Thursday 23 March 2023

Ide Menu Buka Puasa : Sate Rembiga Khas Lombok NTB

Ide Menu Buka Puasa : Sate Rembiga Khas Lombok NTB. Assalamualaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu. Bulan Ramadahn sudah didepan mata, selain mempersiapkan mental dan fisik. Pastinya yang nggak kalah dipersiapkan adalah mempersiapkan aneka menu berbuka, takjil dan sahur. Ya nggak?kira-kira ada yang sudah bikin meal plan untuk satu bulan kedepan selama bulan puasa?Nah, buat yang belum, sesekali boleh banget nyicil ide menu di buku catatan. 

Resep Ide Menu Buka Puasa : Sate Rembiga Khas Lombok NTB
Terkadang, saat puasa kita merasa bingung dengan menu yang mau kita hidangkan untuk keluarga. Membuat meal plan, adalah solusi agar kita tidak terlalu bingung masak apa untuk menu berbuka, misalnya. Kalau saya, sekarang lagi mencatat beberapa menu di buku, satu baris kebawah untuk ide menu takjil, sebelahnya ada menu berbuka (nasi dan lauk), dan menu sahur. Sengaja saya tidak membuat meal plan perminggu, karena mood orang puasa itu pinginnya berubah-ubah, ya nggak bund?jadi, saya hanya bikin list memanjang. Sekiranya bingung mau masak apa, tinggal list di buku catatan. Minimal ada idelah untuk memasak hehehe.

Ide Menu Buka Puasa : Sate Rembiga Khas Lombok NTB
Saya belum pernah sekalipun ke Lombok Nusa Tenggara Barat, seringnya melihat keindahannya lewat televisi ataupun media social. Makanan Lombok yang sangat terkenal adalah ayam taliwang, ternyata ada satu menu unik yang baru saya tahu dari lombok, yaitu Sate Rembiga. Sajian khas Lombok yang terbuat dari daging yang dimarinasi terlebih dahulu, lalu kemudian dibakar seperti sate pada umumnya. Adapun ciri khas Sate Rembiga adalah adanya tambahan terasi Lombok yang membuat cita rasanya berbeda dari sate yang lainnya. Ini ni yang sangat unik, biasanya sate di daerah Jawa identik dengan saos bumbu kacang, tapi Sate Rembiga bumbunya berbeda, dan uniknya ada tambahan terasi.

Resep Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh
Saya dapat resep Satae Rembiga ini dari Chef Ragil saat menghadiri acara. Beberapa hari setelah melihat Chef Ragil membuat Sate Rembiga, saya langsung penasaran dan auto recook resep ini lho. Enak banget ternyata, baru pertama kali bikin Sate Rembiga. Ohya, untuk bumbunya saya sedikit modofikasi, saya tambahin gula merah dan penyedap rasa. Nggak nyangka bisa seenak itu, maklum dari dulu kenalnya sate madura aja ahaha. Bumbunya meresap sekali, daging empuk. Kata suami, enak banget!!
Yuk, recook buat menu buka puasa.

Resep Ide Menu Buka Puasa : Sate Rembiga Khas Lombok NTB



Total waktu pembuatan: 45 menit | Tingkat kesulitan: Sedang
Bahan
Saus Rembiga :
120 gram Bawang putih cincang
50 gram Kecap manis Bango
10 gram Terasi Lombok
100 gram Cabe merah besar
50 gram Cabe keriting
50 gram Minyak goreng
100 gram Air

250 gram Daging sapi khas dalam atau bagian pipi, kemudian potong kecil untuk disate
100 gram Saus Rembiga
2 gram Garam
5 pcs Tusuk sate

Cara Memasak
Saus Rembiga:
· Siapkan wajan, masukkan semua bahan saus Rembiga ke dalam wajan
· Aduk merata dan panaskan hingga mendidih
· Kecilkan api, masak hingga mengental kurang lebih 20 menit
· Matikan api, saus siap digunakan
· Sisihkan 50 ml saus Rembiga sebagai kuah sate

Sate Rembiga :
· Campur daging yang sudah dipotong dadu dengan garam dan minyak, aduk hingga merata
· Masukan 2 sendok makan saus Rembiga, aduk lagi hingga merata
· Tusuk daging dengan tusuk sate (3 potong per tusuk), hingga daging habis
· Bakar sate setengah matang dahulu, oleskan lagi saus Rembiga, dan bakar kembali hingga matang merata (bakar jangan terlalu matang)
· Setelah matang, siap disajikan dengan lontong dan sisa saus sebagai kuah

1 comment:

  1. Hemm sate rembiga agak beda ini, dengan bumbu merahnya kelihatan lebih menggugah selera. Duh puasa astagfirullah, memang sate menu andalan di malam hari apalagi saat puasa lumayan bikin kenyang lebih lama. Bisa dicoba ini resepnya buat buka pertama. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete