Wednesday, 8 June 2022

5 Ide Olahan Serba Pasta

5 Ide Olahan Serba Pasta. Ada yang suka pasta?salah satu makanan olahan yang terbuat dari tepung, air, telur dan bahan lainnya  yang kemudian dibentuk menjadi lembaran atau bentuk lainnya yang beragam. Ada banyak jenis pasta, mulai dari spaghetti, fettuccine, macaroni, fusili, lasagna dan lain sebagainya. Pada umumnya pasta dihidangkan dengan saos atau dengan tambahan krim. Memasak pasta tidak membutuhkan waktu lama, biaya yang mahal, ataupun bahan yang wah. Kita bisa berkreasi dengan bahan yang ada di dapur, seperti pengalaman saya kali ini. Kira-kira saya bikin kreasi apa saja ya dari olahan pasta?. Berikut 5 ide olahan serba pasta ala HM Zwan.

5 Ide Olahan Serba Pasta

1. Pasta Burnt Cheese Toast

Kali ini HM bikin kreasi Pasta Burnt Cheese Toast alias roti panggang pasta keju. Praktis bahannya, cara bikinnya gampang, dan enak banget ternyata. Sengaja manggangnya lebih dari 10 menit, biar kerasa kres kres rotinya. Teman ngemil kali ini pakai teh tawar anget, adududu sedap mantap. Skuy, resepnya ada disini ya.

olahan serba pasta

Pasta Burnt Cheese Toast

By @hm_zwan

Bahan :

4 sdm pasta Cifferi Rigati 206 La Fonte, rebus,sisihkan

3 lembar roti tawar

2 sdm gula pasir

70 ml susu cair

1 sdm margarin

2 lembar keju slice

Cara membuat :

Panaskan menggunakan api sedang margarin, masukkan gula pasir, susu dan keju slice. Aduk sampai kental, masukkan pasta, aduk rata, angkat. Sisihkan. Panaskan oven, tata roti tawar, tuang adonan pasta, panggang kurang lebih 10-13 menit oven suhu 180*.

2. Bakwan Spaghetti Saos Pedas Manis

Hayo siapa disini penggemar bakwan?nak, kali ini HM kreasikan pasta menjadi campuran bakwan, uwww makin spesial kan ya. Selain itu, saya juga membuat sambal untuk cocolan, pas banget buat teman ngemil.

Bakwan Spaghetti Saos Pedas Manis

By @hm_zwan

Bahan Bakwan :

30 gr spaghetti La Fonte, rebus, sisihkan

6 sdm tepung terigu

2 bawang merah, iris

1 buah wortel uk kecil, iris  tipis memanjang

1/4 kol uk kecil, iris tipis

1 batang daun bawang, iris

1 sdt garam

1/4 kaldu bubuk

1/4 merica

Sejumput kunyit bubuk

Udang secukupnya 

Air secukupnya

Minyak goreng

olahan serba pasta

Cara membuat :

Campur tepung, sayur, spaghetti, bumbu dan air sedikit demi sedikit. Panaskan minyak goreng. Panaskan cetakan, tuang adonan, beri udang 1. Kemudian goreng di minyak panas sampai matang.

Saos Pedas Manis

Bahan :

4 sdm saos sambal

1 sdt cabe bubuk

1 sdt gula pasir

50 ml air + 1/4 sdt tepung  maizena

Cara membuat :

Masak semua bahan, jika sudah mendidih, angkat, sajikan.

3. Risol Mayo Penne (Roti Tawar) 

Ada yang suka risoles?Punya roti tawar nganggur dan besok expired, akhirnya disulap menjadi camilan favorit. Risoles. Kebetulan ada sisa pasta Penne di rumah,jadi isiannya ditambah pasta. Jangan lihat penampilannya ya, soal rasa yum yumm cocol saos.

Risol Mayo Penne (Roti Tawar) 

By @hm_zwan

Bahan :

20 gr pasta penne, rebus,sisihkan

4 lembar roti tawar

1 butir telur + sedikit garam, kocok

80 gr tepung roti

1 buah dosis, potong serong 

1 butir telur rebus, potong

Mayones secukupnya 

Minyak goreng 

Baca juga : Resep Kulit Risoles

olahan serba pasta

Cara membuat :

Giling roti tawar, isi dengan potongan sosis, telur, pasta Penne dan mayones. Rekatkan bagian ujung sampai berbentuk segitiga, pijit bagian ujung. Panaskan minyak goreng. Masukkan roti tawar ke kocokan telur, Gulingkan, goreng hingga berwarna cokelat keemasan. Angkat, sajikan.

4. Spaghetti Cabe Ijo

Mumpung cabe ijo banyak, yuk bikin spaghetti cabe ijo. Ohya ini saya pakai cabe hijau yang besar ya, diblender biar halus. Karena kalau diuleg nggak kuat ya ahaha, alesan deh. Soal rasa, uww maknyus ternyata. 

Spaghetti Cabe Ijo

By @hm_zwan 

Bahan :

115 spaghetti, rebus sampai aldente

1/2 sdt garam

1/2 sdt gula

1/4 sdt kaldu bubuk

Lada secukupnya

70 ml air

2 sdm minyak goreng

Toping :

Telur dadar

Timun

Bumbu halus :

6 bawang merah

2 bawang putih

5 cabe hijau besar

Cara membuat :

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan spaghetti, gula, garam, lada, dan kaldu bubuk. Koreksi rasa. Jika sudah matang, angkat sajikan dengan toping.

5. Macaroni Nuget Ayam

Karena hampir tiap belanja pasti beli nuget. Kapan hari kepikiran bikin nuget homemade pake makaroni. Kalo biasanya makaroni dibuat campuran sup, Mac n cheese, kali ini dibikin versi nuget. Udah otomatis dicemilin sama si kecil. Emaknya juga ikut ngemilin pas anget. Skuy, ini resepnya yaa.. 

Macaroni Nuget Ayam

By @hm_zwan

Bahan :

300 gr daging ayam bagian dada

30 gr Elbow Macaroni la Fonte, rebus, sisihkan

10 gr buncis, iris tipis

40 gr bawang bombai

2 siung bawang putih

1/2 sdt merica

1 sdt garam

1 sdt saos tiram

1/2 sdt kaldu bubuk

1 batang daun bawang, iris tipis

1 butir telur

6 sdm tepung tapioka

4 sdm tepung bumbu + air

Tepung roti secukupnya 

olahan serba pasta

Cara membuat :

Siapkan kukusan. Siapkan chopper, masukkan daging, bawang bombai, bawang putih, telur, merica, garam, kaldu bubuk, saos tiram, giling sampai halus. Masukkan tepung tapioka, daun bawang, buncis, aduk rata. Masukkan Macaroni la Fonte, aduk rata. Masukan adonan ke cetakan, kukus kurang lebih 25 menit. Angkat dari cetakan, iris memanjang. Celupkan ke adonan tepung bumbu dan air, gulingkan je tepung roti. Goreng hingga matang.


Gimana??semoga bermanfaat ya, selamat mencoba.

28 comments:

  1. Duh, menu pastanya pada bikin ngiler euy. Yummy.

    ReplyDelete
  2. Wah enak-enak olahan pastanya. Komplit nih, yang pake roti tawar cocok juga buat sarapan, spaghetti buat makan siang atau malam, nuggetnya buat cemilan. Makasih idenya :)

    ReplyDelete
  3. Dennise Sihombing10 June 2022 at 11:04

    Pasta? aku suka banget. Apalagi jika dinikmati masih hangat dengan saos sambel. Thanks nih untuk resep Macaroni Nugget Ayamnya, aku sukaaaa...

    ReplyDelete
  4. pas banget, rencananya akhir pekan ini aku mau masakin menu pasta buat keluarga, karena anakku suka banget pasta

    ReplyDelete
  5. Spaghetti cabe ijo belum keabsen nih penampakannya. Hehehe ...
    Semua resepnya saya lihat cukup mudah diikuti. Izin saved ya. Semoga bisa recook kalau sudah lengkap bahannya ...

    ReplyDelete
  6. Aku jadi pengen nyobain bikin Pasta Burnt Cheese Toast itu. Buat bekal Aisyah sekolah kayaknya enak, menarik pula tampilannya. Thanks resepnya mbak, jadi punya banyak ide berkat tips nya mbak Iis.

    ReplyDelete
  7. Enaknya kalau kreatif dalam memasak ya gini. Dari pasta yang nota bene makanan Italia, bisa di Indonesiakan dengan menambah beberapa konten lokal. Seperti Spaghetti cabe hijau. Demen bacanya. Nanti mau coba bikin :)

    ReplyDelete
  8. Aduduh, ini sih enak semuanya. Keluargaku penyuka pasta. Tapi emaknya kurang kreatif. Jadinya ya dimasaknya gitu-gitu aja. Coba kalo divariasikan kayak gini, duh pada seneng banget deh mereka 😄

    ReplyDelete
  9. Waah kreatif banget mbaa aku pengen banget jadinya bikin bakwan spaghetti, selama ini nggak kepikiran pasta bisa diolah jadi aneka cemilan yaa

    ReplyDelete
  10. Bakwan spaghetti kayaknya bisa nih. Enggak pernah kepikiran sebelumnya bikin bakwan dari spaghetti. Ini beneran ide yang cocok nih, biar variasi menu.

    ReplyDelete
  11. Mau recook semuaaaa

    Looks so yummy dan kayaknya gampiillll ini ya mba

    Enak nih buat menu kluarga

    ReplyDelete
  12. Selama ini aku bikin pasta ya kaya biasa aja. Baca ini jadi pengen berkreasi. Kayanya aku cocok sama Bakwan Spaghetti Saos Pedas Manis. Kriuk enak buat camilan

    ReplyDelete
  13. Pengeen membuat macaroni nughet ayam, resep resep diatas anak-anak sukakkk maak.

    Bermanfaat sekali makasih ya

    ReplyDelete
  14. Oke, aku bookmark dulu resep ini. Karena anak-anakku suka banget sama pasta, jadi bisalah ya pakai resep baru biar ngga dimasak itu-itu ajah

    ReplyDelete
  15. Kok sedih, aku...teteh...
    Dari semuanya, cuma satu yang pernah aku makan, spaghetti tapi gak dicabe ijo juga sih... Dikasih saus creamy gitu.
    Lalu kepikiran "Apa Risol Mayo Penne ini sama dengan resoles Solo yaa..?"

    Tapi kayanya enggak yaa..?
    Aku jatuh cinta sama risol.. Yumm, yuumm~

    Ide masakan selalu datang dari blog teteh yang kucintaaa..
    Simpen simpeeen..

    ReplyDelete
  16. Wahh enak semua ini menunya bikin ngiler deh, jadi ibu emang harus kreatif dalam membuat menu makanan ya. Biar anak makan nya jadi teratur karena menu yang ganti-ganti setiap hari

    ReplyDelete
  17. Di rumah selalu punya stok pasta. Anak-anak suka banget ...tapi akau bikinnya ya sekedar aja.Pakai topping yang sudah beli jadi dan parutan keju. Ternyata ide olahan pasta banyaaak. Makasih resepnya, Mba...bisa dicoba, pas buat bekal sekolah juga

    ReplyDelete
  18. Aku masih punya stock pasta di dapur. Senenng banget ketemu kumpulan resep ini. Auto bookmark dan siap recook deh pasta pastanya. Apalagi anak anakku udah bosen kalau pasta diolah spaghetti melulu hihihi

    ReplyDelete
  19. Aku ngiler membaca semua ini. Aku penyuka pasta dan keju. My favorite food is definately macaroni and cheese hehehe. Bookmark ah dan bikin nanti klo agak lowong

    ReplyDelete
  20. Enak banget niiih... makaroni bisa dibikin jadi nugget ya. Boleh juga nih dicoba bikin sendiri, kalau lihat resepnya sih kayaknya gampang deh hehehee...

    ReplyDelete
  21. hyaaa mbaaak
    jiwa mamam pasta bergelora ini liat ginian! Aku langsung copas resep ya hehehehe
    Pasta Burnt Cheese Toast, Spageti dibuat bakwan (kok iso kepikiran ngono yo) - Risol Mayo Penne alamaaak

    ReplyDelete
  22. Uenake Mbak, aku tak moro ke Gresik ya hehe. Paling mentok pasta di rumah ya disiram saus spaghetti, ga peduli jenisnya hehe. Bakwan campur pasta, leh uga :D

    ReplyDelete
  23. Asiiikkkk dapet menu camilan yang cara bikinnya gak ribeettt. Semoga tereksekusi nih di weekend. pengen coba semuanya dehhh rasanya.

    ReplyDelete
  24. Resepnya menarik dan membantu sekali jadi pengen coba bikin dehh

    ReplyDelete
  25. resepnya menarik semua, bakal mau aku coba ah nanti. mana fotonya cantik semua, asli bikin ngiler deh dengan foto dan resepnya. Mana pasta juga masih banyak stok di rumah.

    ReplyDelete
  26. Ternyata pasta bisa dibikin banyak menu makanan ya. Aku suka risol Mayo. Baru tahu kalau bisa dibikin dari roti tawar. Thanks resepnya mbak. Mau nyoba

    ReplyDelete
  27. Pengen buat risolesnya, enak banget ya praktis. Aku simpan ya resepnya mbak, biar bisa dicoba di rumah. Makasih

    ReplyDelete