Wednesday, 19 October 2022

Rekomendasi 8 Jenis Beras Organik yang Bagus dan Berkualitas

Rekomendasi 8 Jenis Beras Organik yang Bagusdan BerkualitasSalah satu upaya untuk untuk menurunkan resiko terkena penyakit adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Dimana ini berhubungan dengan banyak aspek kehidupan, mulai dari kesehatan jasmani, rohani, mental, olahraga, pola makan dan lain sebagainya. Tiga tahun belakangan banyak sekali yang mulai menerapkan pola hidup sehat, seperti rajin olahraga dan menjaga pola makan dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah. Menariknya, banyak juga masyarakat yang mulai tertarik dengan makanan organik, dimana jenis makanan ini diproduksi dengan metode alami atau tanpa menggunakan bahan kimia. Contohnya seperti menanan sayur, buah atau beras organik menggunakan pupuk kendang atau kompos.

beras organik

Mengenal Beras Organik dan Mafaatnya untuk Kesehatan

Seiring dengan banyaknya masyarakat yang mulai peduli terhadap kesehatan, mereka juga mulai membeli produk-produk organik. Mulai dari sayur, buah, aneka tepung hingga beras. Beras organik adalah beras yang dihasilkan melalui proses budidaya organik tanpa menggunakan pupuk dan pestisida (racun hama) kimia. Sedangkan proses organik adalah budidaya di tanah yang ramah lingkungan, tidak menggunakan pupuk dan pestisida (racun hama) kimia. Proses ini akan menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem di dalamnya.


Proses budidaya beras organik dilakukan dengan menggunakan pupuk organik, seperti kompos, pupuk hijau maupun pupuk hayati. Untuk pemberantasan hama menggunakan pestisida alami yang dihasilkan dari daun-daunan dan buah-buahan yang difermentasikan secara alami. Proses organik dapat memperbaiki struktur dan kesuburan tanah, serta membangun ekosistem yang berkelanjutan. Proses organik juga dapat mengendalikan organisme pengganggu tanaman (OPT).

 

Keunggulan dari beras organik selain teksturnya yang lebih licin dengan warna mengkilap, bulirnya cukup panjang. Juga nasi lebih awet, tidak mudah basi atau berlendir. Selain itu,manfaat beras organik untuk kesehatan diantaranya adalah :

- Kandungan mineral dan nutrisi tinggi baik untuk kesehatan tubuh.

- Mengurangi resiko terserang dari bebagai macam penyakit, seperti diabetes, kanker, obesitas, gangguan perkembangan otak, dll.

- Meningkatkan kepadatan tulang

- Mencegah peradangan

- Meningkatkan kesehatan jantung

- Meningkatkan metabolisme tubuh

- Kandungan antioxidant  mencegah datangnya penyakit

Rekomendasi 8 Jenis Beras Organik yang Bagus dan Berkualitas

Berikut rekomendasi 8 jenis beras organik yang bagus dan berkualitas :

1.Sesa Beras Merah Organik

Beras Merah Organik adalah Beras yang berasal dari Varietas Padi Merah. Warna merah dari Beras Merah Organik berasal dari Aleuron atau lapisan bekatul yang berwarna merah. Lapisan ini masih menempel karena penggilingan hanya menghilangkan kulit luarnya saja. Warna merah aleuron ini berasal dari zat anti-oksidan bernama Anthocyanin. Anthocyanin ini biasanya ada di buah, seperti Blueberry. Namun, uniknya Beras Merah ini mempunyai anti-oksidan serta zat warna yang sama. Pada zaman dahulu Beras Merah Organik disangkut pautkan dengan kelaparan dan kemiskinan. Ini disebabkan karena ketika perang Beras Merah menjadi alternatif makanan. Beras Merah ini dimakan oleh orang-orang yang sedang sakit dan sembelit serta kelaparan.

beras organik

Karena tekstur beras merah yang keras, jadi sebelum memasak harus direndam dulu selama 30 menit dengan air matang atau mineral. Saat memasak beras merah, kita bisa mencampurnya dengan beras putih. Untuk takarannya, bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

2.Beras Coklat Organik Pandan Wangi

Selain beras merah, terdapat juga beras coklat. Warna coklat dari beras ini didapat dari kulit ari yang tidak terkupas karena proses penggilingan, sehingga kandungan gizi pada beras ini jauh lebih banyak di banding beras putih biasa. Karakteristik dari beras cokelat bulirnya Panjang, warna kuning kecoklatan. Selain itu, untuk memasaknya juga membutuhkan lebih banyak air.

beras organik

3.Z GO Beras Hitam Organik

Beras Hitam Organik memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi, kandungan glukosa, serta karbohidrat dan proteinnya mudah terurai. Aman dan sangat baik dikonsumsi untuk segala usia, khususnya ibu hamil dan menyusui serta anak-anak dan remaja yang sedang betumbuh. Beras hitam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tekstur nasi tetap pulen dan tidak perah. Setelah dibuka, sebaiknya segera dikonsumsi karena beras organik lebih disukai oleh kutu dan serangga, karena dalam proses pengolahannya tidak menggunakan pestisida dan pewarna. Jangan lupa, simpan di wadah dan ditutup rapat.

beras organik

4.Beras Putih Organik Premium Jatiluwih

Beras Putih Organik Premium Jatiluwih dipanen dari sawah terbaik di Bali, jauh lebih sehat tanpa menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya. Berasal dari perbukitan gunung Batukaru, Bali, Indonesia, beras organik Jatiluwih dipanen dari daerah Jatiluwih & sekitarnya demi menjaga kualitas beras.

beras organik

5.Habbatussauda Kongbap

Kongbap adalah campuran 10 macam biji-bijian, dimasak bersama beras untuk menghasilkan nasi kaya serat dan bergizi tinggi, diproses dengan teknologi modern dari biji-bijan dan beras pilihan menghasilkan produk berkualitas tinggi yang siap disantap. Untuk penyajiannya, satu bungkus Kongbap 25 gram dicampur dengan 2 cup nasi, cara memasaknya seperti menanak nasi pada umumnya.

beras organik

6. Z GO Beras Ketan Putih Organik

Beras Ketan salah satu makanan yang seringkali "dimodifikasi" menjadi kekinian, salah satunya dicampurkan dengan buah mangga atau manggo silky rice dan makanan tradisional indonesia lainnya. Beras ketan mengandung serat, tetapi tidak sebanyak yang ditemukan pada beras merah dan beras putih lainnya. Beras ketan hampir tidak memiliki lemak atau kolesterol. Beras ini juga memiliki kadar protein, vitamin B, selenium, seng, magnesium, tembaga, dan fosfor.

beras organik

7.MR Ishi Konnyaku Grain Beras Shirataki

Konnyaku kaya akan fiber dan rendah kalori. Dalam dunia kuliner Jepang, konnyaku banyak digunakan sebagai bahan pelengkap menu shabu-shabu dan sukiyaki. Saat ini bahan ini tengah populer di Jepang dan seluruh dunia sebagai makanan diet dan makanan pengganti karbohidrat bagi penderita diabetes. Atau sering disebut juga Zero Calorie Noodle. Konnyaku cocok untuk yang sedang diet rendah lemak dan gula, untuk penderita diabetes yang ingin terbebas dari kadar gula berlebih, karena hanya 20 Kalori per 100 gram sajian.

beras organik

8. 7 Gourmet Blend Brown Organic Bionic Farm

7 Gourmet Blend Brown Organik Bionic Farm merupakan kombinasi dari  beras coklat organik, biji-bijian organik dan kacang-kacangan yang menyediakan sumber protein yang lengkap serta asam amino esensial yang dibutuhkan untuk kebutuhan diet. 7 kombinasinya terdapat beras coklat, beras merah, kacang hijau, kacang merah, kacang tolo, kacang hitam, kacang kedelai. Ini juga sangat cocok untuk campuran olahan makan anak.


Ke depalapan jenis beras organik diatas bisa didapatkan di website sesa.id yang merupakan platform belanja online yang menyediakan kebutuhan sehat komplit. Mulai dari sayur, buah, daging, suplemen vitamin, syam, sabun, perlengkapan bayi, dan masih banyak lagi. Jika ingin lebih mudah, teman-teman bisa download aplikasi sesa.id di Appstore dan playstore.


Sumber :

https://sesa.id/beras-kacang-biji-bijian-dan-grains/beras.html

https://www.upacaya.com/mengenal-beras-organik-keunggulan-dan-manfaatnya/

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment