Wednesday, 13 July 2022

Dibalik Layar Foto Produk Mie Sedaap Soto Madura

Dibalik Layar Foto Produk Mie Sedaap Soto Madura. Assalamu'alaikum sahabat HM Zwan,kali ini HM mau sharing dibalik layar foto produk Mie Sedaap Soto Madura yang merupakan varian terbaru. Setelah sekian lama nggak sharing BTS (Behind the Scene) foto produk, akhirnya sore tadi kepikiran buat ditulis di blog. 

Dibalik Layar Foto Produk Mie Sedaap Soto Madura

Foto Produk, Apa yang Perlu diperhatikan?

Kebetulan kali ini produk yang mau saya foto adalah mie instan, ketika mendapatkan project foto ini ada banyak catatan dari klien. Kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan?berikut catatannya :
1. Baca brief dengan baik
Ketika kita sudah dimasukkan dalam satu group WAG, maka PIC akan memberikan SOW (Scope Of Work) atau istilah lainnya adalah brief, yang berisi detail panduan/apa saja yang harus kita lakukan. Jika kita mau tidak kerja dua kali,sebaiknya sebelum mengerjakan baca dengan detail brief.
Contohnya : 1 photo feed (hanya dalam bentuk foto)
                   1 IG story (bentuk video)
2. Properti
Gunakan properti foto sesuai yang diinstruksikan di brief. Terkadang kita lengah untuk urusan properti, yang penting intinya sudah tahu. Padahal tidak, sampai akhirnya ada teguran dan kita kerja dua kali, motret lagi. Ribet kan?iya kalau produknya satu dus, kalau cuma dua bungkus dan langsung habis dimakan anak-anak (kyaaaa), kan buang-buang waktu, ya nggak?. 
Contohnya : mood color sesuai yang diminta, biru (seperti contoh yang tertera di                     brief berupa foto warna yang sesuai).
3. Do & Don'ts, jangan disepelekan
Beberapa hal yang sepele namun wajib sekali diperhatikan, seperti berikut ini :
- Logo produk tidak boleh terpotong
- Produk harus terlihat jelas
- Produk jangan blur
- Jangan ada logo brand lain

Kunci utamanya lagi-lagi kembali ke brief, baca dengan baik dan seksama. Termasuk kapan DL jadwal posting, jika terjadi kesalahan di akhir pasti ada konsekuensinya. Terlebih lagi jika mendapatkan klien yang super detail, pokoknya harus sesuai brief, kalau nggak sesuai dipotong sekian persen atau bahkan hangus, heuheu kan sayang.

Dibalik Layar Foto Produk Mie Sedaap Soto Madura

Dibalik Layar Foto Produk Mie Sedaap Soto Madura

Kebetulan project kali ini adalah motret mie instan dengan teman Healing atau hobi. Nah, idenya nggak jauh-jauh sama dapur, yaitu masak. Saya pilih healing yang paling praktis dan tentunya yang sering saya lakukan di rumah. Beberapa properti pendukung saya persiapkan, berikut propertinya :
- Triplek warna putih untuk begron foto
- Mie Sedaap Soto Madura
- Rantang properti dari Mie Sedaap
- Buku resep
- Elemen pendukung : jeruk limau, daun jeruk, cabe merah, telur rebus, daging, dll
- Mangkok, sendok bebek, sendok garpu, talenan,pisau dan sayur

Untuk pengambilan gambarnya saya masih setia dengan teknik dari atas, semua properti pendukung terlihat jelas. Ohya,ini saya ambil gambarnya pagi, pukul 08.30 keatas. Kondisi cuaca terang tapi sengaja saya pakai lighting softbox, karena beberapa kali mendadak gelap dan terang. Jadi softbox ini sangat membantu sekali. Untuk kamera, saya menggunakan HP Realme 9 Pro Plus. Satu lagi, saya pakai reflektor dari bekas tatakan kue ulang tahun.


Dibalik Layar Foto Produk Mie Sedaap Soto Madura

Cara Edit Foto Menggunakan Aplikasi Snapseed

Setelah pengambilan foto, langkah selanjutnya yaitu edit foto. Photo Editor andalan saya dari dulu adalah Snapseed, udah paling cocok menurut saya kalau urusan edit foto. Caranya juga cukup mudah dan lumayan praktis. 

Dibalik Layar Foto Produk Mie Sedaap Soto Madura

1. Buka Aplikasi Snapseed - pilih foto

2. Klik Tools

Details - Structure +40 

Tune image : Brightness +18 

                  : Saturation +29

                : Selective (membuat area yang gelap menjadi cerah) - klik tanda +  (yang dilingkari di bagian bawah) tempel di bagian yang ingin dicerahkan, akan otomatis muncul huruf B +59.

               : Brush (membuat area yang gelap menjadi terang dan sebaliknya), caranya tinggal disapu aja ke area yang ingin dibuat terang atau gelap.

                   : FINISHING : Highlights +4 / Brightness +10 / Ambiance +31

3. Klik Export - Save (foto yang sudah jadi akan tersimpan di galeri)


Baca juga : Behind the Scene : Memotret Sederhana dibawah Jendela

Dibalik Layar Foto Produk Mie Sedaap Soto Madura

Dibalik Layar Foto Produk Mie Sedaap Soto Madura

Gimana fotonya?

Semoga berkenan ya, ini pun saya belajar motret makanan secara otodidak, baca sana sini, lihat sana sini. Dan tentunya motret dengan peralatan dan properti seadanya yang saya punya. Intinya, maksimalkan yang ada. Adanya hp karena belum bisa beli kamera seperti DSLR misalnya, ya pakai hp dulu.  Buat saya yang belajar motret secara otodidak, ketika memotret makanan kuncinya cuma 2, main feeling aja dan ATM : Amati, Tiru dan Modifikasi hahaha. Termasuk untuk urusan angle dan pengambilan foto, biasanya saya lihat contoh foto, lalu saya praktekkan. Karena main feeling, jadi kalau sekiranya hasilnya sudah ok baru deh berhenti hehe. Begitulah motret makanan ala HM Zwan, sederhana, apa adanya ^^.

Semoga bermanfaat...

Dibalik Layar Foto Produk Mie Sedaap Soto Madura


23 comments:

  1. Suka duka jadi blogger kuliner ya gini apalagi harus bener-bener bagus hemm banyak kelengkapan yang ikut memperindah sajian foto. Duh lihat mie jadi laper, setelah itu masih diedit lagi. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
  2. wiii mantappp.... mie sedap emang sedapp. btw kusalfok sama lightingnya. belun kesampean beli yg guedee n nangkring berdiri itu. ga ada tempatnya wkwkkw

    ReplyDelete
  3. Kerennya kebangetan nih hasil foto teh Iis hahaha :D Iya ya, butuh effort tinggi urusan memotret makanan, ga semudah yang dipikir orang2. Memang mesti sekali bagus maunyaaaa yach hasilnya, biar ga diulang2. Biasanya dikonsultasikan sama PIC nya dulu udah oke atau belum, biar plong tinggal posting. Aku juga doyan banget Mie Sedaap Soto Madura :D

    ReplyDelete
  4. Kereeeen mbak... memotret (apapun) kalau mau bagus mmg butuh effort. Makajya aku sangat menghargai keahlian memotret. Karna mmg ga semua orang bisa ya kan..dr artikel ini aku jd berniat belajar pake snapsheet ah. Selama ini pake snapsheet ga pernah kulik2 sampai segini. Makasiih teh Is..

    ReplyDelete
  5. Cakeppp kak fotonya... Aku tu paling nyerah kalau foto makanan haha..kayaknya lebih mahir menyantapnya ..Foto yang cakep menurutku yang bikin orang pengen cobain makanannya deh..dan foto ini sukses bikin aku pengen cobain Mie Sedaap Soto Madura..

    ReplyDelete
  6. keren banget sih mba, behind the scene pemotretan produk mi sedaap pun gak kalah seru dan sepertinya menegangkan eh enggak ya

    ReplyDelete
  7. Aku tuh penggemar foto-fotomu keren semuanya aku suka tampilan makanan yang dirimu foto jadi semakin menarik dan bikin ngiler, memang ya usaha tak mengkhianati hasil...cakep banget hasilnya say...

    ReplyDelete
  8. Mbaaa, dirimu sungguh daebaakk
    Makasii udah share BTS ini

    Nambah wawasan bgt
    Mupeng mie nya jugaaa

    ReplyDelete
  9. Kalau menatap foto produk makanan rasanya pengen beli dan bawaannya lapar. Tapi dibalik semua foto-foto produk yang indah itu, ada usaha dan kerja keras di belakangnya ya mbak

    ReplyDelete
  10. Cakep deh hasil potonyaaaa
    Duh ini mengundang banget apalagi lagi mendung rasanya pengen ngemil mie. AKu belum pernah nih makan varian mie sedaap yang rasa soto Madura jd pengen nyari deh :D

    ReplyDelete
  11. Wah keren ini
    Makanya fotonya g pernah mengecewakan
    Behind the scene nya luar biasa gini
    Makasih sudah berbagi BTS nya mbak

    ReplyDelete
  12. Fotonya kereen makasih ulasannya makk sangat bermanfaat. Memang foto makanan itu tidak mudah, aku sangat menghargai hasil foto yg keren habis meski ada trik editingnya.

    ReplyDelete
  13. Dennise Sihombing16 July 2022 at 20:55

    Wow luar biasa hasil ya hasil pemotretan di balik layar. Ternyata banyak propertinya, banyak triknya untuk memberikan hasil yang memuaskan. Dan memang keren abis

    ReplyDelete
  14. Foto yang keren nih. Butuh properti, effort dan editan yang gak main-main. Menggunakan snapseed memang bagus, dan saya perlu banyak belajar. Sukanya gagal kalau ngebrush. Hihihi

    ReplyDelete
  15. Keren banget mbaak. Aku tuh sama food photographer yang sellau kreatif meketakkan properti sedemikian rupa sehingga produk jadi tambah keceh pstinya

    ReplyDelete
  16. Inti foto bagus itu yaa saat styling properti biar bagus difoto.. Xixixi.. Itu punya Mba Iis aja beforenya udah bagus, apalagi dipoles sama snapsheet, makin cantik.

    ReplyDelete
  17. TOP banget, junjunganku yang satu ini..
    Dahlaaa...aku selalu suka pake banget kalau liat hasil foto teteh mah..
    Seserius itu kalau nggarap kerjaan. Aku banyak belajar dari tulisan teteh.
    **bukan belajar fotonya, belajar do and don'tnya dulu, hahhaa..siapa tau skillsnya nular ya ges ya..

    ReplyDelete
  18. Mak Iis memang selalu total urusan foto dan video produk. Sekali pun alatnya sederhana. Duh kebayang deh kalo alat-alat yang digunakannya udah keren-keren dan canggih. Makin cetar hasil foto dan videonya. 😍

    ReplyDelete
  19. Keren banget fotonya kak dan totalitas sekali effortnya. Bener banget kalau ada kerjaan posting artikel di blog, harus baca SOW nya dengan jelas. Blogger itu hrus multi talent yaa, selain buat artikel harus bisa editing foto dan teknik SEO jufa

    ReplyDelete
  20. Keren nih Mb Iis, aku suka meratiin fotonya juga buat belajar foto makanan. Karena aku kurang pinter buat foto makanan.

    ReplyDelete
  21. Selalu suka dan menarik dengan cerita BTS foto Mbk Iis ini, banyak ilmunya juga dan emang kece banget hasil fotonya ya

    ReplyDelete
  22. Betul banget mba. Kalau dapat job harus baca brief dengan teliti biar tidak kerja dua kali. Dan aku masih suka kena revisi. Huhu... Btw, fotonya selalu bagus dan totalitas banget mba.

    ReplyDelete
  23. Salut sama fotografer makanan. Yang diposting satu, yang difoto puluhan hingga ratusan. Telatennya. Temenku kayak gini nih dan hasil fotonya memang bagus dan layak tampil. Ternyata di balik bagusnya foto ada perjuangan yang panjang ya. Keren

    ReplyDelete