Skip to main content

Mengenal Sumber Vitamin D

Assalamualaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Sejak pandemi banyak kegiatan baru yang mungkin dulunya jarang sekali dilakukan, sekarang mulai rajin melakukannya. Salah satunya yang paling terlihat adalah kebiasaan olahraga pagi sambil berjemur. Iyap, sejak pandemi jugalah saya jadi melek tentang kesehatan terutama ikhtiar menjaga imunitas tubuh dengan berjemur. 

Awal-awal pandemi banyak yang salah kaprah kalau dengan berjemur di pagi hari bisa mematikan virus corona, padahal faktanya berjemur tidak dapat mematikan atau membunuh virus corona lho. Melainkan dapat meningkatkan produksi vitamin D3. Karena salah satu fungsi dari vitamin adalah untuk meningkatkan kekebalan dalam tubuh dalam melawan mikroorganisme penyebab penyakit salah satunya virus corona. 

Lalu seberapa penting vitamin D untuk tubuh?

Vitamin D adalah grup vitamin yang larut dalam lemak prohormon. Vitamin D dikenal juga dengan nama kalsiferol. Penamaan ini berdasarkan International Union of Pure and Applied Chemist (IUPAC). Di dalam tubuh, vitamin ini banyak berperan dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang baik (sumber wikipedia). Vitamin D selain nutrisi yang bermanfaat untuk pembentukan tulang, juga diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung, otak, dan otot.

Kekurangan vitamin D dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, nyeri tulang, meningkatkan resiko penyakit kanker dan lain sebagainya.

Berikut beberapa fungsi dan manfaat dari vitamin D :

1. Untuk menjaga kesehatan tulang

2. Sebagai daya tahan tubuh (sistem imun)

3. Membantu mengurangi resiko penyakit flu

4. Mengurangi resiko penyakit jantung

5. Dapat mengobati penyakit kulit akibat autoimun, dan lain sebagainya


Apa saja sumber vitamin D?

Kita tahu bahwa vitamin merupakan nutrisi yang tidak dapat dibuat oleh tubuh, maka dari itu kita bisa mendapatkan, mengkonsumsi vitamin dari makanan yang kita makan. Selain itu, mengapa kita harus berjemur?karena sinar matahari  dapat membantu meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh. 

Fyi, sumber vitamin D terbaik bagi tubuh adalah berasal dari sinar matahari. Selain itu, vitamin D juga terdapat 2 jenis yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Dimana vitamin D2 bisa didapatkan dari makanan. Sedangkan vitamin D3 biasa disebut dengan vitamin matahari,  juga bisa didapatkan dari makanan juga.

Berikut beberapa contoh sumber vitamin D yang terdapat dalam makanan :

1. Ikan salmon

Ikan salmon rata-rata mengandung sebanyak 988 SI vitamin D dalm penyajian per 100 gram. 

2. Ikan sarden

Ikan sarden mengandung sekitar 177 SI sehingga visa memenuhi 22% Dari kebutuhan vitamin Haris kita. 

3. Kuning telur

Kita tahu bahwa sebutir telur mengandung banyak nutrisi. Salah satu bagian yang menjadi dumber vitamin D adalah kuning telur. 

Satu butir kuning telur mengandung 37 SI vitamin D dimana ini setara dengan 5% Dari kebutuhan harian kita. 

4. Minyak ikan

Tidal suka ikan tapi butuh vitamin D? Kits bisa tetap mendapatkannya melalui minyak ikan kod.  Minyak ikan kod mengandung vitamin D yang cutup tinggi.


Selain dari makanan, kita juga bisa mendapatkan vitamin D3 dalam bentuk suplemen. Salah satunya adalah D3-1000

D3-1000 Tablet adalah suplemen vitamin D3 yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dengan cepat pada kondisi tertentu, seperti lansia, ibu hamil dan menyusui, risiko tinggi atau penderita penyakit infeksi, dan autoimun.

Manfaat & Kandungan D3-1000 Tablet:

D3-1000 diperuntukkan untuk orang dalam kondisi tertentu, serperti lansia, ibu hamil dan menyusui, serta penderita penyakit infeksi dan diabetes melitus tipe 1 yang memerlukan tambahan vitamin D lebih banyak dibanding orang dalam kondisi normal. Ayo berikan proteksi terbaik bagi orang tercinta kalian dengan suplemen D3-1000 dari Pyfa Health.

Indikasi / Manfaat / Kegunaan:

D3-1000 Tablet adalah suplemen vitamin D3 yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dengan cepat pada kondisi tertentu, seperti lansia, ibu hamil dan menyusui, risiko tinggi atau penderita penyakit infeksi, dan autoimun.

Komposisi:

Setiap tablet mengandung Vitamin D3 1000 IU (setara dengan Cholecalciferol 25 mcg).

Dosis:

Dewasa atau anak > 12 tahun: 1 tablet per hari setelah makan.

Penyajian:

Setelah makan.

Kemasan:

1 Dos isi 3 Strip @ 10 Tablet.

Penyimpanan:

Simpan di tempat dengan suhu di bawah 30 derajat Celcius dan jauh dari cahaya.


Bagaimana cara mendapatkan D3-1000? 

Teman-teman bisa mendapatkan D3-1000 di Toko Online Kesehatan


Sehat selalu teman-teman.. 


Sumber :

Wikipedia

Alodokter

hellosehat


 


Comments

  1. Jarang tahu dengan vitamin D ini, padahal manfaatnya banyak, tapi sering terlupa. Hehe, jadi tahu apalagi sekarang udah ada suplemen D3 pas banget, ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis