Skip to main content

Posts

Showing posts from May, 2014

Rumah Baca Hafrita Dara

Bismillahirrahmaanirrahim... Akhirnya posting juga edisi rumah baca hafrita dara, sebenarnya sudah lama saya berkunjung kesini tapi berhubung lupa lupa dan lupa akhirnya duduk manis dipojokan, tapi alhamdulillah kelar juga . Pas awal-awal tinggal di Siak, setiap sore kami pasti jalan-jalan keliling kota, bosan di kos-kosan apalagi saya yang kerjanya cuma di depan leptop. Setiap keliling kota Siak, saya selalu melihat kanan kiri jalan, apalagi jejeran bangunan rumah bupati yang unik, gedung-gedung perkantoran yang khas melayu, dan satu lagi rumah baca hafrita dara. Awalnya saya penasaran dengan model gedung yang unik, sesekali membaca plang, wah ini perpustakaan, batin saya setiap melewati jalan ini. Pas mas kakang prabu libur, dan kebetulan suntuk juga di kosan, akhirnya saya ajak jalan ke rumah baca, padahal saya belum tahu betul atau tidak gedung ini perpustakaan hehehe. Asal masuk ajalah tanya-tanya. Ternyata betul, ini perpustakaan, hore...  rumah baca dari jalan raya

Kentang Goreng Isi

Kangen jemblem,nggak ada singkong kentangpun jadi.. ~HM Zwan~ Bismillahirrahmaanirrahim... Kapan hari pas telpon ibu beliau cerita kalau pagi-pagi sudah jalan ke rumah mbak yang kebetulan jam 03.00 pagi baru sampai dari Jogja. Tak lupa bawa pisang godog sama jemblem isi pisang, loh kok isi pisang?iya, soalnya stok gula merah nggak ada jadinya diisi pisang godog deh hehe. Ohya, tau kan jemblem??itu lo misro, kalau di Jawa namanya jemblem tapi kalau teman-teman Jawa Barat nyebutnya misro, katanya sih begitu (ini katanya lo ya...). Nah, kok siang-siang saya nggeramih ya alias pingin yang gurih-gurih gitu buat kudapan sore (tsah bahasanya) buat ngganjel perut. Berhubung nggak ada singkong, punya ide ngerebus kentang terus diparut pakai parutan keju, pas kebetulan ada stok kelapa parut muda jadi asal campur ajalah yang penting bikin jajanan hehe. Ohya, pas juga ada keju jadi masukkan aja hehehe, coba-coba itu wajib ya. Bener-bener pas-pasan nih kayaknya hahaha. Bahan   2 bua

Just Click!!

Apa yang terjadi jika anda berada diatas motor dan melihat pemandangan yang sungguh menawan mata dan hati?? keluarkan kamera, apapun hasilnya, just click!!!... ~HM Zwan~ Lokasi : Jembatan Siak       *** Senin.2014 @hmzwan

Untung Ada Facebook

...Untung ada facebook!!!... ~adik ipar~ Bismillahirrahmaanirrahim... Saya adik iparnya mbak HM Zwan, kecelakaan dan menjadi korban jambret di bundaran apolo Surabaya bulan maret yang lalu. Ceritanya sepulang dari kerja pas di bundaran Apollo ada pengguna motor (dua orang) yang mendekati dan meneriaki saya. "Mbak...", spontan saya menoleh ke arah mereka dan tiba-tiba  tas selempang saya berusaha diambil, mungkin terlalu kuat akhirnya mereka nekat mendorong sepeda motor dan sekejap saya terjatuh dan tidak sadar. Tau-tau sudah ada banyak orang dan satpam maspion, akhirnya saya diantar ke pos polisi (kurang lebih 500 meter dari tkp) dengan area wajah dan kaki berlumur darah. Sampai kantor polisi saya masih belum sadar sepenuhnya, tas sudah lenyap, nomor hp mbak sama mas ipar pun tidak hafal karena semuanya tersimpan di hp. Setelah tersadar dan masih kebingungan, pak polisi meminta nomor saudara yang bisa dihubungi tapi kan saya kan nggak hafal nomor mereka. Saya langsung

Kucing Oh Kucing

Bismillahirrahmaanirrahim... Siapa sih yang nggak suka kucing, hampir semua orang suka sama kucing. Lucu, manis, nggemesin dan lain-lain. Tapi tidak bagi saya, eng ing eng....kenapa mbak??duh, rasanya kalau lihat kucing yang pelan-pelan jalan ke arah saya kok gimana gitu, jadi horor sendiri, ketakutan sendiri. Apalagi kalau lagi asik makan nasi padang yang aduhai lezatnya, eh tiba-tiba ada yang halus-halus gimana gitu ndusel di kaki saya, spontan teriak hahahaha. Dengan senang hati yang punya warung mengusir kucing manis itu, nggak nafsu makan lagi dong???ya nggaklah, tetep disantap yang penting kucing sudah hilang dari area meja yang saya tempati hehe. Bukankah kucing itu lucu dan manis?? Iya sih, tapi apa boleh buat trauma masa kecil menghantui saya sampai sekarang. Ceritanya waktu saya masih sekolah dasar, pas asik makan tiba-tiba ada kucing di dekat kaki saya. Nggak tau gimana waktu itu pokoknya si kucing hampir gigit kaki saya, aaaarrrrrrrrrrkkkkk....(geli ngebayanginn

Rempelo Ati Bumbu Rujak

Kalau lihat belimbing wuluh , lansung kepikiran bumbu rujak .. ~ HM Zwan~ Bismillahirrahmaanirrahim.. Entah berapa tahun saya nggak megang lagi yang namanya belimbing wuluh, pokoknya sejak menikah dan pindah ke Batam. Sebelumnya sering banget ngerasain masakan ibu yang berbau belimbing wuluh, mulai dari pepes, bumbu rujak, sampai jangan asem. Kebetulan di rumah ibu ada pohon belimbing wuluh, jadi kalau butuh asal ambil aja. Nah kapan hari di kasih nenek belimbing wuluh bawa dari Pekanbaru. Kepikiran buat bumbu rujak, kebetulan di kedai ada rempelo ati ayam, beli deh. Sekali-kali, soalnya tiap hari lauknya tahu tempe hehehe. Melas tenan to yo hahaha... sungguh, ini nggak melas karena tahu tempe itu enak luar biasa^^.   Bahan 5 buah rempelo ati ayam (goreng) 8 buah belimbing wuluh 5 buah cabe ijo (iris serong) 1 ruas laos (geprak) air secukupnya Gula Garam Kaldu ayam Bumbu Ulek Kasar 8 buah bawang merah 4 buah bawang putih 3 buah cabe merah 5 buah c

Sugeng Enjing

Ada yang lebih indah saat jalan pagi, melihat langit, matahari terbit dan rumput liar. Ambil kameramu, berdiri sejenak, abadikan. ~HM Zwan~ *** Siak,2014 @hmzwan

[Dare To Dream] Surga Untuk Anak-anak

"Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu."   ~ Andrea Hirata , Sang Pemimpi ~ Bismillahirrahmaanirrahim.. Mungkin kalau keliling dunia, keliling Indonesia itu sudah biasa ya mimpinya hehehe. Tapi saya pinginnya sih keliling Indonesia dan menjejak Jerman sudah benar-benar terlaksana hehehe, ini boong banget, lha wong masih juga dalam impian hahaha (plak!!). Ya, namanya juga impian, apa aja bolehlah hahahaha. Saya suka banget sam quoteinya Andrea Hirata, memotivasi banget rasanya, apalagi kayak saya nih yang dari kecil dah demen banget ngimpi keliling Indonesia hehe. Ceritanya, (ini ceritanya lo ya) keliling Indonesia menemani mas kakang prabu yang emang suka dilempar kemana-mana dan menjejak di Jerman sudah terlaksana, apalagi kalau bukan lagi-lagi nemenin mas kakang prabu lanjut kuliah engineer lagi dan melanjutkan impian-impian yang tak lekang oleh waktu (tsah), hampir setiap pikiran saya kosong, mendadak kembali bermimpi yang ini lagi in

Bentor Jajan Unik

Bismillahirrahmaanirrahim... Jarak 100 meter telinga saya sudah tidak asing lagi dengan lagu dangdut lawas yang khas dan mendayu-dayu. Suaranya sengaja di putar keras, awalnya saya kira ada orang hajatan eh ternyata suara itu datang dari sebuah becak motor atau bentor. Unik sekali batin saya, setiap sore saat jalan-jalan keliling kota, saya sering melihat warga yang berkerumun mengelilingi bentor satu ini. Sampai akhirnya saya penasaran, pas kebetulan beberapa pembeli sudah pergi saya turun dari motor. Menyapa bapak penjual dan seperti biasa bukan blogger namanya kalau nggak tanya-tanya hehehe, buat apa coba??bahan nulis hahaha. Bapak, duh kok lupa ya namanya....bapak fulan (nama samaran,karena lupa sama nama aslinya hehe) tinggal di Siak sejak tahun 80an, mulai berjualan jajanan seperti ini tahun 90an sampai sekarang dan satu-satunya di Siak. Memang benar lo, bapak fulan ini jadi idola warga Siak di sore hari, jualannya macam-macam ada cenil, klepon, bakwan/ote-ote, tahu isi,

