Showing posts with label quote on thursday. Show all posts
Showing posts with label quote on thursday. Show all posts

Thursday, 2 October 2014

Pesawat Putar Balik,Ada Apa Gerangan???

"I've tried everything other than jumping out of a plane, but nothing gives you an adrenaline rush like racing a car."
Dulu, dulu sekali bahkan saat saya memimpikan untuk keliling Indonesia di usia 8 tahun, tidak terbersit sekalipun untuk bermimpi naik pesawat. Iya, pesawat terbang atau motor molok. Pertama kali naik pesawat tahun 2011 ke Batam, berangkat dari Juanda Surabaya dan transit di Jakarta. Harusnya Surabaya - Batam ditempuh dalam waktu 2 jam, tapi apa boleh buat, pengalaman pertama naik pesawat membuat keluarga saya kalang kabut ngak karuan, kok belum ada kabar??sampai mana??udah sampai Batam belum??dan lain sebagainya. 

Take off itu rasanya....
Sebenarnaya biasa aja sih pas mau naik pesawat, duduk cantik di samping jendela, pasang sabuk dan berdo'a. Siap take off, pesawat berjalan biasa, rasanya sih grenjel-grenjel, lanjut halus, selanjutnya cepat dan duh Gusti Pengeran....mata terpejam, samar-samar pesawat naik, tempat duduk rasanya perlahan dijempalikkan. Sambil baca do'a, dan perlahan posisi sempurna *sebenarnya sih sempurna dari awal,kan pesawatnya yang naik dan belok-belok hehe*. Kemudian perlahan saya beranikan diri membuka mata, melihat ke jendela, subhanallah awannya sungguh indah. 

Pesawat putar balik, ada apa gerangan???
Pernah nggak mengalami pesawat putar balik, padahal dari atas sudah terlihat titik-titik pulau dari jendela, itu artinya sebentar lagi akan landing. Kejadian ini pernah saya alami, 20 menit mau landing di bandara Hang Nadim Batam, tiba-tiba ada pengumuman bahwa pesawat akan putar balik ke Jakarta. Penyebabnya, satu mesin pesawat mati. Duh, rasanya...nggak karuan. Balik lagi ke Jakarta, dan nunggu 2 jam lebih, ngapain coba 2 jam di bandara???.

Pengalaman transit yang seru...
Transit yang pertama sih nggak lama nunggu pesawatnya, nah yang lama itu pas transit kedua gara-gara mesin pesawat mati satu. Harusnya sampai Batam pukul 10.00 tapi berhubung ada masalah akhirnya saya dan suami terdampar di Soehat selama sekian jam, tau nggak sampai Batam jam berapa??jam 15.00. Terus ngapain aja di Soehat??
1. Jalan-jalan
Namanya juga bandara Soehat, jadi gede banget, bosan duduk diruang tunggu akhirnya kami jalan-jalan nggak jelas. Lihat pesawat, lihat pilot dan pramugari yang baru datang, lihat anak-anak yang lari-lari dan sukses membuat orangtuanya berlarian juga, seru ya hehe.
2. Iseng
Lihat antrian orang yang mau beli minuman yang pakai uang koin atau kertas ya??entahlah, seru aja lihat orang-orang itu. Ada yang sudah lihai, ada yang baru pertama kali nyoba, dan sukses nggak keluar pesanannya hahaha.
3. Menikmati makan siang lesehan
Berhubung ruang tunggu penuh, jadi setelah ambil jatah makan siang, kami cari tempat yang asik buat menikmati ayam bakar yang lumayan besar ukurannya. Pilihan jatuh di saping jendela terbuka yang viewnya ke taman bandara, adem banget, asik aja makan siang lesehan di lantai sambil ngobrol sambil makan enak. 

Landing yang bikin deg-deg'an
Sama rasanya seperti take off, tapi bedanya saat landing itu rasanya lebih menggetarkan, dahsyat banget getarannya. Pernah ditanya sama teman, gimana rasanya landing???tau jalanan rusak, atau jalanan tanah yang gronjal-gronjal??kalau  naik mobil melewati jalan tersebut dan mobilnya ngebut banget, ya gitu rasanya tapi ngebut mobilnya 100 kali lipat lo ya haha, gitu rasnaya pas pesawat landing hehe. Tapi lega banget rasanya pas turun pesawat, alhamdulillah selamat sampai tujuan.

Ada yang punya pengalaman sama??
***
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan


Thursday, 25 September 2014

Seru-seruan dengan Rainbow Loom

 "There is no failure except in no longer trying"
Kapan hari saya pulang ke Batam, minggu pagi-pagi sengaja main ke rumah bulek. Pas kebetulan para sepupu (TK dan SD) sedang asik main karet warna-warni, aha, itu kan rainbow loom (sok tahu padahal belum pernah lihat wujud aslinya). Benar, ternyata mereka sedang membuat gelang, bukan untuk dijual tapi untuk sekedar have fun aja. Lha wong nggak niat banget bikinnya, sudah buat panjang, diobrak-abrik lagi, katanya nggak bagus warnanya, haddeuh. Akhirnya dari situlah saya tahu, oh ini to rainbow loom yang terkenal difb. Melihat mereka yang asik otak-atik, sayapun tak kalah penasaran, akhirnya diajarin. Ternyata gampang loh membuat gelang rainbow loom, saya belajar bikin yang dasar atau bisa dibilang yang paling simpel. Sempat bingung, terakhirnya nanti nyambungnya bagaimana, saya kira pakai simpul atau apa gitu, ternyata tidak, harus pakai S. Owh, I see..S itu untuk mengaitkan antara ujung satu dengan yang lainnya, tinggal dicantolin aja, jadi deh.
Sudah serius bikin ternyata saya baru sadar dengan karet warna-warninya, kok kayaknya kenal ya.
Saya : Eh ia, ini kok kayak karet ikat rambut ya??
Kia : Emang!! *dengan wajah tanpa berdosa*
Saya : Emang ini karet rainbow loomnya??
Kia : Bukan *lagi-lagi cuek bebek banget*
Saya : Yaelah, lha terus yang kek mana bentuk karet aslinya??
Kia : Kayak karet biasa tapi warna warni, cantik, kenyal kayak permen *jedder*
Saya : Kenapa nggak beli??
Kia : Nggak ah, pakek ini aja
*manggut-manggut ajalah*

Pantesan saya sempat bingung, bukannya kalau bikin gelang rainbow loom itu ada alatnya, karetnya pun bukan karet biasa. Masalahnya saya sering lihat anaknya teman-teman difb yang seru-seruan buat gelang dari rainbow loom dan ada alatnya, semacam kayak cetakan es batu gitu hahahaha. Tapi sepupu saya ini unik, nggak ada karet ranbow loom, karet rambutpun jadi. Bikinnya masih yang simpel, pakai apa aja yang penting bisa untuk membuat gelang, dan berhasil. Misalnya pakai garpu, catukan, gunting kuku, dan saya punya ide pakai dua pensil warna hahaha.  Demi apa coba??demi bikin gelang rainbow loom, alhamdulillah jadi sih, bentuk simpel yang cantik. Yeay, akhirnya saya sedikit tahu tentang cara buat gelang dari rainbow loom.

 
Ada yang belum tahu rainbow loom???bikinnya bener-bener nagih,seru aja.

***
25 september 2014
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

Thursday, 11 September 2014

Pelajaran Penting: Nenek Cium Dinding Toilet

“Orang yang memandang dengan cinta maka semuanya tampak indah. Demikian pula yang memandang dengan benci, maka semuanya tampak buruk.”
~sumber : here ~
Tepatnya ketika kami berada di Carnaval Mall tempat jual beli komputer dan leptop seken di Batam. Waktu sudah menunjukkan shalat ashar tapi kami masih melakukan transaksi di salah satu toko, setelah selesai buru-buru ke mushola yang ada di belakang mall. Saat saya selesai berdoa setelah ambil wudhu, tiba-tiba mata saya teruju pada nenek-nenek yang berdiri di depan wastafel. Beliau menaruh tas di dekat wastafel, membuka jilbab dan yang membuat mata saya terbelelak dan heran saat beliau mencium beberapa kali dinding dekat wastafel. "Ih, nenek itu kok cium-cium dinding ya, jorok kali...z z z z z z...." batin saya dalam hati. Sesaat beliau sadar jika saya memperhatikannya, dengan tersenyum ke arah saya nenek tersebut berucap "saya kira ini tahi atau kototran apa, ternyata bukan, tadi kesenggol pas taruh tas..". Deg, astaghfirullohal adhzim...seketika saya membalas senyumnya sambil berucap "owhhh iya nek...saya ke mushola duluan".

Pelajaran sore itu untuk saya, hati-hati dengan hati dan pikiran. Selalu berbaik sangka pada apapun yang kita lihat, belum tentu apa yang terlihat sama dengan apa yang kita pikirkan. Thank you I learn...

***
11 september 2014
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

Thursday, 14 August 2014

Salam Pramuka!!!

"Yang saya ingat dari pramuka adalah Lord Boden Powel.."
~HM Zwan~
Bismillahirrahmaanirrahim...
Salam pramuka!!!
Pagi ini rasanya berbeda sekali, bagaimana tidak, pukul 06.30 ketika saya sedang menikmati sarapan buah jeruk tiba-tiba terdengar lagu pramuka di tv ibu kos. Sontak ingatan saya langsung mundur beberapa tahun yang lalu. 

Tentang pramuka / kasyyafah / scout
Mengenal dunia pramuka sejak SMP, masuk group penggalang di Pangkalan 10 atau lebih populer dengan P 10. Yel yel untuk setiap pangkalan berbeda, dan yel yel P 10 adalah seperti ini P 10...Maju Terus Pantang Mundur, Seeppplah!!!. Hari kamis adalah hari paling padat bagi kami, pagi-pagi setelah shalat subuh biasanya ada piket (dipilih oleh kakak pembina) membuat pionering. Pionering itu dimana kita mempelajari pembuatan berbagai bentuk dengan menggunakan tongkat pramuka dan tali, berbagai tali-temali harus kami kuasai. Contohnya adalah bentuk perahu, menara, jembatan, gapura dan macam-macam. Dilanjutkan dengan kegiatan pramuka yang dimulai dari pukul 13.00 sampai pukul 16.00.
semaphore (sumber : Anang)
KMD "Kursus Mahir Dasar"
Syarat jadi pembina adalah lulus KMD, ujiannya susah banget, seru banget. Harus menguasai dan hafal satu buku panduan pramuka, mulai dari dasa dharma pramuka, tali-temali, berbagai sandi, sampai semaphore. Nah, kebetulan saya susah banget ngafalin gerakan semaphore. Semaphore adalah salah satu cara untuk mengirim atau menerima berita melalui  bendera. Waktu itu saya mendadak ikut ujian semaphore, pokoknya bondo nekat bangetlah, nah kebetulan kami 3 orang, masing-masing kami pesannya berbeda. Peannya waktu itu dasa dharma pramuka, si A yang no 1, si B no 2 dan saya no 3. Duileh panjang banget, kan satu huruf satu gerakan, jadi pas kebetulan ada beberapa huruf yang saya lupa, eh si kakak pembina pas mau ngambil apa gitu, yaudah ngasal gerak aja hahahaha. Kakak pembina datang, 2 bendera sudah di posisi siap, dan saya lolos ujian ini hahahahaha.

Perkajum "perkemahan kamis jum'at"
Libur sekolah hari jum'at, jadi kalau ada acara perkajum rasanya seneng banget. Meskipun endingnya capek, cucian banyak, belum lagi kalau malamnya dapat jatah "melanggar bahasa", ya sudah diikhlasin ajalah hahaha. Dimana-mana acara kemah itu seru, mulai dari bikin tenda manual, baris, lomba sandi dll, masak, renungan malam jalan-jalan ke kuburan, sampai mainan lumpur dipenghujung acara. Pernah dapet giliran masak, namanya nggak bisa masak, apalagi masak nasi, asal aja cemplungin beras sama air di atas api (bikin pawon dari bata dan masak pakai kayu bakar), dilanjut ngerupi sama bagian masak tenda samping. Lha kok nasinya gosong hahahaha, yasudahlah akhirnya lari ke tenda kakak pembina beli mi rebus 5, mari sarapan mi rebus hahaha.

Hal yang paling indah saat pramuka adalah semuanya, mulai dari belajar tali-temali dasar, berjuang demi menjadi pembina sampai akhirnya jadi pembina dan berhasil ngerjain anak didik waktu renungan malam hahaha. Ohya, dan sampai sekarang saya selalu ingat, pernah menang saat tebak-tebakan. Siapakah bapak pandu dunia???dengan sigap dan lantang, saya menjawab..LordBoden Powel!!!. Yeayyy, pulang duluann!!!

Gimana dengan cerita teman-teman tentang pramuka???seru dong ya pastinya...ayo, cerita dong..
***
14 agustus 2014
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan







Thursday, 7 August 2014

Lebaran A la Perantau

 "Lebaran jauh dengan keluarga itu menyedihkan, wajar . Tapi masih bisa menikmati ketupat, nastar dan kastengel itu cukup luar biasa meskipun rindu mendera dengan lepet, iya lepet!!!"
~HM Zwan~
 malam pertama hari raya di Siak,ini habis maghrib lo hehe
Lebaran di Batam
Atas nama perantau, tahun lalu saya berlebaran di Batam. Namanya aja Batam, lebaran sama nggak lebaran suasananya sama, ramai. Tapi masih lumayan menyenangkan karena masih bisa kumpul dengan bulek, silaturahmi dengan tetangga satu komplek, silaturahmi dengan teman-teman suami, jalan ke mall dan jalan-jalan ke pulau sekitar Batam. Setidaknya, meskipun tidak jadi mudik kami masih bisa jalan-jalan hehe. Kalau di Jawa, unjung-unjung (silaturahmi) ke tetangga hanya makan kue lebaran saja tanpa makan makanan berat. Berbeda dengan di Batam, unjung-unjungnya makan makanan berat, setiap rumah beda menu. Orang Palembang khasnya pempek dan tekwan, orang Padang ada rendang dan opor, nah kalau orang Jawa sebagian ada yang bakso, sate ayam/kambing, gulai, sebagian lagi pempek dan tekwan hehe. Unik ya, mungkin karena tahun lalu sudah buat bakso jadi tahun ini makanannya berbeda, biar bervariasi.

Lebaran di Siak Sri Indrapura - Riau
Atas nama perantau, tahun ini saya berlebaran di Siak Sri Indrapura. Namanya juga kota kecil di tengah hutan, jadi lebarannya sepi sekali. Tak ada saudara dekat, ibu kospun jadi saudara, tetangga samping rumah kospun jadi saudara juga, Alhamdulillah. Pulang dari shalat Ied di lapangan Siak Bermahdah langsung silaturahmi ke ibu kos, disuruh makan ketupat dan rendang tapi berhubung sebelum shalat Ied sudah makan dan perut masih kenyang, jadi kami memilih untuk mencicipi mi goreng, ra ilok kalo nggak diincip kata si mbah hehe. Setelah itu balik ke kos, telpon ibu dan keluarga sampai siang. Sore hari keliling kota dan kembali ke kos lagi hehe.Lempeng aja gitu hahaha.

Beginilah pengalaman lebaran a la perantau, ada suka ada duka, tapi tetap di syukuri. Lalu lebaran a la teman-teman gimana nih??ayo dong cerita..
                                                                                    ****
                                                                             7 agustus 2014
                                                                hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

Thursday, 24 July 2014

Pagi-pagi di K.O.M.U.G.I Bakery

...Ada pizza, ada roti, ada kue ulang tahun, dan ada surprise buat kamu...
Bismillahirrahmaanirrahim...
Surabaya bagi saya merupakan kota kenangan, akhir masa kuliah dan ketika mengajar di Malang 4 tahun lamanya hampir setiap bulan selalu menyempatkan jalan-jalan ke Sidoarjo dan lanjut ke Surabaya, kadang menggunakan ongkos pribadi dan seringnya dibayarin. Alias, asal berangkat naik kereta dan pulang dapet sangu dari sahabat saya, Mail. Entah, dia sangat tahu rasanya jadi guru BK yang dibanjiri kasus anak-anak khusus, jadinya hari sabtu siang pasti saya sudah duduk manis di kereta ekonomi hehe. Pas saya balik ke Jawa, saya sempatkan jalan ke Surabaya mampir ke rumah adik ipar dan sahabat-sahabat tercinta, salah satunya Yanoe.
Mail ulang tahun, dan saya merencanakan untuk membeli sesuatu yang selama ini belum pernah saya lakukan, membeli kue ultah untuknya. Pukul 08.00 Yanoe mengajak saya pergi ke toko roti yang katanya lumayan enak, namanya K.O.M.U.G.I. Tidak jauh dari kampus IAIN, kalau tidak salah di daerah Margorejo belakang Jemursari. Sampai di dalam toko roti, mata saya meleleh seketika, banyak pilihan kue tertata rapi di etalase. Yanoe mengambil lima roti kesukaannya, saya hanya mengambil dua dan satunya pizza ukuran panjang *foto diatas*. Selanjutnya memilih kue ulang tahun untuk si Mail, pesan tulisan dan menunggu 5 menit langsung jadi dan packing.
Senang rasanya bisa memberi surprise kue ulang tahun ke Mail, cewek tomboi asli Sidoarjo, penerus usaha keluarga, ada pabrik cincau, jualan kambing, sapi dan pesanan sate untuk berbagai acara. 10 menit lamanya dia kami bully di kamar, lalu dilanjutkan dengan makan-makan, kuenya enak, rotinya juga enak banget, pizzanya apalagi.
Kira-kira di kota teman-teman ada K.O.M.U.G.I Bakery nggak???

***
24 juli 2014
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

Thursday, 19 June 2014

Tentang Sederhana

(sumber quote : indowebster)
Bismillahirrahmaanirrahim...
Menjejak rindu
Terkadang hobi suka-suka a la saya tiba-tiba timbul saat mendengar bel pergantian jam pelajaran, biasanya saya sudah berjalan keluar dari ruang BK menuju kelas yang akan saya masuki 5 menit sebelum bel. Tergantung letak kelasnya juga, kalau dibelakang ruang BK tak perlu jalan-jalan dulu, begitu sebaliknya kalau jauh misalnya di lantai dua atau tiga yaaa maksimal 10 menit sebelum bel sudah harus keluar ruang BK. Nah, suka-suka a la saya itu apa sih??cukup bawa uang 1000 lalu pergi ke kantin beli permen, buat apa permennya??buat anak-anak dong hehehe. Masih bingung??ceritanya sebelum saya memulai pelajaran BK alias Bimbingan dan Konseling, biasanya setelah salam saya pasti hura-hura dulu sama anak-anak. Kasih ice breaking di awal pertemuan itu sangat pentig pemirsah, apalagi buat anak-anak galau kayak SMP, SMA dan SMK hehehe. Nggak usah terlalu pusing mikirin ribetnya ice breaking,  bagi saya hal yang sederhana bisa jadi materi ice breaking. Misalnya...
Tepuk tangan
Instruksi :
- Kosongkan meja, buku, pensil, bolpoin, penghapus atau botol air minum harus disingkirkan dari meja untuk sementara. Duduk yang rapi dan rileks.
- Kalau saya bilang tepuk satu, anak-anak harus tepuk satu kali, tepuk dua, tepuk dua kali dan seterusnya.
- Yang salah maju ke depan, deretan yang anggotanya tidak pernah salah mereka yang menang

Eksekusi di mulai, permainan berjalan dengan seru, senang dan tentunya wajah lusuh kembali segar setelah diberi ice breaking. Nah, permennya buat apa itu??deretan yang tidak pernah melakukan kesalahan maju ke depan dan dapat hadiah berupa permen. Beli 1000 dapet 5 *waktu di Batam*, 6 anak tersebut bukan masing-masing dapat satu permen tapi satu permen gimana caranya agar masing-masing dapat jatah makan permen hehehe. Cukup nggak cukup harus cukup!!!Gini-gini anak-anak ketagihan lo hehehe, miss ice breaking lagi ya besok.... Ah, apapun itu akan saya lakukan, yang penting mereka senang, dan bisa kembali belajar dengan riang dan gembira. Sederhana itu tidak harus mahal bukan??
Selamat hari kamis, semoga berkah..
***
Juni 2014
@hmzwan
 


Thursday, 5 June 2014

Semangkuk Es Krim

Bismillahirrahmaanirrahim...
Hari ini kos-kosan sepi, anak-anak SMA kamar sebelah pulang ambil jatah bulanan, entah saya heran kenapa pulangnya berbarengan. Pada akhirnya saya sendirian di kos-kosan, ditambah ibu kos dan nenek pergi ke Pekanbaru juga, alhasil saya duduk manis di depan leptop sepanjang hari. Pukul 10.00 tiba-tiba saya mendengar bunyi suara dung dung dari kejauhan, ada yang nyeletuk "beliiii...", dengan rasa terharu sayapun beranjak dari sova mungil nan empuk dan berlari keluar kamar. "Pak beliiii...", buru-buru saya masuk ke kamar mengambil selembar uang 10.000. Saya memilih roti bukan cone, harga satuannya 3000. Sembari menungu, ada angin yang perlahan menghempas lalu berlari lagi entah kemana, iya, udara di luar sangat sejuk sekali hari ini. Rasanya pas sekali duduk di teras sembari menikmati semangkuk es krim roti tawar.

