Friday, 29 April 2022

Makan Malam di Depot Titin Prasmanan Khas Trenggalek Dekat Terminal Mojokerto

Makan Malam di Depot Titin Prasmanan Khas Trenggalek Dekat Terminal Mojokerto. Assalamu;alaikum sahabat HM Zwan, kali ini HM mau sharing pengalaman makan malam di Depot Titin Prasmanan Khas Trenggalek yang lokasinya di dekat terminal Mojokerto. Sejak tinggal di Gresik Jawa Timur, Alhamdulillah dimudahkan untuk sering berkunjung ke rumah ibu dan ibu mertua. Karena masih satu provinsi, apalagi ibu saya rumahnya di Jombang, yang kalau dari Gresik cuma butuh waktu kurang lebih 2 jam. 

Depot Titin Mojokerto

Kapan hari sebelum puasa saya sempatkan untuk pulang ke rumah ibu, karena berangkat sore sekitar pukul 17.00 jadi kami berencana makan malam di jalan. Nah, saat sampai Kota Mojokerto suami penasaran banget sama salah satu depot yang satu arah, yang setiap kami lewat sini selalu ramai. Dari kejauhan biasanya sudah terlihat bangunan depot dan banyak mobil bahkan sampai bus berjejer di area parkir mobil. Nggak pake lama, akhirnya suami berhenti di parkiran depot.

Tuesday, 26 April 2022

Tips Agar Puasa Tetap Lancar Bagi Penderita Dispepsia

Tips Agar Puasa Tetap Lancar Bagi Penderita Dispepsia. Assalamu'alaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu. Bagi umat muslim, bulan ramadan menjadi momen yang istimewa. Dimana selama 30 hari kita menjalankan ibadah puasa, namun seringkali kita mengalami masalah pencernaan yang biasa disebut dengan Dispepsia atau bahasa awamnya disebut sakit maag. Umumnya muncul  beberapa waktu setelah makan. Tidak bisa dipungkiri, menjalankan ibadah puasa selama sekian jam, ketika tiba waktu buka puasa biasanya kita merasa excited. Rasanya pingin makan semua yang ada di meja makan. Kalap deh pokoknya, ya nggak?

Nah, kalau sudah kalap semua dimakan, biasanya muncul gejala pencernaan yang kurang nyaman. Mulai dari perut terasa kenyang, begah bahkan rasanya kadang sampai pingin muntah, hicks. Karena seringkali mendapatkan cerita bahkan pengalaman sakit perut saat puasa, pada hari minggu lalu tepatnya tanggal 24 April 2022 saya berkesempatan menyimak obrolan seputar Dispepsia bersama dr. Jeff, dr. Michael Rio dan mbk Fiona. 

puasa lancar bagi penderita dispepsia

Monday, 25 April 2022

Resep Pempek Tanpa Ikan

Ada yang suka pempek?ide menu takjil kali ini HM bikin pempek tanpa ikan dengan topping fettuccini. Pempeknya ekonomis banget tanpa ikan, tapi rasanya tetep endeus. Tekstur pempeknya lembut nggak kenyal kayak cilok, jadi enak banget deh pokoknya. Saya buat ini awal puasa, jadi lumayan banget buat stok menu takjil. Jadi 20 menit sebelum adzan mulai goreng pempek, jadi pas adzan maghrib pempeknya masih anget.

Emang enak makan pempek pake fettuccini?

Eits, jangan salah..enak banget lho ternyata. Anak saya Aqla aja sampai ketagihan minta pempek terus hahaha. Ini merupakan alternatif lain menikmati pasta, ya istilahnya pasta dengan kearifan lokal kalo kata orang orang hehe. Cara bikinnya juga tergolong mudah, nggak terlalu ribet Insya Allah.

Yuk,bikin Pempek Topping Fettuccini. Cara lain menikmati pasta dengan menu nusantara, pempek. Soal rasa,uwww maknyuss . Cobain yaaa, resepnya ada dibawah ini.

