Sunday, 17 April 2022

Tips Membuat KRAFT Crolette Untuk Pemula

Ada yang suka omelette?Kali ini HM bikin kreasi KRAFT Crolette (Crown Omelette). Salah satu inspirasi menu spesial ramadan, dibuat dengan bahan yang mudah ditemukan di dapur. Dimasak menggunakan keju asli yaitu KRAFT Cheddar. Selain gampang banget bikinnya,menu Crown Omelette ini memenuhi 50% kebutuhan protein harian & 40% kebutuhan kalsium. Jadi, cocok banget buat menu sahur karena proteinnya dapat membantu menjaga perut tetap kenyang lho.

Yuk,Kenalan dengan KRAFT Crolette

Eits, sebelumnya..apa sih KRAFT Crolette ini?kok sepertinya hits banget akhir-akhir ini. Jujur ya, awal ramadan saya sempat lihat salah satu konten ig Ibu Fatmah Bahalwan yang bikin menu ini. Penasaran tapi sekedar penasaran aja, nggak ada greget bikin ahahaha. 

Jadi, KRAFT Crolette ini adalah omelet yang dihiasi dengan crown atau mahkota, dimana mahkotanya dibuat menggunakan keju KRAFT Cheddar. Dibentuk sedemikian rupa hingga bisa menjadi crown yang cantik.

Lalu, bagaimana cara membuatnya?resepnya seperti apa?yuk,kita intip resep dan cara membuatnya dibawah ini.

 KRAFT-Crolette

Resep dan Cara Membuat KRAFT Crolette (Crown Omelette)

KRAFT Crolette (Crown Omelette)
By @hm_zwan
Bahan :
2 butir telur
1 kemasan KRAFT Cheddar (30 gr)
30 ml susu UHT
1/4 sdt garam
1/4 sdt lada
Minyak goreng secukupnya

Topping :
Saos sambal
Mayones
Selada
Tomat

Cara Membuat :
Campur telur,susu UHT,garam,lada,aduk hingga rata. Panaskan teflon,olesi minyak goreng, masukkan adonan telur,lipat omelette, sisihkan.
Untuk membuat crown,taburkan KRAFT Cheddar diatas teflon, letakkan omelette, hiarkan hingga 2-3 menit. Angkat keju dengan spatula,diamkan sebentar sampai keju mengeras. Letakkan diatas piring dengan posisi keju diatas, sajikan dengan topping.

Mengapa harus Keju KRAFT Cheddar

Salah satu kunci sukses membuat KRAFT Crolette adalah dengan menggunakan Keju KRAFT Cheddar. Yang merupakan keju olahan siap saji dengan rasa gurih keju yang spesial dan tekstur yang lembut sehingga bisa menghasilkan parutan yang lebih kering dan panggangan yang lebih keemasan. 

KRAFT-Crolette

Berikut beberapa keunggulan dari keju KRAFT Cheddar.

1. Bahan utamaya pasti KEJU ASLI (#KejuAsliCheck)

Yaitu berbahan baku keju cheddar pada urutan pertama (bukan air atau tepung)

2. Gurihnya tanpa penambah rasa

3. Hanya KRAFT Cheddar yang mengandung Calci-Milk, kalsium, protein dan vitamin D

4. Kalsium KRAFT Cheddar 165 gr setara dengan 3 gelas susu 250ml

KRAFT-Crolette

Serba Serbi Bikin KRAFT Crolette

Nah, berawal dari lihat postingannya ibu Fatmah di instagram, lalu makin kesini banyak yang bikin. Akhirnya ikutan bikin deh ahaha, alasannya karena penasaran dan penasaran banget ahahaha. Iyes, jadi saya penasaran aja bikin crownnya. Karena biasanya saya olah keju itu selain buat topping donat, kukis dan kue aja. Eh,ini kok bisa bisanya disulap jadi crown yang aduhai cantiknya.

Pertama kali bikin lumayan deg-degan banget, takut nggak sesuai ekspektasi. Tapi memang nggak sesuai wkwkwk..mungkin gara-gara deg-degan ya jadinya semua sutil dikeluarin ahahaha. Untuk apa coba??untuk ngangkat telurnya haha. Belum kelar urusan sutil yang pas, keju yang tiba-tiba udah berubah warna, mau nggak mau harus cepet diangkat. Gara-gara deg-degan pula, baru sadar kalo teflonnya kok gede banget hahaha. Tapi, berbekal yakin, akhirnya jadi juga hahaha. Alhamdulillah...sesuatu lho bikin KRAFT Crolette..

KRAFT-Crolette

Tips Membuat KRAFT Crolette Untuk Pemula

Berikut beberapa tips membuat KRAFT Crolette untuk pemula, semoga terbantu ya.

1. Lihat contoh video

Sebelum membuat atau recook satu resep baru, pastikan kita punya referensi resep.Kalau ada video masaknya, pastikan kita melihat dengan teliti. Baik bahannya,langkah memasaknya maupun cara membuatnya. Pastikan jangan melihat video hanya sekali saja, minimal 2 kali. Kalau sudah paham betul baru deh eksekusi.

Baca juga Serba Serbi Membuat Video Masak

KRAFT-Crolette

2. Persiapkan semua bahan dan peralatan masak

Pastikan kita mempersiapkan bahan masakan terlebih dahulu, cek satu persatu. Tidak hanya bahan saja tapi peralatan masaknya juga. Terlebih lagi untuk membuat KRAFT Crolette ini butuh satu sutil yang bentuknya pas, contohnya seperti pisau kue dan sejenisnya.

Kalau semua dipersiapkan dnegan baik, Insya Allah aman saat memasak. Artinya nggak tergesa-gesa, nggak bingung harus bagaimana dan lain sebagainya. 

3. Buat omelete terlebih dahulu

Setelah membuat omelet, lipat yang rapi sesuai contoh lalu sisihkan.

4. Gunakan wajan anti lengket

Pastikan wajan yang digunakan anti lengket, taburkan keju di sekeliling wajan, jangan terlalu tipis. Jika sudah agak kering angkat perlahan menggunakan sutil dari ujung sampai tengah. 

KRAFT-Crolette

5. Gunakan sutil atau pisau yang bentuknya seperti pisau kue

Ini gunanya untuk mengangkat telur, karena bentuk telur yang sesuai dengan bentuk pisau jadi ini sangat memudahkan saat mengangkat dan membentuk crown. Pas gitu jadinya.

6. Angkat telur dan keju beberapa detik sampai kaku

Ini ni yang paling penting. Saat setelah telur dan keju diangkat dari wajan, diamkan beberapa detik sampai kondisi keju mengeras. Lalu balik, maka keju akan berbentuk crown.

Gimana?semoga membantu ya.. Karena membuat KRAFT Crolette ini susah susah gampang pas pertama kali. Yang paling penting lihat video contoh dengan baik, persipakan semua bahan dan peralatan baru kemudian kita bisa mempraktekkan. Ya, meskipun agak sulit tapi kalau mencoba pasti penasaran, ya nggak?.

Selain itu, KRAFT Crolette ini bisa jadi inspirasi menu simpel, praktis dan bernutrisi untuk sahur khususnya. Kenapa begitu?Selain gampang banget bikinnya,menu Crown Omelette ini memenuhi 50% kebutuhan protein harian & 40% kebutuhan kalsium. Jadi, cocok banget buat menu sahur karena proteinnya dapat membantu menjaga perut tetap kenyang lho.

Semoga tips diatas membantu..

Baca juga Resep 1 Adonan Jadi 2 Camilan

KRAFT-Crolette

Selamat mencoba...Ohya, pastikan pakai Keju KRAFT Cheddar ya saat membuat Crolette. Dijamin anak-anak pasti suka banget, kayak Bubuky. Serpihan crown kejunya sampai dicemilin lho, nggak ada sisa di piring hehehe. 

Yuk, bikin KRAFT Crolette..kalau masih bingung, teman-teman bisa lihat caranya di video diatas ya.

Semoga bermanfaat..

52 comments:

  1. Omelet itu udah jadi makanan favorit yang praktis dan favorit, sekalinya buat pengen terus. Hemm ini terobosan baru kayaknya dari keju, mantep banget pasti keriuk dan gurih belum lagi perpaduan keju dan telur. Terima kasih resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, pake nasi anget plus kecap aja enak banget ya

      Delete
  2. olahan telur dan keju gak pernah salah, never failed, apalagi kalo crunchy garing enak begini trus cocol saos sambal deh

    ReplyDelete
  3. jadi mesti ada trik khusus juga ya supaya bentuk mahkotanya bisa bagus. Anak saya kemarin coba-coba bikin, hihi... nggak jadi tuh mahkotanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bikin mahkotanya memang susah susah gampang jadi ada triknya gitu

      Delete
  4. Wah, resep Kraft Crolette ini simple tapi enak yaaah, cucok buat menu sahur nih soalnya bisa cepet bikinnya, anak2 juga pasti suka deh makan Kraft Crollete

    Nanti sahur otw bikin ah, mumpung masih ada stok keju Kraft sedikit lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bi...kesukaan anak anak banget pokoknya apalagi ada keju KRAFT nya,,makin gurih

      Delete
  5. Heyy mbaaa, di berbagai grup WA ibu2, banyak yg sambat syusyaahh bikin crolette ini :)
    But you nailed it mbaaa
    pokoke kalo dunia per-dapur-an terwajib meguru ke mba HmZwan yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mbak, di satu WAG ku juga pada sambat aku yang bikin rada akhiran deg degan akhinya dapet tipsnya habis nonton video 2 kali

      Delete
  6. Ini omeletenya seksi banget deh. Kayak di hotel-hotel, pake keju yang begitu. Aku bisa gak ya bikin begitu? Anak-anakku pasti pada suka. Soalnya mereka emang suka telur dan juga keju. Nanti nyobain ah. Walopun agak curiga bakalan gagal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk, cobain mbak.
      Kalau ngerasa susah, bisa lihat videonya dulu mbak. Semoga berhasil yaaa

      Delete
  7. Oh begini ya resepnya buat Kraft Crolette? aku mau praktekin deh.Anak-anakku suka tapi beberapakali gagal mom,memang harus coba beberapakali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, yang penting lihat dulu videonya biar nggak terlalu gagal. Semoga videonya membantu ya

      Delete
  8. Wah, dari tampilannya aja udah keliahtan yummy nih, apalagi beneran di depan mata yach? AKu jadi kepengen bikin ah besok omellete pakai Kraft kayak teh Iis. Kres3x pasti lezat ya kejunya dibentuk seperti itu dan menarik disantap anak2 dan keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk bikin mbak, anak anak pasti suka banget. Cocol saos mayones udah paling pas banget

      Delete
  9. Mudah dan murah ya mbak Hanna
    crolette = croffle keju gitu ya plus omelette di dalamnya? huhu bayanginnya aja udah ngiler!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, semua bahan rata-rata ada di dapur.

      Delete
  10. Wahhh ini bisa langsung dipraktekin nih, makanan sedep yang menggugah selera dan bisa diterima semua umur.ku kurang dua lembar sjs kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. YUk, bikin kak...caranya ada di video diatas ya

      Delete
  11. Nah, kok cakep ya hasilnya? Jadi makin pengin coba bikin juga. Semoga nggak fail nanti bentuknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kalao mau bikin cek dulu cara bikinnya di videoa diatas ya bang.. semoga berhasil

      Delete
  12. wah praktis sekali ya bikin masakan yang enak dengan bahan baku sederhana. praktis dan gampang buat dicoba di rumah dengan modal telur dan keju kraft ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BEtulko, pakai dua bahan utama udah bisa bikin menu praktis, enak, bergizi

      Delete
  13. wih beda emang ya klo chef, itu kok bisa dibentuk ala2 crown keju di resto gitu yaa
    ini mah anak2 otomatis suka deh kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget bak.. CAranya da di video diatas ya.Selamat mencoba

      Delete
  14. Aihh mantapnya cemilan bubuky nih. Iya kayaknya gampang2 susah juga ya, mba. Biar telurnya nempel ke keju dan kejunya gak gosong pun ada tekhniknya juga. Di kulkas ada keju, ntar saya mau nyoba bikin ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya miss..aku bikin crownnya berhasil di percobaan kedua setelah lihat contoh video. Selamat mencoba

      Delete
  15. Mbak, cantik banget ini hasilnya, tergoda bikin sayaa..Apalagi Crown Omelette ini mampu memenuhi 50% kebutuhan protein harian & 40% kebutuhan kalsium.
    beberan pilihan yan cocok banget buat menu sahur karena proteinnya dapat membantu menjaga perut tetap kenyang sepanjang hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. BEtul mbak,menu praktis tapi bergizi cocok untuk menu sahur praktis.

      Delete
  16. Beberapa waktu lalu, aku nyoba buat ini mbak
    Hanya saja gagal, kejunya g bisa menyatu gitu
    Mungkin nanti mau coba lagi ah, biar berhasil dan cantik seperti punya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, habis kejunya diparut di teflon langsung aja taruh telurnya biar nempel. Jangan nunggu kejunya kering baru naruh telur, jadinya nggak lengket. Semoga membantu ya

      Delete
  17. Udah nyoba nih, dan anak suka banget. Ah cocok deh untuk menu sahur , praktis dan enak.

    ReplyDelete
  18. Anak-anak lebih tertarik untuk makan soalnya ada crown nya gitu ya. Kesannya kok kriuk-kriuk gitu....hihihi...

    ReplyDelete
  19. Idenya menarik banget nih, apalagi anakku demen banget telur dan keju. Jadi bisa ada alternatif lain dalam menyiapkan hidangan telur dengan balutan keju ya mak. Aku aja pengen nyaplok.

    ReplyDelete
  20. Udah coba bikin dan emang praktis ya cara masaknya. Bahan2nya juga gampang. Terus terang aku gak seberapa familiar dengan brand keju lain, taunya cuma KRAFT, jd ya makai KRAT jg hehe

    ReplyDelete
  21. Dari kemarin menu crolette ini wara-wiri terus di blog dan medsos jadi makin ngiler dan pengen coba bikinkan Alde yang pencinta telur dan keju kelas berat..cantik ya crolettenyaa...

    ReplyDelete
  22. suka banget dengan resep yang mbk share, aku jadi pengen adaptasi untuk takjil anak-anakku. Asyiik banget masak ini pakai keju kraft

    ReplyDelete
  23. KRAFT Crolettenya cakep ya! Kulihat videonya ternyata begitu cara angkat dan naruh di piring. Jadi estetik deh makanannya

    ReplyDelete
  24. ini mah protein tinggi buat sahur lama kenyangnya, n gak bikin lemas...saat puasa

    ReplyDelete
  25. ccara baru masak keju jadi kayak mahkota. tadinya kau bingung itu pada bisa keatas pake apa. ternyata cuma pakai keju aja ya mak. gampang kayaknya kalau bikin

    ReplyDelete
  26. Kok iso melengkung apik ngono yoo..mahkota dari KRAFT Crolette?
    Aku bikin melempes kemarin..huhuu...ini sensi nih.. Hahaha..
    Akunya kudu perhatikan lagi suhu kompor saat memanaskan keju KRAFTnya gitu kali yaa, teh?

    ReplyDelete
  27. Nah bener ini, butuh kesigapan saat mengangkat crown agar terbentuk dan jadi kaku cantik gitu. Yang punyaku agak kurang lebar jadinya kurang ngebentuk crown-nya. Tapi gapapa lah, anakku udah puas banget maemnya hehehee...

    ReplyDelete
  28. Udah nyoba, enak banget anak-anak di rumah suka, ga cukup bikin satu

    ReplyDelete
  29. Bahannya sudah ada nih tinggal eksekusi bikin crolette nya, semoga sukses yaa platingnya keren sih masakan jadi terlihat mewah say

    ReplyDelete
  30. Bisa jadi menu di rumah nih. Omelette yang biasanya membosankan jadi lebih enak karena ada teksturnya renyah dan gurih.

    ReplyDelete
  31. Aku udah praktekin juga mbaa...iih seru n gampang yaaa ini haha..kata anak2 kayak kue jaring laba-laba yg suka ada kue cubit itu, crown-nya kriuk-kriuk gitu enyaaak...

    ReplyDelete
  32. Cantik banget hasilnya bisa berdiri tegak gitu yaa. Saya juga sudah coba bikin menu kreasi ini selain bahan dan proses pembuatannya yang simple juga mengandung nutrisi yang tinggi protein dan kalsium. Anak-anakku suka banget sama menu kreasi ini

    ReplyDelete
  33. Omelet yang tidak biasa ya mbak, biasanya saya buat omelet biasa aja tanpa keju. Resep ini bisa dicoba nih di rumah. Makasih inspirasinya mbak.

    ReplyDelete
  34. Wah, crownnya cakep banget, Mbak. Bisa sampai benar-benar berdiri gitu ya? Hasil re-cook saya yang separuh berdiri kokoh. Sedangkan yang separuh lagi gak sebagus sebelahnya. Tapi soal rasa teteplah, gurihnya nendang banget di mulut.

    ReplyDelete