Sunday, 31 July 2022

[1] Ide Menu Bekal Anak TK : Kentang Goreng Bentuk Tuan Krabs SpongeBob

[1] Ide Menu Bekal Anak TK : Kentang Goreng Bentuk Tuan Krabs SpongeBob. Assalamu'alaikum sahabat HM Zwan, kali ini saya mau share ide menu bekal anak TK yaitu kentang goreng. Kebetulan Aqla TK (b), kebagian masuk siang karena gedung baru belum selesai. Aqla berangkat pukul 09.30 dan pulang pukul 12.00, karena lumayan siang jadi saya bawain bekal. Untuk menu bekal biasanya saya siapkan sendiri, terkadang sebelum tidur saya tanya Aqla mau bekal apa untuk ke sekolah.

Pertama kali dapat ide bikin kentang goreng seperti ini ketika Aqla minta dibawain bekal kentang goreng seperti kentang Mcd. Kebetulan hari minggu kami sempat makan di Mcd dan Aqla pilih kentang goreng yang bentuknya Minion. Dari situlah Aqla minta dibuatin kentang goreng seperti Mcd.

Ide Menu Bekal Anak TK

Pagi harinya saya langsung kukus kentang dan mulai eksekusi, kebetulan saya tidak punya cetakan benbentuk minion. Adanya cetakan kepiting itupun saya baru ingat kalau punya satu set cetakan hadiah dari mbak Lidya, Alhamdulillah akhirnya kepakai juga. Pas banget adanya cetakan kepiting, jadi pakai yang ada. Cara membuat kentang gorengnya pun tidak terlalu sulit, cukup mudah. Jadi nggak sampai satu jam kentang goreng bentuk Tuan Krabs jadi. 

Resep dan Cara Membuat Kentang Goreng Bentuk Tuan Krabs SpongeBob

Kentang Goreng 5 bahan

by : @hm_zwan

Bahan :

2 buah kentang kukus

1 sdm tepung maizena

1/4 sdt garam

1/2 sdt kaldu bubuk

1/4 sdt merica


Cara membuat :

1. Kukus kentang, saat manis panas, haluskan.

2. Masukkan tepung maizena, garam, kaldu bubuk dan merica.

3. Aduk sampai tercampur rata dan adonan kalis.

4. Pipihkan adonan, cetak menggunakan cetakan lalu goreng sampai matang, sajikan dengan saos.


Ingin Membuat Kentang Goreng 5 Bahan juga?Yuk, Simak Catatan Berikut ini

1. Beberapa cara mudah menghaluskan kentang saat masih panas

Kalau mau lebih cepat, sebelum dikukus, kupas dulu kentangnya lalu potong jadi 8 bagian. Untuk menghaluskan, teman-teman bisa menghaluskan dengan garpu, ulekan, atau kalau mau lebih praktis lagi bisa menggunakan saringan berbahan stainles. Jadi caranya adalah tinggal menaruh potongan kentang di saringan, tekan kentang menggunakan sendok. Kentang sudah auto halus.

ide menu bekal anak TK

2. Tebalnya berapa senti?

Karena ini baru pertama kali mencoba, sepertinya yang ini kurang tebal. Jadi, lebih baik ukurannya sedikit tebal ya, jadi kalaupun sudah dingin tekstur kentangnya tetap lelbut tidak keras. Punya saya ada beberapa yang tidak dicetak ukurannya tipis, jadi kalau sudah dingin kurang lebih 3 jam kurang menarik, sedikit keras gitu. Beda lagi dengan kondisi kentang yang ukurannya tebal, tidak keropos dan lembut.

Ide Menu Bekal Anak TK

3. Goreng menggunakan api sedang

Sebisa mungkin goreng kentangnya menggunakan api sedang, jangan terlalu besar nanti cepat gosong.

4. Bisa ditambahkan bahan lain

Beberapa kali lihat video kentang goreng seperti ini, ada yang ditambahkan daun seledri/daun bawang, ada juga yang ditambahkan kuning telur jadi teksturnya sedikit lengket. 

[1] Ide Menu Bekal Anak TK

Saya lupa ini menu bekal hari keberapa, berikut menu bekal Aqla :

- Kentang goreng Tuan Krab

- Oreo mini

- Susu UHT

- Air mineral


Teman-teman bawain bekal anaknya ke sekolah?ayo dong share menu bekalnya..

19 comments:

  1. ya ampuuuun lucu banget mba.. jadinya gemees ya dan biasanya anak - anak jadi semangat banget untuk makannya ya

    ReplyDelete
  2. Gemeeeeeezzzzziiin bentuknya! AKu udah nonton videonya dooong dan kepengen deh dibikinin sama teh Iis hahah bukan bikin sendiri wkwkwkw. Kayaknya emang mudah ya tapi bagian tersulit itu yang menjorok keluar deh. Kudu telaten nih adonan dan menggorengnya. Anak2 pasti bahagia banget dibekalin makanan kayak gini :D

    ReplyDelete
  3. Mpo juga suka makan kentang rebus. Tapi lagi mahal Agak dikurangi dulu ah

    ReplyDelete
  4. Ahaaaa, ini ide brilian bangettt
    Biar anak semangat sekolah dan semangat makannyaaa juga.
    Aku.mau recook ahhh

    ReplyDelete
  5. nah aku lagi seneng banget liatin video tiktok ide menu bekal anak TK, ah seru dan gemesin banget trus kreatif

    ReplyDelete
  6. Ihhh gemes banget bentuk kentang goreng gini, anak-anak pasti seneng dibuat mainan dulu baru dimakan. Abis lucu yaa mba, aku kok pengen bikin buat ponakan. Jadi nyetaknya kudu agak tebel ya biar nggak jadi keras kalo dimakan dingin dingin gitu

    ReplyDelete
  7. Bentuk kentangnya gemesin. Ada juga ya cetakan bentuk kepiting. Tapi kenapa aku liatnya malah kayak bentuk virus corona ya mbak? wkwk. Aduh, maafkan bude Rien ya Aqla :D

    ReplyDelete
  8. wah jadi pengen bikin juga itu kentangnya lucu tapi belum bisa dijadiin bekel karena anak baru start bimba aja dulu. Pasti semangat makan snacknya

    ReplyDelete
  9. Kok aku.membayangkannya jadi kek spider ya say tapi tetep unyu kok jebayqng Aqla pasti happy dan bakal ditunjukin ke temen2nyq deh. Aku coba cari cetakannya ah biar bisa bikin juga

    ReplyDelete
  10. ternyata bikin kentang goreng tuh gampang ya? aku ga paham sama sekali lho, hahaha.. skrg jd tau deh. berarti bisa bikin2 pake cetakan roti nih yaa

    ReplyDelete
  11. Eh, lucu banget kentangnya ya. Apalagi ada susu UHT coklatnya plus oreo imut juga. Bocah pasti semangat itu makannya.

    ReplyDelete
  12. Wah, unik banget bentuknya Kaya Mr Crabs. Anakku juga suka kentang goreng. Mau ah save resepnya, siapa tahu nanti mau cobain bikin. Trims sharing Ide bekalnya ya Mba

    ReplyDelete
  13. ngegemesin bentuk kentang gorengnya. Kelihatan renyah juga. Mau lah saya juga kalau bekalnya kayak gini :D

    ReplyDelete
  14. Wahh bisa ya, bikin kentang goreng dengan beragam cetakan
    Pasti anak anak makin semangat makan bekalnya
    Makasih ide nya mbak, mau aku ATM :)

    ReplyDelete
  15. Lucu banget, terima kasih banyak idenya buat bekal anak ke sekolah nih pasti anak-anak suka bangets

    ReplyDelete
  16. Mbaaak, kreatif tenan lho... Btw, aku juga suka bikin kentang kayak gini, kadang tak tambahi keju biar makin gurih. Ini tu cemilan yang ngga cuma disukai anak-anak, emak bapaknya juga suka. Xixixi...

    ReplyDelete
  17. Kelihatannya sederhana, mudah juga membuatnya eeeh hasilnya luar biasa ya maak....
    Pasti yummy enak bisa di coba nih resepnya (gusti yeni)

    ReplyDelete
  18. Ya Allah~
    Kreatif to the max!

    Aku suka banget sama ide Kentang goreng Tuan Krab.
    Tapi kalau kelamaan, misal masak jam 5 terus dimakan sekitar jam 10 siang, si kentang bakalan gak kriuks lagi kah?

    ReplyDelete
  19. Maaak lucu banget bentuk kentangnya. Kemaren itu aku sempat nonton yang bikin gentang bentuk minion kayak yang diproduksi McD. Lucu bangettt jadi gemes sendiri pas mau makan :)))

    ReplyDelete