Wednesday 6 July 2022

Cara Mudah Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan Aplikasi Canva

Cara Mudah Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan Aplikasi Canva. Sudah beberapa tahun aktif upload video di Youtube tapi baru kali ini tau caranya membuat thumbnail. Adududu...kemana aja HM selama ini ahaha. Kurang lebih dua minggu yang lalu saya penasaran dengan bagaimana cara mengganti sampul atau cover dari video di Youtube. Melihat tampilan depan video yang apa adanya rasanya ngenes aja gitu, kok nggak menarik ya. Setelah googling sana sini, akhirnya saya tahu caranya mengganti cover depan video. Iya, cuma tau cara gantinya aja udah seneng banget ahaha.

Setelah itu tanpa berpikir panjang saya langsung buka Aplikasi Canva, saya geser sampai akhirnya saya menemukan template khusus "YouTube Thumbnail". Inipun awalnya saya nggak tau kalau di Canva ada template khusus thumbnail Youtube, pakai feeling aja. Ternyata ada heuheu. Kebetulan saya masih pakai Canva yang gratisan, jadi saya buat seadanya lalu saya coba. Alhamdulillah berhasil, yeay.

Cara Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan Aplikasi Canva

Mengenal Canva dan Cara Menggunakannya

Menurut Wikipedia, Canva adalah desain grafis yang digunakan untuk membuat desain grafis media sosial, presentasi,poster,dokumen dan konten visual lainnya. Canva memiliki dua layanan, gratis dan berbayar. Sedangkan untuk Canva berbayar tersedia dua layanan Canva Pro dan Canva for Enterprise. 

Canva sendiri didirikan di Sydney Australia pada tanggal 1 Januari 2012 oleh Melanie Perkins, Cliff Obrecht dan Cameron Adams. Pada tahun pertama tercatat jumlah penggunyanya sebanyak 750.000 orang. Sampai saat ini lebih dari 60 juta pengguna aktif bulanan di 190 negara, lebih dari 7 miliar desain dibuat dan lebih dari 2000 karyawan.

Cara menggunakan Aplikasi Canva tergolong cukup mudah, kita tinggal buka situsnya menggunakan komputer atau laptop. Selain itu kita bisa mendownload aplikasinya di Hp android atau IOS. Berikut cara menggunakan Aplikasi Canva :

1. Membuat akun

Dengan cara install dulu aplikasinya jika menggunakan Hp, untuk yang menggunakan komputer atau laptop, buka situs canva.com. Klik tombol "Sign Up", lalu isi data. Setelah itu akan masuk ke tampilan halaman untuk pengguna baru. Artinya akun kita sudah jadi dan bisa langsung membuat desain.

2. Pilih template yang kita inginkan

3. Kita bisa memulai mendesain dengan memanfaatkan fitur bawaan Canva

4. Download hasil desain dengan cara klik tombol download yang ada dipojok kanan atas.

Desain kita otomatis akan tersimpan di folder Hp.


Baca Juga : Serba Serbi Membuat Video Masak


Cara Mudah Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan Aplikasi Canva

1. Buka Aplikasi Canva
2. Klik "Thumbnail Youtube"
3. Klik "Theme" pilih "Food"

Cara Mudah Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan Aplikasi Canva

4. Pilih template yang kita inginkan
5-6. Kita bisa edit dan ganti desain sesuai dengan keinginan, jika ingin ganti foto, hapus terlebih dahulu.

Cara Mudah Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan Aplikasi Canva

7. Kemudian ganti menggunakan foto di galery hp dengan cara klik tanda (+) dibagian bawah pojok kiri. Klik Gallery, pilih foto. 
8. Sesuaikan foto dengan ukuran tempalate, lalu edit tulisan.
9. Jika sudah selesai, klik download (tanda panah kebawah) yang ada di bagian atas sebelah kanan. Desain akan otomatis tersimpan di galeri Hp.

Cara Mudah Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan Aplikasi Canva


Cara Mudah Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan Aplikasi Canva
(Hasil desain...)



Gimana, cukup mudah kan caranya?
Dibawah ini tampilan beberapa video yang ada di Youtube HM Zwan sebelum dan sesudah menggunakan Thumbnail Youtube. Pastinya yang sudah menggunakan thumbnail lebih rapi dan jelas pesannya ya.

Teman-teman juga pakai Canva?
Sudah bikin desain grafis apa saja, ayo dong sharing..

Cara Mudah Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan Aplikasi Canva

Cara Mudah Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan Aplikasi Canva


25 comments:

  1. Bener banget, canva memang bisa buat desain apapun apalagi dibantu templat makin memudahkan. Aku juga pakai canva buat ngedit thumbnail youtube, mudab dan praktis. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Thumbnailnya cakeeep. Bikin tertarik ngeklik. Aku baru tau ini kalau di Canva juga ada template untuk youtube. Paling suka aku tuh ama Canva ini karena desain templatenya banyak pilihan.. cakep2 pula.

    ReplyDelete
  3. Loh kok jadi mudah banget gitu ya kak. Saya biasanya bikin manual pakai paint, duh belum update nih

    ReplyDelete
  4. Thumbnail yg menarik emang bikin orang pengen ngeklik ya mba. Seru banget ternyata canva bisa buat macam macam selama ini saya kurang explore sama canva karena biasanya cuma pake utk bikin poster dan feed IG mba heheheh

    ReplyDelete
  5. Mudah ternyata bkin thumbnail Youtube ya..Memang Thumbnail Yoututube begini bikin terlihat lebih rapi dan jelas pesannya . Juga profesional pastinya. Canva memang banyak bisanya

    ReplyDelete
  6. Canva ini memang sangat membantu dan memudahkan sekali ya, apalagi sekarang ini sudah semakin beragam dan bagus-bagus juga element dan templatenya. Aku soalnya sudah menggunakan Canva dari awal kemunculan si Canva.

    ReplyDelete
  7. Cinta banget sama Canva buat aku yg rada2 gaptek canva tu.ngebantu banget. Ga cuma buat infogratis ato foto2 di blog skr juga bikin PPT buqt ngajar pake canva

    ReplyDelete
  8. Sama nih, saya pun bikin thumbnail video di Youtube ya di Canva. Walau jarang banget upload video baru di sana, tapi tetap dong pengen tampilan thumbnailnya kece. Syukurnya gak repot-repot ngeditnya di Canva, terbantu sama aneka elemen, dan yang lainnya.

    ReplyDelete
  9. Tos Mbaa.. sama banget. Aku juga selalu bikin thumbnail youtube pakai Canva. Asik sudah ada templatenya. Gak bingung lagi nentuin ukurannya seberapa, lalu kira-kira nanti desainnya gimana. Tinggal modifikasi aja sedikit, jadi deh.

    ReplyDelete
  10. aku juga sukaa banget pakai canva mba.. memang bener - bener praktis yaaa dan seru pilihannya

    ReplyDelete
  11. Ya ampun jadi kece amat kalo dipakein thumbnail gitu youtube nya Zwaan, wah baru tahu kalo ternyata di Canva udah ada template nya, aslik Canva super lengkap segala ada yaaah, laaaaf!

    ReplyDelete
  12. aku begitu ... thumbnail udahlah asal-asalan. Trus nemu canva bisa buat thumbnail youtube barulah otak-atik supaya lebih kekinian dan jelas isinya apa. Biasanya thumbnail itu kudu heboh dengan tulisan besar-besar kalo di YT.

    ReplyDelete
  13. Iya mbak, bikin thumbnail bisa banget ngandelin Canva. Udah ada desainya. Tinggal pilih dan ganti gambar & teks sesuai kebutuhan kita. Aku juga gitu mbak. Sukses selau channelnya dengan thumbnail-thumbnail keren dari Canva yaaa.

    ReplyDelete
  14. Secintaa itu ama Canva
    Karena banyakkkk bgt dah faedahnyaaa
    Aku juga mau utak atik Canva lagiii aahhhh

    ReplyDelete
  15. Canva ini memang ya, aplikasi untuk design apa saja dan hasilnya kece banget. Pengen juga nih bikin design di Canva yang banyak dan sering, biar makin mahir.

    ReplyDelete
  16. Eh seru juga ya canva bisa buat tumbnail. Tumbnail yutub. Jadi mau coba deh. Pake canva pro kan ya? Pas banget ada di hp saya.

    ReplyDelete
  17. Beberapa thumbnail di youtube saya dibuatnya juga pakai canva, Mbak. Buat desain di canva itu praktis dan mudah ya..hasilnya juga bagus-bagus.

    ReplyDelete
  18. Canva ini memang praktis dan jadi andalan banget kalau mau bikin ilustrasi atau gambar untuk berbagai media sosial. Kita tinggal pilih-pilih saja. Desainnya juga beragam. Apalagi yang pro fasilitasnya tambah banyak...

    ReplyDelete
  19. serba mudah pakai canva mau bikin appaun ya. Buat aku yg gak bisa desain udah tersedia banyak template juga

    ReplyDelete
  20. Wah iya, Canva emang bisa diandalkan ya mbak
    Bisa bantu bikin desain apa saja, termasuk thumbnail YouTube

    ReplyDelete
  21. Akuuuh maak langganan pake canva kalau bikin thumnail buat judul youtube. Mudaah banget cara pakainya...
    Keren banget sih yg menciptakan canva, memudahkan sekali.

    ReplyDelete
  22. Aku juga pakai Canva dan selama ini buat blog sama IG aja sih. Kapan-kapan bisa coba buat Thumbnail Youtube. Yang penting ada videonya dulu, hehehe. Sejauh ini, main Canva emang cukup asyik

    ReplyDelete
  23. Oh iya ya buat Thumbnail YouTube juga bisa pakai Canva. Segala bisa nih Canva, asal Kita mau otak-atiknya aja. Semua jadi cakep ama design Canva apalagi kalau upgrade ke premium makin banyak pilihan design yang bisa dipilih.

    ReplyDelete
  24. Waahh.. pakai Canva semua bisa dilakukan ya. Bener juga ya, bisa digunakan untuk bikin thumbnail youtube nih. Malah selama ini ga kepikiran loh bikin pake Canva ini untuk youtube. Terima kasih loh Is, dikau memberikan ide yang cemerlang.

    ReplyDelete
  25. Nah, ini aku belum coba, Mba, padahal pakai canva pro sudah 1 tahun lebih nih wkwkkw. Maklum jarang main di YT, tapi jadi mau coba ah. Makasih ilmunya ya

    ReplyDelete