Saturday, 26 March 2022

Serba Serbi Membuat Video Masak

Serba Serbi Membuat Video Masak. Assalamualaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Membuat video masak merupakan salah satu kegiatan rutin saya 3 tahun terakhir. Berawal dari tahun 2014 saya mendapat tugas memasak dari salah klien minimarket di Indonesia, dari situlah mulai ketagihan bikin video masak. Saat itu hampir seminggu sekali saya belajar bikin video, ilmunya pun secara otodidak alias belajar sendiri, hanya melihat video teman influencer yaitu mbk Anita Joyo. Dari yang awalnya mengambil video dengan bantuan tangan saja sampai sekarang sudah dimudahkan yaitu menggunakan tripod.

Serba Serbi Membuat Video Masak ala HM Zwan 

1. Bikin konsep video

Sebelum membuat  konten video masak, biasanya saya harus memikirkan konsep terlebih dahulu. Apalagi kalau videonya berbayar atau sudah ada kontrak kerjasama. Biasanya ada klien yang meminta video reels jadi ambil videonya pun seperti biasa. Tapi ada juga klien yang minta khusus, seperti video dalam bentuk landscape jadi selain di publish di instagram juga untuk publish di youtube. Konsep membuat video biasanya seputar properti pendukung, apa saja yang harus terlihat, menggunakan music atau sebaliknya, menggunakan voice over atau tidak dan lain sebagainya. 

2. Dari tripod tanpa kaki sampai tripod ajaib

Urusan membuat video itu tidak jauh sana yang namanya tripod. Kalau dulu awal-awal saya membuat video menggunakan tripod yang ada kakinya, yang harganya 20ribuan, ini sekitar tahun 2017. Tripod yang bisa untuk selfie juga. Nah karena kaki tripod dipatahin si kecil akhirnya saya tetap menggunakan tripod tersebut dengan bantuan batu dan kerikil yang saya masukkan kedalam toples wkwkwk. Tapi ajaibnya, tripod ini bisa saya setting berbagai angle lho hahaha. 

Baca juga : Proses Kreatif Membuat Video dan Foto ala HM Zwan

Nah, sampai akhirnya tripod rusak tahun 2019. Hingga dipertemukan dengan salah satu tripod ajaib yang bagian bawahnya berat. Jadi bisa menopang hp dengan maksimal, tidak goyah sekalipun. Dan ajaibnya tripod yang saya pakai sekarang kepalanya bisa diatur, uwww jatuh hati banget pokoknya. Alhamdulillah sangat membantu saya untuk membuat video masak. 

3. Hp mati saat merekam

Saat ingin membuat video masak pastikan baterai hp d as lam kondisi terisi penuh 100%. Apalagi untuk membuat video masak, butuh effort yang maksimal. Jadi meskipun baterai hp kondisinya 70%, kita ingin membuat video berbayar, pastikan isi ulang hingga penuh. Karena jika tiba-tiba dalam pertengahan membuat video baterai hp habis sampai mati, ini jelas mengganggu. 

4. Ganti kostum dadakan biar tampilan kece

Bikin video masak seringnya saya menggunakan baju dinas yaitu daster. Tapi ada momen dimana saya harus menampakkan sebagian kecil tangan saya. Nah biasanya saya mempersiapkan sweeter andalan di meja makan. Jadi ketika ada konsep membuat video penutup dengan posisi hand in frame, saya langsung pakai sweeter dulu. Praktis kan, nggak perlu ganti baju lengan panjang hehe. 

5. Ambil lebih dari satu angle

Agar video terlihat lebih menarik, sebaiknya kita ambil angle atau posisi kamera yang berbeda. Misalnya proses masak dengan hand in frame, penampakan masakan saat mendidih bisa diambil sedekat mungkin biar terlihat jelas, dan lain sebagainya. 

6. Edit video sambil rebahan

Nah, kebetulan saya membuat video masak menggunakan hp, jadi biasanya setelah beres semua urusan dapur. Saat rebahan saya manfaatkan untuk edit video. Kalau sudah edit video rasanya sedikit agak plong gitu.

7. Kaki pegel kebanyakan berdiri

"Jangan jangan kurang kalsium itu bu kok sampe kram kakinya!!" celetuk suami

Nah ini, permasalahan yang terjadi setelah membuat video masak yang konsepnya rada rumit dan panjang adalah kaki pegel kadang kram bund hahaha. Nggak sering kram juga, kalo pegel iya kaki rasanya sakit, capek, pegel gitu. Saya pernah dengar salah satu efek dari kekurangan kalsium kemungkinan mengalami nyeri otot, kram di paha dan saat berjalan atau bergerak. Nah, setelah kejadian itu suami mewanti-wanti  saya untuk menjaga kesehatan badan dan tulang dengan mengkonsumsi vitamin dan Suplemen Calcium. Untuk suplemen kalsium Wellness bisa didapatkan di Natural Farm

Semoga apa yang HM bagi kali ini bermanfaat. Semoga kita diberi kesehatan agar bisa beraktivitas dan membersamai keluarga dengan bahagia, aamiin. 

Teman-teman, ada yang suka bikin video? 

27 comments:

  1. Nah ini nih persiapannya harus terniat banget, ya, lighting dan fokusnya hemm agak ribet kadang apalagi sambil masaknya. Tapi seru, haha perjuangan juga keren, jadi ikut belajar tentang buat video. Terima kasih ilmunya.

    ReplyDelete
  2. Selalu excited kalo lihat pideo2 ala HMwan
    Keren sangaatt, kreatif banget dah pengambilan angle dll nya.
    Aakkk, semoga pahala jariah buat dikau karena menginspirasi emak2 utk belajar masak, yes.

    ReplyDelete
  3. Ternyata suplemen ini yaa rahasianya rajin dan kuat banget bikin konten masak hampir setiap hari.
    Suka kagum liat kontennya karena mikir, rajin banget. Selalu ada aja ide masak ini itu. Belom lagi ngedit videonya.
    Aku sekali aja bikin video masak, capeknya luar biasa. Belom berantakan dan bersih2nya, haha.

    ReplyDelete
  4. Mbaaak! Kece kece banget loh foto and videonya! Suka banget liat preparing dan printilan segala macam itu

    ok ok urusan kalsium aku juga butuh masukan nih, aku coba cari ah biar kuat berdiri juga sepertimu!

    ReplyDelete
  5. Masak sambil bikin video tuh gak mudah menurutku, karena beberapa kali bikin soalnya. Heheheheee... Tapi emang paling enak bikin video dan ngeditnya langsung dari hp. Biasanya nih kalau masak gitukan lumayan juga bikin footagenya.

    ReplyDelete
  6. Aduh baca ini jadi inget kalau tripod aku udah rusak. Harus beli lagi. Kayaknya aku harus beli 2 ttipod ya. Buat masak atau bikin kegiatan anak ama tripod buat foto yang kakinya panjang hihihi. Ngomong ngomong aku baru tahu ada suplemen kalsium. Aku sangka susu ternyata memang ada ya

    ReplyDelete
  7. Keren nih si ibu yang satu ini buat video masak.Btw apa sih tingkat kesulitannya?edit videonya susah gak sih mom?aku juga sesekali kram kaki.Mungkin sudah waktunya minum suplemen calcium.Aku suka males sih

    ReplyDelete
  8. Saya belum lama belajar video masak dari sebelum pandemi lah tp ga pernah upload karena ga pede hahah baru-baru ini nemu cara biar pede upload, kaena akhirnya nemu spot di dapur yg ga berantakan heuheu. Mba Anitajoyo panutan saya juga kalau bikin video masak

    ReplyDelete
  9. Haha iya banget kaki pegel kebanyakan berdiri adalah derita sejuta umat konten creator video :))
    Dengan mengkonsumsi suplemen kalsium seperti Natural Farm bisa bantu atasi masalah kesehatan tulang ya mbak. Selamat ngonten terus ya mbak, sukses selalu dengan video-video masaknya.

