Skip to main content

DIY : Cara Mudah Membuat Talenan Sendiri untuk Properti Foto


Assalamualaikum sahabat HM Zwan, kali ini saya mau sharing tutorial atau DIY cara mudah membuat talenan sendiri untuk properti foto. Khususnya untuk foto makanan ya, tapi bisa juga untuk properti foto selain makanan kok. Yang penting bisa explore stylingnya aja sih, mainkan kreativitas kita. Caranya gampang banget bikin talenan sendiri, yang penting kita punya kayu papan bekas. Nggak harus kayu jati, kayu papan bekas orang bangun rumah atau apapun deh. Yang penting bentuknya kayu papan ya. Ketebalannya sedang, jadi kita bisa bentuk pakai pisau golok dan sejenisnya.

Papan bekas yang mangkrak + alas foto dari bekas cover mobil... 

Fyi, mungkin buat teman-teman yang tau saya dari dulu. Pasti nggak asing dengan properti foto yang saya punya atau yang sering saya gunakan, mayoritas bikin sendiri menggunakan peralatan dan bahan seadanya. Salah satunya membuat alas foto dari karton. Awal mulanya gara-gara saya sering banget pindah tempat tinggal (antar pulau), karena pekerjaan suami yang seringkali berpindah lokasi. Jadi, waktu itu saya nggak memungkinkan untuk beli segala properti foto, termasuk alas foto sampai talenan. Karena barang yang kita bawa untuk pindah ke tempat baru sebisa mungkin barang yang kami butuhkan atau barang prioritas. Selain itu, barang ditinggal buat warisan para tetangga. Kan nggak mungkin juga ninggalin alas foto yang harganya 150ribu keatas, ya nangissss ahahaha. 

Ohya, untuk bentuk talenan sendiri kita bisa browsing dulu contohnya. Bisa di Pinterest, Instagram terutama akun  dengan hashtag #foodblog #food_mystyle #foodphoto #foodphotography dan lain sebagainya. Atau bisa juga di akun teman-teman #foodblogger dalam dan luar negeri atau akun penjual properti foto. Disana banyak sekali contoh talenan yang bagus, unik dan vintage. Mulai dari yang natural atau tidak dicat atau dipernis sama sekali, sampai yang dicat berbagai motif unik.

DIY : Cara Mudah Membuat Talenan Sendiri untuk Properti Foto
Setalah kita tau model atau bentuk talenan yang kita mau, selanjutnya waktunya eksekusi. Beberapa peralatan sederhana yang diperlukan adalah kayu papan bekas atau baru, gergaji, pisau golok, busa/kapas/kain, minyak vco/evo/minyak goreng dan pensil/crayon warna putih. 
Yuk, kita bikin talenan..

1. Jika sudah punya contoh talenan, kita bisa membuat bentuk atau menggambar menggunakan pensil di papan kayu.
2. Jika kayu papan ukurannya panjang, lebih dari satu meter. Kita bisa gergaji dulu menjadi dua bagian. Untuk mempermudah membentuk talenan.
3. Selanjutnya kikis kayu papan menggunakan pisau golok mengikuti pola gambar sampai terlihat rapi.
4. Cuci talenan menggunakan sabun cuci piring, keringkan.
5. Setelah talenan kering, tuang minyak ke busa/ksin/kapas lalu oles pelan dan merata ke permukaan talenan. Keringkan.
6. Jika warna memudar setelah beberapa hari, oles lagi menggunakan minyak.
7. Talenan siap dipakai.


Gimana, mudah kan bikin talenan sendiri? Berikut contoh talenan setelah difoto. 



Bikin talenan ini sebenarnya hasil iseng pas pulang ke rumah ibu lihat ada papan kayu nganggur. Pas lagi nganggur pula, jadi minta tolong suami untuk gergaji, saya bagian bentuk, gambar dan ngerapikan. Lumayan satu kayu papan bisa untuk dua talenan sederhana. Ohya, untuk olesan minyak ke kayu ini saya pernah baca sekilas dimana gitu, tepatnya saya lupa. Lalu saya coba terapkan sendiri. Tapi memang terlihat jadi menarik dan hidup gitu warna kayunya. Tapi kalau teman-teman ada budget lebih, bisa beli cat kayu dengan warna-warna yang menarik. 




Dua talenan ini bentuknya sangat sederhana, next kalau pulang ke rumah ibu mau cari kayu papan lagi. Pingin banget bikin talenan yang sederhana dan unik-unik. Semoga sharing DIY cara mudah membuat talenan sendiri untuk properti foto ini  bermanfaat. 

Mau coba? Silahkan.. Jangan lupa kalau sudah jadi, tag saya di instagram ya.. Tag @hm_zwan. Terima kasih.. 

Teman-teman, pernah punya pengalaman bikin talenan sendiri? Ayo dong sharing.. 

