Monday, 3 February 2020

Suka Sambal? Berikut 5 Resep Sambel Enak, dijamin Boros Nasi

Ada yang suka sambal?berikut 5 resep sambal enak, dijamin boros nasi. Bangetttt boros nasinya...... Hahaha. Jadi buat pecinta sambal, setiap makan pasti selalu tersedia sambal. Minimal kalau nggak nemu sambal ada cabai yang siap diceklus. Diceklus??digigit gitu, tapi paling jos sih sama bakwan sayur, la la lala.. Hambar rasanya kalau makan nggak ada rasa pedas-pedasnya, ini versi orang yang doyan sambal. Tapi yang biasa aja, artinya kalau ada sambal dimakan tapi kalau nggak ada ya nggak masalah. Ya biasa aja...


Saya suka banget sambal atau rasa pedas itu setelah menikah, sebelumnya biasa saja. Kebetulan tempat tinggal suami dan keluarga besarnya ini di area gunung, sudah dipastikan orang gunung ini sukanya pedas. Masakan ibu mertua pastinya selalu pedas dan bersantan. Dulu awal-awal sempat heran pas ngerasain urap urap bikinan mertua, pedas sekali haha. Tapi setelah itu mulai terbiasa dengan makanan pedas. Jadi nagih sih hehe..

Nah, setelah menikah dan akhirnya merantau ke Batam. Dari sinilah saya mulai tahu berbagai sambal. Tentunya dari warung ke warung wkwkwk. Karena setelah menikah, mau nggak mau saya juga mulai belajar memasak. Jadi mulai pertama kali bikin sambal sendiri sampai bikin sayur dan lain sebagainya.

Kali ini saya mau sharing 5 resep sambal enak, dijamin bikin boros nasi deh. Tapi kalau mau nggak boris nadi, 1 jam atau 30 menit sebelum makan minum air putih yang banyak biar kenyang. Jadi makannya dikit deh hehe.


1. Sambal Balado Ikan Tuna
Pertama kali ngerasain sambalado atau sambal balado itu pas pindah ke Batam tahun 2011. Jadi di Batam itu banyak banget warung padang, setiap suami libur atau masuk sore pasti makan siang di warung padang. Seminggu bisa sampai 4 kali. Terus pindah ke Siak Riau makin menggila warung padangnya, 99% warung disini ya warung padang. Menu yang sering kami pesan itu salah satunya ikan sambal balado. Jadi, mulai bisa masak sambal balado itu pas tinggal di Siak, diajarin almarhum nenek pemilik kontrakan. Alhamdulillah pindah ke Jawa lumayan sering bikin menu ini.

Ohya, untuk ikannya sendiri bebas ya, paling sering sih ikan kembung, digoreng kering baru deh dicampur sama sambal baladonya.

Resep Sambal Balado Ikan Tuna
By : @hm_zwan
Bahan :
3 potong uk besar ikan tuna tongkol
Gula, himsalt, merica, kaldu jamur secukupnya
2 lembar daun jeruk

Bumbu halus kasar :
7 bawang merah
4 bawang putih
4 cabe merah besar
7 cabe rawit
1 tomat

Cara membuat :
Goreng ikan tuna, sisihkan. Tumis bumbu uleg, daun jeruk sampai tidak berbau langu. Masukkan gula, himsalt, kaldu jamur dan merica secukupnya. Masukkan ikan tuna, aduk. Jika sudah matang, angkat, sajikan.


2.Sambal Bawang
Baru tau banget sambel bawang ini setahun terakhir, wkwkwk. Itupun pas tinggal sementara di rumah ibu di Jombang. Ternyata sambel bawang ini cocok banget buat sambel penyetan, seperti ayam geprek. Aslinya tanpa tomat, tapi yang ini versi pakai tomat. Kebetulan beli iwak pe, jadi bikin penyetan iwak pe deh. Ohya, iwak pe ini sejenis ikan pari gitu.

Resep Sambal Bawang
By : @hm_zwan
Bahan :
6 bawang putih
2 cabe merah
10 cabe rawit
1 buah tomat, ukuran kecil
Himsalt secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat :
Goreng semua bahan kecuali gula dan himsalt, setelah matang, angkat, uleg. Tambahkan gula dan himsalt, koreksi rasa. Hidangkan dengan iwak pe. 


3. Sambal Hijau
Nah, kalau sambal hijau ini taunya ya di Batam. Kebetulan bulek (bibinya suami) kalau main ke rumah pasti bawa bungkusan ayam goreng plus sambel hijau. Selain itu, di warung padang juga sambelnya selalu sambel hijau. Sering banget dapat yang cabai hijau besarnya utuh, diceklus pas ngunyah nasi, ughhh maknyus banget.

Resep Sambal Hijau
By : @hm_zwan
Bahan :
7 bawang merah
3 bawang putih
7 cabe hijau besar
10 cabe rawit hijau
2 tomat hijau
Gula, himsalt, kaldu jamur secukupnya 
Minyak goreng
Air untuk merebus

Cara membuat :
Rebus bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe hijau, dan tomat selama 5 menit, angkat, tiriskan. Uleg bahan yang sudah direbus. Panaskan minyak goreng, tumis ulekan cabe, masukkan gula, himsalt, kaldu jamur secukupnya. Jika sudah matang, angkat sajikan.


4. Sambal Udang
Inipun gara-gara di Siak, menu warung padang di Siak ini lumayan enak-enak banget. Terus disini itu udangnya besar-besar, jadi puas banget gitu haha.
Ada yang suka udang?? 

Resep Sambal Udang
By : @hm_zwan
Bahan :
300gr udang bersihkan, kucuri jeruk nipis 
Gula secukupnya
Himsalt secukupnya
Merica secukupnya

Bumbu halus :
7 bawang merah
4 bawang putih
3 cabe merah
8 cabe rawit

Cara membuat :
Tumis bumbu halus, masukkan udang, gula, himsalt, dan merica secukupnya, aduk. Jika sudah matang, angkat, sajikan.

5. Sambel Jengkol
Gaya banget beli jengkol, kirain beli seperempat kilo udah banyak. Pas dikupas kok dikit, kelihatan banget ya anak baru di dunia perjengkolan ahaha. Jadi, saya mulai kenal jengkol itu pas tinggal di Subang Jawa Barat. Itupun gara-gara beli nasi uduk di pasar, ya ampunnnn enak banget nasi uduknya dan yang bikin nagih itu ada semur jengkolnya. Enak bangetttt ternyata huhuhu... Jadi hampir seminggu sekali akhirnya beli jengkol, wkwkwk. Kata ibu kontrakan, yang saya beli ini jengkolnya masih muda,jadi masaknya nggak usah direbus,di iris terus di goreng, disambel aja. 

Okelah, akhirnya nemu resep di ig Mbk @ayudiahrespatih, karena disana jengkolnya setengah kilo, jadi saya bikinnya setengah resep. Bumbunya dikurangin, karena jengkol seperempat pas digoreng jadinya dikit, yaudah saya tambah ikan asin. Alhamdulillah,enakk... tapi bikin boros nasi heuheu.

Resep Sambel Jengkol
By : @hm_zwan
Bahan :
250 gr jengkol,itis tipis,goreng
75 gr ikan asin, goreng kering
Minyak untuk menumis
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
Gula garam secukupnya

Bumbu uleg :
3 buah cabe merah besar
2 buah cabe keriting
8 buah cabe rawit
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih

Cara membuat :
Panaskan minyak,tumis bumbu uleg, dsin salam dan jeruk sampai wangi. Masukkan jengkol dan ikan asin. Tambahkan gula dan garam secukupnya, aduk. Koreksi rasa,angkat,sajikan.

Dari semua sambal diatas, nggak ada yang nggak boros nasi. Kalau ada sambal itu rasanya terhipnotis, nasi habis lanjut nambah lagi. Sampai perut benear-benar kenyang, ya nggak sih??.

Teman-teman, ada yang suka sambal?Biasanya bikin sambal apa?

3 comments:

  1. Wah, sebagai fans sambel, aku ngiler. Aku palingan cuma bisa bikin sambel terasi dadakan aja. Yang lain gak bisa. Kudu nyobain nih resep-resepnya. Aku suka sambel udang dan sambel bawang itu.

    ReplyDelete
  2. aku ga bisa buat sambel hehehehe... paling bisa cuma buat sambal kecap pakai bawang goreng mateng sama cabai tambahin kecap lalu diulek praktis :)

    ReplyDelete
  3. Paling suka sama sambel ijo. Jadi pengen cepat2 makan siang deh.

    ReplyDelete