu perahu kecil ya... Seruuuu...

    ReplyDelete
  31. Ajarin motret dong, Mak Cakep. :)

    ReplyDelete
  32. Oh.. di situ namanya pompong yah. :D Aku gak pernah naik, paling-paling ya nyebrang kali Brantas pake rakit :D

    ReplyDelete
  33. Mbaa, sy mbayanginnya kalo goyang2 kok ngeri ya?
    Plus masuk angin nih kalo sy udah naik hihihi.

    ReplyDelete