Monday, 24 October 2022

Wisata Kuliner Surabaya : Soto Ayam Lamongan Cah Har

Siapa yang suka soto?hayuk, tos dulu kita. Salah satu makanan berkuah khas Indonesia yang banyak sekali ragamnya, mulai dari Soto Lamongan, Soto Banjar, Soto Betawi, Soto Medan  hingga Soto Mie Bogor. Nah, kali ini HM ajak teman-teman wisata kuliner Surabaya, makan malam di Soto Ayam Lamongan Cak Har. Iya, salah satu kuliner Surabaya yang cukup hits, selain ramai tentunya, harga soto disini terkenal dengan harganya yang mahal, satu porsi 25.000. Wiiiiiii.....eits, penasaran nggak?yuk,intip HM makan malam disini.

soto cak har

Sejak pindah ke Gresik, saya dan suami seringkali bolak-balik ke Surabaya karena adik ipar memang tinggal di Surabaya. Dan yang bikin kami penasaran dari dulu adalah setiap lewat depan rumah makan Soto Cak Har selalu penuh parkirannya, pokoknya selalu ramai, bahkan kata adik rumah makan ini punya lahan parkir sendiri selain di area depan lho. Wow sekali kan. Berdasarkan banyak informasi, Soto Cak Hari ini sangat terkenal, yang sering banget makan disini malah lebih banyak pendatang dari luar kota atau wisatawan. Soto Ayam Lamongan Cak Har sudah berdiri sejak tahun 1992. Dua adik ipar saya menjadi saksi saat Cak Har masih jualan soto menggunakan gerobak di pinggir trotoar di depan kampus mereka di ITATS yang terletak di jalan Arif Rahman Hakim. 

soto cak har surabaya

Lokasi, Parkir dan Fasilitas

Soto Ayam Lamongan Cak Har yang kami datangi lokasinya berada di jalan Arief Rahman Hakin no. 06 Surabaya atau pas sebelah kanan pom bensin dari arah Medayu. Jam buka mulai pukul 06.00-23.00 (full day). Jika ingin reservasi bisa langsung menghubungi kontak yang ada di media sosial instagram yaitu @sotocakhar.official. Untuk cabangnya ada di jalan Dr.Ih. H. Soekarno No. 220 Surabaya. Karena cukup terkenal di Surabaya, untuk area parkir baik kendaraan roda dua maupun empat cukup luas. Untuk masuk area rumah makan kita melewati mesin parkiran, jadi ada kertas seperti masuk mall ya. Insya Allah kendaraan kita aman. Jika struk parkir hilang, sepertinya bayar 50.000 (jika tidak salah, karena saya sempat membaca aturan ini waktu parkir mobil). 

soto cak har surabaya

Untuk fasilitas, rumah makan satu ini cukup komplit. Ada parkir yang cukup luas dan aman. Tempat duduknya banyak dan bisa memilih. Terdapat mushola, toilet dan wastafel yang ada di bagian depan pintu masuk. Ohya, disini juga terdapat arae VIP, jadi bisa untuk meeting kantor. 

Soto Ayam Lamongan Cak Har

Karena memang niat awalnya kesini pingin nyobain sotonya, kami berempat (sama adek dan sepupu) pesan soto ayam. Ada dua penyajian, soto campur dengan nasi atau soto pisah, jadi nasinya dipisah gitu, jadi kami memilih soto pisah. Mangkok soto tidak terlalu besar, menurut saya ini porsi pas. Tidak banyak dan sedikit, pas gitu. Satu mangkok soto isinya ada kuah, sayur, mi soun, irisan ayam. Kuahnya bening tapi sedikit creamy menurut saya. Biar makin gurih, kita bisa menambahkan bubuk koya yang sudah  disediakan di setiap meja. 

soto cak har surabaya

soto cak har surabaya

Nah, yang istimewa dari soto Cak Har adalah kita bisa meminta balungan secara cuma-cuma alias gratis. Saat memesan kita bisa menanyakan balungan, satu mangkok balungan munjung isinya banyak macamnya. Mulai dari balungan bagian sayap, dada hingga ceker. Pecinta balungan pasti puas banget makan segitu banyaknya hehe. Sebelum ditambah sambal, kecap manis dan koya. Rasa kuahnya gurih sedikit creamy, kalau kata suami, adik ipar rasanya seperti soto pada umumnya hahaha. Kalau kata adik sepupu, enak sampai nambah lho, Alhamdulillah. 

Kami pesan 5 soto plus nasi, 1 teh hangat, 2 es sinom (botolan air mineral tanggung dan 2 gelas es jeruk total Rp 211.000. Notanya bukan yang pakai mesin zaman sekarang, tapi masih manual corat coret ahahaha. Lupa nota bayarnya nggak sempat kefoto xixixi.

Untuk rate kalau diangkakan seperti ini :

Rasa, 8/10 

Tempat 10/10

Penyajian 9/10

Pelayanan 8/10

soto cak har surabayasoto cak har surabaya

Gimana??penasaran sama rasa sotonya?nah, buat teman-teman yang sedang atau mau traveling ke Surabaya, bisa langsung incip Soto Ayam Lamongan Cak Har.

Teman-teman ada yang pernah makan disini?gimana rasanya?ayo dong sharing...



3 comments:

  1. Wah soto ayam pas banget di musim hujan begini buat hangatin tubuh, soto lamongan memang beda. Ramah di kantong pisan ini mah, jadi pengin ke Surabaya. Baru tahu ada yang gitu soal parkir, tapi iya sih penting buat kesejahteraan semua orang untuk menertibkan tempat parkir. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. ini resto soto legend banget yaa. Ga cuma di Surabaya, waktu di Sulawesi pun aku ketemunya ya Cak Har.

    ReplyDelete
  3. Klo aku lebih suka balungannya ketimbang sotonyaaaa­čść

    Di lidahku, sotonya tuh B aja mba.

    Aku lebih demen Soto Cak Muin d klampis....atau soto pak Djayus yg dkt terminal bratang

    ReplyDelete