Wednesday, 22 June 2022

[2] Ide Masak Hari ini : Sarden Terong Masak Pedas dan Sayur Bening

[2] Ide Masak Hari ini : Sarden Terong Masak Pedas dan Sayur Bening. Assalamu’alaikum sahabat HM Zwan. Semoga sehat selalu?hayoo masak apa hari ini?yang belum masak, yuk intip ide masak hari ini ala HM Zwan. Menu kali ini request dari suami dan Aqla tentunya hehe. Permintaan suami kali ini cukup berbeda yaitu pingin makan sarden sama terong. Akhirnya bikin deh satu set menu makan siang, yaitu sarden terong masak pedas, sayur bening, tahu goreng, jamur krispi dan telur dadar request Aqla.

Banyak ya menunya, ahaha…ya begitulah kalau satu rumah pingin menu yang berbeda. Ini baru anak satu lho, gimana yang anaknya lebih dari satu ya, pasti pening juga kalau tiap anak minta menu yang bebeda ahaha. Apapun itu, mari kita nikmati dan syukuri bund.

sarden-masak-pedas

Kebayang nggak sih masak sarden dicampur terong?banyak yang beranggapan ini aneh, nggak kepikiran sama sekali dan lain sebagainya. Tapi setelah saya coba, ternyata jika keduanya dijadikan satu masakan, uww sedap bund. Apalagi kalau dimasak pedas, nendang bangetlah pokoknya. Sebelum dimasak jadi satu dengan sarden, terong ungunya saya goreng terlebih dahulu. Ohya, biar ikan sardennya nggak hancur, ngaduknya pelan-pelan aja ya bund, selow aja gitu hahaha.

Berikut resep menu set kali ini, silahkan dicoba..

Semoga bermanfaat..

[2] Ide Masak Hari ini : Sarden Terong Masak Pedas dan Sayur Bening

Sarden Terong Masak Pedas

Bahan :

2 kaleng sarden

1 buah terong ungu, potong, goreng

Air secukupnya, 15 ml

¼ sdt merica

½ sdt garam

2 sdm kecap manis

1 batang daun bawang,iris tipis

sarden

Bumbu tumis (iris) :

¼ potong bawang bombai

3 bawang merah, uk sedang

2 bawang putih

1 buah tomat

1 cabe merah besar

1 cabe merah hijau

15 cabe rawit (uleg)

Cara membuat :

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu iris sampai harum, masukkan sarden, air, terong, garam, merica dan kecap manis. Jika sudah matang, taburi irisan daun bawang, matikan api, angkat, sajikan.


Baca juga : [1] Ide Masak Hari ini : Kerang Pedas dan Tumis Buncis

                   Resep Tahu Isi Mercon


Sayur Bening

Bahan :

1 ikat bayam,ambil daunnya

1 buah wortel,potong tipis

1 buah jagung manis,potong jadi 3

8 cm kunci,belah dua geprek

1 sdt garam

2 sdt gula pasir

Segenggam kemangi

500 ml air

5 bawang merah,iris

2 bawang putih,iris

Cara membuat:

Panaskan air sampai mendidih,masukkan bawang merah,putih,kunci,wortel dan jagung manis sampai matang. Masukkan gula,garam,daun bayam dan kemangi. Jika daun sudah berwarna hijau,gagang sudah empuk, matikan api, angkat, sajikan.

sayur-bening

Jamur Krispi

Bahan :

1 bungkus jamur tiram,belah jadi beberapa potong

1 bungkus tepung serbaguna

Air secukupnya

Minyak goreng

Cara membuat:

Siapkan wadah, tuang 2 sdm tepung dan air secukupnya (adonan kental), masukkan jamur,diamkan. Panaskan minyak goreng, ambil jamur, gulingkan ke tepung kering,goreng hingga matang. Angkat,sajikan.

jamur-krispi


1 comment:

  1. Aduh jadi langsung laper lihat ini memang sayur bening cocoknya sama ikan dengan bumbu merah salah satunya sarden. Ga ketinggalan juga tahu, aku selalu gitu sih. Mantep ini mah, terima kasih ide memasaknya!

    ReplyDelete