Bubur Sruntul

...Bubur sruntul itu sekali nyeklus pasti ketagihan... ~HM Zwan~ Bismillahirrahmaanirrahim... Ceritanya setiap hari kamis di sini ada pasar murah, buka lapak dari pagi sampai malam, mulai dari sembako sampai baju ada semua. Nah, kebetulan ada yang jual berbagai macam umbi-umbian dan kacang tanah, saya pilah pilih kacang tanah sedangkan mas kakang prabu pilih mbote, orang sini bilangnya talas. Beli mbote 2kg (perkilo 5000) dan kacang tanah 1,5kg. Ternyata di mulut mas kakang prabu mbote itu rasanya nggak seenak singkong atau tela ungu, ckckckck padahal saya dah bilang tela ungu aja, eh dianya pilih mbote , ya sudah manut wae . Bosen di kukus terus akhirnya saya disuruh bikian apa gitu pokoknya jangan di kukus, pas banget waktu itu bewe lihat postingan mbk Irma ( Panci Baris ) tentang bubur candil. Katanya bikin candilnya (saya nyebutnya sruntul, yang bulet-bulet itu lo) bisa diganti dengan umbi-umbian, ya sudah saya coba deh resepnya. Tapi, namanya juga HM Zwan, dibaca aja

#KidsToday Serunya Menjadi Anak Kecil

...Seperti apakah masa kecilmu???... Bismillahirrahmaanirrahim ... Masa kecil mereka dan saya.... 1. Saya tahun lalu mengajar di PG/TK sekolah bonafit, kebetulan waktu itu jadwalnya art . Anak-anak saya perkenalkan dengan yang namanya finger painting , dengan cara meletakkan jari jemari mereka ke cat khusus finger painting dan menempelkan ke kertas hfs lalu hasilnya di pamerkan di mading depan kelas. Reaksi pertama ketika saya menuang cat, mereka sudah asik kegirangan, satu kelas mendekati saya, dan akhirnya saya memilih untuk berdiri dan menjauh meskipun ada satu anak yang asik bergelantungan di kaki saya hehehe. Iya, mereka tahu bahwa sekarang waktunya bermain,yeaa!!!!. 2. Anak ibu kos saya seringkali dimarahi jika gerimis datang, namanya anak-anak kan senang sekali jika melihat hujan, otomatis langsung berlari ke halaman rumah, apalagi kalau bukan bermain air lalu dilanjutkan dengan tiduran di tanah. Tapi belum sempat bermain, neneknya sudah teriak-teriak "Ka

Blur Sunset

...Hasil foto ngeblur, ugh sungguh menyebalkan!!!... ~HM Zwan~    Bismillahirrahmaanirrahim... Iya, saya paling sebel kalau hasil jepretan saya itu blur atau buram. Padahal pas eksekusi "perasaan" oke-oke aja, pas dilihat hasilnya di kamera hp pun masih oke, tapi pas dilihat di leptop, amburadul, fiuh!!! . Nah, pengalaman seperti ini saya alami beberapa hari yang lalu, seperti biasa sore-sore jam 5 pasti keluar kamar kos dan memilih duduk manis sambil menikmati segelas jus sirsak di pinggir sungai Siak. Menyelam sambil minum air, duduk manis sambil menunggu sunset dong pastinya. Pas dapet momen dan view yang keceh #uhuk, langsung dong main klak klik sesuka hati, tapi apa daya baru nyesel sampai kos-kosan, apalagi pas dipindah ke laptop. Hasilnya, ugh sebel pastinya hehehe. Yaaaa..besok lagi harus ceki-ceki lagilah intinya biar nggak nggerundel sendiri hehehe. Ini dia hasilnya >_<   Yeaaa, selamat hari senin semoga indah^^ *** Senin,12/5/2014

Muda Menanam Tua Mengetam

...Barang siapa menanam pasti mengetam... ~mahfudzot~   Bismillahirrahmaanirrahim... Tepat di usia saya yang ke 25 tahun saya baru mengenal yang namanya dana pensiun , itupun saya mengetahui saat saya bekerja di Batam. Bukan di perusahaan tapi saya mengajar di sekolah swasta, awalnya saya tidak paham benar saat mendapat surat tanda tangan kontrak, dimana didalamnya berisi hal yang berhubungan dengan tugas saya menjadi guru, beserta gaji yang diberikan dan potongan untuk jaminan hari tua sekian persen dari total keseluruhan gaji. Oke, jadi gaji saya akan di potong sekian persen untuk jaminan hari tua, lumayan setidaknya ada tabunganlah, batin saya saat itu. Tapi, pertengahan tahun 2013 saya resign dari tempat saya mengajar karena suami pindah tugas di Riau, otomatis setoran tiap bulan untuk jaminan hari tua terhenti pada bulan berikutnya sampai sekarang. Lalu uangnya gimana??hangus ya??tetap utuh dan saya bisa mengambilnya. Rumit ya??iya, bagi saya rumit k

Cerita Si Hp Pengangguran

credit Bismillahirrahmaanirrahim... Sebenarnya saya termasuk orang yang pada saat itu (tahun 2005) nggak butuh banget yang namanya hp, nggak naksir-naksir amat sama yang namanya hp, nggak ngebet juga pigin punya hp. Yang penting kalau saya butuh uang jajan hahaha, tinggal telpon aja ke rumah, langsung lari ke wartel samping asrama. Tapi, gara-gara desakan anak-anak satu kamar, kebetulan di kampus UIN Malang mahasiswa/i baru wajib tinggal di asrama selama satu tahun. Nah, satu kamar ukuran besar dihuni 6 orang dengan tempat tidur tingkat. Dari 6 teman kamar ini cuma saya yang kudet banget alias nggak punya hp, kalau kedesak pingin sms mas atau mbak saya, ya tiggal minta sms ke mereka hehehe. Atas nama kompor meleduk, ngomporinnnn banget itu 5 orang pas malam-malam menjelang tidur, "ayolah beli hp..", "norak banget sih nggak punya hp" , "enak lo kalo punya hp.." bla bla bla. Akhirnya, belilah saya pakai uang yang tersimpan di bawah kasur, ceritanya na

Pelangi di Hatiku

...Allahumma baariklana...  Cinta bukan tentang jarak yang memisahkan, tapi entah rasanya tak bisa diungkapkan jika terpisah jarak antara Siak - Batam... Izinkan aku datang menjemputmu, menata kehidupan, merajut asa dan mimpi, mengayuh roda bersama di kota kecil yang indah ini... *** Jum'ah berkah,9/5/2014 @hmzwan Original foto taken by : HM Zwan Camera : Galaxi note 1 Location :  Turab Sungai Siak     “Foto ini diikutsertakan dalam Lomba Blog CIMONERS”

Berbagi Ide untuk Pesantren

...Jika mengingat masa lalu di Pesantren, ada hal yang lebih indah dari pada baca buku dan hafalan muthola'ah, yaitu telat ke masjid dan dihukum berdiri di depan masjid sambil baca al-qur'an dan mukholifah lughoh... ~HM Zwan~ Secuil dari kami, yang lain ada yang sudah pulang, ada yang masih jalan-jalan, ada juga yang sedang njajan di koperasi^^   Bismillahirrahmaanirrahim.... Pasti pada mbatin begini, "wah badung ya dulu??", atau "ya ampunnnn nakal ya ternyata dulunya.." atau "pasti deh ababil.." dll. Hahaha, tolong...saya santri baik-baik kok dulunya, meskipun terkenal dengan keistimewaannya (catat, bukan nakal tapi istimewa ^^) tapi percayalah dulu itu saya manis, iya manis sekali (uhuk). Kenal dunia pesantren sejak TK, lanjut lulus MI dibawa alm abah ke pesantren putri di Ponorogo, disini saya 7 tahun, setahun ngabdi (wajib mengajar 1 tahun untuk alumni pilihan). Tuh kan, dari + 200 santri angkatan saya aja loh ya, saya salah

Istana Siak #EverythingOnWednesday

...Pertama kali dengar nama SIAK aja sudah aneh dan bingung buka peta,dan ternyata kota ini indah, ada sungai terdalam, ada jembatan yang megah, dan ada istana Siak yang keren... ~HM Zwan~ Istana Siak Sri Inderapura merupakan kediaman resmi Sultan Siak yang mulai dibangun pada tahun 1889, yaitu pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim. Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak Sri Inderapura yang selesai dibangun pada tahun 1893. Kini istana yang juga dijuluki Istana Matahari Timur ini, masuk wilayah administrasi pemerintahan Kabupaten Siak . Kompleks istana ini memiliki luas sekitar 32.000 meter persegi yang terdiri dari 4 istana yaitu Istana Siak, Istana Lima, Istana Padjang, dan Istana Baroe. Istana Siak sendiri memiliki luas 1.000 meter persegi. Hampir tiap tiga hari sekali, setiap sore hari pasti lewat sini. Gimana nggak lewat sini, lha wong kota Siak itu seuprit alias kecil banget. Keliling kota ya mentok di kamu, eh disitu maksudnya. Nah, hari ju