Monday, 13 April 2015

Jebakan Kopi Susu Peng


Judulnya nggak nguati ya, jebakan??emang kamu kejebak Em...??sedikit tapi nagih hehe. Baiklah, Jelajah Rasa Nusantara kali ini kita terbang ke Batam hehehe. Ceritanya, akhir bulan  lalu kami pulang ke Batam, seperti biasa tempat wajib yang harus kami singgahi salah satunya adalah RM Mi Tarempa. Entah, kami belum bisa move on dan pindah ke lain hati, karena rasanya dari dua tahun yang lalu tidak pernah berubah. Lokasinya di depan Sincom Panasonic Batam Center, yang selalu ramai dan berjubun pembelinya. Jadi, buat yang punya rencana jalan-jalan ke Batam, wajib kesini ya.

Kurang lebih 10 menit dari rumah, pukul 09.00 kami sudah sampai di depan Mi Tarempa. Saya pesan nasi dagang dan luti gendang, suami pingin nyoba mi tarempa basah. Untuk minumnya saya pesan jeruk hangat, suami pesan kopi susu peng, katanya pingin kopi susu gitu. Tidak butuh waktu lama tiba-tiba jeruk hangat datang beserta minuman pesanan suami, saya sempat heran dan saling bertatap muka dengan suami. 
"Mas, sampean pesan apa tadi?" 
"Kopi susu peng.."
"Kok keluarnya milo dingin gitu..."
Suami dengan santai terus mengaduk minuman pesanannya, dan mencobanya.
"Iki kopi susu dek..."
"Lah, bukan milo dingin??"
"Bukan, rasane kopi susu,enak...."
"Cobalah incip...sluurpptt..enak juga ya"
Hiyyyaaa.....hahahaha, jam 9 udah minum es aja nih.


Kopi Susu Peng 
Ternyata, Kopi susu peng itu Es kopi susu, catat HM...biar nggak kejebak lagi hehe. Tapi kejebaknya lumayan menyenangkan, soalnya rasanya enak, nagih gitu hehe. Istilah atau penyebutan Kopi di Batam dan sekitarnya (Kepulauan Riau dan negara tetangga Singapura) masih sama yaitu Kopi. Sedangkan "Peng" artinya dingin, saya belum tahu yang sebenarnya kata Peng ini asli dari Batam, bahasa Melayu atau Mandarin atau bagaimana saya belum mendapatkan informasi lebih lanjut. Jadi Kopi Susu Peng adalah kopi susu dingin hehehe. Ohya, kopi susu peng di Mi Tarempa ini bukan sembarang kopi susu atau kopi susu saset yang ditambah es. Kata suami yang lumayan suka kopi, kopi hitam dibuat dengan air yang direbus lama, dicampur kopi lalu ditambah susu dan es batu. Rasanya memang berbeda dari kopi susu biasanya, rasanya mirip milo, tapi tekstur atau rasa kopinya ada, dan enak bangetttt.  


Kopi susu peng, anyone???



*****
RM Mie Tarempa
Ruko depan Sincom Panasonic Batam Center - Batam
Harga Kopi Susu Peng 8.000 



37 comments:

  1. es kopi enak segar, saya suka, saya suka :)

    ReplyDelete
  2. Ini memberikan saya suatu refrensi baru mengenai penyuka kopi, bahkan pecandu kopi seperti saya. Tapi sayangnya kejauhan sekali tuh, “batam”. Sedangkan saya sendiri daerah jawa timur.. jadi penasaran, ingin ngicipin kopi yang kata mbak kira “susu milo”...kayaknya seger sekali tuh!

    ReplyDelete
  3. Mahal juga yo 8ribu. Ahaha.. *perhitungan*
    Penasaran.. Warnanya kaya milo emang..

    ReplyDelete
  4. Jadi paham, Peng artinya dingin. Supaya gak kejebak dilain waktu..

    ReplyDelete
  5. Aku dulu belajar tentang macem-macem cara mengorder kopi atau teh itu waktu tinggal di Singapur, mbak.. Pernah aku tulis di blog juga... Monggo diliat kalo berkenan :)
    http://www.adventurose.com/2008/10/obeng-atau-o-peng_8756.html

    ReplyDelete
  6. 8 ribu mungkin sesuai ya soalnya kan di BATAM yang konon kata orang standarnya pake Uang Dollar. Jadi murah kali ya untuk kawasan BATAM. Kalau di Pontianak harga segitu tentu mahal sekali. Hiehiehiehiehiehiehiehiheee

    ReplyDelete
  7. kejebak enak ya pagi2 makan es...

    ReplyDelete
  8. Jebakan yg bikin ketagihan ini mah....
    Tutup mata ah biar ga ikut terjebak -_-

    ReplyDelete
  9. Langsung bikin milo campur es batu. Srrrup

    ReplyDelete
  10. Kalo di Jakarta ada kopi es di daerah Glodok. Tiap daerah punya minuman dan makanan khas, bangga deh jadi Indonesia.
    Salam

    ReplyDelete
  11. segerrrr banged makk,,
    salah waktu nih baca postingan ini
    pas siang terikkkkk... aahahhahaha

    ReplyDelete
  12. jiyaaah ketemu lagi sama kata "peng" ini...
    aku jg sering kena jebakan batman, sm seperti negri sebrang yg serumpun melayunya...

    "Teh O peng plisss" hihihihi

    ReplyDelete
  13. Penampakannya menggoda. Rasanya pahit manis ya..*sambil membayangkan

    ReplyDelete
  14. jebakan yang menyenangkan yaa :)

    ReplyDelete
  15. Aku gak suka kopi tapi kalau di cmapur cucu gitu mungkin enak juga ya apalagi dingin

    ReplyDelete
  16. Istilah tiap daerah beda2 ya, mba. Kalo di sini kopi es aja. :D

    ReplyDelete
  17. kalau kopinya dibuat dari kopi mateng yang dikasih es memang enak, bukan kopi sachet atau milo.
    Semoga saja lain kali gak salah menyebutkan pesanan es teh panas peng!

    ReplyDelete
  18. Kopi dingin emang kurang umum yah dijual, tapi sebetulnya bisa bikin fresh banget :D

    ReplyDelete
  19. Aaak saya penyuka kopi susu bangeeet. Milo juga. Duh, perpaduan ini begitu menyenangkan ya Mbak. :D

    ReplyDelete
  20. Artikelnya sangat bermamfaat dan menarik, menambah wawasan ...
    ..
    Salam kenal dan salam sukses:)....

    ReplyDelete
  21. Wah, ada kemasan seduhnya, ga? Jadi pengen nyoba.

    ReplyDelete
  22. Glekkkk... itu tetesan kopi susu pengnya bikin pingin terbang ke Batam :)

    ReplyDelete
  23. Wuih seger Zwaaaan :))

    Etapi kenapa 8 ribuan sih?
    Beli yang sachet aja trus kasih es batu aja deh...
    *pelit yang mendarah daging*

    ReplyDelete
  24. udah lamaaa banget ngg minum kopi lagi :)..tapi selalu suka liat kopi susu enak :). Enjoooy..

    ReplyDelete
  25. artikelnya sangat membantu dan menarik dan menam bah wawasan saya.....
    salam kenal dan salam sukses..
    ...

    ReplyDelete
  26. Segerrrrr jadi mau jg makk 😋

    ReplyDelete
  27. Hahahaaa jadi pengin kopi o & roti talas bakar pakai srikaya :(

    ReplyDelete
  28. kopi susu peng kayaknya mantap mbak,hadeuh pengen dingin seger banget pastinya :)

    ReplyDelete
  29. jadi pengen ke batam mak, kmrn pas ke s-pore sempat ditawari utk nyebrang pake ferry hehe tapi kata sodara g lain ribet. akhirnya belum jadi deh :)

    ReplyDelete
  30. wow..susu kopi peng menggoda...aku mau yang hangat mak..ada gak ? hehehe

    ReplyDelete
  31. halah saya jadi kepengen nih mak... secara di Serang mana ada? hehehe

    ReplyDelete
  32. segeeeer ya...
    jadi pengen nyoba :D

    ReplyDelete
  33. makasih bos tentang infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  34. makasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete