Monday 20 March 2023

Wisata Religi : Menilik Keindahan Masjid K.H. Ahmad Dahlan Gresik

Wisata Religi : Menilik Keindahan Masjid K.H. Ahmad Dahlan Gresik. Assalamu'alaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu. Saya ingat sekali, perama kali lihat Masjid K.H. Ahmad Dahlan setelh pandemi, tepatnya dua tahun setelah saya pindah dan resmi menjadi warga Gresik. Saat itu kami mau ke rumah adek, karena bosan lewat daerah Benowo, akhirnya kami coba lewat daerah Cerme Bunder. Saat melewati terminal Bunder, saya melihat satu bangunan unik. Bukan masjidnya yang saya lihat, tapi bangunan tinggi yang ada tanaman menjuntai. Indah sekali...tapi makin jalan mobil kami, pemandangan indah semakin terlihat. Wow, bagus sekali masjidnya. Sambil ngomong ke suami, "kapan-kapan mampir sini yuk, sholat disini".

Menilik Keindahan Masjid K.H. Ahmad Dahlan Gresik
Setelah beberapa kali kami selalu melewati masjid ini, akhirnya tanpa disengaja karena waktu itu hari jum'at. Setelah urusan selesai, kebetulan saat itu jam meunjukkan pukul 11.05, akhirnya suami pilih sholat di Masjid K.H. Ahmad Dahlan. Yeay, akhirnya keturutan mampir dan menilik secara langsung keindahan Masjid K.H. Ahmad Dahlan Gresik.

Sejarah Masjid K.H. Ahmad Dahlan Gresik
Bersumber dari Wikipedia, Masjid K.H. Ahmad Dahlan didirikan oleh almarhum H. Bisyri Ilyas, seorang pengusaha properti ternama di Gresik. Masjid ini dibuka untuk umum pada tanggal 13 April 2018. Dimana sebelum almarhum H. Bisyri Ilyas meninggal, beliau pernah berwasiat  kepada anaknya, Rachmat Ridlo untuk mendirikan sebuah masjid yang ikonik di Gresik dengan nama KH Ahmad Dahlan. 

Kita tahu bahwa K.H Ahmad Dahlan merupakan nama seorang ulama yang mendirikan organisasi Muhammadiyah pada tahun 1912. Nama tersebut diberikan karena keluarga H. Bisyri Ilyas adalah anggota dari organisasi Muhammadiyah. Masjid ini dibangun dengan luas 1200 meter dan dilengkapi dengan menara setinggi 35 meter dan bisa menampung sekitar tiga ribu jamaah.

Menilik Keindahan Masjid K.H. Ahmad Dahlan Gresik

Lokasi
Masjid K.H. Ahmad Dahlan merupakan sebuah masjid yang terletak di desa Banjarsari Cerme Gresik Jawa Timur. Masjid ini memiliki gaya arsitektur yang menarik bagi beberapa orang karena mengambil konsep arsitektur dari Andalusia. Kawasan yang ditempati masjid ini sangat strategis karena terletak di perbatasan antara Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan. Selain itu, masjid ini berada di dekat Terminal Bunder. Jika dari arah Balongpanggang/Mojokerta tepat setelah terminal, posisi berada di kiri jalan. Jika dari arah kota Gresik, ikuti jalur ke Icon Mall, setelah belokan terminal ambil lajur kiri maka bangunan masjid sudah terlihat. Karena lokasinya yang strategis dan tempatnya cukup luas dan nyaman, masjid ini selalu ramai oleh pengunjung. 

Menilik Keindahan Masjid K.H. Ahmad Dahlan Gresik

Sholat Jum'at di Masjid K.H. Ahmad Dahlan
Karena hari jum'at dan sudah pukul 11.30, kondisi parkiran mulai terisi penuh kendaraan roda empat. Saat masuk area masjid ada satpam yang siap mengarahkan tempat parkir, meskipun di area depan sudah penuh ternyata masih ada area parkir di bagian samping kiri masjid. Yang mana nanti pintu keluarnya dekat dengan pom bensin. Diantara bangunan utama dan lorong terbuka ada kolam, saya waktu itu tidak lihat ada ikannya atau tidak. Sepertinya tidak ada karena sempat lihat beberapa anak-anak dan ornagtua yang mencelupkan kakinya ke kolam.

Menilik Keindahan Masjid K.H. Ahmad Dahlan Gresik

Toilet dan tempat wudhu terpisah dari bangunan utama, tapi ada lorong terbuka yang bisa untuk tempat sholat. Tempat wudhu ada semacam dudukan/tempat duduk yang permanen, lumayan banyak kran dan ada tirai penutup di pintu masuk ke tempat wudhu. Setelah sholat jum'at ada pembagian konsumsi, beberapa snack box seperti satu kotak isi dua roti, es lemon tea dan sejenisnya, ada juga nasi kotak. Satu orang mendapat jatah satu, tapi beberapa ada yang dapat semua, ya snack, minuman dan nasi kotak. Karena yang bagi konsumsinya tidak sebanding dengan jamaah jadi bisa dimaklumi. Pos-pos pembagian konsumsi juga ada di beberapa titik, jadi Alhamdulillah sepenglihatan saya semuanya hampir bawa konsumsi.

Menilik Keindahan Masjid K.H. Ahmad Dahlan Gresik

Di area masjid terdapat beberapa tanaman jadi saat duduk di area masjid angin lumayan sepoi-sepoi. Sebagian orang menikmati konsumsi sambil menunggu antrian mobil yang keluar dari parkiran. Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga menilik secara langsung keindahan Masjid K.H. Ahmad Dahlan. Next, mau cari masjid yang unik di Gresik.

Teman-teman, ada yang sudah pernah berkunjung ke Masjid K.H. Ahmad Dahlan di Gresik?ayo dong sharing..

1 comment:

  1. Tidak begitu mencolok, tapi indah apalagi nuansanya berasa di Arab, khas memang pohon palem atau apa ya ini pokoknya itulah makin melengkapi suasana ademnya. Jadi pengin wisata ke masjid-masjid sekalian beribadah, masyaAllah tempat wudhunya bersih. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete