Skip to main content

Cara Membuat Dalgona Coffee Tanpa Mixer

Minggu lalu seorang teman yang aktif membagikan tutorial masaknya lewat instagram membuat kopi yang katanya sedang viral, Dalgona Coffee. Penasaran dong, seketika saya langsung googling, apa itu Dalgona Coffee. Setelah membaca sekilas,masih dari website tersebut saya ditujukan ke resep dan cara membuatnya versi selebgram yaitu Tasyafara. Wah, ternyata memang cukup mudah jika melihat cara membuat dan juga respnya. Bahannya pun mudah di dapat, hanya dengan 5 bahan saja kita sudah bisa membuat kopi enak ketika #dirumahaja. 


Kopi Dalgona adalah minuman yang dibuat dengan mencambuk kopi sampai menjadi krim dan kemudian menambahkannya ke susu dingin. Itu dipopulerkan oleh Jung Il-woo, aktor Korea Selatan yang mengunjungi Makau di mana ia disajikan minuman, dan kemudian disajikan di sebuah acara TV Korea Selatan yang disebut Pyunstorang ("Fun-Staurant"). [3] Sumber-sumber lain menyatakan bahwa itu berasal dari saluran YouTube Korea Selatan sebelum menjadi viral di TikTok. [4] [5] (Wikipedia).

Sedangkan Dalgona adalah jajanan berupa permen yang berasal dari Korea Selatan, rasanya manis teksturnya seperti spons. Persis seperti Dalgona Coffee, ketika kopi, gula dan air disatukan kemudian dikocok maka hasilnya akan seperti busa atau spons. Dari situlah konon Jung ll-woo menamainya Dalgona Coffee.

Resep dan Cara Membuat Dalgona Coffee 
Ada yang belum pernah bikin Dalgona Coffee? Berikut resep dan cara membuatnya.

Dalgona Coffee
1 porsi/1 gelas
Bahan :
2 saset nescafe classic
2 sdm gula pasir
2 sdm air hangat
200 ml susu cair
Gula aren untuk toping

Cara membuat :
Campur jadi satu di wadah, kopi, gula pasir dan air hangat, kocok sampai kental, sisihkan. Siapkan gelas, tuang es batu, susu cair dan campuran kopi. Beri gula aren, hidangkan.

Gimana sih rasanya Dalgona Coffee?
Buat pecinta kopi hitam yang memang sukanya benar-bebar kopi hitam saja, bolehlah sekali-kali mencoba kopi ini. Meskipun pada akhirnya setelah mencoba kopi ini pasti ada saja komentarnya. Salah satunya seperti ini "Kayak gini kok dibilang kopi!!" ahahaha.


Bagi pecinta kopi selow atau yang suka aneka varian kopi, ini bisa jadi alternatif ngopi di rumah aja nggak pake mahal dan bisa bikin sebanyak dan sesering mungkin. Ya karena memang rasanya seenak itu, dan banyak yang bilang Dalgona Coffee ini rasanya seperti kopi-kopi hits.
Coba angkat tangannya buibu yang tiap hari bikin Dalgona Coffee?.

Tips Anti Gagal Membuat Dalgona Coffee 
Percayalah, membuat Dalgona Coffee ini mudah sekali. Tapi sebelum membuat dan praktek sendiri kita harus tahu, minimal bahan utamanya. Kenapa mesti begitu?gini ya, ada beberapa orang yang sekali praktek langsung berhasil, tapi ada ratusan orang yang praktek pertama kali hasilnya nihil. Kok bisa? Yuk, saya kasih tahu sedikit kuncinya.


1. Pilihlah kopi tanpa ampas
Jadi, kunci pertama bikin Dalgona Coffee adalah di kopinya. Mau bikin Dalgona Coffee? Pakailah kopi tanpa ampas, dan kopi yang banyak direkomendasikan adalah menggunakan Nescafe Classic dan Indocafe. Ini sudah dipastikan berhasil ya. Mungkin ada rekomendasi kopi lain?.

2. Kocok adonan sampai berbusa atau kental
Kunci kedua terletak di cara mengocok ketiga bahan berikut, yaitu kopi, gula dan air. Buat yang punya mixer, silahkan pakai mixer, ini sudah pasti bahan tersebut akan cepat mengembang cantik tanpa harus olahraga. Nah, buat yang belum punya mixer tapi penasaran dan pingin banget bikin Dalgona Coffee. Bisa dengan cara mengaduk manual menggunakan whisk, sendok, garpu atau bisa juga dengan saringan teh. Iyes, saringan teh.


Buat #timmixer, jika bahannya pas dan tepat sudah pasti berhasil. Tapi buat #timngadukmanual, percayalah semua akan indah pada waktunya. Butuh waktu lama untuk mengaduk, ya minimal 400 kali adukanlah ahahaha. Apa nunggu adonan mengembang sampai bulan depan?. Kalau bahannya pas, artinya kopinya seperti yang direkomendasikan, sudah pasti berhasil. Kalau pake whisk, garpu, sendok membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit. Tapi ada juga yang pakai saringan teh, cuma dengan 3 menit adonan sudah berbusa. Luwar biyasa sekali tenaganya ya..

Pengalaman Membuat Dalgona Coffee 
Gimana?? Cukup mudah bukan cara membuat Dalgona Coffee. Yang penting intinya di kopi dan cara ngaduknya. By the way, setelah saya baca 2 resep yang berbeda, akhirnya dua hari setelahnya saya mencoba membuat Dalgona Coffee tanpa mixer. Kebetulan saya belum punya mixer, jadi saya ngaduk kopinya menggunakan whisk. Dengan membaca Bismillah saya pun memulai mengaduk dengan santai, menit demi menit perubahan adonan mulai terlihat. Tapi rasanya seperti satu jam, kok nggak teksturnya kental encer. Artinya masih lama, tapi tangan saya sudah tidak kuat, akhirnya saya putar haluan, jadilah es kopi gula aren. Tapi meskipun gagal, rasanya enak sekali.
               Dalgona Gagal, tapi rasanya enak 

Dan disinilah saya mulai semakin penasaran. Beberapa hari kemudian saya bikin Dalgona Coffee tanpa mixer lagi dong, tapi kali ini saya ngaduknya pakai whisk ajaib yaitu Better Beater. Adalah alat pengocok serbaguna untuk membuat adonan makanan dan minuman. Alat ini tanpa baterai, jadi cara kerjanya tinggal ditekan saja makan otomatis akan berjalan dengan cepat seperti mixer listrik. Ya, lumayan bangetlah ngaduk kopinya pakai Better Beater. Capek sih cuma nggak lama kok,dan hasilnya cukup memuaskan.


Ohya, kapan hari setelah saya posting video resep dan cara membuat Dalgona Coffee di instagram tv banyak yang tanya tentang Better Beater. Jadi ini belinya di Tokopedia. Selain belanja kebutuhan barang, di Tokopedia juga kita bisa streaming film terbaru, top up ml dan top up ff. Nah, mumpung banget nih, saya punya info menarik. Untuk menyambut bulan Ramadan, Tokopedia punya banyak sekali penawaran menarik, berikut detailnya catat baik-baik ya..

Berikut ini adalah detail aktivitas, promo, hadiah dan penawaran menarik lainnya yang akan berjalan untuk menyambut Ramadan:
1. Bebas Ongkir
2. Crazy Deals (Mulai 1 April): Promo menarik dengan kategori berbeda-beda setiap harinya.
3. Brand Deals (Mulai 1 April): Penawaran menarik dari brand-brand ekslusif di Tokopedia.
4. Flash Coupon (Mulai 1 April): Kupon-kupon promo yang bisa dipakai untuk transaksi.
5. Kejar Diskon (Mulai 1 April): Promo flash sale.
6. Tokopedia Play - Live Shopping (Mulai 20 April): Untuk menikmati pengalaman berbelanja yang lebih seru serta mendapatkan promo ekslusif, diskon dan cashback.
7. Kotak Kejutan (Mulai 6 April):
- Kotak Kejutan (tap di app untuk dapat hadiah)
- Scan QR (user bisa menemukan tanda QR yang bisa di-scan untuk mendapatkan hadiah pada setiap partner offline store Tokopedia)
- Kotak Kejutan dan Scan QR berkesempatan mendapatkan hadiah: Kupon Diskon + Ovo Points, Kupon Cashback + Ovo Points, dan Kupon Undian Grand Prize (1 mobil, 5 motor, 50 smartphone, 500 emas 1 gram & 1.000 powerbank) + Ovo Points. 8. 
8. Gajian Ekstra (27-29 April)


Gimana, sudah dicatat promonya?kalo belanja di Tokopedia jangan lupa beli whisk ajaib juga ya. Lumayan bisa bikin Dalgona Coffee meskipun tanpa mixer. Mumpung #dirumahaja bareng keluarga, sesekali kalau lagi capek banget tapi pingin sesuatu. Cobain deh bikin Dalgona Coffee, selain bahannya mudah, cara membuatnya juga gampang banget dan rasanya lumayan enak lho. Cobain ya, semoga berhasil. 

Teman-teman, ada yang sudah bikin Dalgona Coffee? Ayo dong cerita keseruannya..

Comments

  1. Aku juga bikin Dalgona Mbaaa
    Tapi pakai mixer.
    Mana tahaaannn kalo harus ngocok manual :)
    Btw, promo di Tokopedia seru seru buangeett ya Mba

    ReplyDelete
  2. Yang suka kopi di rumah itu suamiku, tapi biasanya kopi item tanpa gula. Lihat banyak teman2 bikin dalgona kopi kok jadi penasaran pingin bikin juga. Mungkin besok aja deh mau coba bikin bareng anakku :)

    ReplyDelete
  3. Kaka Olip yang rajin bikin, 2 hari sekali tuh
    Dan emaknya dudukmanis onlen nunggu pesanan.

    ReplyDelete
  4. Biasa bikin gini dulu waktu namanya masih kapucino. Waktu ngehits jadj Dalgona Coffe malah belum bikin

    ReplyDelete
  5. Apa daku saja ya yang kudet sama Dalgona Coffee ini, hehehehe
    Ku baru tahu saat ada teman yang ngetwitt dan lihat di IGmu.
    Belum tertarik bikin, khawatir komentarnya nggak enak, hahahaha.

    ReplyDelete
  6. kayaknya mixer musuhan deh sama aku. ga pernah beres bikin dalgona wkwkwk
    tapi ga ngaruh juga sih mau ngembang apa engga krna toh dicemplungin n diaduk juga :D
    btw baru ngeh alat yg namanya better beater :)

    ReplyDelete
  7. Jadi Dalgona itu awalnya permen? Wah kreatif banget ya anak-anak milenials, membuatnya jadi minuman kopi yang kekinian. Mbak foto-fotonya cakep. Suka aku lihatnya :)

    ReplyDelete
  8. wuih keren mba bikin dalgona coffee tanpa mixer, sabar banget pas ngaduk foamnya jadi selembut itu

    ReplyDelete
  9. waaahahhahaah emang kok, kalau ga pake mixer, kira kira jadinya pas sebelum lebaran gitu baahhahahha

    ini enak banget, sekarang bahagia minum coffee ala cafe di rumah sajaaaa

    ReplyDelete
  10. Dalgona coffee ini udah jadi viral di mana-mana ya, mbak. Dan aku masih belum pengen bikin, hahahaa. Anakku yang bungsu tuh suka kopi, aku tawarin bikin Dalgona juga enggak tertarik

    ReplyDelete
  11. Annku dah coba bikin dan diaduknya pakai mikser ..ga sabar dia, coba nanti pakai whisk dan sabar ngaduknya dan pakai resep ini bikinnya. Wah, ketjee ini hasilnya

    ReplyDelete
  12. karena bukan pecinta kopi-kopian, bagi saya yang seru justru ngebikinnya. Masih mau mencoba lagi. Entah siapa nanti yang menikmati hehehe

    ReplyDelete
  13. Aku udah nyobain juga bikin Dalgona Coffee di rumah daripada anak-anak gabut jadi sambil nyobain kopi kekinian yang lagi trending, anak-anak juga antusias. Kebetulan aku pake mixer tapi memang agak ribet, jadi tertarik pingin beli Whisk juga, lebih simpel kayaknya.

    ReplyDelete
  14. Di grup-grup WA lagi banyak nih yang pada praktik bikin dalgona. Saya sih pengen juga. Tapi mager beli susu uhtnya. Harus ke supermarket dulu soalnya

    ReplyDelete
  15. Haha sukses ya bikin dalgonanya. Ini andai gak lagi pandemi mungkin udah banyak kafe yang akhirnya memunculkan resep dalgona coffee ini di menu mereka kali ya :D

    ReplyDelete
  16. Aku udah nyoba bikin tapi pake garpu pengaduknya. Berhasil juga. Rasanya enak banget loh ketagihan

    ReplyDelete
  17. Anak saya yang sulung kemarin jug mau bikin dalgona coffee, tapi belum berhasil karena bukan pakai nescafe. Ini minta dibeliin nescafe, penasaran mau bikin lagi katanya hihihi

    ReplyDelete
  18. Lagiii hitssss
    Tapi ku mager masih mau bikinnya wkwkwk habisnya ga suka ngopi xD

    ReplyDelete
  19. Lagi viral ya ini dalgona, aku belun pernah nyobain, belum sempet. Makasih resepnya Mbak

    ReplyDelete
  20. Aku dulu punya better beater gini, tapi nda tau di mana. Secara ga pernah nyentuh alat-alat masak, jadi ya lupa dah masuk ke rak yang mana hahaha... Udah nyobain pake saringan teh, ga berhasil, kopinya asal aja soalnya. Kudu nyoba pake nescafe nih kayaknya.

    ReplyDelete
  21. Kemarin suami nyobain bikin ini, enak. Belum aja saya bikin versi saya sendiri wkwk, mau nyontek resep ini ah.

    ReplyDelete
  22. Belum bikiiin...
    Hehe...tapi seru liat artis-artis Korea pada bikin di channel youtubenya.
    berasa dapet challenge di saat harus #DiRumahAja

    Thanks to Jung Il Woo oppa~

    ReplyDelete
  23. Ini sampe iparku ngotot banget pengen bikin dalgona hahaha, sebagai pecinta kopi #ceilah aq merasa ketinggalan blm bereksperimen dalgona coffe

    ReplyDelete
  24. Aku malah belum bikin sama sekali karena mau beli bahannya ga jadi mulu nih. Efek males ritual tiap habis pergi hahha. Tapi nanti bakal coba ah meski ga ounya mixer dan pengocok kue

    ReplyDelete
  25. sering gagal bikin dalgona coffee, atau saya yang memang kurang teliti yah hahaha

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say