Saturday, 9 July 2022

Resep Es Cincau Homemade

Resep Es Cincau Homemade. Pagi hari pas olahraga di halaman belakang rumah ibu, eh kok langsung ingat tanaman cincau. Nggak pake lama jalan ke pojokan. Ternyata masih tumbuh menjulang dan merambat cantik. Karena pas pulang beberapa bulan yang lalu sempat dibersihkan. Ternyata disisain pohonnya, jadi masih tumbuh. Alhamdulillah.Terus punya ide bikin cincau deh. Ambil daun cincau secukupnya terus langsung eksekusi. Masukin kulkas, lanjut olahraga lagi sambil mandi sinar matahari. Ini kali pertama saya bikin cincau, dulu bikinnya bareng-bareng sama anak-anak yatim yang tinggal di rumah. Alhamdulillah sukses.. Gampang banget sih emang.

Ohya, kalau biasanya bikin cincau ya diremas-remas gitu sampai daunnya sampai berlendir, tapi kali ini saya blender lho. Praktis banget. Soal rasa.. Cincaunya berasa gitu daunnya, ya iyalahhhhh hahaha. Tapi pas saya coba pake kuah, terus ditambah es.. Masya Allah... Suwegerrrrrr tenann..Berhubung stok gula aren tinggal sedikit, jadi pake gula jawa deh. Ohya, ini kuah es cincaunya versi santan yang nggak direbus, jadi diperas menggunakan air hangat. Soal rasa, tetep enakkk..

Selamat mencobaaa..

Resep Es Cincau Homemade

Resep Es Cincau Homemade

By : @hm_zwan

Bahan :

Segenggam daun cincau

300ml air hangat

Cara membuat :

Blender semua bahan. Saring, diamkan di kulkas sampai cincau set.

Kuah santan :

1/4 kelapa, parut, beri air hangat 300ml. Saring. 

Gula :

1 balok gula jawa, rebus dengan air 100ml.

Cara menghidangkan :

Siapkan mangkok, ambil cincau secukupnya dengan sendok. Tambahkan santan kelapa dan gula jawa. Hidangkan.

Resep Es Cincau Homemade


21 comments:

  1. iya mba aku tahunya itu diremes-remes ternyata pake blender juga bisa yah jadi pengen cobain bikin sendiri nih pastinya sueger bingits

    ReplyDelete
  2. Saya paling suka cincau hijau ini. Walau belum pernah bikin sendri, cincau hijau dengan santan plus gula aren, sedapnya gak kira-kira. Menyegarkan tenggorokan, sehatnya juga dapat :)

    ReplyDelete
  3. Saya tuh paling suka cincau hijau ini. Karena banyak tumbuh sebagai tanaman pagar, di masa kecil, sering banget bikin untuk dimakan sendiri. Nah kalau sudah ketemu santan plus gula aren, cincau hijau gak ada lawan deh. Nikmatnya terasa, sehatnya juga dapat

    ReplyDelete
  4. Ternyata bahan bikin cincaunya itu cuma daun sama air ya mba? aku ga nyangka kirain ada jeli2nya gitu >.< resep simple dan hasilnya uenak ini ya mba

    ReplyDelete
  5. Kapan hari aku buat juga diblender daunnya, bukan remas-remas gitu. Gak mau susah anaknya, hahaha. Emang jadi terasa bau daunnya. Alhamdulillah doyan-doyan aja sih

    ReplyDelete
  6. wah jadi bikin cincau ini nggak perlu ditambah apa-apa ya, mbak cuma diremas-remas dia bisa jadi padat sendiri ya? saya belum pernah nih lihat pohon cincau jadi penasaran bentuknya gimana

    ReplyDelete
  7. Pas banget jadi ibu menyusui dan selalu lapar
    Bikin plong banget rasanya kalau disantap dingin dingin
    Apalagi ditambah susu

    ReplyDelete
  8. Wah, pas banget nih siang2 mimi es cincau homade. Pasti lebih terjaga kebersihannya ya buat sendiri di rumah dibandingkan beli di luar. Lebih hemat juga deh hehehe. Dinikmati saat dingin paling enak tuh. Ikutin ah resepnya.

    ReplyDelete
  9. Dulu waktu di Depok aku suka bikin cincau karena nanam, eh kubawa bibitnya ke Setu mati hiks

    ReplyDelete
  10. Pernah mau dikasih pohon cincau, tapi karena pemalas, kami menolak dengan halus 😆 padahal kalau bikin sendiri pastinya lebih hiegenis ya Mbak

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah bikin cincau langsung peres gini, takut gagal. Eh padahal gumpil banget yah. Apalagi kalo uda jadi es cincau aww seger bener.

    ReplyDelete
  12. Saya kalo di sini ada daun cincau, pingin juga bikin. Enak minum es cincau ini, kerongkongan jadi adem pula. Kalo pake blender iya jadi lebih halus ya.

    ReplyDelete
  13. resepnya bisa diikuti nih, asiikk! makasi ya mba sudah berbagi resep es cincau home made :)

    ReplyDelete
  14. Saya pernah bikin diblender gitu kok malah gak jd ya mbak? Apakah mungkin daun cincau nya beda ya?

    ReplyDelete
  15. Wah iya, buat es cincau sendiri itu selain lebih sehat juga lebih hemat. Dapat banyak soalnya, haha. Gini ini yang biasa bikin mamaku mbak. Kalau aku ya tidak mungkin bisa. Haha

    ReplyDelete
  16. Waah segernyaa es cincau,ternyata mudah yaa mba membuatnya, malah dengan membuat sendiri terjamin kebersihannya

    ReplyDelete
  17. Ya Allah~
    Segeerrrnyaa..

    Es Cincau Homemade ini persis kalau pulkam ke rumah Ibu.
    Ibu tuh suka nanem-nanem. Jadi kalau butuh, tinggal ramban di kebun depan rumah. Beda banget sama rumahku yang isinya tanaman bunga. Hahhaa..soalnya gak bakat masak, huhuu.. ((ironi yang teteh aku ceritain selalu, hihii))

    ReplyDelete
  18. Praktis tapi menyehatkan ini. Saya pun punya pohon cincau hijau saking tumbuh suburnya sangat rimbun. Karena katanya kualitas bagus selalu ada yg beli daunnya itu. Alhamdulillah berkah hehehe

    ReplyDelete
  19. Dulu di halaman rumah tanem daun cincau yang merambat itu mba. Sekarang udah gak ada sisanya pengen punya taneman itu lagi biar kalo pengen tinggal bikin. Makasih resepnya mba Lis

    ReplyDelete
  20. Oh baru tahu daunnya diblender aja ya gak perlu diremas2. Aku cobain deh besok di depan ada daun cincau.

    ReplyDelete
  21. bakal sering mampir ke sini buat cari resep yang mudah
    anakku suka banget memasak sementara akunya nge-blank jadi yaa ikutan belajar memasak bersama

    ReplyDelete