Monday, 23 August 2021

Teman Kreasi Bojonegoro Hadir untuk Indonesia

Teman Kreasi Bojonegoro Hadir untuk IndonesiaYang paling terasa saat awal pandemi adalah banyaknya perusahaan, UMKM yang mulai tumbang, banyak karyawan di rumahkan atau di PHK. Dampak pandemi membuat para pengusaha mengalami krisis ekonomi secara signifikan, salah satu penyebab yang paling terlihat adalah berkurangnya daya beli akibat pandemi. Tapi saat pandemi jugalah banyak bermunculan UMKM khususnya usaha kecil rumahan yang bermunculan. Contohnya seperti membuka usaha catering kecil-kecilan, baik itu berupa lauk, kue ataupun minuman. Dengan memanfaatkan media sosial, status WA sebagai jalan ninja atau ajang untuk promosi. Karena kebutuhan, dari sinilah muncul banyak peluang usaha untuk bisa bertahan dalam kondisi seperti ini.

Teman Kreasi Indonesia, Sebuah Cara Membuka Peluang Lewat Kokreasi

Teman Kreasi merupakan sebuah inisiatif dari Smartfren Community. Yang pada bulan maret 2021 secara resmi diluncurkan dengan nama Teman Kreasi Indonesia, dengan tujuan membuka peluang bagi generasi muda untuk belajar sociopreneurship dalam industri kreatif. Yang pada akhirnya tahun 2015 mulai berpartnership dengan Smartfren. Dua program utama Smartfren Community meliputi Edukasi Literasi Digital ke masyarakat dan Pengembangan sociopreneurship melalui Teman Kreasi Indonesia.

Adapun sejarah Teman Kreasi Indonesia berawal dari CSR Smartfren di bidang industri kreatif untuk Komunitas Topi Bambu Tangerang pada bulan juni 2019. Lalu januari 2020 Smartfren Community mendirikan Rumah Kreatif pertama di Kab Bandung Barat. Dimana Rumah Kreatif ini cikal bakal Teman Kreasi Indonesia. Sehingga pada akhirnya bulan maret 2021 secara resmi diluncurkan nama Teman Kreasi Indonesia, dengan tujuan membuka peluang bagi generasi muda untuk belajar sociopreneurship dalam industri kreatif.

Teman Kreasi Indonesia memiliki 5 keyword yaitu peluang untuk berkreasi, kokreasi, sosial enterpreuner, local heroes dan suistanable community development. Dengan adanya kokreasi, yaitu upaya untuk berkolaborasi, bekerjasama saling menguntungkan. Tentunya ini akan menjadi lebih baik dan peluangnya akan lebih luas lagi.

teman-kreasi-indonesia

Kalau kita bisa lihat, logo Teman Kreasi Indonesia bentuknya seperti anyaman. Saat pandemi banyak pebisnis yang gulung tikar, dengan latar belakang seperti itu akhirnya Smartfren menggalangkan bisnis lokal, khususnya UMKM. Filosofi anyaman, jika kita bersama, akan menjadi kuat. Dengan ini, Smartfren menjadi penggerak dan mamiliki harapan agar UMKM di Indonesia bisa lebih maju. 

Yuk, Kenalan dengan Didik Jatmiko Direktur Teman Kreasi Bojonegoro

Pernah dengar nama Didik Jatmiko? Buat teman Blogger, pasti tidak asing ya. Blogger yang suka menulis tentang potensi daerahnya melaui media sosial dan website. Saya ingat sekali saat launching Teman Kreasi bulan maret 2021 lalu, beliau bercerita saat pertama kali jumpa dengan Smartfren Community saat Gathering Smartfren Community tahun 2017 di Surabaya. Hingga akhirnya 17 agustus 2019 diguguhkan sebagai Leader Smartfren Community Bojonegoro. Punya misi ingin mencerdaskan masyarakat di desa agar melek teknologi. Sampai akhirnya dipertemukan dengan Teman Kreasi.


Teman Kreasi Bojonegoro merupakan wadah kokreasi dan buka buka peluang untuk pemberdayaan masyarakat. Beberapa produk UMKM Bojonegoro diantaranya ada Ledre, Keripik usus Jumain, Batik Bojonegoro, Rempeyek Bro, Kristal Herbal dan produk UMKM lainnya. Semua produk ini dipasarkan melalui sosial media mulai dari facebook, instagram dan Tiktok. Dengan memanfaatkan media sosial, maka jangkauan pemasaran produk semakin meluas dan tentunya target omset penjualan akan perlahan meningkat. 

Lewat Teman Kreasi kak Didik Jatmiko bisa membuka peluang kokreasi dengan UMKM Bojonegoro khususnya dan Smartfren. Salah satu dukungan yang paling berpengaruh dari Smartfren yaitu berupa branding, akses jaringan internet yang lancar sehingga membuat kegiatan promosi semakin lancar.

Dukung UMKM Digital Lewat “Teman Kreasi Indonesia”, Smartfren Sukses Raih Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Gerakan sosial “Teman Kreasi Indonesia” yang diprakarsai oleh Smartfren telah dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik dan meraih Penghargaan Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 pada Kamis (19/8/2021) malam. 

Ini adalah kedua kalinya Smartfren mendapatkan penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaan program corporate social responsibility, setelah pada 2020 lalu berhasil meraih penghargaan utama atas pengembangan Smartfren Community. Kedua penghargaan ini mengukuhkan posisi Smartfren sebagai operator telekomunikasi terbaik dalam memberikan dampak sosial berkelanjutan di masyarakat.

smartfren-anugerah-inovasi-indonesia

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan,
“Smartfren mengucapkan terima kasih atas penghargaan Penghargaan dalam Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development yang diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia. Penghargaan yang kami terima selama dua tahun berturut-turut menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia.”

Hingga saat ini, Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia, telah melaksanakan beberapa kegiatan yang membantu keberlangsungan lebih dari 500 UMKM di berbagai kota di Indonesia, sekaligus membuka peluang digitalisasi bagi mereka. Contohnya adalah kegiatan Teman Kreasi Cilacap, yakni Jajan Mamake yang turut mendukung penjualan hasil produksi UMKM di sekitarnya dengan mengadakan bazaar online. Produk UMKM hasil produksi lokal Cilacap tersebut antara lain berupa makanan tradisional seperti sale pisang, keripik batang (debog) pisang, tahu krispi, atau onde-onde. Sebelum adanya inisiatif ini, kebanyakan UMKM tersebut menjual produk – produknya hanya dengan menitipkannya ke toko atau kios terdekat.

teman-kreasi-indonesia

Ada juga Teman Kreasi Kabupaten Tangerang, yakni Kopi dan Topi Bambu; serta Teman Kreasi Mojokerto, yakni Eco Printing, yang memberikan bimbingan sekaligus peningkatan kapasitas pada UMKM di sekitar wilayahnya. Dengan adanya inisiatif Teman Kreasi Indonesia yang memberikan bazaar online dan kegiatan pembinaan dari Smartfren, UMKM tersebut dapat menjual produk – produknya secara online dan dapat lebih kreatif dalam memasarkan produknya, baik berupa makanan dan minuman atau bentuk lainnya.

Teman Kreasi Pekalongan, yakni Pasar Sayoor Online dan Teman Kreasi Kota Tangerang, yakni Kopi Nineteen, telah menjalankan gerakan sosial untuk membantu UMKM di sekitarnya. Kedua Teman Kreasi tersebut menyisihkan hasil penjualan dari usahanya demi memberikan bantuan berupa sembilan bahan pokok (sembako) untuk warga yang terdampak pandemi.

Upaya untuk memajukan dan membantu masyarakat diwujudkan Smartfren dengan memanfaatkan teknologi, inovasi produk dan layanan, serta inisiatif yang membawa perubahan dan kebaikan nyata bagi masyarakat. Semangat perusahaan untuk terus melakukan inovasi adalah berkat dukungan dari pemerintah, pelanggan, mitra dan masyarakat. Segala hal yang dilakukan Smartfren akan selalu kembali ke masyarakat. Upaya tersebut dilakukan melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terdiri dari beberapa pilar penting yaitu pendidikan, UMKM dan masyarakat digital.

teman-kreasi-indonesia

Smartfren sebelumnya telah berhasil meraih Penghargaan Utama Kategori Sustainability dalam ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020. Adapun, IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia merupakan ajang penghargaan bergengsi yang digelar untuk memberikan apresiasi pada inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak atau perusahaan. Sejumlah aspek yang dinilai dalam seleksi penghargaan ini adalah inovasi, penyelesaian masalah, kinerja, penciptaan nilai tambah di masyarakat, serta dampak yang diberikan pada perusahaan.

