Monday, 30 January 2017

Serba Serbi Pendatang (Subang Jawa Barat )

Subang Jawa Barat menjadi kota ketiga tempat kami mengadu nasib, duile sinetron banget pembukaannya ya hehehe. Ketika menjadi warga nomaden atau berpindah-pindah, pada akhirnya harus siap dengan segala hal. Mulai dari tempat tinggal sampai budaya, atau kebiasaan yang dilakukan oleh warga asli atau lokal. Beberapa tahun yang lalu, ketika saya dan suami baru tinggal di Kota Siak Riau, sempat juga hal-hal indah dan menarik saya abadikan di blog ini.

Nah, kali ini saya mau sharing serba serbi pendatang di Kota Subang....
1. Adem, sejuk, panas dan nanas. Nah lo!! Pertama kali sampai Kota Subang pukul 00.30, suasananya sepi, yaiyalah malam, eh dini hari ding hehehe. Daerahnya lumayan ramai, banyak angkot warna hijau tua (norak banget, mentang-mentang di Siak nggak ada angkot hehe). Lumayan banyak pohon, masih rindang banget. Karena di Kota Subang banyak pabrik, jadi cuacanya panas banget tapi kalau malam dingin.

Di jalan sering saya temui penjual nanas, saya baru tahu ternyata Kota Subang terkenal dengan nanasnya yang manis. Konon, kata tetangga, nanas yang manis beneran harganya Rp 10.000/buah. Tapi kalau yang nanas biasa, rasanya rada kecut2 seger, perbuah dihargai Rp 1000. Pantesan tetangga sebelah sering banget beli nanas buat rujakan.

2. Teh oh teh
Kalau di Batam, es teh nyebutnya teh obeng. Di Siak Riau, es teh nyebutnya teh es. Ini ngerjain saya atau gimana sih!!!???udah cantik pesan es teh kok malah dibalik, teh es??. Geser dikit agak jauh ke Subang Jawa Barat, pas mau makan malam di sebuah warung tenda, saya dan suami pesan sate ayam plus sup daging, masing-masing satu porsi untuk disantap berdua. Sebelum pesan minum ternyata sudah disuguhi dua gelas teh hangat. Satu porsi sate ayam dan sup daging habis, rasanya mantap dan seger di badan. Setelah makan yang anget-anget dan pedes otomatis haus lah ya, tanpa ba bi bu langsung ambil teh dan glek glek glek.....z z z z blup blup blup.
Beuh, tehnya pahit pemirsah. Eh, tawar ding..
Antara pingin marah tapi haus banget... 

Ternyata disini tehnya tawar, nggak pakai gula. Sempat ngobrol sama ibu dan tetangga kontrakan, memang disini (orang Sunda) kalau bikin teh selalu teh saja tanpa gula. Jadi, buat pendatang yang baru menginjak tanah Jawa Barat, kalau pesan teh kalimatnya seperti ini, "Buk, pesan teh manis.....". Pakai kata MANIS ya, kalau nggak ya minum teh tawar tanpa gula. Ohya, for your information, teh tawar di Jawa Barat rata-rata gratis ya alias nggak bayar.
Peyek jengkol,xixixi

3. Hah, 5000??
Hari kedua tinggal di Jawa, tepatnya Jawa Barat. Ceritanya pagi-pagi saya lapar, maklum ibu menyusui (alesyan yang masuk akal). Akhirnya saya ke warung dekat kontrakan, Alhamdulillah jual nasi...
"Bu, nasi uduknya satu"
"Pake sambel teh?"
"Iya, berapa bu?"
"5000 teh"
Gubrak!!melek merem antara percaya apa mimpi, bahagia apa bahagia banget karena murah meriah. Hari gini nasi uduk 5000an??(maklum, di Siak Riau nasi uduk mentok 9000/10.000an)

Satu pagi, beli bubur ayam...
"Bubur ayamnya satu mang, berapa?"
"5 juta neng..."
"Hah!!??" Lugunya keterlaluan
"5000 neng..."
Duh,Gusti....bubur ayam semangkok penuh, ayamnya banyak, rasanya enak, kerupuknya banyak dihargai 5000?? (Maklum, taunya seporsi 10.000).

Satu hari ke warung lagi, kali ini beli roti tapi pas lihat ada gorengan mendadak geser dikit dan ngambil kresek buat bungkus gorengan.
"Rotinya 2, gorengannya 4, berapa bu?"
"4000 teh"
Tik tak tik tok tik tak tik tok.......
"4000 teh??gorengannya 4!!"
"Rotinya 1000an, gorengannya gopek"
"Gopek??"
"Iya, gopek, 500"
"Ooooo....." kemudian ambil gorengan lagi
Duh, Gusti.....terima kasih sudah mengirim kami ke Jawa, makanan disini murah meriah. Semoga penjual makanan di Jawa rezekinya lancar....
Bahagia itu sederhana, Sesederhana ini...

4. Belajar bahasa sunda
Pindah ke daerah baru, mau tidak mau harus belajar hal baru. Salah satunya belajar bahasa daerah setempat, kebetulan sedang di Jawa Barat, jadi belajar bahasa sunda. Kalau disuruh memilih. Lebih gampang mana, belajar belajar bahasa melayu atau sunda? Bagi saya, belajar bahasa sunda lebih gampang daripada melayu. Karena di dalam kosa kata bahasa sunda ada beberapa kesamaan dengan bahasa jawa, sehingga lebih memudahkan saya dalam mempelajari bahasa sunda. Misalnya... Nggak tahu, bahasa jawa duko, dalam bahasa sunda huruf o diganti a, jadinya duka.

2 bulan tinggal di Subang rasanya cukup betah, karena dekat kampung halaman hehehe. Jadi sewaktu-waktu kalau pingin pulang tinggal wuzzz...

Teman-teman punya pengalaman serupa?ayo dong sharing.

Sunday, 22 January 2017

Bangnana Chips : Ngemil Sambil Berdonasi

Selain camilan berat seperti bakso dan mi ayam. Teman-teman suka camilan apa? Kalau saya suka camilan apapun yang ada bunyinya, "kriuk kriuk kriuk". Seperti kerupuk dan keripik. Pokoknya kalau udah ada camilan ringan di depan mata, rasanya nggak bisa berhenti ngunyah.


Ngomongin soal camilan, saat ini banyak kita temui aneka camilan ringan sederhana tapi menggugah selera. Karena dibalik kesederhanaan ada sebuah ide kreatif dan inovasi yang berbeda dari sang pemilik produk. Contohnya, keripik pisang Bangnana Chips. Dari namanya saja sudah bikin orang penasaran, "Banana chips...eh, bangnana bukan banana....". Siapa sangka bahwa keripik pisang yang sangat sederhana bisa diolah menjadi sedemikian rupa dan banyak yang suka.
Lagi-lagi atas nama ide yang kreatif...

Kelebihan Bangnana Chips
1. Non MSG
2. Pisang digoreng dengan minyak nabati berkualitas tinggi
3. Memberdayakan masyarakat sekitar sebagai karyawan
4. Sudah memenuhi kategori standar food grade
5. Menggunakan pisang pilihan langsung dari petani lokal
6. Tanpa bahan pengawet
7. Aman dikonsumsi oleh anak kecil maupun ibu hamil

Gerakan 500
G-500 adalah gerakan donasi Rp 500 dari tiap pembelian Bangnana Chips untuk pemberdayaan Desa Quran. Di gerakan ini, Bangnana Chips berkolaborasi membangun Desa Quran untuk melahirkan generasi Qurani.

Bangnana Chips 5 Rasa






Beruntung saya bisa kenal dengan mbak Ruru, owner snack sawangan depok. Ohya, buat yang hobi banget usaha camilan, mbak Ruru juga open reseller keripik pisang Bangnana Chips. Untuk infonya bisa langsung tanya-tanya via DM, WA atau BBM Snack Corner Sawangan Depok..
Ngemil sambil berdonasi, kenapa tidak?

Teman-teman ada yang sudah pernah mencicipi Bangnana Chips??

Saturday, 21 January 2017

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Jasa Broker Tanah

Anda mungkin harus setuju, bahwa menjual tanah itu tidak semudah menjual barang lainnya. Maka, wajar saja banyak orang ingin menggunakan banyak cara agar tanah yang dijual dapat cepat terbeli. Salah satu cara yang bisa digunakan saat ingin menjual tanah adalah menggunakan broker properti.

Broker properti yaitu sebutan yang diperuntukkan bagi seorang penghubung antara konsumen serta penjual properti. Atau bahkan juga kita ksering menyebutnya dengan makelar. Broker ini akan mempertemukan serta menemani penjual dan konsumen sampai tercapai kecocokan harga yang sudah disetujui bersama.

Memakai jasa broker jelas dapat memberikan beberapa keuntungan namun pada sisi lain dapat pula menghadirkan kerugian bila Anda tidak jeli serta hati-hati dalam memilih tanah dijual dengan harga terbaik. Oleh karena itu, ketahui dulu keuntungan dan kerugian Anda menjual tanah menggunakan jasa broker tanah.

Berikut ini adalah keuntungan dari menggunakan jasa broker tanah, yaitu:

Peluang Terjual Lebih Cepat
Jaringan pelanggan dari broker property yang sudah berpengalaman menjalin koneksi secara luas tentunya sudah memiliki daftar calon pembeli. Data calon pembeli inilah yang menjadi nilai tambah ketimbang Anda harus menjual secara mandiri dan repot menawarkan tanah hanya pada lingkaran terdekat Anda saja.

Efisien dan Efisien
Selanjutnya adalah efektif dan efisien. Secara efisisen broker akan langsung menawarkan tanah yang dijual kepada data pembeli yang dimiliki. Dari persebaran informasi itulah akan ada filterisasi dari broker untuk menentukan calon pembeli yang bisa diprospek. Dan tentunya peluang terjual lebih besar karena broker juga menyebarkan informasi tanah dijual dengan lebih agresif kepada calon pembeli yang dianggapnya potensial.

Efektif
Hal lain yang tidak kalah penting gunanya broker dalam penjualan adalah kesediaan broker untuk mengurusi masalah administrasi. Bila dikerjakan mandiri, mengurusi permasalahan administrasi penjualan dapat memakan waktu serta biaya. Beda dengan menggunakan jasa broker tanah, Untuk pengurusan administrasi serta appraisal juga semua biaya bakal dijamin agen terlebih dulu.

Kemudian untuk kerugian dari menggunakan jasa broker tanah adalah:

Sistem Terikat
Memakai layanan broker tanah artinya ada perjanjian yang mengikat, terlebih bila broker tersebut bernaung dibawah perusahaan agen property yang berbadan hukum. Jadi biasanya, bila ada konsumen yang datang tanpa melalui broker tanah, proses jual-beli tetap bakal melibatkan broker tersebut.

Komisi
Anda diharuskan menyisihkan komisi pada broker tanah yang sukses menjualkan property Anda. Biasanya, besaran komisi yaitu 2% dari harga jual atau bergantung perjanjian berbarengan.

Resiko Penipuan
Memakai jasa penghubung artinya ada resiko penipuan jika Anda asal-asalan menentukan jasa broker tanah. Oleh karenanya, Anda mesti selektif mempercayakan proses jual-beli pada broker. Jangan sampai broker tersebut tidak serius membantu Anda dalam menjual atau membeli tanah dan justru berniat ingin menipu. Misalnya, broker tanah meminta sertifikat yang asli dan berpotensi untuk disalahgunakan.

Inilah ulasan singkat mengenai keuntungan dan kerugian menggunakan jasa broker tanah untuk mendapatkan tanah dijual yang dapat membantu Anda dalam membeli atau menjual tanah dengan harga terbaik. Tidak ada salahnya menggunakan jasa broker tanah untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi di bisnis property. Tapi, perhatikan dengan baik segala hal untung ruginya.

Disewakan Rumah Beserta Isinya di Batam Center

DISEWAKAN... Rumah lengkap dengan isinya di Hawai Garden - Batam Center, 5 menit dari Bandara.
- Ruang tamu
- Ruang keluarga
- 2 kamar tidur
- 1 kamar mandi
- ruang laundry/mencuci
- Dapur
- Jemuran di samping rumah
Hubungi no berikut : 0813 6499 9310 | 0812 7731 2734


Friday, 20 January 2017

Mau Belanja Hemat?di ShopBack Aja

Satu hal yang membuat saya semakin malas keluar rumah adalah bahwa saat ini semua hal bisa dilakukan dirumah. Mulai dari pesan makanan sampai belanja. Dulu, ketika saya masih tinggal di Kota Siak Riau, paling sering belanja online. Selain karena di Kota Siak belum ada mall, juga jauh dari pusat kota yang ada mallnya. Jadi, lebih memilih belanja online. Belanja kapanpun, dimanapun dan nggak pakai ribet.

Ngomongin soal belanja online, saya baru tahu kalau ternyata ada situs yang ngasih cashback buat kita yang belanja di situs tersebut. Namanya ShopBack, merupakan situs dimana kita kita bisa mencari dan mendapatkan sebuah penawaran dan diskon yang menarik dari sekitar 300 toko, plus cashback. Cashback sendiri adalah pendapatan uang kembali, dimana kita bisa mendapatkan cashback hingga 40%. Sudah belanja dapat cashback pula, jadi kita bisa berhemat.

Toko apa aja yang ada di ShopBack?
Banyak banget, ada sekitar 300 toko di ShopBack. Apa aja ada, mulai dari makanan, kebutuhan rumah tangga, pulsa sampai tiket pesawat. Kita bisa cari toko online langganan via ShopBack, caranya bisa langsung cari berdasarkan A-Z. Atau kalau mau cari tau deretan cashback, kita tinggal klik cashback tertinggi. Kemudian akan muncul deretan cashback tertinggi sampai terendah, lumayan kan bisa buat referensi belanja hemat.

Berikut daftar beberapa toko online di ShopBack :
1. Lazada
2. Bukalapak
3. Orami
4. Blanja
6. Groupon
7. Matahari Mall
8. Agoda
9. Elevenia
10. Tokopedia
Dan masih banyak lagi.

Gimana caranya pakai ShopBack?
1. Login/sign up di ShopBack
2. Pilih toko favorit. Contoh, belanja di honestbee
3. Klik tombol shop now atau belanja sekarang
4. Belanja seperti biasa
5. Lakukan pembayaran
6. Cashback masuk ke akun ShopBack dalam waktu 48 jam

Semakin banyak belanja, tentunya semakin banyak cashback yang masuk. Artinya, kita semakin berhemat dalam belanja. Ohya, for your information, ternyata bulan januari 2017 akan ada banyak promo lo. Bingung kan, bulan januari kok ada promo?. Hayo, lupa ya..kali ini ada dua promo yaitu promo imlek dan valentine. Nah, tunggu apalagi...suka belanja online?di ShopBack-in aja!!

Tuesday, 17 January 2017

Bakmi Lendir : Sajian Kreasi Bakmi Mewah Menggugah Selera

Bakmi Lendir : Sajian Kreasi Bakmi Mewah Menggugah Selera. Kebetulan minggu lalu saya baru pulang ke Batam, sempat kumpul dan sarapan bersama dengan keluarga bulek. Sayang sekali saya tidak beruntung mendapatkan kotak yang berisi mi lendir, dapatnya kwetiau goreng seafood. Sedangkan mi lendir jatuh ke tangan sepupu, hohoho. Nah, kebetulan kemarin siang suami pingin makan mi, pas banget masih ada stok Bakmi Mewah di kardus. Entah tiba-tiba pingin bikin Bakmi Mewah jadi mi lendir. Langsung eksekusi deh di dapur. 

Jika teman-teman pernah mencicipi mi lendir yang populer di Batam,khususnya Tanjung Pinang. Kali ini saya mau berkreasi membuat mi lendir spesial menggunakan Bakmi Mewah. Mi lendir banyak di temui di Kota Batam, ada yang menjajakan di ruko sampai pedagang kaki lima. Mi lendir merupakan Kuliner khas Batam, khususnya daerah Tanjung Pinang. Sajian mi kuning yang diberi kuah kacang kental, taburan cabai rawit potong dan telur rebus. Disebut mi lendir karena tekstur kuah kacangnya yang kental. Ohya, bahan utama membuat kuah kacang menggunakan ubi jalar yang berwarna kuning, atau jika tidak ada bisa diganti dengan kentang. Rasanya tetap enak, kental, manis dan cocok dinikmati dengan mi.
Mengapa harus mi lendir?kan bisa mengkreasikakan Bakmi Mewah dengan berbagai ide menu lain. Lagi-lagi, atas nama rindu menikmati sepiring mi lendir dan entah rasanya sebelum memasak saya sudah bisa membayangkan kenyalnya Bakmi Mewah yang diaduk menjadi satu dengan kuah kacang. Uww, yummmiiii. Dan, ternyata hasilnya memuaskan, banget. Satu hidangan bakmi lendir nggak cukup buat berdua, nyesel banget. Kata suami saya, "Enak ya, Bakmi Mewah dicampur kuah kacang!!!". Biar nggak dibilang hoax, mari berkreasi..

BAKMI LENDIR
Bahan utama yang di perlukan:
1 kotak Bakmi Mewah
Air secukupnya untuk merebus mie

Bahan kuah kacang : 
1 gelas air
3 sdm minyak goreng
50 gr kacang tanah,goreng lalu haluskan
3 sdm gula merah sisir
1 buah kentang,kukus lalu haluskan
1 lembar daun salam
1 batang sereh
2 sdm tepung maizena, cairkan dengan 3 sdm air
Garam secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya

Bahan pelengkap :
75 gr taoge rebus
2 butir telur rebus
Cabai rawit, potong kecil-kecil
Daun bawang, potong kecil-kecil
Kerupuk

Bumbu yang dihaluskan :
1 buah cabe merah
4 siung bawang putih
5 buah cabe rawit

Cara membuat Bakmi Mewah :
Buka kemasan Bakmi Mewah, sisihkan kecap, minyak, sambal dan daging ayam.
Panaskan air sampai mendidih.
Rebus mie dan daun bawang kering ke dalam air mendidih selama kurang lebih 3 menit.
Setelah direbus kurang lebih 3 menit, tiriskan mie dan daun bawang.
Tuang kecap dan minyak, aduk rata. Sisihkan.

Cara membuat kuah kacang :
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun salam dan sereh sampai harum.
Masukkan 1 gelas air, tunggu sampai mendidih.
Masukkan kacang goreng dan kentang yang sudah dihaluskan, gula merah, garam dan kaldu bubuk. Aduk, koreksi rasa.
Masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan dengan air, aduk sampai kental.
Jika rasa sudah ok dan kuah sudah kental, angkat, saring. Sisihkan.

Cara penyajian :
Tata Bakmi Mewah yang sudah direbus diatas piring, tambahkan daging ayam dan sambal, aduk rata.
Tambahkan taoge rebus.
Siram mi dengan kuah kacang.
Beri irisan telur rebus, taburi potongan cabai rawit, daun bawang dan kerupuk.
Bakmi lendir siap dinikmati.

Setelah Bakmi Lendir siap, saya langsung menikmatinya bersama suami. Mencampur jadi satu mi dengan kuah kacang yang creamy dan rasanya enak bangeeet. Serius, enak bangetttt. Terbayar sudah rindu menikmati mi lendir dan bayangan saya mengkreasikan Bakmi Lendir menggunakan Bakmi Mewah. Tekstur mi yang lembut, licin, kenyal, tipis dan tidak mudah putus saat dinikmati. Aromanya pun menggugah selera, apalagi ditambah daging ayam dan jamur asli yang juicy banget di mulut. Hmmmm, sedap mantap!.

Tips membuat kuah kacang
1. Jika tidak ada ubi jalar, bisa diganti dengan kentang rebus.
2.Kentang dan kacang goreng harus dihaluskan sehalus mungkin.
3. Gunakan gula merah agar manisnya pas.
4. Untuk tekstur kekentalan kuah sesuai dengan selera, biasanya ada yang kental sekali ada juga yang sedikit encer. Saya lebih suka yang kental, pas dan cocok banget rasanya jika disatukan dengan mi.

Resep ini recommended banget, buat pecinta Bakmi Mewah yang mungkin bosan dengan menu biasa. Tanpa menghilangkan tekstur mi yang kenyal, licin, tipis dan tidak mudah putus. Dan bikinnya pun mudah dan cepat, nggak butuh waktu lama. Jadi, tunggu apalagi, yuk berkreasi dengan Bakmi Mewah.

Teman-teman ada yang sudah pernah berkreasi dengan Bakmi Mewah??ayo dong sharing...

Tuesday, 10 January 2017

Tips Memasak Pedas Meskipun Cabai Mahal


Minggu ini timeline berserakan dengan curhatan emak-emak tentang mahalnya cabai. Beberapa hari yang lalu, ketika saya beli bakso, ada seorang ibu yang tanya ke amang penjual bakso tentang harga cabai di pasar. Sempat kaget juga, di Subang harga cabai 1/4 Rp 25.000. Untung saya sudah belanja cabai menjelang detik-detik kenaikan harga. Tapi gimana kalau cabainya habis?mau ngga mau kan harus beli untuk keperluan masak memasak. Apalagi saya dan suami setiap hari harus ada sambal. Nggak ada sambal hidup hampa kakak, nah lo, mulai galau.

Karena, menjadi ibu rumah tangga itu harus pintar, katanya. Ketika beberes sayur, saya baru ingat bahwa masih banyak stok cabe merah kering. Nah, ini dia salah satu bahan sumber pedas untuk masakan. Jadi, mendadak hilang kegalauan.

Tips Memasak Pedas Meskipun Cabai Mahal
1. Cabai merah kering
Selain digunakan dalam bentuk segar, cabai merah kering juga menciptakan sensasi pedas untuk masakan. Di pasar banyak dijual, di Subang, satu plastik ukuran 1/4 isinya hampir penuh harganya Rp 5000. Rasa pedas yang ditimbulkan dari cabai merah kering ini sensasinya pedas sekali, seperti pedas cabai dengan merica. Ada dua pilihan mengelola cabai merah kering, pertama bisa langsung di haluskan. Kedua dengan cara meredam terlebih dulu cabai merah kering dengan air hangat, sehingga teksturnya menjadi lembut saat diuleg atau dihaluskan.

Tetangga di rumah kontrakan, amang penjual bubur ayam, menggunakan cabai kering untuk sambal. Itupun tidak sengaja saya melihat rendaman cabai kering di depan rumah. Akhirnya saya ikut-ikutan beli dan mencoba kebenarannya, ternyata benar, luar biasa pedas. Menurut saya, 6 buah cabe merah kering rasanya setara dengan 15 cabai rawit (cabai rawit yang warna hijau).

2. Mencampur cabai basah dengan cabai kering
Ketika harga cabai dipasaran masih naik, dan masih tidak bisa hidup tanpa cabai, sambal atau masakan yang ada sensasi pedasnya. Kita masih bisa mensiasati hal tersebut dengan tetap membeli cabai basah dan cabai kering. Lalu mencampur keduanya dalam masakan kita. 2 buah cabai basah dan 4 buah cabai kering, kalau kurang pedas, INGAT mak, cabai mahal, hehehe.

3. Bumbu non cabai
Ada jahe, dengan rasa panas pedas, merica putih, merica hitam, merica sechuan dan andaliman. Kebanyakan yang sering saya pakai, jahe dan merica. Andaliman adalah rempah masakan khas Batak. Bentuknya mirip merica. Saat segar warnanya hijau, lalu menghitam setelah beberapa lama. Memberi sensasi pedas dan menggetarkan ujung lidah. Sumber : buku Hot & Spicy Recipe MasterChef Indonesia.

4. Bumbu/cabai instan
Kalaupun masih tetap ingin masakan pedas di minggu dimana harga cabai tidak turun-turun, kita bisa mensiasati lagi dengan cara menggunakan bumbu atau cabai instan. Iyes, hidup bumbu instant!!. Karena salah satu tujuan utama para pembuat ide makanan/bumbu instant adalah untuk membantu para ibu rumah tangga, sehingga dalam hitungan menit semua sudah siap.

Bumbu/cabai instant yang bisa dimanfaatkan untuk memberi rasa pedas pada masakan diantaranya, saus cabai saset atau botolan, chili oil, sambal Bangkok (ini enak banget lo..), tabasco, wasabi (sejenis lobak parut yang banyak dipakai di dapur Jepang). Sumber : buku Hot & Spicy Recipe MasterChef Indonesia.  

Nah, gimana??masih galau??. Atau udah pada siap-siap mau ke toko beli tobasco atau wasabi??hehe. Apapun kondisinya, meskipun harga cabai mahal, kita masih bisa masak masakan pedas kok. Pastinya bisa disiasati dengan bahan cabai kering, bumbu non cabai atau cabai instant.
Semoga bermanfaat..

Friday, 6 January 2017

13 Hal yang Dirindukan dari Kota Siak Riau

13 Hal yang Dirindukan dari Kota Siak Riau. Siapa yang tidak tahu Kota Siak, kota kecil di Provinsi Riau. Terkenal dengan julukan Kota Istana, karena di kota tersebut ada Istana Siak, peninggalan kerajaan Siak. Kurang lebih dua jam perjalanan dari Kota Pekanbaru, bisa lebih cepat jika menggunakan mobil pribadi. Sudah dua bulan lamanya kami meninggalkan Kota Siak, bukan karena tidak betah tinggal disana. Melainkan, suami harus mutasi ke pulau jawa. Jadi, mau tidak mau, rela tidak rela, kami meninggalkan Kota Siak. Padahal baru dua bulan meninggalkan Kota Siak, tapi rasanya sudah seperti satu tahun.

13 Hal yang Dirindukan dari Kota Siak Riau
1. Suasana
Bagi saya, suasana Kota Siak itu berbeda dengan daerah di Jawa atau Batam. Ini perasaan saya lo ya.. Kota Siak lebih banyak pendatang dari Pekanbaru, Padang, Medan dan Jawa. Bahasa sehari-hari tentunya menggunakan bahasa melayu. Tradisi melayu disini masih sangat kental.
2. Jalan raya
Pertama kali sampai di Kota Siak saya dibuat heran dengan kondisi kota dan jalan raya. Kotanya sepi tapi jalan rayanya lebar dan mulus. Jadi, kalau ke Kota Siak nggak ada yang namanya macet. Mungkin ada, tapi 10 tahun yang akan datang. Mungkin ya, namanya juga prediksi hehehe.
3. Sungai Siak
Tiga tahun yang lalu, ketika baru menginjakkan kaki di Kota Siak, saya baru tahu bahwa salah satu sungai terdalam di Indonesia ada di Siak. Yaitu sungai Siak, letaknya di jantung Kota Siak, tepat di depan Istana Siak. Sungai Siak menjadi salah satu jalur transportasi sungai yang lumayan padat, setiap waktu ada saja kapal tongkang pembawa kayu dan kontainer besar yang lalu lalang. Selain itu, speed boat juga melalui jalur sungai. Jadi, kalau ke Kota Siak, jangan lewatkan untuk melihat sungai Siak.

4. Berburu sunset
Di Kota Siak, banyak sekali tempat berburu sunset. Dan mayoritas di pinggir sungai Siak atau jalur sungai Siak. Mulai di Jembatan Siak sampai taman di depan klenteng.
5. Nasi padang
95 % warung yang ada di Kota Siak adalah warung nasi padang, jadi bagi pendatang yang hobi banget makan nasi padang. Silahkan berburu nasi padang disini, untuk masalah harga, tidak usah dipermasalahkan. Karena disini harga warung nasi padang masih standar. Berikut beberapa warung nasi padang yang recommended di Kota Siak, RM Ampera Sederhana di jalan sutomo, RM Awak Juo , RM Tenda Biru, RM Wan Syafariyah, RM Jihan.
6. Lotek
Lotek itu kalau di Jawa namanya pecel, tapi bedanya kalau lotek sayurannya ada yang matang, mentah ditambah mi kuning. Apa??pecel dicampur mi kuning??. Hey, jangan salah, ternyata pecel dicampur mi kuning itu cocok banget lo. Ohya, kalau lotek biasanya bumbunya ngulek dulu di ulekan batu yang besar. Makannya nggak pakai nasi, bisa request pakai lontong atau sayur saja. Lotek favorit di Kota Siak lokasinya di jalan sutomo, dekat pertigaan mau ke Istana Siak. Tapi sepertinya sekarang pindah di daerah situ juga, di dekat praktek dokter.

7. Sup tunjang
Konon katanya, sup tunjangan ini Kuliner khas Riau. Pertama kali nyoba di jalan raja kecik, tapi kurang pas rasanya. Ada satu warung menyediakan menu sup tunjang, warung nasi padang yang ada di depan hotel Yasmin. Warungnya pas di sebelah kiri jalan masuk ke hotel.
8. Jalan sore
Masyarakat Siak kalau sore lebih banyak menghabiskan waktu untuk jalan-jalan sore. Ada yang naik motor, lari, sampai naik sepeda listrik. Awal tinggal di Kota Siak sering lihat ibu-ibu naik sepeda listrik, ternyata banyak yang jual. Sepeda listrik murah banyak yang jual, saya sering lihat di toko perabot rumah tangga di depan MAN 1 Siak.
9. Naik speed boat
Bagi saya, naik speed boat menjadi list wajib saat tinggal di Siak. Pokoknya, selagi di Siak apa yang menarik harus dicoba, salah satunya naik speed boat. Untuk sekali naik speed boat perorang membayar kurang lebih 80.000 dari Kota Siak ke Pekanbaru. Hal yang paling indah saat naik speed boat adalah, kita bisa melihat banyak hal tentang Kota Siak. Mulai dari aktivitas warga di sungai sampai melihat kapal tongkang yang parkir di pinggir sungai.
10. Nasi bebek mempura, sambalnya juara! Dulu, hampir seminggu sekali saya dan suami makan nasi bebek di Mempura. Daerahnya di seberang sungai Siak, jadi jalan sore pulangnya bawa dua bungkus nadi bebek. Sekali dapat warung pecel lele yang cocok dan sambelnya juara banget, jadi sering ketagihan. Ini recommended banget lo, warungnya setelah masjid yang ada di sebelah kanan jalan. Sebelum hotel mempura.
11. Olah raga sore Hampir setiap sore saya sering melihat banyak warga yang berolahraga, mulai dari lari, pakai sepeda sampai sepak takraw. Yang paling ramai biasanya di depan lapangan Istana Siak, ada sepak bola dan sepak takraw. Kadang sesekali lihat para atlit sepeda balap yang lewat.

12. Baju melayu di hari jum'at
Di Kota Siak, tradisinya masih sangat kental. Setiap hari jum'at mulai dari anak sekolah sampai pegawai negeri menggunakan baju melayu. Untuk perempuan menggunakan baju kurung, sedangkan untuk laki-laki menggunakan baju koko dan bawahan celana panjang dibalut dengan sarung.
13. Belajar sejarah
Kota Siak terkenal dengan julukan Kota Istana, karena di kota ini terdapat Istana Siak. Seperti museum pada umumnya, banyak sekali cerita tentang kerajaan Siak disini. Mulai dari istri sultan sampai cerita lemari besi yang tidak bisa dibuka sampai sekarang.

Kota Siak berjuta kenangan, banyak hal yang dirindukan. Semoga suatu saat bisa berkunjung ke sini.
Teman-teman ada yang sudah pernah ke Siak?

Review Ecohome Stand Mixer ESM 999