Showing posts with label Resep masakan. Show all posts
Showing posts with label Resep masakan. Show all posts

Tuesday 18 June 2024

Ide Olahan Daging Qurban : Cincang Daging Sapi

Ide Olahan Daging Qurban : Cincang Daging Sapi. Assalamualaikum sahabat HM Zwan, apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Gimana, daging qurbannya sudah dimasak?habis berapa porsi satu hari?hehehe.. Kebetulan kemarin dapet jatah daging sapi, Alhamdulillah. Karena suami masuk kerja, terus lpg habis, mana stok di toko langganan yang antar jemput pesanan ternyata kosong. Jadi baru bisa keluar pas suami pulang kerja. Jadinya masak setelah maghrib hehe.

Friday 22 March 2024

Resep Takjil Gurih : Risoles Mayo

Resep Takjil Gurih : Risoles Mayo. Assalamualaikum sahabat HM Zwan,gimana puasanya?semoga lancar ya. Hayooo,ada yang suka risoles mayo?pecinta camilan gurih pasti pada angkat tangan. Siapa sih yang nggak suka risoles, salah satu camilan gurih yang banyak sekali penggemarnya. Kalau dulu risoles isinya rogut, berupa sayur wortel, kentang dan ayam yang dimasak lalu dibumbui sehingga rasanya gurih cenderung manis.

Saturday 6 January 2024

Ide Bekal Anak : Nasi Kepal Butter Rice Brokoli

Ide Bekal Anak : Nasi Kepal Butter Rice Brokoli. Assalamualaikum sahabat HM Zwan,apa kabar?semoga sehat selalu ya. Btw, selamat tahun baru 2024 teman-teman. Semoga tahun ini semakin sehat,banyak bahagia, rezeki dan pekerjaan yang berkah aamin. Liburan tahun baru dan semester pertama sudah selesai ya,artinya kembali ke settingan awal. Bangun lebih pagi, nyiapin sarapan dan bekal plus jadi macan ternak ya mak's hehe.

Thursday 23 November 2023

Bekal Aqla : Nasi Gurih Sawi

Bekal Aqla : Nasi Gurih Sawi. Assalamualaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Kali ini HM mau sharing resep salah satu menu bekal Aqla minggu ini. Salah satunya ada nasi gurih sawi yang rasanya gurih banget.

Monday 20 November 2023

Tumis Cokak Sawi Ijo Pedas, Nikmatnya Bikin Boros Nasi

Tumis Cokak Sawi Ijo Pedas, Nikmatnya Bikin Boros Nasi. Ada yang suka cokak?Ada yang nyebut cokak,pokak atau cepokak? Yah, intinya yang ijo ijo bulet kecil itulah ahaha.. Kalo di warung Alam Sunda dan warung Bu Imas di Bandung, sayur ini buat lalapan, colek sambel, nikmatnya Masya Allah. Duh, jadi kangen Bandung...

Nah, kebetulan waktu itu dari rumah adik ipar yang mana depan rumahnya ada tanaman cokak yang lebat banget. Akhirnya pas pulang dibawain, kebetulan di kulkas ada cokak dan ikan asin plus sayur koret-koret kulkas yaitu sawi. Akhirnya di eksekusi sama suami ahaha. Karena saya nggak bisa atau belum pernah masak cokak, takut gagal dan nggak enak akhirnya saya serhkan ke suami deh. Jadilah tumis cokak sawi ijo pedas.. Dinikmati sama nasi tiwul, alhamdulillah nikamat sekali. Nikmat plus plus karena dimasakin, jadi tinggal makan heuheu

Monday 13 November 2023

Resep Ayam Bumbu Kuning : Gampang, Praktis dan Enak

Resep Ayam Bumbu Kuning : Gampang, Praktis dan EnakAyam bumbu kuning atau bumbu ungkep gini selain bumbunya praktis,rasanya juga mantul. Sering banget bikin menu ini karena Aqla suka banget dan selalu nambah. Kalau bikin ayam bumbu kuning selalu inget momen waktu Aqla kena TBC kurleb umur 2 thn. BB dr yg gembul banget auto kurus banget karena g mau makan sama sekali.

Friday 1 September 2023

5 Resep Frozen Food untuk Bekal Anak Sekolah

5 Resep Frozen Food untuk Bekal Anak Sekolah. Assalamu'alaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Gimana nih mak's urusan bekal membekal anak sekolah?masih lancar?semoga masih semangat ya bikin bekal buat anak-anak sekolah. Kalau saya Alhamdulillah masih lancar, meskipun hamil mendekati tua ahahaha, tapi momen ini saya puas-puasin dulu sebelum lahiran nanti, Insya Allah. Kalau sudah lahiran pastinya beda ya, apalagi awal-awal masih riweh dan capek pastinya. Jadi sekarang saya usahain bikin bekal buat Aqla, urusan setelah lahiran nanti Insya Allah ikut catering yang ada di sekolah hehe.

Tuesday 18 July 2023

Ide Menu Bekal Sekolah : Mentai Rice Smoked Beef

Ide Menu Bekal Sekolah Praktis : Mentai Rice Smoked Beef. Assalamu'alaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Gimana minggu pertama anak-anak masuk sekolah lagi?Insya Allah mulai rempng tapi bahagia ya bund. Setelah libur nyiapin keperluan anak sekolah selama 2 minggu lebih, sekarang mari balik lagi ke huru hara, drama persekolahan hahaha. Pastinya mulai lagi nyiapin bekal makanan, khususnya buat anak-anak yang sekolahnya full day. Ya nggak bund?. Seperti biasa saya kebetulan Aqla juga mulai masuk SD dan sekolahnya full day, jadi pasti nyiapin bekal snack dan makan siang. Nah, kali ini HM bikin mentai rice smoked beef yang ternyata bikinnya praktis, gampang dan rasanya enak banget. Pantesan banyak banget yang bikin menu mentai rice. 

Tuesday 27 June 2023

Resep Sambal Goreng Tempe Kering

Resep Sambal Goreng Tempe Kering. Salah satu lauk yang sering banget saya buat kalau lagi ada waktu luang adalah sambal goreng tempe kering. Kadang hanya tempe saja, tapi seringnya saya campur dengan kacang tanah goreng dan ikan teri. Rasa manis pedas dan teksturnya yang kering bisa jadi pilihan stok lauk harian. Jadi kalau lagi malas masak atau kehabisan lauk bisa banget makan hanya pakai lauk kering tempe dan kerupuk, tentunya nasi hangat. Uww nikmat hehe..

Tuesday 13 June 2023

Resep Epok Epok : Camilan Gurih yang Banyak dijumpai di Batam

Resep Epok Epok : Camilan Gurih yang Banyak dijumpai di Batam. Ada yang tau epok-epok? Jadi waktu tinggal di Batam, saya sering banget beli epok-epok. Camilan gurih yang banyak dijumpai di penjual jajanan pagi di pinggir jalan raya ataupun pasar. Selain di Batam, epok-epok banyak ditemui di tanah Melayu seperti Negara Malaysia, Singapura dll. 

Thursday 30 March 2023

Ide Menu Buka Puasa : Pindang Iga Khas Ponorogo

Ide Menu Buka Puasa : Pindang Iga Khas Ponorogo. Kalau ngomongin soal pindang, selalu identik dengan makanan khas Palembang. Tapi beda lagi dengan pindang di daerah Jawa Timur khususnya, pindang merupakan ikan yang dibumbui yang kemudian dikukus, biasanya banyak dijual di pasar atau penjual sayur. Tapi sejak menikah dengan orang Ponorogo, ternyata disini ada pindang lain. Yaitu makanan atau olahan daging sapi atau tulang yang dolah dengan bumbu hitam pekat yang berasal dari kluwek. Biasanya bumbu pindang bisa diolah dengan daging sapi ataupun tempe, iya tempe. Pindang daging maupun tempe biasa dijumpai saat ada acara hajatan seperti sunatan ataupun pernikahan.

Pindang Iga Khas Ponorogo

Thursday 23 March 2023

Ide Menu Buka Puasa : Sate Rembiga Khas Lombok NTB

Ide Menu Buka Puasa : Sate Rembiga Khas Lombok NTB. Assalamualaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu. Bulan Ramadahn sudah didepan mata, selain mempersiapkan mental dan fisik. Pastinya yang nggak kalah dipersiapkan adalah mempersiapkan aneka menu berbuka, takjil dan sahur. Ya nggak?kira-kira ada yang sudah bikin meal plan untuk satu bulan kedepan selama bulan puasa?Nah, buat yang belum, sesekali boleh banget nyicil ide menu di buku catatan. 

Resep Ide Menu Buka Puasa : Sate Rembiga Khas Lombok NTB

Thursday 9 March 2023

Mengenal Ayam Lodho : Olahan Ayam Santan Pedas KhasTulungagung yang Bikin Ketagihan

Mengenal Ayam Lodho : Olahan Ayam Santan Pedas Khas Tulungagung yang Bikin Ketagihan. Jika diingat, pertama kalinya saya makan ayam lodho saat setelah menikah. Kebetulan suami berasal dari Ponorogo mepert Trenggalek. Salah satu makanan khas daerah tempat tinggal suami adalah ayam lodho. Lho, kok bisa?bukannya ayam lodho dari Tulungagung?. Betul sekali, ayam lodho merupakan makanan khas Kota Tulungagung. Selain memiliki cita rasa yang khas, perpaduan antara santan yang kental, rempah yang banyak dan rasanya pedas membuat makanan ini disukai oleh banyak orang, terutama mereka yang suka pedas.

ayam lodho

Thursday 1 December 2022

[3] Ide Masak Hari ini : Sayur Bobor Sawi dan Ikan Asin

[3] Ide Masak Hari ini : Sayur Bobor Sawi dan Ikan Asin. Assalamu'alaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Masak apa hari ini bund?kali ini HM masak sayur bobor dan ikan asin. Request suami gara-gara pas telpon ibu (mertua), beliau sedang masak bobor sawi. Akhirnya keesokan pagi minta dibuatin sayur bobor seperti masakan ibu. Pas kebetulan jadwalnya belanja mingguan, jadi langsung cus ke pasar. 

Sayur Bobor Sawi

Thursday 24 November 2022

Review Cookware Set V5491 Vicenza : Panci Tapi Loyang yang Bisa digunakan di Oven

Review Cookware Set V5491 Vicenza : Panci Tapi Loyang yang Bisa digunakan di Oven. Assalamu’alaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Nah, kali ini HM mau review salah satu peralatan masak yang unik yaitu Panci Tapi Loyang, loh, emang ada?ya ada donggg… Maka dari itu, baca sampai selesai ya, mungkin teman-teman ada yang sedang mencari cookware set, siapa tau ini bisa jadi referensi.

Monday 14 November 2022

[3] Ide Menu Bekal Anak : Nasi Kepal Ayam Katsu

[3] Ide Menu Bekal Anak : Nasi Kepal Ayam Katsu. Hari ini anak-anak bawa bekal apa bund?Assalamu'alaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu. Kali ini HM bikin bekal buat Aqla sekolah, berangkat sekolah pukul 06.35 dan pulang pukul 10.10. Kurang lebih 3 jam belajar di sekolah, jadi hampir setiap hari saya bawakan Aqla bekal. Kadang beli tapi seringkali saya bikin sendiri di rumah. Aqla punya riwayat TBC dulunya, jadi setelah sembuh lumayan cukup rentan kalau masalah makanan. Salah makan sedikit, auto batuk, pilek dan radang tenggorokan. Jadi, satu-satunya solusi adalah saya buatkan atau bawakan bekal dari rumah.

[3] Ide Menu Bekal Anak : Nasi Kepal Ayam Katsu

Wednesday 9 November 2022

Mengenal Kwetiau : Jenis Mie Berbahan Utama Tepung Beras

Mengenal Kwetiau : Jenis Mie Berbahan Utama Tepung BerasAda yang suka mie kwetiau? pertama kali makan mie kwetiau waktu tinggal di Batam, diajak suami sarapan di salah satu kedai Mie Tarempa. Langsung jatuh hati dong, dan sampai sekarang hampir tiap bulan pasti masak mie kwetiau. Paling sering dimasak goreng pakai telur atau udang dan yang pasti wajib ada taugenya. Enak banget lho..

