Monday 27 March 2023

Mushola An-Nur : Tempat Beribadah yang Luas dan Nyaman di Gress Mall Gresik

Mushola An-Nur : Tempat Beribadah yang Luas dan Nyaman di Gress Mall Gresik. Saat jalan-jalan ke mall, hal yang paling dicari selain toilet adalah tempat beribadah masjid atau mushola. Karena seringnya jalan-jalan ke mall pasti melewati waktu atau jam sholat, seperti sholat dhuhur dan ashar atau sholat maghrib. Mau nggak mau kalau masih ingin menikmati keliling mall, saat jam sholat cari mushola yang ada di dalam mall. Seringnya mushola atau masjid di dalam mall tempatnya kecil, kadang seadanya. Agak sedih rasanya ya..tapi ya, gimana lagi. Tapi tidak dengan mall yang satu ini, dimana di dalam mall tersebut terdapat satu mushola yang cukup besar, luas dan nyaman sekali untuk beribadah. Namanya Mushola An-Nur yang berada di dalam Gress Mall Gresik Jawa Timur.

Mushola An-Nur gress mall
Mushola An-Nur : Tempat Beribadah yang Luas dan Nyaman di Gress Mall Gresik
Nah, waktu pertama kali ke Pakuwon Mall saya dibuat takjub sama masjid yang ada di dalam mall nya. Selain besar, luas tempatnya juga nyaman. Salah satunya ada tempat bermain anak dan disediakan air minum di lemari es yang berada di depan resepsionis. Tak kalah kagetnya ketika saya pertama kali berkunjung ke Gress Mall Gresik, saat tiba waktu sholat kami bergegas mencari keberadaan masjid di dalam mall. Karena kami baru pertama kali kesini, akhirnya bertemu dengan satpam. Setelah diarahkan, kami langsung menuju masjid yang berada di lantai bagian bawah berdekatan dengan Hypermart (kalau tidak salah). Deretan Hypermart, tepat disebelah tempat bermain anak.

Mushola An-Nur gress mall

Mushola An-Nur gress mall

Di depan pintu masuk mushola terdapat beberapa tempat duduk permanen dan tempat duduk yang tebuat dari besi. Bagian atas dekat area tersebut tertulis Mushola An-Nur. Area kiri tempat wudhu laki-laki, sedangkan area kanan tempat wudhu perempuan. Disana juga terdapat lemari sekat untuk menyimpan sandal dan sepatu. Tempat wudhunya seperti pada umumnya, terdapat tiga kaca besar. Setelah itu langsung masuk ke area tempat beribadah. Pertama kali masuk melihat area yang cukup luas, kemudian menginjakkan kaki di atas karpet, saya langsung mbatin
“Masya Allah…bagus banget musholanya”. Nggak nyangka ternyata disini musholanya cukup luas, apalagi ini keberadaannya di dalam mall. Langka bangetlah, karena biasanya mushola atau masjid di dalam mall itu tempatnya kecil.

Terdapat karpet tebal nan halus berwarna merah hati dengan aksen titik-titik dan ukiran seperti batik warna gold membuat suasana mushola menjadi sejuk dan nyaman untuk tempat beribadah. Pas sujud itu rasanya adem banget, nyaman banget karpet tebal dan halusnya. Bener-bener definisi mall yang keren sih, membuat tempat beribadah yang nyaman dan bikin betah. Saya beberapa kali sholat disini, saat maghrib di hari weekend cukup ramai tapi tidak sampai yang penuh banget. Jadi sangat nyaman banget untuk beribadah, di bagian depan terdapat lemari kecil isinya ada beberapa mukena dan Al-qur’an. Jadi, kalau nggak bawa mukena dari rumah bisa meminjam mukena di lemari. Kalau kehabisan, seperti biasa antri dulu hehe.

Mushola An-Nur gress mall

Mushola An-Nur gress mall

Lokasi
Lokasi Mushola An-Nur berada di dalam pusat perbelanjaan Gress Mall Gresik. Tepatnya berada di Jalan Sumatera No 1-5 Gn Malang Randuagung Kebomas Gresik Jawa Timur. Seingat saya Gress Mall dekat dengan Universitas Muhammadiyah dan satu jalur kea rah GKB (Gresik Kota Baru).

Mushola An-Nur gress mall

Teman-teman, sudah ada yang pernah jalanjalan ke Gress Mall?ayo dong sharing.

1 comment:

  1. MasyaAllah, desain masjidnya indah dan bersih apalagi dalamnya luas dan mewah. Biasanya saat ke pusat perbelanjaan sulit buat nyari kesempatan dan tempat sholat. Kalau di mal di sini ada mushola seperti ini bakalan memudahkan sih. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete