Pages

Monday, 8 June 2020

5 Resep Olahan Kulit Risoles yang Gampang dan Enak untuk Camilan Keluarga


Masih #dirumahaja, pastinya masih sering bikin camilan kan mak's?Nah, kali ini saya mau sharing 5 resep olahan kulit risoles yang gampang dan enak untuk camilan keluarga. Kulit risoles terbuat dari bahan utama tepung terigu yang dicampur dengan air, susu cair ataupun santan, dengan tambahan telur dan sedikit garam. Cara membuatnya lumayan mudah, seperti membuat dadar pada umumnya. Tapi buat yang belum pernah mencobanya, sebagian besar bilang susah. Ya nggak sih mak's?hehe. Kalau udah pernah nyoba, Insya Allah gampang ya hehe. 



Saya jatuh cinta pada dunia perisolesan (apaan ini??!! Ahaha) sejak kecil, tepatnya saat SD. Setiap hari ibu saya membuat risoles untuk dititipkan ke beberapa warung. Saya bagian yang antar ke warung, kalau ada sisa artinya itu buat saya. Itulah kenapa saya sering banget bikin kulit risoles sendiri, entah untuk risoles, martabak telur ataupun lumpia. Ya karena udah biasa bikin kulit risoles sendiri. 


Nah, kira-kira kulit risoles bisa dibuat apa aja ya.. Berikut 5 resep olahan kulit risoles yang gampang dan enak untuk camilan keluarga.

Kulit Risoles
Bahan :
200 gr terigu
Setengah sdt garam
1 butir telur
Air secukupnya
Minyak goreng untuk olesan

Cara membuat :
Siapkan wadah, masukkan terigu dan garam, aduk. Masukkan telur, aduk lalu tambahkan air sedikit demi sedikit samoai adonan cair tidak kental. Panaskan teflon, olesi dengan minyak goreng. Tuang adonan, goyang-goyangkan teflon sampai adonan melebar. Jika sudah matang, angkat lalu beri isian. Goreng. 


1. Martabak Telur Gulung Isi Sosis 
Kalo musim hujan rasanya pingin ngemil mulu. Jadi kepikiran bikin martabak, mendadak juga pingin nyoba bikin martabak telur tapi digulung. Hmmm, jadilah martabak telur gulung isi sosis. Di cocol pake campuran mayones + saos sambal, yummm. Bikin martabak telur gulung ini lumayan ribet tapi pas lihat hasilnya, rasanya.. Enak. 

Bahan :
Kulit risoles

Bahan isi :
6 buah sosis,goreng sebentar dengan margarin
3 lembar kubis, iris tipis
2 daun bawang,iris tipis
2 buah cabe merah,buang isi,iris tipis
1 butir telur, beri garam dan merica, kocok

Cara membuat martabak gulung :
Ambil satu lembar kulit martabak, beri 3 buah sosis. Lipat seperti membuat amplop,gulung, sisihkan. Ambil satu lembar kulit martabak, isi dengan 2 sdm telur, kubis, daun bawang dan cabe merah.Ambil martabak yang sudah diisi dengan sosis, tumpuk diatas kulit martabak isi sayur. Lipat kemudian gulung perlahan.
Panaskan wajan frypan, tuang 2 sdm minyak goreng dan 1 sdm margarin. Goreng martabak gulung dengan api sedang. Jika satu sisi sudah berwarna coklat keemasan ,balik. Jika sudah matang, angkat, hidangkan.


2. Martabak Telur isi Abon Sapi
Pernah dengar martabak telur isi abon sapi? Berawal dari abon sapi yang masih banyak, akhirnya kepikiran untuk dibuat isi martabak telur. Dari iseng ternyata rasanya cukup memuaskan. Ludes dalam sekejap, alhamdulillah. Rasanya pedas manis rasa abon, hehe. 

Bahan :
Kulit risoles

Bahan isi :
Abon sapi

Bahan isi dicampur jadi satu :
3 butir telur
7 lembar sayur kubis,iris tipis
1 ikat daun bawang,iris tipis
4 siung bawang merah
Garam, merica dan kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat martabak :
Panaskan frypan ukuran 24 cm, olesi minyak goreng ke semua bagian. Tunggu sampai frypan panas. Ambil adonan kulit satu sendok sayur, biat dadar. Ambil dua sendok sayur lagi, goyangkan, sampai adonan rata ke seluruh permukaan frypan. Tuang 3 sdm isian telur sayur, tambahkan abon sapi. Lipat seperti membuat amplop. Tuang 2 sdm minyak goreng, jika satu sisi sudah berwarna kecoklatan, balik. Jika sudah matang, angkat, hidangkan selagi hangat.


3. Lumpia Kampung
Ada yang suka lumpia kampung? Itu lho lumpia yang isinya mi bihun, toge dan wortel. Isinya lumayan sederhana tapi rasanya luar biasa, khas banget lumpia kampung. Biasanya dicocol sama sambel saos pedas manis, ugh nikmat sekali. 

Bahan :
Kulit risoles

Bahan Isi :
1 keping mi bihun, rebus dengan air mendidih 3 menit, tiriskan
1 buah wortel ukuran kecil, serut
1 genggam toge
Gula, garam secukupnya
Kaldu jamur dan lada secukupnya
5 bawang merah, iris tipis
3 bawang putih, geprek
1 batang daun bawang, iris 1 cm
1 sendok sayur air
Minyak goreng

Cara membuat :
Tumis bawang merah, putih sampai harum. Masukkan wortel, bihun, toge, gula, garam, lada dan kaldu bubuk secukupnya. Masukkan air dan daun bawang, jika air sudah surut, angkat, sisihkan.

Cara membuat lumpia :
Ambil selembar kulit risoles, tata 1 sendok makan bihun goreng, lipat, gulung. Goreng sampai berwarna coklat keemasan atau sampai kering, angkat, sajikan. 


4. Sosis Solo
Coba angkat tangan buat yang suka sosis solo. Camilan ringan nan istimewa ini rasanya nendang banget. Kulit risol diisi suwiran ayam, digulung lalu digoreng. Cukup dinikmati dengan cabe rawit, maka sempurnalah camilan ini. 

Bahan :
Kulit risoles 

Bahan isi :
200 gr ayam fillet, rebus, suwir
5 bawang merah, iris tipis
2 bawang putih, geprek, iris tipis
Gula, garam, lada, kaldu bubuk secukupnya 
Minyak goreng 

Cara membuat :
Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan putih sampai harum. Masukkan ayam suwir, gula, garam, lada dan kaldu bubuk secukupnya. Koreksi rasa, jika sudah agar kering, angkat, sisihkan. 
Ambil selembar kulit risoles, isi dengan ayam bumbu, lipat, gulung, goreng hingga matang. 


5. Risoles Sayur
Ada yang suka risoles?camilan yang banyak penggemarnya ini isinya macam-macam, mulai dari yang ekonomis sampai yang istimewa. Kali ini isinya yang sedang-sedang saja, ada sayur dan ayamnya. Ohya, risoles yang enak itu rasa isinya manis tidak asin. Klop banget, kulit risoles yang rasanya gurih rasa isinya manis. 

Bahan :
Kulit risoles 

Bahan pencelup :
4 sdm terigu dan air secukupnya sampai cair kental
Tepung roti 

Bahan :
2 buah kentang, potong dadu
2 buah wortel, potong dadu
1 potong dada ayam, cincang
1 butir telur
Setengan bawang bombai, iris tipis
Air secukupnya
Garam, merica, gula, kaldu bubuk secukupnya
2 sdm terigu

Cara membuat :
Tumis bawang bombai, nasukkan ayam, kentang, wortel dan air. Masukkam gula, garam, merica dan kaldu bubuk secukupnya. Masukkan telur, aduk. Taburkan terigu, aduk rata. Jika sudah matang, angkat, sisihkan. Ambil satu lembar kulit risoles, beri isian, lipat dan gulung. Celupkan ke adonan pencelup, guling-gulingkan ke tepung roti, goreng sampai matang. 

Gimana mak's, lumayan gampang kan resepnya. Menu-menu diatas sering banget saya buat untuk camilan keluarga. Biasanya saya bikin satu resep, untuk risoles, lumpia, sosis solo biasanya sebagian saya simpanbdi freezer. Lumayan mak's jafi frozen food, kalau lagi pingin atau mau bikin camilan buat jeluarga, tinggal ambil dan goreng. Praktis banget kan.. 

Teman-teman, ada yang suka bikin kulit risoles sendiri? Atau kalau beli, biasanya diolah jadi apa saja ya? Ayo dong sharing.. 

27 comments:

  1. akuuuu.. pernah cobain bikin masakan pakai kulit risoles juga, seru ya ternyata

    ReplyDelete
  2. DULUUUU banget, mungkin 10 thn silam, aku mudik ke Pacitan dan ada sodaraku yg jago bgt bikin kulit risoles gini, Mba.
    Trus aku sok inisiatif bantuin, hasilnya wakacau balauuu hahahahah

    ReplyDelete
  3. Pas banget nih, aku masih punya stok kulit risoles sisa lebaran. Kok kayak tahu isi pikiranku ya, tadi siang udah kepikiran mau bikin sosis solo. Tapi akhirnya memilih rebahan karena capek

    ReplyDelete
  4. Tapi hasilnya bagus2 mba, aku kalau bikin risole atau lumpia sederhana lebih sering pake kulit lumpia yang dijual instan (hehehe)
    Tapi resep nya boleh juga tuh utk di aplikasikan mengisi waktu selama dirumah aja

    ReplyDelete
  5. Jadi laparrrr. Aku belum pernah buat kulit Risoles sendiri. Biasanya ya beli. Baru isiannya buat sendiri. Paling sering ya lumpian ala-ala gitu sama pisang coklat

    ReplyDelete
  6. Lumpia kampung itu buatku selalu enak, karena aku suka banget. Tapi semenjak pandemi yang terfavorit sih martabak telur, karena pada suka minta bikinin itu.

    ReplyDelete
  7. Ibu yang biasanya bikin kulit risoles, Mbak. Dan memang sisanya buat bikin martabak lah, campuran sayur lah, macem-macem 😁
    Btw yg di foto-foto di atas menggugah selera banget...

    ReplyDelete
  8. Aku dulu suka beli di tukang sayur tapi kurang terjamin ya kebersihan bahannya lebih bagus bikin sendiri ya menggiurkan sekalii..

    ReplyDelete
  9. yang perlu dicoba, martabak telor isi abon sapi. baru ngerti aku olahan makanan ini. kemana ajah aku???

    ReplyDelete
  10. Yeay lumayan jadi punya resep baru. Satu-satu nanti saya praktikkan ah. Soalnya udah lama pengen tau cara bikin kulit risoles ini.

    ReplyDelete
  11. Pengen coba juga nih, enak2 semua ya kalau udah jadi. Lebih enak lagi kalau tinggal lep ya mbak...hehehe #edisimager

    ReplyDelete
  12. Saya nih masih gede magernya. Padahal pengen banget bikin kulit risoles sendiri :D

    ReplyDelete
  13. Wah ternyata dari satu resep bisa dijadiin macem-macem ya... Bookmark dulu ah...

    ReplyDelete
  14. Paling suka risoles sayur, tapi dengan non ayam. Wkwkwk. Jadi semi-semi vegetarian gitu.

    ReplyDelete
  15. Dulu waktu kecil, sering ikut rewang (bantu-bantu masak) di tetangga yang punya hajat, paling seneng bantuin bikin kulit risoles. Naruh potongan kecil daun pisang sebagai pembatas antar kulit. Setelah dewasa, belum pernah bikin sendiri

    ReplyDelete
  16. Kalau baca resep ini kliatannya simpel, tapi knapa kalau nyoba sendiri sering nggak oke ya, mbak. Akhirnya lebih pilih beli jadi deh. hehehe

    ReplyDelete
  17. mau aku cobain lagi ih semua, mantap deh resepnya, sebab biasanya cuma bikin risoles aja, hahaha. kurang ode yah

    ReplyDelete
  18. Maunya sih aku bikin risoles tapi kok suka males bikin kulitnya ya , akhirnya beli aja lah :-D Aku masak aja maunya yang simple, niat bikihn ini itu banyak tapi kalo udah gak mood buyar deh/

    ReplyDelete
  19. Aku tmsk tipe yg sll nyetok kulit lumpia jadi di kulkas. Apalagi pas pandemi gini.. Apa aja dicampur didalemnya jd enak. Krn bawaan laper mulu. Wkwk. Paling sering itu bikin martabak. Dalemnya nasi n daun bawangpun jadi.. Resepnya berguna banget mba btw. Jd inspirasi baru looh

    ReplyDelete
  20. Kemarin pakai kulit beli di mamang sayur lebih enak buat ternyata y kulit risol gampang Juga buat nya

    ReplyDelete
  21. Belum pernah bikin kulit risoles sendiri. Selalu beli wlopun hasilnya suka bikin kuciwa (kulitnya gampang pecah). Noted ini resep2nya buat dipraktekkin di rumah.

    ReplyDelete
  22. Wenaak-enaaak ikii...
    Aku bingung mau nyomot yang mana dulu. Hhaha...saking terpesonanya dengan dunia perisolesan.
    Tapi aku uda sampai di booth sosis solo niih...dan enggan pindah.
    Hahha...mantap~

    ReplyDelete
  23. Aku sukaaa banget sama risoles. Waktu puasa kemarin sempat bikin risoles mayones. Tapi di adonan kulitnya saya kasih susu cair.

    Sebenarnya bikin kulitnya tu gampang, tapi butuh waktu lama dan cukup melelahkan, yaa... Hihihi..

    ReplyDelete
  24. Mbaaa banyak banget ini resepnya olahan kulit risoles, aku belum pernah praktik
    pengen juga bikin kapan-kapan, hehehe
    Pagi-pagi buka ini laper

    ReplyDelete
  25. Saya juga penikmat risoles nih tp taunya makan doang 😂 btw makasih resepnya mba aq catet nih mau praktekin langsung

    ReplyDelete
  26. Aku penasaran ama yang bisa bikin kulit risoles tipis tapi empuk kenyel kenyel dan pas digoreng ga nyerep minyak!

    Dari aku, si penggemar risoles kelas berat!

    ReplyDelete
  27. Saya penggemar lumpia kampung. Kalau di Sumbawa, lumpia itu makannya pake air cabe yg dibuat dari cabe, garem, sama bawang putih yang dihaluskan, taro air dikit. Udah. Cocol pake itu enak banget :)

    ReplyDelete