Saya bahagia sekali hari ini, ditemani lelaki berjenggot tipis dan semangkuk es krim.
Mungkin terlihat berlebihan, tapi bagi saya tidak. Bahagia itu sederhana, hari ini rasanya aura bahagia itu terlihat jelas, bayangkan, hanya dengan menghirup udara segar di teras kos-kosan dengan semangkuk es krim yang harganya 3000an bukan 50.000 perporsi. Tak ada topping, stroberri ataupun wafer, tapi entah rasa bahagia itu timbul dengan sendirinya. Sederhana bukan???Bahagia itu bersyukur atas segala hal, termasuk hanya dengan menikmati semangkuk es krim. Lalu, pernahkan kamu merasa bahagia dengan hal-hal yang sederhana??

Saya yakin pada akhirnya semua akan bermula karena kebahagiaan kita sendiri, bahagia karena hasil dari kebersyukuran kita, mengalir hingga ke hati dan pikiran kita..(Semangkuk Mie Rebus by Putri) 
 ***
@hmzwan

Thursday, 22 May 2014

Untung Ada Facebook

...Untung ada facebook!!!...
~adik ipar~
Bismillahirrahmaanirrahim...
Saya adik iparnya mbak HM Zwan, kecelakaan dan menjadi korban jambret di bundaran apolo Surabaya bulan maret yang lalu. Ceritanya sepulang dari kerja pas di bundaran Apollo ada pengguna motor (dua orang) yang mendekati dan meneriaki saya. "Mbak...", spontan saya menoleh ke arah mereka dan tiba-tiba  tas selempang saya berusaha diambil, mungkin terlalu kuat akhirnya mereka nekat mendorong sepeda motor dan sekejap saya terjatuh dan tidak sadar. Tau-tau sudah ada banyak orang dan satpam maspion, akhirnya saya diantar ke pos polisi (kurang lebih 500 meter dari tkp) dengan area wajah dan kaki berlumur darah. Sampai kantor polisi saya masih belum sadar sepenuhnya, tas sudah lenyap, nomor hp mbak sama mas ipar pun tidak hafal karena semuanya tersimpan di hp. Setelah tersadar dan masih kebingungan, pak polisi meminta nomor saudara yang bisa dihubungi tapi kan saya kan nggak hafal nomor mereka. Saya langsung kepikiran buka facebooknya mbak yang di rumah, dengan menggunakan komputer di pos polisi saya membuka akun facebook, alhamdulillah nomor hpnya mbak tercantum di facebook. Dengan sigap pak polisi menghubungi mbak dan mas ipar, saya dibawa ke rumah sakit haji tempat mas ipar bekerja. Terima kasih facebook!!

Begitulah cerita adik ipar saya hehehe. Ada sisi positif sebenarnya mengapa berkali-kali pihak facebook meminta saya, eh mungkin semua pengguna facebok untuk mencantumkan nomor hp kali ya. Tapi kalau dicantumin, takutnya (ketakutan saya lo ya hehehe) ada pihak-pihak "jahil" yang memanfaatkan, entah di kerjai atau bisa sampai ditipu dan masih banyak alasan lain. Lha wong  nggak dicantumin aja sudah banyak yang pura-pura jadi mama atau papa saya (mbak,mas saya manggilnya ibu sama abah bukan mama papa hehehe) apalagi dicantumin. Tapi kalau di cantumin ada juga hikmahnya, ya kayak kasusnya adik ipar saya diatas, untung mbaknya (adik ipar satu lagi) nyantumin nomor hp di facebook, coba kalau nggak ada, mungkin susah juga adik ipar saya, kasihan udah kesakitan. Apapun itu, terima kasih facebook!!!
Ada yang nyantumin nomor hp di facebook???

***
Kamis,22/5/2014
@hmzwan

Thursday, 15 May 2014

[Dare To Dream] Surga Untuk Anak-anak

"Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu."
 ~Andrea Hirata, Sang Pemimpi~
Bismillahirrahmaanirrahim..
Mungkin kalau keliling dunia, keliling Indonesia itu sudah biasa ya mimpinya hehehe. Tapi saya pinginnya sih keliling Indonesia dan menjejak Jerman sudah benar-benar terlaksana hehehe, ini boong banget, lha wong masih juga dalam impian hahaha (plak!!). Ya, namanya juga impian, apa aja bolehlah hahahaha. Saya suka banget sam quoteinya Andrea Hirata, memotivasi banget rasanya, apalagi kayak saya nih yang dari kecil dah demen banget ngimpi keliling Indonesia hehe. Ceritanya, (ini ceritanya lo ya) keliling Indonesia menemani mas kakang prabu yang emang suka dilempar kemana-mana dan menjejak di Jerman sudah terlaksana, apalagi kalau bukan lagi-lagi nemenin mas kakang prabu lanjut kuliah engineer lagi dan melanjutkan impian-impian yang tak lekang oleh waktu (tsah), hampir setiap pikiran saya kosong, mendadak kembali bermimpi yang ini lagi ini lagi. Mungkin impian yang melakat sampai kapanpun, terus apa impiannya???

Surga untuk anak-anak
Punya rumah yang gede dan lahannya luas (ssssssssss) banget, rumah joglo nan adem untuk tempat istirahat saya, mas kakang prabu dan anak-anak kami. Taman cantik, segar, indah dan rapi. Karena kami suka menanam bunga, buah dll. Kolam ikan, bukan ikah nirwana atau ikan hias tapi ikan mujair, nila dan lele. Rumah belajar, untuk anak-anak dengan special needs, seperti dislexia, disgrafia dan diskalkulia. Iya, anak-anak dengan kesulitan belajar, entah, sejak berkutat dan mendalami S1 Psikologi, rasanya saya semakin jatuh cinta dengan hal-hal seperti ini. Pernah berbaur dengan mereka, pernah belajar dengan mereka, pernah berbagi dengan mereka, dan pernah merasakan apa yang mereka rasakan. Rumah baca, mas kakang prabu suka membaca, saya baru belajar mencintai dunia membaca. Sejak kecil saya tidak suka membaca, maklum anak alam yang berkutat dengan dunia bermain, bermain dan bermain. sampai akhirnya baru menyadari asiknya membaca sebuah novel, apalagi jika di lembar pertama sudah jatuh cinta. Jika di lembar pertama sudah tidak suka atau kurang menarik, cukup ditutup dan ditaruh di rak. Kebayang, setiap anak-anak desa pulang sekolah, mereka berbondong-bondong ke rumah kami, untuk apa??membaca buku, sambil tiduran di gazebo, beralaskan karpet hijau bernama rumput, duduk dibawah pohon mangga, sampai duduk manis disamping kolam ikan. Rumah bermain, sebagian anak-anak asik membaca, sebagian lagi ada yang berkutat dengan ular tangga, lego, gobak sodor, manjat pohon keres, manjat pohon juwet, dll. Ketika sore tiba, satu persatu berlarian menuju sungai yang tepat berada disamping rumah, ada yang terjun dari pohon yang menjuntai ke sungai, ada yang main banana boat dari gedebog pisang, ada yang lomba berenang, ada yang berjejer sambil menggosok punggung satu sama lain. Ah, betapa ini sangat menyenangkan bukan???. Iya, saya cinta sekali dengan dunia anak-anak.

ish,tulisannya jelek banget!!!yo ben,yang penting mimpi >_<
"Tuhan tahu tapi menunggu."
~Andrea Hirata, Edensor~
Iya, saya tahu, mungkin Tuhan menunggu waktu yang tepat. Tuhan, terima kasih untuk impian sederhana ini...berharap semoga Tuhan perlahan memeluk mimpi-mimpi ini, aamiin.....

***
Kamis,15/5/2014
@hmzwan

Thursday, 24 April 2014

[quote on thursday] Geo dan Perjuangannya

...Hidup adalah perjuangan...
Siak
Bismillahirrahmaanirrahim...
Hidup adalah perjuangan, pernah main nyatuk (ambil) ice cream di timezone??termasuk nyatuk es krim ini, tapi kalau 3 kali sudah nggak berhasil mending beli es krim langsunga ajalah hehehe.Berjuang itu beda-beda ya, apalagi kalau melihat perjuangan para pahlawan kita, pastinya nggak ada apa-apanya hehe.Tapi apapun yang dilakukan dengan sungguh hati, dengan benar-benar, dengan tekad yang kuat pasti hasil perjuangan kita akan ada hasilnya. Berbeda kalau kita ogah-ogahan, malas, hasilnya juga beda bahkan bisa nol, ugh nggak bangetlah. Ini pembukaannya serius banget ya, curcol nggak papa kan ya, pengalaman gitu hahaha.
Sejak menjadi guru BK, bagi saya nggak ada yang namanya anak nakal, itu labeling banget, nggak ada dalam kamus guru BK atau anak Psikologi #uhuk (ini saya loh ya xixixi). Adanya dua, khusus (misalnya suka mbolos,suka usil,pelaku bulliying,dll) dan spesial (ABK= anak berkebutuhan khusus). Ceritanya bermula disini, sebut saja namanya Geo, siswa spesial SD kelas 1. Geo mengalami kesulitan membaca, menulis, dan berhitung. Terus mengapa kok bisa masuk sekolah national plus (kalau di Jawa = sekolah bertaraf  internasional)??saya tidak mau membahas itu disini karena pas saya baru naik level diagkat menjadi guru BK untuk PG/TK-SMA/K kebetulan di semester kedua. Dulu Geo mengalami pembengkakan kepala, operasi berkali-kali di Singapura dan ada selang untuk membuang kotoran yang ada di kepalanya. Itulah sebabnya Geo mengalami keterlambatan dalam banyak hal termasuk membaca, menulis dan berhitung.Selain itu, Geo termasuk anak yang aktif sekali, dan harus ada guru pendamping pribadi.

Jika Geo berulah di kelas, mulai dari mencium pipi teman perempuan sampai mengambil pensil teman saat si A asik menulis, dan ini sangat mengganggu ketertiban kelas, apalagi ini kelas 1. Sudah kebayang bagaimana keadaan di kelas, "miss....Geo distrub me", "miss.....Geo take my pencil", bla bla bla bla dan mendadak kelas ramai nggak karuan. Jika wali kelas sudah angkat tangan, dengan terpaksa sms saya atau diantarkan ke ruangan saya. Biasanya belajar dengan suster, tapi lagi-lagi jika suster sudah angkat tangan maka dilarikan ke saya. Oke, Geo belajar dengan saya. Belajar menulis, menempel, menggunting, berhitung dengan jari. Hah???itu kan kelas 1 kok kayak anak TK, oke..tolong dicatat, Geo ini anak spesial yang benar-benar spesial jadi belajarnya harus spesial dengan guru spesial hehe. Kadang saat saya suruh Geo menulis, ini hanya bertahan kurang lebih 10 menit, katanya tangan capek. Saya ajak bermain ice breaking, tepuk satu..tepuk dua..tepuk satu..tepuk dua..tepuk tangan!!!dan, dia senang sekali. Saya minta Geo meneruskan tulisannya, dia semangat menulis lagi meski tulisannya tidak beraturan, meski tulisannya susah di baca, tapi saya senang melihat kegigihannya.

Hidup adalah perjuangan, bagi Geo berjuang untuk bisa menulis adalah perjuangan yang sebenarnya. Faktor fisik yang mungkin tidak memungkinkan, tapi ia tetap berusaha agar bisa menulis sampai selesai meskipun tangannya sering capek, sering membuka kacamatanya, apalagi jika didampingi dengan orang yang membuat ia nyaman dan senang. Bisa mengenal Geo adalah satu momen yang indah bagi saya, belajar banyak hal dari Geo, do'a saya semoga Geo menjadi anak yang pintar amin.
Selamat hari kamis^^
***
Siak,24/4/2014
@hmzwan

Thursday, 17 April 2014

[quote on thursday] Lebih Dekat dengan Siak

“yang khas dan bermutu dari suku bangsa mana pun asalnya, asal bisa mengidentifikasikan diri dan menimbulkan rasa bangga, itulah kebudayaan nasional”.
 Siak
Bismillahirrahmaanirrahim...
Cantik ya gedung diatas???itu kantor Bupati Siak, lokasinya bukan di area kota Siak tapi keluar dari area kota. Loh kok???hehehe, maksud saya lokasinya berada di seberang sungai Siak (kalau dari kota Siak). Tapi kalau dari arah Pekanbaru menuju ke Kota Siak, tak perlu nyebrang jembatan, cukup belok kiri, ikuti plang hijau. Hampir setengah tahun lamanya saya berada di Siak Riau, ah, betapa waktu bergulir cepat. Betah nggak betah ya harus dibetah-betahin lah ya. Namanya juga ikut suami yang ditugaskan disini, meski jauh dari rumah Batam, jauh dari orangtua dan saudara di Jawa tapi saya senang bisa keluar dari pulau Jawa. Apalagi sekarang, sudah menginjak tanah Riau, impian masa kecil keliling peta perlahan tercapai (uhuk) hehehe.

Kebiasaan dan  budaya di Indonesia tak terhitung banyaknya, tak terhitung perbedaanyna. Perempuan Jawa sederhana yang tiba-tiba harus mengangkat koper ke Batam, lalu berpindah ke Siak Riau. Dan, kali ini mengupas sedikit tentang kebiasaan dan budaya, hari-hari warga Siak menggunakan bahasa melayu. Sebenarnya tidak jauh berbeda saat masih tinggal di Batam, hampir samalah tapi tidak banyak ditemui. Nah, kalau di Siak mayoritas semuanya serba melayu, meskipun sesekali mendengar warga yang berbicara dengan bahasa Padang, Batak, bahkan Jawa (mayoritas Batak Jawa). Iya, saya sangat menikmati perjalanan indah di Siak, belajar dan mengenal banyak hal baru.  

