Skip to main content

Posts

Showing posts from June, 2020

Cara Mudah Membuat Video Masak Menggunakan Hp

Ada yang suka bikin video masak? Atau belum pernah sama sekali tapi pingin banget nyoba bikin video masak? Nah, kali ini saya mau sharing cara mudah membuat video masak menggunakan hp . Fyi, sharing ini sesuai dengan pengalaman saya selama satu tahun lebih membuat video masak menggunakan hp, tentunya dengan peralatan yang ada. Bagi saya, untuk mencoba hal baru tidak mesti harus memiliki peralatan yang mumpuni, harus beli yang mahal, dll. Misalnya saja, ingin belajar motret makanan, pakai saja peralatan yang ada. Memanfaatkan hp dengan maksimal, belum ada budget untuk belajar foto, ada cara lain untuk belajar. Yaitu dengan cara ATM, Amati Tiru Modifikasi. Kita bisa lihat akun-akun #foodblogger yang fotonya bagus, kita lihat, amati dan tiru. Tentunya dengan peralatan yang kita punya.  Termasuk untuk belajar bikin video, akun instagram pertama yang bikin saya pingin banget belajar bikin video adalah instagramnya mbk Nita @anitajoyo. Sejak awal mbk Nita bikin video, satu atau dua tahun yan

Suka Terong? Berikut 5 Resep Olahan Terong yang Mudah dan Rasanya Maknyus

Ada yang suka terong?Nah, kali ini saya mau sharing 5 resep olahan terong yang mudah dan rasanya maknyus pastinya. Buat pecinta terong, setiap belanja pasti masuk dalam daftar belanja mingguan. Ya nggak sih mak's?. Yang saya tau, ada tiga jenis terong di pasaran. Terong ungu, terong hijau dan terong lalap yang bentuknya bulat warna hijau.  Ketiganya saya suka, awalnya hanya tau terong yang panjang saja. Tapi sejak tinggal di Batam mulai tau kalau ada jenis terong lalap. Sampai akhirnya pindah ke Subang Jawa Barat, nah disinilah mulai kenal banget sama terong lalap. Orang Sunda itu sukanya yang mentah-mentah, termasuk terong lalap. Hampir setiap masuk ke rumah makan (selain warung padang) di meja selalu tersedia aneka lalapan, mulai dari kacang panjang sampai terong lalap.  Terong ini termasuk sayur (yang berbuah) yang mudah sekali diolah. Mulai di goreng saja, dipenyet sama sambel sampai diolah jadi sayur lodeh. Semua nikmat, rasanya bener-bener enak dan maknyus. Nah, buat yang bel

DIY : Cara Mudah Membuat Talenan Sendiri untuk Properti Foto

Assalamualaikum sahabat HM Zwan, kali ini saya mau sharing tutorial atau DIY cara mudah membuat talenan sendiri untuk properti foto. Khususnya untuk foto makanan ya, tapi bisa juga untuk properti foto selain makanan kok. Yang penting bisa explore stylingnya aja sih, mainkan kreativitas kita. Caranya gampang banget bikin talenan sendiri, yang penting kita punya kayu papan bekas. Nggak harus kayu jati, kayu papan bekas orang bangun rumah atau apapun deh. Yang penting bentuknya kayu papan ya. Ketebalannya sedang, jadi kita bisa bentuk pakai pisau golok dan sejenisnya. Papan bekas yang mangkrak + alas foto dari bekas cover mobil...  Fyi, mungkin buat teman-teman yang tau saya dari dulu. Pasti nggak asing dengan properti foto yang saya punya atau yang sering saya gunakan, mayoritas bikin sendiri menggunakan peralatan dan bahan seadanya. Salah satunya membuat alas foto dari karton . Awal mulanya gara-gara saya sering banget pindah tempat tinggal (antar pulau), karena pekerjaan suami yang ser

5 Resep Olahan Kulit Risoles yang Gampang dan Enak untuk Camilan Keluarga

Masih #dirumahaja, pastinya masih sering bikin camilan kan mak's?Nah, kali ini saya mau sharing 5 resep olahan kulit risoles yang gampang dan enak untuk camilan keluarga. Kulit risoles terbuat dari bahan utama tepung terigu yang dicampur dengan air, susu cair ataupun santan, dengan tambahan telur dan sedikit garam. Cara membuatnya lumayan mudah, seperti membuat dadar pada umumnya. Tapi buat yang belum pernah mencobanya, sebagian besar bilang susah. Ya nggak sih mak's?hehe. Kalau udah pernah nyoba, Insya Allah gampang ya hehe.  Saya jatuh cinta pada dunia perisolesan (apaan ini??!! Ahaha) sejak kecil, tepatnya saat SD. Setiap hari ibu saya membuat risoles untuk dititipkan ke beberapa warung. Saya bagian yang antar ke warung, kalau ada sisa artinya itu buat saya. Itulah kenapa saya sering banget bikin kulit risoles sendiri, entah untuk risoles, martabak telur ataupun lumpia. Ya karena udah biasa bikin kulit risoles sendiri.  Nah, kira-kira kulit risoles bisa dibuat apa aja ya.. B

Cara Mudah dan Gampang Membuat Es Puter Kurma

Ada yang suka es puter? Kali ini saya mau sharing cara mudah dan gampang membuat es puter kurma. Tentunya dengan bahan yang mudah di dapat dan murah. Terakhir kali makan es puter itu waktu tinggal di Siak Riau. Setiap hari ada bapak-bapak penjual es puter yang lewat depan rumah. Harganya 2500, baik pakai cone maupun pakai roti. Tapi saya seringnya pakai roti, enak banget. Ohya, bikin ini gara-gara lihat ig story mbk @meriskapw. Baru inget pernah lihat resepnya mbk @ayudiahrespatih, ceki-ceki disana. Tapi berhubung beberapa bahan nggak ada di dapur, jadi bikin pakai bahan yang ada deh. Bahan utama bikin es puter adalah menggunakan santan. Kali ini saya pakai santan kara. Ini kali pertama saya bikin es puter. Nggak ada rasa deg-degan, biasa aja gitu. Karena lihat dan baca resep dan cara membuatnya lumayan gampang. Jadi, bismillah saja dulu. Kebetulan banget Bubuky akhir-akhir ini tiap weekend selalu minta es krim, jadi pas lihat resep ini langsung deh bikin. Siapa tau Bubuky