Dukungan Smartfren untuk Teman Kreasi 

Misi Teman Kreasi adalah mengembangkan semangat kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif di berbagai daerah dimana Smartfren Community berada. Peserta program Teman Kreasi Indonesia mendapatkan dukungan modal berupa koneksi internet 4G LTE Advance yang sangat bermanfaat digunakan menjalankan kegiatan wirausaha online.

Dengan dukungan tambahan berupa jaringan potensi pasar dari Smartfren Community yang tersebar di 102 kota di seluruh wilayah Indonesia, diharapkan program ini bisa melahirkan jaringan wirausaha serta kreator baru yang 100% lokal sehingga memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat. Berikut di bawah ini adalah foto dokumentasi penyerahan CSR Smartfren untuk program ekonomi kreatif melalui Teman Kreasi Indonesia.

teman-kreasi-indonesia

Program Teman Kreasi 

Berikut beberapa program Teman Kreasi :
1. Kelas online melalui media digital bertema pengembangan bisnis
2. Event hybrid untuk promosi usaha dengan protokol kesehatan ketat
3. Pendampingan atau business coaching secara virtual

Sekali lagi, selamat dan sukses untuk Smartfren atas Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Semoga dengan adanya Teman Kreasi Indonesia, UMKM di Bojonegoro khususnya dan di Indonesia bisa lebih maju.

smartfren-anugerah-inovasi-indonesia-2021


24 comments:

  1. Wah di masa pandemi seperti ini yang kayak gini bagus, selain bisa menaikkan ekonomi secara signifikan juga bisa membantu para pebisnis kecil yang merintis bisnisnya lewat online, nih. Good job smartfren

    ReplyDelete
  2. Wah di saat pandemi finansial semakin menurun apalagi pedagang kecil saat ini kesulitan untuk berdagang dan pasar pun sepi, mantul nih solusi banget untuk membangkitkan ekonomi dengan berkreasi dan melakukan bisnis kecil yang mudah, lewat online pun bisa membantu sekali saat pandemi

    ReplyDelete
  3. Tadi aku sekilas baca teman kreasi itu taman kreasi loh, sepertinya aku emang butuh piknik ini ya. Btw seneng sekali ya dengan adanya Teman Kreasi ini bisa menjadi kolaborasi yang baik dengan teman-teman UMKM.

    ReplyDelete
  4. mantap banget deh Smartfren ini mendukung UMKM untuk branding, akses jaringan internet yang lancar sehingga membuat kegiatan promosi semakin lanca juga

    ReplyDelete
  5. Smartfren keren ya programnya, Membantu UMKM untuk bangkit. Apalagi sekarang udah era digital. UMKM harus semakin melek digital

    ReplyDelete
  6. Selamaat ya buat smartfren makin sukses dan terus. Makin mantab nih dengan adanya Teman Kreasi dengan program2nya semoga makin mengangkat para UMKM dengan brandingnya masing2.

    ReplyDelete
  7. Whoaaaa seru banget ya Smartfren ini. Program²nya bermanfaat bgt utk UMKM dan start up di Indonesia

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah kini pelaku UKM jadi punya wadah untuk mempromosikan dan menjual produknya secara online ya mbaa. Apalagi dengan dukungan Smartfren Community, produk UKM Bojonegoro bisa tersebar luas ke seluruh nusantara

    ReplyDelete
  9. Wah mantap ya Teman Kreasi ini. Jadi bisa ngenalin banyak produk UMKM. Mereka akan lebih berkelas gitu. Semoga program Smartfren terus berkembang ya sehingga banyak yang terbantu

    ReplyDelete
  10. Taman Kreasi ikut memberdayakan umkm setempat ya supaya lebih dikenal & lebih luas lagi pemasarannya leat dukungan akses digital

    ReplyDelete
  11. Keren banget ya kiprah Smartfren untuk membantu kebangkitan UMKM Indonesia terutama saat pandemi, apalagi masih banyak yang belum terlalu familiar menggunakan media digital untuk mempromosikan usahanya, semoga dengan kolaborasi melalui Taman Kreasi ini akan membantu UMKM Indonesia menjangkau pasar yang lebih luas lagi. BTW aku paling suka pake smartfren untuk anak-anak, soalnya paketnya murah plus kuotanya berlimpah.

    ReplyDelete
  12. terima kasih smartfren sudah support umkm, semoga makin sukses dan makin bisa menyebar layanannya termasuk sampai ke kota Bengkulu ya. akses inet yang Ok emang dibutuhkan support UMKM saat ini

    ReplyDelete
  13. Saluuut. Bagus sekali ini filososfinya. Pasti mmbantu apalagi pandemi membuat pebisnis yang gulung tikar.
    Salut untuk Smartfren yang menggalangkan bisnis lokal, khususnya UMKM. Smartfren menjadi penggerak dan mamiliki harapan agar UMKM di Indonesia bisa lebih maju.
    Keren dengan filosofi anyaman, jika kita bersama, akan menjadi kuat.

    ReplyDelete
  14. wah kak didikbya ini! emang kece kok yg dilakukan kak didik ini, kolaborasi sama smartfren bisa membantu mengembangkan umkm di Bojonegoro, kampung halaman suamiku nih mbak

    ReplyDelete
  15. Salut banget sama Smartfren yang konsisten membantu para pelaku UMKM di Indonesia. Salah satunya ya ini dari Taman Kreasi. Semoga kedepan makin banyak wadah-wadah digital untuk mengembangkan UMKM kita.

    ReplyDelete
  16. Pendampingan seperti yang dilakukan oleh Smartfren menurutku bagus lho. Misi Teman Kreasi nih bagus, istilahnya, berkembang bersama demi ekonomi yg stabil, dan dibantu oleh pihak yang kompeten di bidangnya

    ReplyDelete
  17. Program Teman Kreasi ini patut dicontoh apalagi membantu UMKM. Semoga bisa menjangkau daerah2 lainnya di Indonesia

    ReplyDelete
  18. Kereeen nih Smartfrend berkolaborasi dengan Teman Kreasi untuk suport UMKM. Sejak pandemi memunculkan kreasi mereka yang terdampak dengan produk usaha skala rumah tangga ya mbak. MAntap deh pokoknya, semoga makin solid kerjasamanya

    ReplyDelete
  19. Sukses buat kak Didik dengan teman kreasinya di Bojonegoro, semoga cita-cita mulianya bisa tercapai ya. Bojonegoro ini wilayahnya luas, berbukit-bukit, banyak hutan jatinya. Tapi sinyal smartfren bisa menjembatani komunikasi antar berbagai daerah tersebut

    ReplyDelete
  20. waaaa mas didik selamattt semoga banyak yang gabung jadi teman kreasi bojonegoro
    mak di situbondo ada ga ya temen kreasi juga? kali bisa nambah penjualan di sini
    secara emang butuh banget wadah seperti ini untuk naikin ekonomi :")

    ReplyDelete
  21. Seneng bnaget aku bacanya mbak ada teman kreasi yang bisa menjadi wadah bagi para umkm untuk lebih sejahtera dan berdaya. Semoga makin sukses buat SmartFren dan teman kreasi

    ReplyDelete
  22. Program smartfren wajib banget dicontoh oleh perusahaan-perusahaan besar maupun yang kecil, bahu membahu membantu masyarakat agar makin mahir berbisnis.

    ReplyDelete
  23. UMKM banyak banget ya Mba yang tumbang karena Pandemi. Untung lah ada Smartfren dengan program Teman Kreasi, membantu sekali pelaku UMKM untuk tetap bertahan di masa sulit ini.

    ReplyDelete
  24. Umkm untuk berkembang memang butuh dukungan dari berbagai kalangan.. dan smartfren keren banget ambil andil untuk memajukan usaha umkm..secara tidak langsung ikut mengenalkan produk...

    Smartfren cakep lah..

    ReplyDelete

Review Ecohome Stand Mixer ESM 999