Pempek Tanpa Ikan Topping Fettuccini

By @hm_zwan

Bahan :

200 gr tepung terigu

150 gr tepung tapioka

1 sdt kaldu bubuk

1 sdt garam

1/2 sdt gula pasir

400 ml air 

1 butir telur

4 siung bawang putih (haluskan)

Minyak goreng

Isian :

2 telur,kocok lepas

Topping :

100 gr Fettuccini La Fonte @pastabisa , rebus, sisihkan

Timun, cacah

Cara Membuat :

Siapian panci, masak air,terigu,garam,gula,kaldu bubuk sampai kalis, matikan api. Jika sudah hangat masukkan telur,aduk sampai rata. Masukkan tepung tapioka,uleni. Olesi tangan dengan tepung tapioka,ambil adonan,bentuk bulat lonjong, lubangi tengahnya,beri isian telur,tutup,rebus sampai matang. Angkat,goreng,sisihkan.

Bahan Cuko :

200 gr gula merah

400 ml air putih

2 sdm air asam jawa

1 sdt garam

Bumbu Halus :

15 cabe rawit

6 siung bawang putih

1 sdt garam

Cara membuat :

Masak semua bahan cuko Dan bumbu halus sampai matang,saring, sisihkan.

Penyajian :

Siapkan mangkok, tata pempek, Fettuccini dan timun. Tuang kuah cuko,sajikan.

Friday, 22 April 2022

Resep Nasi Goreng Sambal Roa

Ada yang suka nasi goreng ? Berhubung kemarin buka puasa berdua sama Bubuky, saya bikin #menubukapuasa yang simpel, praktis dan enak tentunya. Baru ingat ternyata punya stok Sambel Roa @roaria_titin akhirnya bikin deh nasi goreng sambal roa. Terakhir bikin nasgor ini 3 tahun yang lalu. Alhamdulillah rindu terobati...

Ada yang tau sambal roa ?Fyi, Sambal Roa merupakan sambal khas dari Kota Manado yang terbuat dari ikan roa asap. Selain rasanya yang khas, harumnya juga berbeda. Kali ini saya bikin nasi gorang sambal roa menggunakan Sambal Roa Ria yang dibuat tanpa pengawet dan Halal.

Sepiring nasi goreng sambal roa ludes nggak pake lama. Karena rasanya yang khas dan enak sekali dibuat nasi goreng, jadi pas sahur bikin lagi saya. Request suami gara-gara dicurhati makan nasgor pake sambal roa, mupeng deh jadinya.

Wednesday, 20 April 2022

5 Menu Takjil Favorit Keluarga

5 Menu Takjil Favorit Keluarga. Assalamualaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Alhamdulillah ramadan berkah, semoga dimudahkan ibadah kita sampai hari kemenangan nanti. Ramadan kali ini cukup istimewa karena untuk pertama kalinya Aqla benar-benar belajar puasa. Jadi excited banget, ya meskipun puasa anak usia 6 tahun masih tahap belajar tapi rasanya berbeda. 

Selama 5 hari ini ada beberapa menu takjil andalan favorit keluarga kami. Menu takjil merupakan kudapan untuk berbuka puasa. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata takjil memiliki arti mempercepat dalam berbuka puasa.Kata ini berasal dari kata 'ajila dalam bahasa Arab yang memiliki arti menyegerakan, sehingga takjil bermakna perintah untuk menyegerakan untuk berbuka puasa. Adapun menu yang biasa kita nikmati saat berbuka puasa identik dengan kudapan yang rasanya manis ataupun gurih. Seperti kolak, es campur hingga gorengan.

Nah, ngomongin soal menu takjil, di keluarga kecil kami punya menu yang jadi idaman selama beberapa hari ini. Bukan hanya saat ramadan tahun ini saja tapi sebelumnya juga menu-menu ini jadi andalan. Mau tahu apa saja menunya, berikut 5 menu takjil favorit kami :

Monday, 18 April 2022

Dari Hobi Menjadi Ladang Rezeki

Dari Hobi Menjadi Ladang Rezeki. Satu hari saya membaca berita, kemudian tertarik dengan tautan videonya yang berisi tentang seorang ibu rumah tangga (Ibu Zuli) punya hobi berkebun di lantai atas rumahnya. Kemudian banyak sekali tawon yang datang, tanpa berpikir panjang ia pun bertanya ke temannya tentang bagaimana budidaya tawon. Singkatnya ibu tersebut akhirnya memiliki usaha madu tawon hasil dari budidaya di area kebun diatas rumahnya. Luar biasa sekali ya, kita tidak akan pernah tau kehidupan kita yang akan datang seperti apa. Dari hal yang kita sukai ternyata bisa mendatangkan rezeki.

Sama halnya dengan hobi yang saya tekuni dari tahun 2009, menjadi Blogger. Hobi menulis apa saja di blog, itupun berawal dari saat saya mengerjakan skripsi. Dapat dosen yang minta ampun killernya, sibuknya sampai sulit sekali ditemui. Banyak teman saya yang sudah putus harapan, tapi saya setiap hari harus sabar menunggu di gedung perpustakaan hanya untuk menunggu kehadiran beliau. Ketika bosan, suntuk saya pergi ke warnet dengan teman satu jurusan, hingga akhirnya saya dibuatkan blog ini dan bertahan sekian tahun sampai detik ini. Alhamdulillah..

Sunday, 17 April 2022

Tips Membuat KRAFT Crolette Untuk Pemula

Ada yang suka omelette?Kali ini HM bikin kreasi KRAFT Crolette (Crown Omelette). Salah satu inspirasi menu spesial ramadan, dibuat dengan bahan yang mudah ditemukan di dapur. Dimasak menggunakan keju asli yaitu KRAFT Cheddar. Selain gampang banget bikinnya,menu Crown Omelette ini memenuhi 50% kebutuhan protein harian & 40% kebutuhan kalsium. Jadi, cocok banget buat menu sahur karena proteinnya dapat membantu menjaga perut tetap kenyang lho.

Yuk,Kenalan dengan KRAFT Crolette

Eits, sebelumnya..apa sih KRAFT Crolette ini?kok sepertinya hits banget akhir-akhir ini. Jujur ya, awal ramadan saya sempat lihat salah satu konten ig Ibu Fatmah Bahalwan yang bikin menu ini. Penasaran tapi sekedar penasaran aja, nggak ada greget bikin ahahaha. 

Jadi, KRAFT Crolette ini adalah omelet yang dihiasi dengan crown atau mahkota, dimana mahkotanya dibuat menggunakan keju KRAFT Cheddar. Dibentuk sedemikian rupa hingga bisa menjadi crown yang cantik.

Lalu, bagaimana cara membuatnya?resepnya seperti apa?yuk,kita intip resep dan cara membuatnya dibawah ini.

 KRAFT-Crolette

Saturday, 16 April 2022

Tips Menjaga Kesehatan Keluarga di Bulan Ramadan

"Ibu, ini hasil lab si adek sudah keluar. Ada flek di paru-parunya, jadi nanti berobat jalan. Sementara adek belum boleh pulang dulu ya bu, nanti siang dokter anaknya kesini" (Perawat, Purwakarta 2017)

Anakku Terkena TBC

Masih teringat jelas kalimat perawat di salah satu rumah sakit swasta di Purwakarta, setelah satu bulan lebih si kecil keluar masuk UGD 3 rumah sakit yang berbeda. Akhirnya hari itu ada kepastian tentang sakit yang dialami oleh anak kami, Aqla. Singkatnya setelah bertemu dengan dokter anak, dipastikan Aqla terkena TBC (Tuberkulosis) yang merupakan infeksi yang paling banyak menyebabkan kematian.

menjaga-kesehatan-keluarga-di-bulan-ramadan

Saat dokter anak menjelaskan penyakit TBC, gejala yang paling umum terjadi hingga ke pengobatan yang membutuhkan waktu cukup lama yaitu 6 bulan. Setiap hari harus minum obat, jika tertinggal satu hari maka pengobatan akan diulang dari awal lagi. Setelah mendengar penjelasan dokter, saya langsung memeluk Aqla. Hancur sekali rasanya hati saya. Saat itu kami sedang di perantauan, hanya kami bertiga tidak ada saudara yang menenami. 

Saat pertama kali memberikan obat ke Aqla yang saat itu usianya baru 2 tahun, saya menagis sekencang-kencangnya saat melihat warna obat yang hampir sama dengan warna obat merah. Iya, warnanya merah merona. Berat rasanya di hari-hari pertama, hampir setiap bangun tidur pagi saya langsung meminumkan obat sambil sesekali menangis. Alhamdulillah ada suami yang selalu menguatkan dan dokter anak yang begitu perhatian ke kami. Bersyukur sekali dokter anak yang menangani Aqla berasal dari Surabaya. Lega rasanya dapat kenalan sesama orang Jawa Timur, berasa udah kenal lama, jadi saya dan suami juga merasa diayomi gitu. 

Baca Juga : Si Kecil Masuk UGD Gara-gara Diare

menjaga-kesehatan-keluarga-di-bulan-ramadan

Thursday, 14 April 2022

5 Menu Buka Puasa Praktis, Enak dan Mudah

5 Menu Buka Puasa Praktis, Enak dan Mudah. Alhamdulillah masih diberi kesehatan di bulan ramadan yang sudah masuk 10 hari kedua. Gimana, masih semangat puasanya?masak untuk menu hari-hari masih semangat juga kan?pasti dong ya, minimal kalau nggak masak kita bisa ngelarisin dagangan tetangga, ya nggak?hehe. Atau kalau sudah bosan beli lauk di luar, kita bisa browsing cari ide menu untuk buka puasa atau sahur yang praktis dan nggak ribet.

Udah kebayang banget kalau puasa itu bawaannya kadang lemes banget, malas masak tapi anak-anak dan suami pingin masak ini itu. Akhrnya masak juga deh. Nah, kali ini HM mau sharing 5 menu buka puasa praktis nggak pake ribet, yang pastinya enak dan mudah cara bikinnya. 

Friday, 8 April 2022

Serunya Main Bola di Alun-alun Bandung

Assalamu'alaikum sahabat HM Zwan, apa kaba?semoga sehat selalu ya. Ada yang pernah jalan-jalan ke Bandung?kapan hari waktu saya cek dan bersih-bersih folder gallery hp, nggak sengaja lihat banyak foto waktu kami liburan di Bandung. Auto nostalgia deh. Kalau diingat-ingat, 3 tahun tinggal di Subang Jawa Barat yang lumayan deket banget sama Bandung tapi baru ngeh ternyata kami baru sekali kesana. Itupun dadakan banget, pas ngobrol berdua sama suami tiba-tiba ngajak jalan-jalan ke Bandung. Yaudah, hayuk aja.


Akhirnya Satu Impian Terwujud, Jalan-jalan ke Bandung

Dua hari explore Bandung rasanya kurang sekali, karea ternyata Bandung itu tempat wisatanya ampun deh banyak banget hahaha. Dimana-mana macet tapi seru aja gitu rasanya. Kurang lebih satu jam perjalanan dari rumah kontrakan sampai di Kota Bandung, karena dadakan saat perjalanan saya cari penginapan. Beruntung banget akhirnya kami dapat penginapan di dekat alun-alun, kurang lebih 1 kilo jalan kaki namanya Bantal Guling Guest House

Review Ecohome Stand Mixer ESM 999