Bahasa
Saya jadi awak, kadang juga jadi kami. Misalnya nih percakapan anak ibu kos yang sering saya dengar... "Awak tadi udah makan banyak do, napa mama marah-marah". Ibu kos.."Mainlah ke rumah kami",ada juga yang seperti ini... "Ini adik kami...",dll. Ohya, disini juga sering pakai Do , sering linglung kalau tiba-tiba ditanya tetangga seperti ini "lagi gapain do..." (maaf,nama saya bukan Edo, #eh hehehe), maksudnya lagi ngapain.
Kemarin jadi semalam, dua minggu yang lalu atau seminggu yang lalu jadi semalem (juga). Bah, apa pula ini hehe. Jujur, inilah yang membuat saya kelimpengan dan nggak mudeng-mudeng hahaha. Gimana nggak, sering banget nenek (ibunya ibu kos) ngobrol tanya jawab begini.
Saya: Nenek dapet belimbing wuluh dari mana kok banyak banget??
Nenek: Semalem kan dari Pekan (Pekanbaru), ngambil di belakang rumah
Hah???semalem, perasaan ke Pekanbarunya dua minggu yang lalu deh..
Saya : Semalem kapan nek??
Nenek : Semalem kan ke Pekan, yang waktu itu tu...
Gubraksss!!!dan, saya baru mudeng hehehe.
Awalnya saya sering mikir panjang (nggak mudeng soalnya hahaha),kadang sampai sekarang, untuk yang semalam.

Adat - Busana
Kalau ada nikahan, rumahnya di hias ala melayu, meriahlah pokoknya. Rumah sebagian masih rumah panggung, tulisan di plang toko/kantor masih banyak yang menggunakan huruf arab pegon. Yang paling saya suka itu bajunya, setiap hari jum'at (kalau nggak salah), guru dan anak sekolahan pakaiannya pakai baju melayu. Kalau laki-laki pakai baju koko panjang, celana panjang, terus pakai sarung sedengkul gitu. Kalau perempuan pakai baju kurung, cantik dan ganteng-gantenglah pokoknya hehe.

Unik ya???Rasanya senang bisa belajar banyak hal di perantauan khususnya di kota Siak Riau, ohya banyak yang masih belum tahu Siak itu dimana. Siak itu di Riau, kota kecil di tengah hutan. Dari kota Pekanbaru kurang lebih 3 jam, hayuk ke Siak, banyak hal yang indah disini loh.
Semoga bermanfaat^^

***
Siak.17/4/2014
@hmzwan






Thursday, 10 April 2014

[quote on thursday] Tentang Rezeki

Siak
Bismillahirrahmaanirrahim...
Pulang kampung ke Surabaya kemarin, kebetulan sambang ke rumah emak cuma sehari semalam. Emak sumringah nggak karuan, bagaimana bisa saya mendadak pulang setelah dua hari sebelumnya kami cekikikan, cerita-cerita via telpon, eh sekarang sudah nongol aja di rumah hehe. Alhamdulillah emak sehat dan semoga usianya semakin berkah amin..Malam-malam saya sms sahabat sejak kecil dulu sampai sekarang, masih satu desa, salah satu sahabat yang rutin setiap bulannya sms saya. "Em (manggil saya HM), apa kabar??kamu sehat kan??gimana, udah hamil belum??bla bla bla...". Saya menyuruhnya untuk datang ke rumah pagi-pagi sebelum berangkat ke sekolah (profesi guru).

Pagi-pagi dia datang bersama suami dan kedua anaknya, setelah cipika-cipiki dia duduk disamping saya, sementara suami dan anaknya bermain ayunan di depan mushola samping rumah. Setelah tanya kabar dan lain sebagainya, tiba-tiba dia bercerita.
Dia : Aku kemarin ikut PNS, tapi nggak lolos Em....satu sekolah yang daftar tiga, dua temenku lolos, aku sendiri yang nggak...(wajahnya cukup kecewa).Bayangin, aku sendiri yang nggak lolos..!!!
Saya : Sabar mbk...belum waktunya mungkin, siapa tahu tahun depan atau tiba-tiba diangkat jadi PNS, kan udah ngajar lama di sekolah (kebetulan ngajar di sekolah Negeri).
Dia : Amin....aku nggak nggawe duwek kok Em (aku nggak pakai uang kok Em), nggak ngerti maneh koncoku loro iku, ambu-ambune nggawe duwek (nggak tahu juga dua temanku itu, kayaknya pakai uang)
Saya : Iya, yang sabar....belum jalannya mungkin mbk, pelan-pelan, lha wong bojo sampean kan yo wes PNS to ket biyen, kurang apa coba (lha suamimu kan sudah PNS dari dulu, kurang apa coba). 
Kami sama-sama terdiam...entah, tiba-tiba saya berkata demikian..
Saya : Ibaratnya pean lagi nunggu rezeki jadi PNS dan bisa beli rumah, aku yo ngunu mbk...lagi nunggu rezeki anak. Dungo dinungo, mugi-mugi ndang diijabah pingine awak'e dewe (ibaratnya kamu lagi nunggu rezeki jadi PNS dan bisa beli rumah, saya juga gitu mbk, lagi nunggu rezeki anak. Saling mendoakan, semoga keinginan kita diijabah oleh Allah).
Dia : Aminnn...

Tak terasa sudah pukul 07.40, dia pamit pulang dan seperti biasa ada cokelat dari Malaysia untuk dia hehe. Semoga bisa diambil ibroh atau hikmah dari percakapan kami di pagi hari itu, selamat hari kamis, semoga berkah amin...
***
Siak,10/4/2014
@hmzwan

Thursday, 3 April 2014

[quote on thursday] Kejambretan di Apolo

Sebuah musibah akan menjadi kenikmatan jika kita berhasil menyikapinya dengan sukur, sabar dan tawakal serta mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian.
..Hati-hati jika melintasi jalan yang sepi dan minim lampu di malam hari..
Bismillahirrahmaanirrahim
Assalamu'alaikum...apa kabarnya semua???semoga sehat selalu, lama meninngalkan rumah maya, mari menyapu dan mengepel hehe. Alhamdulillah sampai juga di Siak setelah hampir dua minggu malancong ke Batam - Surabaya - Jombang - Ponorogo - Surabaya - Batam - Siak. Fiuh, badan rasanya remuk redam tapi alhamdulillah  luar biasa hehe. Tanggal 21 maret selesai tarhim tiba-tiba hp mas kakang  prabu berbunyi, telpon dari adik (no 2) yang di Surabaya. Mengabarkan kalau adik bungsu kena musibah kecelakaan (di jambret) sepualang dari kerja pukul 22.00 di Apolo (dekat Maspion). 

Ceritanya, sepulang kerja pas di belokan Apolo adik ip saya tiba-tiba dikagetkan dengan sepeda motor yang mendekat dan seseorang memanggilnya "mbak mbak..", spontan dia menoleh ternyata dua orang tersebut sudah menodongnya dengan pistol lalu nendang sepeda motor, seketika motor jatuh dan adik ip pingsan. Bangun-bangun sudah banyak orang yang menolong dan dibawa ke pos polisi dengan wajah, kaki dan badan bersimbah darah, karena kebetulan kurang lebih jarak 200 meter dari Apolo ada pos polisi. Setelah bertemu dengan mbaknya (adik no 2) langsung di bawa ke Rumah Sakit Haji Surabaya, dua gigi depan lepas, dua gigi lainnya patah dan tangan sebelah kiri patah tulang. Alhamdulillah pengobatan dan operasi berjalan dengan lancar, semoga adik ip saya lekas sembuh dan diberi kesabaran dalam menghadapi musibah ini amin.

Banyak pelajaran dari musibah ini, alhamdulillah wa syukrillah masih diberi banyak kesempatan, bersabar karena materi hilang dalam sekejap, bersabar dalam menghadapi kondisi fisik yang mana memerlukan waktu lama dalam penyembuhan, lebih berhati-hati lagi, tawakkal serahkan semuanya pada Allah. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari kejadian ini, mari terus mawas diri, phati-hati saat dimanaun kita berada, banyak do'a dan sholawat (pesan mas saya), meskipun jalan ramai tetap waspada jika kita melintasi jalan yang penerangan minim atau bahkan mati.

Semoga bermanfaat, selamat hari kamis, baarokalloh..
***
Siak,3/4/2014
@hmzwan 

 

Thursday, 20 March 2014

[quote on thursday] The Beauty of Blogging


"This is the beauty of blogging..."
Siak
Bismillahirrahmaanirrahim....apa kabar???semoga sehat selalu ya, alhamdulillah detik ini ketika saya menulis, Siak sedang hujan, yeaaaa Allahumma soyyiban nafi'a aminnn...Are you happy..???ayo silahkan dijawab ya...kalau saya, alhamdulillah bahagia luar biasa. Setelah selesai membuatkan secangkir kopi susu yang sluurppptttt nikmatnya, sekarang waktunya menulis. Are you happy...???ya ampun, kok tanya lagi, ya bahagia dong. Konon katanya menulis itu pengobat stres, ups....bukan brarti saya lagi stres *naudzubillah*, pengobat galau yang tak kujung reda *tsah*. Tapi dengan menulis, semuanya menjadi indah, apalagi nulis di blog, bener nggak sih???hehe alhamdulillah....

The beauty of blogging...bagi saya, yang sudah mulai kenal blog sekian tahun *ceileh baru beberapa tahun hehe*, dan baru terasa indahnya sebuang ngeblog ya kurang lebih dua tahunan ini sejak duduk manis dirumah pribadi yang satu ini, sementara satu rumah yang menjadi awal menulis saya terpaksa dan dengan kerelaan hati bulukan, meski sesekali saya sapu dan pel hehe. Semakin aktif ngeblog dan blogwalking, alhamdulillah berkah ngeblog semakin hari semakin indah, mulai dari bertambahnya teman di berbagai penjuru, makin banyak dan tambah ilmunya, dapet buku, dapet pulsa, alhamdulillah nggak nyangka saya *terharu*. Bicara masalah ngeblog, tentunya ada pihak kedua yang selalu bikin saya terharu nggak ketulungan, siapa itu...???komentator hehe....iya, komentator alias teman-teman blogger yang setia dan bisa meluangkan waktu untuk membaca coretan-coretan acakadut saya, alhamdulillah jika hanya baca judulnya saja tapi komen, alhamdulillah jika dibaca sampai selesai dan meninggalkan komen, alhamdulillah jika dibaca sampai selesai tapi tidak meninggalkan komen...apapun itu terima kasih banyak sudah mampir di rumah saya yang sederhana ini. 
Happy blogging..selamat hari kamis, are you happy...???

***
Siak,20/3/2014
@hmzwan 




 

Thursday, 6 March 2014

[quote on thursday] Senyummmm!!

"Tabassumuka Fii Wajhi Akhiika Shodaqoh" Senyummu di hadapan saudaramu adalah shodaqoh..
 (HR. Tirmidzi)
 Siak
Bismillahirrahmaanirrahim....
Di Siak, jangan heran ya setiap jalan dan bertemu dengan orang pasti dapat bonus senyum apalagi ibu-ibu dan anak-anak. Saya sempat heran pas awal-awal di Siak, setiap jalan, beli kue, ngantri beli pempek, bahkan waktu myuci motorpun ada yang senyum-senyum ke saya. Kenal nggak???tetangga bukan???saya beberapa kali tolah toleh kanan kiri dan belakang, ngak ada orang. Berarti senyum sama saya dong, spontan dengan ragu-ragu saya membalas senyumnya. Lain lagi ceritanya, waktu saya jalan-jalan sore keliling kota Siak, ada beberapa anak yang asik sepedaan, tiba-tiba mata kami saling menatap *kuchi kuchi hotahe hehhe,bukan!!* eh tiba-tiba dia menyapa saya, "mari kak...", lagi-lagi spontan menjawab "mari dek..". Ada lagi waktu pagi-pagi saya jalan pagi, dari arah berlawanan ada beberapa anak SMP yang jogging, kenal juga nggak dan baru ketemu, saya pura-pura aja nggak lihat, eh mereka nyapa saya duluan "pagi kak...", sambil senyum cengengesan saya membalas salamnya "pagi dek..".

Hehehe...akhirnya setiap kali saya keluar jalan-jalan dan bertemu atau berpapasan dengan ibu-ibu, adek-adek, atau anak-anak pasti saya siap mengumbar senyum. Bahagia itu sederhana ya, senang rasanya bisa disapa dan dikasih bonus senyuman. Akhirnya ngikut juga deh kebiasaan yang positif yaitu senyum ketika bertemu dengan orang, selain membahagiakan orang pastinya sedekah juga dong, kan senyum adalah sodaqoh..^^

Mana senyumnya...??
Sudahkan anda tersenyum pagi ini...??
Selamat hari kamis,Baarokalloh...
***
Siak,6/3/2014
@hmzwan 

Thursday, 20 February 2014

[quote on thursday] Berkah


Siak.
Bismillahirrahmaanirrahim....nggak kerasa udah hari kamis aja, selamat hari kamis, semoga berkah amin...Ngomong-ngomng masalah berkah, jadi ingat ada teman yang pernah bertanya, "ada orang ulang tahun ngucapinnya cuma Baarokalloh..terus selalu ngucapin selamat hari senin semoga berkah..mbok ya yang panjang to"ujarnya. Hehehe....nggak tahu, dari dulu saya suka banget sama kata berkah. Mungkin dari kecil hari-harinya sering dengar alm abah saya ngucapin kata ini dimanapun, entah waktu ngajar ngaji, ada tamu, mertamu, dll. Jadinya nyambung ke saya, alhamdulillah sesuatu yang baik. 

Berkah atau barokah artinya lebih ke banyaknya kebaikan atau bertambahnya kebaikan dan kenikmatan. Kalau ada yang ulang bulan *bukan ulang tahun lo,emang mau ngulang tahun???hehe* saya seringnya mendoakan dengan satu kalimat baarokalloh....semoga Allah memberkahi. Harapan saya ke teman yang saya doakan, bukan hanya berkah panjang umur saja tapi berkah segalanya, usia, rizki, kehidupan, dll. Sedangkan kalau hari-hari saya selalu menyapa dengan penutup, selamat beraktifitas, semoga berkah..artinya, saya berdo'a buat pembaca yang memang membaca, semoga hari-harinya berkah, berlimpah rizki, lancar tak ada halangan, dll. Bukan hanya itu, kalau ada tetangga, teman, atau saudara yang menikah pasti kita sering ngucapin baarokallohulakuma, bener nggak???semoga Allah senantiasa memberkahi kalian berdua amin. Harapannya pasti banyak banget, berkah rizki materi, anak yang banyak, sakinah, mawaddah, warahmah amin.

