Saturday, 14 August 2021

#MainSamaAqla : Membuat Elmo dan Ayam dengan Cara Menjiplak Tangan

Satu hari saya melihat status WA mbak Rahmah (Rahmah Chemist, mamanya Salfa) yang isinya foto Salfa sedang memperlihatkan tugas sekolahnya, yaitu gambar elmo dan ayam yang dibuat dengan cara menjiplak tangan lalu diberi mata dll, jadilah gambar Elmo dan ayam. Tidak berpikir lama, langsung saya ss dan kebetulan hari itu saya belum membuat materi untuk bermain sama Aqla. Jadilah ide bermain sama Aqla, membuat Elmo dan ayam dengan cara menjiplak tangan.

Sebenarnya kegiatan ini sudah lama, tepatnya bulan september tahun lalu ketika Salfa masih sekolah TK dan Aqla masih sekolah di rumah sama ibu. Basi ya, wkwkwkwk..... Insya Allah nggak ya, karena mainan seperti ini nggak akan digerus zaman. Seperti kegiatan yang berhubungan dengan stimulasi motorik halus, misalnya menempel, menjumput kertas ukuran kecil, menggunting dan lain sebagainya.

Fyi, dua tahun yang lalu motorik halusnya Aqla masih lemah, artinya untuk menggunting, menempel bahkan untuk memegang pensilpun belum jejeg. Apa ya bahasa indonesianya jejeg?hehe...pokoknya belum kokoh gitu, masih lemes banget. Kebetulan Aqla ini speech delay, terlambat jalan juga, jadi lumayan banget tertinggalnya dengan teman seusianya. Tapi berbekal nasehat dari terapisnya Aqla di Purwakarta, sebelum kami pindah ke Jawa waktu ayahnya Aqla tugas di Papua. Alhamdulillah, proses mendampingi Aqla untuk berjalan dan berbicara cukup lancar. 

Komponen Motorik Halus
- Gerakan menggenggam
- Kekuatan gerakan menggenggam
- Gerakan pertemuan antar jari-jari tangan
- Gerakan manipulasi tangan
- Gerakan pada pergelangan tangan
- Kemampuan koordinasi matan dan tangan


Lalu apa saja yang distimulasi?
Semua komponen diatas harus di stimulasi, mulai dari gerakan menggenggam, melepas, hingga kemampuan koordinasi mata dan tangan. Contoh permaianan untuk menstimulasi motorik halus diantaranya seperti bermain pasir, lego, playdogh, mengangkat beban (keranjang berisi mainan), menuang air, menutup membuka tutup botol, menempel, menjapit dan masih banyak lagi.


Membuat Elmo dan Ayam dengan Cara Menjiplak Tangan
Salah satu kegiatan yang berhubungan dengan motorik halus adalah menempel dan mengelem. Lewat kegiatan inilah anak bisa bemain dan belajar, dapet manfaat dobel deh. Nah, berhubung bikin Elmo ini sudah satu tahun yang lalu, ketika Aqla belum lancar memegang gunting, jadi semua bahan sudah siap untuk dimainkan. Artinya seperti elemen mata, hidung dll sudah saya gunting. Jadi Aqla bagian tempel-tempel dan ngelem saja.

Apa saja bahan yang diperlukan?

Bahan :
kertas origami warna merah dan kuning
bolpoin
lem
gunting

Note : (buat elemen berikut)
mata elmo
hidung elmo
mulut elmo
mata ayam
kaki ayam
aksen bawah sayap/badan ayam
jengger ayam
mulut ayam

Bagaimana cara membuatnya?
1. Jiplak tangan si kecil diatas kertas, gunting
2. Tempel elemen untuk bentuk Elmo dan ayam sesuai dengan contoh


Gimana, mudah kan?
Waktu awal-awal njiplak tangan, Aqla excited banget. Karena anaknya nggak tau mau bikin apa, pokoknya tanya terus. Karena saya hanya menunjukkan gambar Salfa yang ada di hp. Setelah itu baru saya beri perintah untuk menempel mata dan lain sebagainya. Pas bentuknya sudah jadi, Aqla seneng banget lho..ahahaha. 

Nah, setelah jadi baru deh mulai cerita, storytelling. Ini nih, kegiatan yang paling menyenangkan buat saya khususnya, disini secara tidak langsung Aqla belajar banyak hal. Seperti history, geografi, rasa, pre-math dan masih banyak lagi.

Seperti Elmo itu apa, lalu kita bisa browsing lewat google listening di hp, seketika gambar dan suara akan muncul. Lanjut ngobrol, Elmo warna apa, bentuk matanya seperti apa, dll. Begitu juga dengan ayam, mulai dari tempat tinggalnya dimana, makanannya apa, bunyi ayam seperti apa, ayam bisa dimakan, ayam betina menghasilkan telur, ayam goreng rasanya enak dan lain sebagainya.

Karena Aqla suka ayam kriuk, habis cerita tentang ayam langsung minta dibuatin ayam kriuk wkwkwkwk.. 
Alhamdulillah ya, sesuatu...


Salah satu manfaat bermain bagi anak adalah melakukan kegiatan untuk mendapatkan kesenangan. Iya, mereka senang, bahagia dengan bermain.. Selain anak senang, bonding dengan orang terdekat makin baik, bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya dan masih banyak lagi.
Selamat bermain dengan anak tercinta..

Semoga bermanfaat..



23 comments:

  1. menstimulasi motorik anak di era digital canggih seperti sekarang ini memang dimudahkan ya, tinggal googling keluar deh semua bahan yang dibutuhkan

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata alat dan bahannya gampang didapetin ya mba. Kalau ga salah di rumah aku alat dan bahannya ada nih. Jadi pengen coba juga buat anak aku di rumah. Biar dia ga bosen aja di rumah dan bisa menstimulasi motoriknya juga. Allhamdulillah dapet ide nih

    ReplyDelete
  3. Waaah , ma kasih Mba.. saya dapat pencerahan lagi nih buat main sama Adek Fi. iya lucu juga ya buat sesuatu dari cetakan tangan dia. lucu juga ya. Mau tak jajal aah.. tinggal beli kertas origami

    ReplyDelete
  4. Seru banget ya. Karya sederhana dan murah tapi bisa menstimulasi motorik anak dan bikin mereka happy juga. Kren idenya nih.

    ReplyDelete
  5. Mbaaaa,
    kamu nih ide2 kreatifnya kok uakeehhh banget!
    Jagoan masak,
    jagoan bebikinan prakarya,
    piawai banget ajak anak main

    Makasii makasiii, berkahhh berlimpah buatmu mbaaa

    ReplyDelete
  6. Kreatif dan seru, bisa dipraktekkan oleh ibu-ibu lain dengan mudah. Coba lain kali jiplaknya di kain flanel juga mbak, bikin 2 lapisan, trus jahit. Nanti jadi kayak sarung tangan. Kasih mata, hidung, dan mulut, jadi boneka tangan. Dulu Aisyah suka bikin seperti itu, kadang dibentuk jadi burung, lucu juga. Biasanya dijadikan alat buat cerita. Maksudku, si Aisyah nya jadi kayak mendongeng dengan cara berbicara sama boneka tangan buatannya itu

    ReplyDelete
  7. Anakku suka juga pas masih kecil njiplak tangan. Tapi aku juga nggak kepikiran untuk dibuat kayakk ayam ayaman gini euy. Apalagi warna warnanya juga bagus

    ReplyDelete
  8. Dari menjiplak tangan aja ternyata bisa jadi pengalaman seru dan eksplor kecerdasan anak ya, Mak. Kalau lihat ponakan di rumah mereka asik banget sama gadget. Ga yang gede ga yang kecil. Eh ada sih aktivitas lainnya tapi mereka gampang bosen dan balik lagi ke gadget.

    ReplyDelete
  9. Duh jadi kangen ya main sama si kecil. Anakku udh 19 tahun. Paling hanya bisa mengenamg2 saja. Sehat sehat ya nak Aqla

    ReplyDelete
  10. Jadi ingat kalau dulu juga suka main ginian sama Keponakan. Kalau dia belum bisa gunting, aku yang bantu. Soal menempel, dia lumayan bisa. Sekarang mah udah besar. Mungkin nanti gantian sama Keponakan yang kecil

    ReplyDelete
  11. Wah mudah banget mbak bikin elmo dan ayam nya. Aku mau praktik ke kak Sara dan dik bintang ah. Jadi inget bungsuku itu suka angkat benda2 berat.
    Aq tadinya khawatir tapi setelah baca ini jadi santai karena justru bagus buat motorik nya ya

    ReplyDelete
  12. Zaman aku kecil dulu aku paling demen main jilpak tangan hahahah :) Anak2 zaman now pasti masih suka juga ya. Bisa DIY bikin Elmo dan ayam kayak gini seru banget :) Buat latihan motorik kanan dan kiri anak2 biar semakin pintar dan kreatif tentunya yach.

    ReplyDelete
  13. Waah kreatif Mbak. Saya simpan caranya ah buat nanti kalau si baby kecil ini beranjak besar. Bisa untuk latihan motoriknya. Alat-alatnya juga mudah didapat.

    ReplyDelete
  14. Wah, bisa dicoba nih idenya. Anakku pasti suka sekali. Dari menggambar tangan trus dihias bagian-bagian wajah dari ayam bisa jadi mainan yang sangat menyenangkan dan seru sekali.. :)

    ReplyDelete
  15. Anak hebat dimulai dari orang tua yang kreatif dan hebat pula. Dan ini nih, contohnya ada di kamu sama si Bubuki..
    Sehat terus ya anak ganteng..

    ReplyDelete
  16. wah kreatif, seru ya bikin seperti ini sama anak di rumah
    aku izin atm ya mbak, mau aku praktikkin di rumah

    ReplyDelete
  17. Lucu anget ayam-ayamnya jadi pengen juga bikin ah mengajak Aisyah belajar dan bermain pastinya makin seru ya

    ReplyDelete
  18. Lucunyaaa...
    Aku suka bebikinan.. dan iya nih... pas anak-anak masih kecil dulu suka banget DIY apa apa gituu.. Sejak uda masuk SD, rasanya bye-bye DIY.

    Hehhee...
    Tapi aktivitasnya diganti dengan menanam alias Go Green.
    ((ini pun bagian dari tugas sekolah anak-anak, heuheu..))

    ReplyDelete
  19. Pernah bikin juga tapi buat tugas sekolah anak, yang ayamnya aja sih hehe
    Seru sih emang anakku jd ketagihan. Disuruh bikin 1 ayam malah bikin lagi jd 2 ayam haha
    Yg bikin Elmo belum pernah. Coba ah nanti bikin juga pas lowong TFS idenya

    ReplyDelete
  20. MasyaAllah mba Lis. Anak-anak jadi hepi dan kreatif juga nih ya gegara emaknya yang memberikan ide luar biasa. Bisa dicontoh nih sama ponakan ehehehe

    ReplyDelete
  21. Kebetulan anak-anak ku ikut les menggambar dan kemarin kami bikin jerapah dengan menjiplak tangan ini. Bisa jadi macem2 sih telapak tangan ini

    ReplyDelete
  22. permainan yang sederhana tapi menarik banget ya..Apalagi banyak manfaat untuk tumbang anak=anak..Boleh nih coba ditiru..

    ReplyDelete
  23. Seru banget Maakkk kegiatan DIY kayak gini. Kegiatan ini yang dulu pasti aku manfaatkan untuk bonding dengan anak2 di sekitar rumahku. Seru banget!

    ReplyDelete

Review Ecohome Stand Mixer ESM 999