    ReplyDelete
  10. hahaha... emak-emak emang harus kreatif ya. Dengan bantuan batu dan kerikil dimasukkan kedalam toples pun bisa mengatasi masalah kaki tripod yang patah

    ReplyDelete
  11. Aku selalu kagum bin salut dengan video mba lis. Selalu menggugah selera dan videonya juga ditampilan secara menarik. Kliatannya mudah tapi menyiapkan semua ini yang bikin tertantang. Satu sisi pencahayaan juga memainkan peran penting ya mba

    ReplyDelete
  12. Eh iya loh aku pun sering kram kalo lama berdiri haha..brati butuh vitamin kalsium yak.. Baiklah...

    ReplyDelete
  13. Perintilannya sangat tertarik nih untuk dimiliki. Biar bisa bikin video cetar juga. Perjuangannya tidak sedikit ya menghasilkan video satu menit dua menit itu...

    ReplyDelete
  14. Kebayang deh gimana pegelnya. Keren deh total. Shoot dari berbagai angle. Kalo aku iya, pasti udah pegel banget. Shootnya pasti banyak salah. Biar gak gampang pegel, konsumsi banyak calcium ya.

    ReplyDelete
  15. Wah aku sering banget kalau duduk ngetik kelamaan gtu kyk kram kali, jangan2 aku jg kekurangan kalsium nih huhu.
    Kapan2 pengen deh serius bikin konten makanan juga, takpelajarin dulu tipsmu mbak hehe TFS

    ReplyDelete
  16. Bener banget bagiN kaki pegel kebanyakan berdiri. Aku pun kalau ambil foto, rasanya punggung pegel karena nunduk terus..

    ReplyDelete
  17. Wah kemarin aku seneng banget ikutan kelasnya mb Hana. Tipsnya mantul lo. Terutama tentang trik pengambilan video maksimal tiga detik itu.

    ReplyDelete
  18. Bikin video bagus tentu butuh persiapan ya mbak
    Nggak hanya mempersiapkan isi konten dan perlengkapannya,tapi juga perlu minum suplemen supaya tetap sehat dan bisa produktif bikin konten

    ReplyDelete
  19. Iya ternyata kalau sudah buat konsep bikin video jadi lebih mudah. Dulu-dulu aku langsung on the spot gitu jadinya kadang ada yg kurang ini atau itu.

    ReplyDelete
  20. Tiap lihat video masakmu, aku suka gemes. Kudu nyoba dan belajar gitu. Ternyata harus buat konsep juga ya. Selama ini aku asal jepret sesuai mood

    ReplyDelete
  21. Persiapannya wow banget ya kakkk...Memang demi konten ribet ribet dikit hal biasa kalau hasilnya bagus kita puass ya...Urusan dapur akuu nyerah deh males beres2 sesudahnya.

    ReplyDelete
  22. Nah ini rahasianya supelemen untuk tulang, agar tetep kuat berdiri atau jongkok saat ngambil video atau foto saat masak ya, hihiii
    Tips serba serbi bikin videonya keren sih, dirimu menginspirasiku, jadi pengen belajar terus. Butuh konsistensi yang masih kurang, kalo lelah pilih sat set aja deh fotonya.

    ReplyDelete
  23. Kirain aku aja nih, Mbak, yang sering pegel linu sehabis motret, hehe. Padahal fotoku masih amatiran loh, gitu aja udah berasa capeknya dan butuh persiapan banget. Makanya salut sama temen2 fotografer. Usahanya gak main-main euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum apa apa kaya saya nih udah banyak ngeluh duluan. Gimana bis menghasilkan konten yang bagus ya, hehehe

      Delete
  24. Bikin konten itu emang gak mudah, ya Mba. Belum siapain peralatan setting tempat dan kamera. Terus badan pegel karena berdiri terus. Tapi, sola badan si bisa diatasi dengna konsumsi vitamin.

    ReplyDelete
  25. suka banget dengan kontennya mbk kreatif dan banyak yang aku dapat dari kontennya yang keren, sukses selalu video masaknya Mbk

    ReplyDelete
  26. Keren banget, terinspirasi jadinya untuk memasak. Tripodnya juga ajaib bener kreatif mbak:)

    ReplyDelete