Mengenal Kwetiau : Jenis Mie Berbahan Dasar Tepung Beras

Monday 10 October 2022

Iga Masak Pindang Khas Ponorogo

Iga Masak Pindang Khas Ponorogo. Baru ingat kalau resep ini belm HM tulis di blog heuheu. Ada yang sudah nyoba masakan pindang khas Ponorogo?Berhubung stok daging dan iga sapi saat Idul Adha masih ada, akhirnya saya bikin Pindang Iga Khas Ponorogo. Salah satu menu favorit saat pulang ke rumah ibu mertua di Ponorogo. Daging dan iga sapi atau kambing yang dibumbui dengan kluwak lalu dicampur dengan tumbukan kelapa sangrai membuat rasa makanan ini menjadi unik,khas dan nikmat. 

Ada yang tau bumbu pindang?mungkin teman-teman mayoritas taunya pindang itu ikan laut yang dikukus atau masakan dengan bumbu khas daerah Palembang. Tapi pindang yang saya maksud kali ini adalah bumbu pindang khas Ponorogo Jawa Timur. Jika dilihat secara langsung hampir sama dengan rawon, masakan yang berwarna hitam pekat. Tapi bedanya kalau pindang ada campuran kelapa sangrai yang ditumbuk halus. Ada dua jenis pindang, yaitu basah berkuah seperti rawon dan kering yang tidak berkuah. Biasanya dinikmati dengan nasi saja tanpa sayur, tapi kalau saya yang masak biasanya saya tambahi cambah kacang hijau.

Pindang iga khas ponorogo

Friday 23 September 2022

Swanz Ohayo Double Bowl Set : Tempat Bekal Makanan Anti Bocor Berbahan Porcelen

Swanz Ohayo Double Bowl Set : Tempat Bekal Makanan Anti Bocor Berbahan Porcelen. Salah satu permasalahan yang seringkali terjadi saat membawakan bekal makanan untuk anak ataupun suami adalah makanannya tumpah. Tak lain penyebabnya adalah tutup bekal yang tidak pas, sehingga ada celah yang membuat makanan tumpah, bocor atau terkadang sampai tutupnya lepas. Untuk itu, agar bekal makanan yang kita persiapkan sedemikian rupa dari rumah bisa dinikmati oleh anak ataupun suami, yang kita butuhkan adalah tempat bekal makanan yang bagus.

Saat ini banyak sekali tempat bekal makanan dengan berbagai bentuk, model, fitur dan spesifikasi. Selain hal diatas, yang perlu kita perhatikan dalam memilih tempat bekal adalah bahannya, karena setiap bahan memiliki karakter yang berbeda-beda. Seperti plastik, stainless steel, kaca, porselen, dan bahan lainnya. Hal yang menjadi pertimbangan besar saat ini adalah pilih tempat bekal makanan yang anti tumpah atau bocor. Dengan begitu, anak atau suami bisa menikmati makanan dengan baik tanpa takut makananya tumpah di tas.

Thursday 8 September 2022

Resep Bubur Sagu Mutiara, Makin Nikmat Disandingkan dengan Pisang

Resep Bubur Sagu Mutiara, Makin Nikmat Disandingkan dengan PisangAda yang suka bubur sagu mutiara?salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung sagu, berbentuk bulat kecil berwarna merah.  Jika belum dimasak atau diolah sagu mutiara berwarna merah dan putih, yang bisa kita temui di warung, mini market dan sejenisnya. Cara memasaknya pun cukup mudah, pertama didhkan air, kemudian masukkan sagu mutiara, masak hingga sagu berwarna merah. Setelah itu tiriskan lalu siram dengan air dingin, sagu mutiara siap dioalh menjadi berbagai makanan yang enak dan menggugah selera.

bubur sagu mutiara