Friday, 10 June 2022

[1] Ide Masak Hari ini : Kerang Pedas dan Tumis Buncis

[1] Ide Masak Hari ini : Kerang Pedas dan Tumis Buncis. Assalamu'alikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu. Ide masak hari ini dari dapur Hot Wajan Bukan Wajan Biasa-nya HM Zwan adalah kerang masak pedan dan tumis buncis. Sudah lama sekali saya tidak masak menu kerang, pas belanja ke Pak Min (penjual sayur yang Masya Allah baiknya) lihat kerang, asal ambil aja. Sampai rumah baru deh lihat list menu harian, lalu pendampingnya ada tumis buncis dan wortel. Sedangkan untuk Aqla, menu sayurnya sama yang beda hanya di lauknya saja. Aqla request udang, jadi seperti biasa udangnya saya bikin krispi. Sayang sekali saya lupa mengabadikan hehe.

Berikut resep ide menu hari ini, selamat mencoba. Semoga bermanfaat..

kerang pedas dan tumis buncis

[1] Ide Masak Hari ini : Kerang Pedas dan Tumis Buncis 

Kerang Masak Pedas

By @hm_zwan

Bahan :

200 gr kerang

2 sdm bumbu kuning (cabe merah) 

6 cabe hijau, iris serong

1 cabe merah, iris serong

5 cabe rawit, iris serong

2 cm jahe

1 lembar daun jeruk

1 lembar daun salam

1 sdt garam

1 sdt gula pasir

1/4 sdt kaldu bubuk

Merica secukupnya

100 ml air

1 sdm kecap manis

1sdm minyak goreng


Baca juga : Resep Sayur Pedas Jantung Pisang 

kerang masak pedas

Cara membuat :

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu kuning, jahe, daun salam dan jeruk sampai harum. Masukkan kerang, air dan  bahan lainnya. Masak hingga air surut atau nyemek, koreksi rasa. Angkat, sajikan.

Tumis Buncis

Bikin yang simpel,tumis tumis gosreng gosreng aja ahaha. Ada tumis buncis dan wortel, bumbunya simpel rasanya enak banget. Dinikmati sama kerang dan tak lupa keripik tempe, Alhamdulillah nikmat.

Tumis Buncis Wortel

By @hm_zwan

Bahan :

1 buah wortel,iris tipis memanjang

100 gr buncis,iris serong

1 sdt garam

1 sdt gula pasir

1/4 sdt kaldu bubuk

Merica secukupnya

1 sdt saos tiram

1 sdt kecap manis

2 sdm minyak goreng

1 lembar daun salam

1 buah cabe merah,iris serong

Bumbu iris :

6 bawang merah

2 bawang putih

Cara membuat :

Panaskan minyak goreng,tumis bumbu iris sampai harum. Masukkan wortel,buncis dan semua bumbu,bahan. Koreksi rasa, jika sudah matang,angkat,sajikan.

Baca juga : Resep Tumis Pepaya Muda

tumis buncis




28 comments:

  1. Aku ngga pernah berani masak kerang takut gagal gitu. Tapi lihat resep ini jadi tertarik untuk mencoba deh.

    ReplyDelete
  2. Duh kerang pastinya gurih apalagi kalau dioseng dengan bumbu pedas kayak gini mantep banget pasti rasanya. Jadi ngiler pagi-pagi, apalagi belum sarapan. Terima kasih resepnya!

    ReplyDelete
  3. malam-malam aku baca artikel ini auto lapar mba.. enak banget kayaknya ituuu, huhuhu

    ReplyDelete
  4. Baca kalimat ttg Pak Min penjual sayur keliling, saya jadi kangen belanja di penjual sayur keliling. Di sini gak ada, trus pas lihat di arah Kota Pariaman itu ada yg melintas, haha... Udah lama juga gak masak kerang. Di sini bisa beli langsung di Pantai Ketaping, segar2 udang dan kerang ini, ikan apalagi.

    ReplyDelete
  5. Wuah enak nih menunya, kerang pedas dan tumis buncis. Aku belum pernah masak kerang sendiri, biasanya beli aja biar gak ribet masaknya haha. Makan kerang pedes ini pakai nasi aja, tanpa sayur juga sudah enaaaak, bikin nambah-nambah nasi pasti. Apalagi ini ditambah tumis buncis dan keripik tempe, sedaaap!

    ReplyDelete
  6. Suka banget sama kerang pedas. Menu favoritku itu. Kalau bisa aku makan sendiri. Suami dan anak anak aku masakin yang lain. Wkwkkw. Enak sih

    ReplyDelete
  7. wah kan enak tuh menu makanan kerang, tapi aku tuh ada alergi kerang, kalo abis makan kerang pasti langsung merah-merah gitu seluruh badan

    ReplyDelete
  8. Udah lama engga makan kerang begini. Enak ya kerang pedas plus tumis buncisnya. Saya biasanya buncis dioseng ama telur Mba. Boleh juga nih resepnya.

    ReplyDelete
  9. Duh jadi ngiler lihat kerang pedasnya Mbak. Dimakan dengan nasi hangat terus dikasih sayur tumis buncis dan wortel di atasnya. Aku sih jami bakal nambah hahaha...Sudah gitu bikinnya gak terlalu ribet pula ya, secara saat dibeli dari tukang sayur kerangnya sudah direbus dan dibersihkan..

    ReplyDelete
  10. Aaahhh enaaaakkkk... kerang aku suka kalau makan, tapi kalau masak emang jarang soalnya males bersihinnya. Ini kebayang sih rasanya gurih gurih pedes gitu , nggak bakalan kerasa amis. Nasi anget mana nih nasi anget.

    ReplyDelete
  11. Kalau tumis buncis aku sering masaknya mbak. Tapi kalau kerang aku lebih sering beli hahaha ini kesukaan anak bungsuku soalnya. Boleh juga kapan2 aku masak kerang pedas pakai resep ini boleh kan ya? Hehehe..mantap pasti nih rasanya bisa nambah terus 😁

    ReplyDelete
  12. Kerang pedasnya sangat menggoda. Susah saya kalau mau masak kerang, susah mendapatkan kerangnya. Kalau tumis buncis di kampung lumayan banyak dan mudah. Meski sekarang sayuran pun harganya ikut naik

    ReplyDelete
  13. Waahhh kebetulan hari ini aku udah beli kerang, cuma bingung mau di masak model gimana lagi. Untung deh baca artikel ini jadi ada ide deh hehe. Tapi yang ngga pedes deh kayanya!

    ReplyDelete
  14. Buncis ketemu wortel memang enak ... dan di sini saya baru ngeh bahwa ketemu kerang pedas jadi lebih nikmat. :)

    ReplyDelete
  15. Ini menu makan boros nasi, enak banget dan inginnnya nambah terus

    ReplyDelete
  16. Bikin ngiler! Aku udah lama gak makan kerang. Boleh nih besok dicoba resepnya. Tambah Buncis emang sedap

    ReplyDelete
  17. Kerang pedas emang enak! Pas banget di kulkas lagi ada kerang dan buncis
    Aku mau coba recook resep ini ya mbak
    Enak nih buat makan siang

    ReplyDelete
  18. Simple banget masakannya, tapi pasti sukses bikin aku nambah nasi berkali-kali. Haha. Oh ya untuk masak kerang ternyata bisa langsung ditumis sama bumbu, ya? Kirain harus direbus dulu gitu Mbak. Pantesan dulu bikin bumbunya kurang meresap. Jadi lebih baik masukkan airnya sambil tumis dengan bumbu, ya. Wah thank you petunjuknya, Mbak.

    ReplyDelete
  19. Waah kerang pedasnya sangat menggoda, ngilerr aku sukaak banget itu bikin nambah nasi teruss tuh, jadi lupa diet 😀

    ReplyDelete
  20. Kalau makan kerang, aku jadi ingat salah satu makanan favorit Bapak rahimahullah, yaitu Lontong Kupang.
    Wenaak yaa.. aku jadi seneng kerang dan melihat resep dari teh Iis, aku pengeeen lah incip Kerang Pedas dan Tumis Buncis-nya.

    ReplyDelete
  21. Wah jd keinget rezto seafood niiihh
    Enak ni makan kerang kalau masak sendiri, lebih berlimpah kualitasnya ketimbang makan di resto :D
    Kalau kerang di Pak Min udah dikupasin atau gmn mbak? Kalau di sini kerang biasanya udah dikupasin gtu kalau yg mau ditumis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dikupas mbak, tinggal nyuci. Masak.. Praktis haha

      Delete
  22. Duh lama banget ga makan kerang
    Cocok ini mbak menunya untuk makan siang. Bikinnya juga gampang ya mbak.

    ReplyDelete
  23. Nampak lezat say masakannya yaa bikinnya pun cepat jadi praktis, kalau kerangnya diganti ayam tetap enak ya tulisannya...daku ngga bisa makan kerang huhu

    ReplyDelete
  24. anak-anak suka kerang tp sy jarang masak karena kurang suka jd jarang masak kerang, biasanya kalau ibu sy kesini beliau masakin kerang buat anak-anak . Tp boleh dicoba nih resepnya

    ReplyDelete
  25. Wuenaakk tenan ini lauknya, dimakan pake nasi anget, waaahh iso tondak-tanduk kan ya. Anak-anakku segala macam tumis suka deh.

    ReplyDelete
  26. Kerang itu favoritku. Sayang orang rumah jarang yang suka. Mau coba ah di masak kayak di atas tapi kalau enggak pedas tetap enak ga ya. Hehe. Kalau tumis buncis wortel praktis banget masaknya cepat dan sehat

    ReplyDelete
  27. Auto laper nih lihat masakan tumisan begini. Dimakan saat baru selesai tumis, masih agak panas, pakai nasi dan kerupuk, nikmatnya luar biasa.

    ReplyDelete