Saya tipikal perempuan sederhana dan simpel, nggak suka neko-neko hehe. Jadi kalau apa-apa seringnya ngucapin kata berkah, simpel tapi harapan dan do'a dari saya sangat luas seperti kolam yang luas *dalam bahasa arab birkatun = kolam* ^^. Semoga bermanfaat, selamat beraktifitas, semoga berkah...^^

***
Siak.20/2/2014
@hmzwan



Thursday, 13 February 2014

[quote on thursday] Rahasia Dapur



Siak.
Bismillahirrahmaanirrahim…siapa yang hobi masak?hobi makan?hobi incip?hobi ngabisin makanan?*ngacung ah* hehe. Kebetulan pas pulang ke Batam biasanya saya pilih belanja bahan kue dan buah saja, soalnya makan sering di luar hehe. Kalau pulang ke Batam rasanya seneng banget, bisa masak sepuasnya, bebas masak apa aja nggak kayak di Siak. Semua serba terbatas, paling mentok ya goreng sama ngukus. Pulang bulan November kebetulan saya bikin cake pakai takaran gelas hasil goggling, Alhamdulillah hasilnya lembut dan empuk *ya iyalah sesuai resep*. Pulang kemarin saya bikin cake/muffin/cupcake, buat sarapan mas kakang prabu. Berhubung saya nggak punya timbangan, jadi takarannya semua serba suka-suka dan main feeling. Coba-coba resep satu telur, 5 sdm terigu, keju, wortel, dll, setelah di panggang mau tahu hasilnya kayak gimana???bantat pemirsah, nggak ngembang sama sekali hehehe. Belajar dari yang pertama, yang kedua kalinya terigunya cuma 3 sdm, nggak boleh sering diaduk, kejunya dibanyakin, Alhamdulillah cheese muffinnya lembut banget,aarrkkk..enakkkk!!!kata mas kakang prabu. *makannya baik-baik baca resep^^*.

Berbeda dengan membuat kue/cake, masak masakan sehari-hari untuk lauk pauk memang nggak serumit bikin kue/cake, kuncinya hanya satu, sesuaikan dengan lidah kita, beres. Pun kalau kita maunya ekspres, instant apalagi, tinggal beli bumbu jadi sama bahan, baca cara memasak, sok sibuk di dapur, nggak ada satu jam jadi deh lima masakan *hahaha,hebat kan??*.

Setelah sering nyoba-nyoba *maklum hobi trial eror* bikin cake/kue dan beberapa kali hasilnya gatot alias gagal total. Baru sadar pas baca quote  diatas dan sering baca foodblogger, memang bener banget. Bikin kue/cake harus tahu cara, detail takarannya, intinya kita tahu bahan dan step by stepnya jangan tiru coba-coba ala saya yang hasilnya memang beberapa kali gatot, bantet aja gitu. Ya, meskipun beberapa kali juga hasil coba-cobanya sukses tapi nggak sering-seringlah hehe, yah siapa tahu pas saya lagi beruntung aja jadi sukses deh hehe. Kalau masak sayur sama lauk, emmm…suka-suka kita yang masak. Lidah kita berbeda, saya suka yang manis wong jowo kan manis-manis gulo abang hehe. Mungkin mbk Ai suka asin, mbk Bi suka kecut *emang ada??*, dan lain sebagainnya, jadi intinya kalau masak lauk, sayur, dll go by your own taste.
Selamat hari kamis, semoga bermanfaat, salam hot wajan!!!

***
Siak, 13/2/2014
@hmzwan


Thursday, 6 February 2014

[quote on thursday] Belajar, Belajar dan Belajar




Siak.
Bismillahirrahmaanirrahim…udah hari kamis ya ternyata,Alhamdulillah. Waktu pulang ke Batam, kebetulan sepupu pas liburan juga di pesantrennya di Jakarta, dapet kalender sama tumpukan buku. Tumben ada buku,ternyata majalah al umm, setiap bulan mereka dapat majalah. Yang adiknya cewek,majalahnya dah rusak alias sobek-sobek, berhubung yang sepupu cowok malas baca, majalahnya dikasih deh ke saya hehe.

Ada apa hubungannya majalah sama quote diatas??ada tentunya,nambah ilmu dan bisa nulis ini hehe. Bicara masalah quote tentang belajar diatas, tiba-tiba saya teringat satu hari pernah mengalami masalah agak rumit dengan seorang sahabat. Setelah saya telusuri, sebab musababnya ketemu dan saya yang salah, langsung saya jelaskan semuanya dan tentunya minta maaf sudah begitu mengecewakan dia. Padahal menurut saya itu hanya bercanda, tapi kita tidak tahu persis bagaimana perasaan dan situasi patner yang kita ajak ngobrol saat itu. Bisa jadi, saat saya guyon dengan kalimat yang sama, dia baik-baik saja. Tapi sebaliknya ketika satu hari saya guyon dengan kalimat yang sama juga, dan dia sangat-sangat kecewa dengan kalimat saya. Kita tidak pernah tahu perasaan masing-masing  orang. Dan, intinya saya yang salah, jangan sekalipun berkelik dan mengingat-ingat masalah dulu, misalnya sambil nggrundel “dia dulu juga pernah bikin aku sakit hati tapi aku diem aja” dll.  Jangan sekalipun, kenapa???tidak akan berpengaruh sekalipun, sekarang ya sekarang, dulu ya dulu, jadi silahkan saja simpan sakit hatimu atau lebih bijak lagi leburkan semua hal yang telah berlalu, positif thingking ajalah, jangan sampai masalah kecil menjadi besar dan dibesar-besarkan, kata pak ustadz kita termasuk orang yang merugi. Sekarang saya yang salah ya saya yang minta maaf, titik!!!*nggak ada dispensasi*.
Ada yang pernah mengalami hal seperti ini???
Merasa terjebak???

Dari kejadian tersebut, saya belajar banyak hal. Dan, satu hal yang paling saya ingat dan simpan baik-baik sampai sekarang adalah menjaga perkataan itu lebih baik. Ingat dengan slogan ini???mulutmu harimaumu, ya sejak saat itulah saya belajar berkomunikasi dengan baik, bukan hanya dengan sahabat saya saja tetapi dengan semua orang yang saya jumpai/kenal. Ingat, kita tidak tau bagaimana perasaan atau kondisi patner kita saat itu.

Belajar,belajar, dan belajar…
Semakin banyak belajar, maka semakin banyak jendela yang kita miliki. Terbayang saat kita memiliki satu masalah, ketika kita banyak koleksi jendela, satu kita buka, jika tidak bisa maka kita bisa buka jendela selanjutnya dan begitu juga seterusnya. Berbeda lagi jika kita tidak pernah belajar, ketika dirundung masalah, kita akan bingung karena kita tidak memiliki banyak jendela, alhasil kita terjebak dengan kondisi dan ruang yang terbatas, akhirnya keras kepala dan merasa dirinya paling benar. Oh, NO!!.... Semoga dari banyak masalah yang kita temui, kita bisa belajar banyak hal. Bukankah pengalaman adalah guru yang terbaik.

Selamat siang, semoga bermanfaat, semoga hari ini indah…^^

***
Siak,6/2/2014
@hmzwan

Review Ecohome Stand Mixer ESM 999