Comments

  1. Di rumah ada sih beberapa kayu. Bisalah ya buat praktek. Aku kalau buat foto masih suka pakai kertas. Ada papan kayu, tapi sebiji doang. Manfaatin apa yang ada ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Ji kapan kapan coba bikin talenan sendiri.. Gpp, memanfaatkan yang ada :)

      Delete
  2. Ide Zwan selalu aja kreatif! Memanfaatkan barang yang ada. Tetapi, yang paling unik tuh waktu bikin dari cover mobil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha iya mak, itu pas lagi booming alas foto hitam. Langsung aja sih idenya muncul hehe

      Delete
  3. Kreatif banget mbak!
    Saya pun kadang pengen bebikinan apa gitu... Cuman biasanya rasa mager melanda, haha. Atau langsung stuck begitu tau saya gak punya peralatan, misalnya gergaji, huhuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya, nanggung plus mager emang kalo nggak punya peralatan tukang hehe

      Delete
  4. Aih emang telaten deh mba. Telenan kayak gitu jadi unik ya mba dan bikin makin bagus juga tampilan di foto mba. Kreatif :)

    ReplyDelete
  5. Nah boleh nih dicobain bikin talenan sendiri. Mau coba bikin juga buat properti foto ah. Makasih mba

    ReplyDelete
  6. Suamiku juga suka bikin talenan sendiri Mbak. Kalau aku ga telaten seperti Mbak deh kayaknya, sering terima beres aja. 😅

    ReplyDelete
  7. Sih dirimu tuh sudah jago motret, kreatif pula memanfaatkan barang bekas yang ada jadi menarik dan bermanfaat...

    ReplyDelete
  8. Barang bekas dan tidak digunakan pasti selalu memiliki manfaat ya, Mba. Kalau aku habis buat kursi dari kayu jati bekas tebangan. Eh, bapakku si yang buat. Hehe

    ReplyDelete
  9. Ide Mak Zwan, selalu brilian!

    Bahan sederhana bisa jadi luar biasa!

    Kemarin ada dapat hadiah jenguk mantenan, telenan.
    Coba ntar aku kasih minyak siapa tahu bisa kinclong kayak punya Mak Zwan

    Thank you for sharing, Mak Zwan!

    ReplyDelete
  10. Kreatif mbak.. suamiku juga buatin talenan dari kayu tapi agak gedean , lumayan buat foto properti

    ReplyDelete
  11. Keren dan kreativitasnya juara. Mau juga ah contohin kebetulan ada papan bekas di rumah, minimal bikin talenan sederhana saja dulu.

    ReplyDelete
  12. Di tempat kerja sering banget ada palet bekas material yang motifnya kayu dan bagus banget kalau dijadikan perkakas atau alat-alat dapur. Nggak pernah terfikirkan buat talenan. Ternyata bisa juga nih idenya. Saya ambil ah.

    ReplyDelete
  13. Wah. Keren. Suka banget liat talenannya. Aku orgnya kurang telaten soal pertukangan mini begini. Liat ini jadi pengen belajar. Hehe.

    ReplyDelete
  14. Aku beli talenan aja wes, kemaren ga sempet. Trus lumayan talenannya bisa buat properti fto

    ReplyDelete
  15. Mbak Ia, dirimu selalu punya ide kreatif buat properti. Yang dulu pernah di-share aja aku belum jadi bikin, kereeen deh mba. Menanti inovasi apalagi setelah ini

    ReplyDelete
  16. Kreatif banget Mbaa, barang nggak kepake jadi punya nilai plus ya... Untuk catnya ada cat khusus biar food grade dan aman buat makanan ga Mba?

    ReplyDelete
  17. kalau memang ada kayunya bisa bangeet buat sendiri yaa mba..suamiku alat DIY lengkap, minta tolong dia aja deh hehehe

    ReplyDelete
  18. Kak.......
    Keren banget.
    Terpukau sama hasilnya.

    Tadinya sungguhan kayu yang kurang manfaat yaa...jadi bisa prop foto kece begini.
    ((SUKAAA pake banget))

    ReplyDelete
  19. Kreatif banget sih Is bikin alas foto dari kayu. Dibikin talenan gini oke juga ya. So far aku beli talenan langsung jadi nih. Boleh juga ntar bikin sesuai idemu ini.

    ReplyDelete
  20. Aku kemarin ngecat triplek buat alas foto. Kata suamiku mbok tuku ae Mi hahaha. Soalnya aku yang punya gawe yang tak suruh2 suamiku hahahaha

    ReplyDelete
  21. Hasil jadinya pas difoto apik banget mba. Hhahahah kreatif banget emang dirimu
    diakalin apa aja jadi ya, kalau orang kreatif. Aku ada talenan baru kayu beli kemarin warnanya putih dikerok gitu juga bagus kali ya.

    ReplyDelete
  22. Aku pesan talenannya dari dirimu saja bisa nggak?
    Kreatif banget, dan hasilnya memuaskan ya kalau bikin sendiri.

    ReplyDelete
  23. daku jadi inspiring banget iniiih!
    Sempat buat beberapa props tapi ya karena ga bakat crafting hasilnya ga oke

    sebagai seorang "bertangan usil" dan "berotak liar", rasanya pengen gitu semua lini dicobain.

    ReplyDelete
  24. Kreatif banget deh mbk, salut deh alas propertinya bikin sendiri menarik deh mau kucoba juga deh. Ada papan menganggur di rumah bisa minta suami gergajiin deh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis