Friday 7 October 2022

Mengenal CV ATS Friendly dan Cara Membuatnya

Mengenal CV ATS Friendly dan Cara Membuatnya. Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar kerja agar bisa dipertimbangkan oleh perusahaan adalah curriculum vitae (CV). Berisi dokumen penting yang didalamnya terdapat informasi tentang riwayat hidup seperti prestasi akademik,pengalaman kerja, keterampilan, hobi dan lain sebagainya yang dirangkum dalam beberapa lembar halaman saja dengan singkat dan jelas. Secara tidak langsung, sebelum dipanggil oleh HRD dan lolos seleksi awal, lewat CV inilah kesan yang baik akan berpengaruh.


Ada beberapa macam CV, tapi ada satu jenis CV yang dikatakan paling universal dan diterima oleh berbagai pemberi beasiswa atau perusahaan besar yaitu CV dengan jenis ATS. Dimana saat ini banyak sekali perusahaan, baik besar ataupun kecil sudah mulai menggunakan ATS. Itulah sebabnya, mengapa CV harus ATS friendly.

Untuk itu, baca artikel ini sampai selesai karena akan ada bahasan tentang apa itu CV ATS dan bagaimana cara membuatnya.

Mengenal CV ATS Friendly

Curriculum Vitae ATS adalah format resume yang baik dan dapat diurutkan berdasarkan perangkat lunak atau aplikasi Applicant Tracking System (ATS). ATS sendiri merupakan software yang digunakan perusahaan untuk mendukung proses seleksi dan perekrutan kandidat. ATS atau Applicant Tracking System sendiri merupakan software yang digunakan untuk membantu dalam proses penyaringan atau seleksi calon karyawan atau penerima beasiswa. ATS dapat mempermudah proses rekrutasi karena sistem ini dapat mengenali dan memindai setiap CV pelamar, baik beasiswa maupun pekerjaan.

Adapun tampilan dari CV ATS adalah polos, tidak perlu gambar, tulis data diri terbaru dan yang terpenting adalah gunakan keyword yang tepat. Jika format tidak sesuai maka ATS bisa kesulitan membacanya, karena CV ATS Friendly akan otomatis terbaca sekaligus diseleksi secara langsung oleh sistem tersebut.

Standar CV ATS Friendly

Jika ingin CV yang kita kirim bisa lolos dan ramah ATS, maka kita harus membuat CV ATS yang friendly. Untuk itu, kita harus tahu standar CV ATS yang friendy itu seperti apa. Berikut ciri-cirinya :

1. Dibuat dalam bahasa Inggris. Hal ini memudahkan ATS untuk membaca konten resume seperti seperti skill atau pengalaman kamu.

2. Sebaiknya tidak lebih dari 2 lembar. Jumlah halaman juga mempengaruhi keterbacaan CV kamu.

3. Gunakan font standar. Ya, tujuannya agar terbaca oleh sistem. Gunakan font seperti Arial, Helvetica, Times New Roman, atau font standar lainnya.

4. Ukuran font juga tidak boleh kurang dari 11.

5. Mencantumkan kontak. Data diri juga bagian yang wajib ada di bagian atas CV yang berisikan nama, alamat email, dan nomor telepon.

6. Desain CV sederhana. Keterbacaan juga dipengaruhi oleh pilihan warna resume kamu. CV ATS biasanya hanya menggunakan hitam dan putih.

Kapan Harus Menggunakan CV ATS Friendly?

1. Gunakan saat Melamar Beasiswa Skala Besar

CV ATS Friendly dapat digunakan tidak hanya untuk mencari pekerjaan tetapi juga untuk aplikasi beasiswa. Meskipun tidak wajib, tapi ketika kita menggunakan CV ATS, maka terlihat lebih professional dan memudahkan orang untuk membacanya.

2. Ketika Melamar di Perusahaan Besar

Saat ini sudah banyak perusahaan besar yang lebih memilih menggunakan perangkat lunak ATS dalam proses seleksi mereka. Meskipun tidak semua perusahaan menggunakan perangkat ini, masih ada juga dengan sistem manual. Adapun ciri khas satu perusahaan menggunakana sistem ATS dalam melakukan seleksi karyawan adalah mereka memiliki situs web karir sendiri. Dengan adanya sistem ATS bisa membantu mereka menyelesaikan proses seleksi dengan mudah.

Bagaimana Cara Membuat CV ATS Friendly?

Setelah mengenal CV ATS, berikut ini panduan bagaimana cara membuat CV ATS friendly. 

1. Gunakan template atau desain sederhana

Yang tidak kalah penting dalam membuat CV Ramah ATS adalah tidak diperlukan gambar, hanya tampilan polos saja. Karena sistem ATS hanya membaca data yang diterima dan desainnya sederhana dan tidak berantakan.Gunakan format kiri-ke-kanan, atas-ke-bawah yang benar. Jadi cari template dari kiri atas. Selain itu, pastikan urutannya sesuai dengan yang kamu inginkan, dimulai dengan pengenalan diri dan diakhiri dengan keterampilan dan pengalaman lainnya.

2. Gunakan kata kunci yang berhubungan dengan pekerjaan

Salah satu poin penting agar CV ramah ATS adalah gunakan kata kunci yang tepat, tentunya yang berhubungan dengan pekerjaan yang kita lamar. Karena sistem ATS menyaring informasi berdasarkan kata kunci tertentu. Jadi tulis kata kunci yang terkait dengan posisi yang kamu lamar untuk mendapatkan lebih banyak poin. Ingat selalu, jangan membuat kesalahan ketik saat membuat resume.

3. Hindari grafik, simbol, dan dekorasi lainnya

Sekali lagi, ciri dari CV ATS adalah memiliki desain yang sederhana. Jadi sebisa mungkin hindari gambar, grafik, ikon, kotak teks atau kotak teks, dan font yang kurang umum. Pastikan, gunakan font umum dan ukuran tidak terlalu kecil. Selain itu, kita dapat menambahkan judul dan subjudul yang sesuai. Pengenalan diri, keterampilan, riwayat kerja, dll. Untuk memungkinkan sistem kami memproses informasi secara akurat dan akurat.

4. Gunakan titik dan angka

Gunakan poin dan angka untuk menggambarkan pengalaman kerja atau menjelaskan sesuatu yang lain. Sistem ini lebih mudah dibaca dan dibedakan jika dijelaskan satu per satu daripada paragraf demi paragraf. Ingatlah untuk menggunakan bentuk standar: bulat atau persegi.

5. Satu Posisi, Satu Perusahaan

CV ATS memiliki sistem pelacakan, jadi pastikan kita melamar satu pekerjaan di satu perusahaan. Hindari mengirim resume untuk jabatan pekerjaan yang berbeda di satu tempat. Semua orang kemungkinan akan lulus pemeriksaan sistem, tetapi resume kamu akan dibaca oleh HRD atau perekrut. Ini memungkinkan mereka mengetahui posisi apa yang kamu lamar dan membuatnya terlihat seperti kamu tidak fokus pada posisi tersebut.

6. Gunakan format file yang benar

Pada umumnya jenis file CV ATS Friendly adalah PDF atau docx. Jangan simpan dengan jenis file JPEG/JPG atau PNG, karena sistem ATS tidak dapat membaca format foto. Namun, yang paling cocok adalah format docx karena format ini yang dapat diuraikan secara akurat oleh sistem.

Bagaimana?sudah siap membuat CV ATS friendly?Jika ingin membuat CV ATS friendly, pastikan untuk mengetahui ciri-ciri agar CV kita dilirik oleh HRD. Selain itu, juga masih banyak faktor yang bisa menentukan lolos tidaknya dalam seleksi pekerjaan atau beasiswa yang kita impikan.

Teman-teman bisa mempelajari lebih lanjut tentang informasi menarik lainnya melalui official website UMN. Semoga informasi ini bermanfaat..

 

 

1 comment:

  1. Oh iya, terkadang ada yg kirim CV itu random, jadi gak ditulis nama perusahaannya gitu. Dulu diriku kerjaannya tim rekrut freelance teacher. Kalo ada yg kayak gini, biasanya sih dipanggil aja, cuma pas wawancara ya udah dikasih tau ya. CV digital gini jadi pingin pelajari deh. Mana tau ntar bikin CV beasiswa, hahah...

    ReplyDelete