Saturday 27 February 2016

Alasan Rumah Dijual


Alasan Rumah Dijual. Bagi sebagian besar orang yang hidup di daerah perkotaan, membeli rumah adalah untuk investasi. Apalagi yang tinggal di kota-kota besar, misalnya saja di kota Batam, pertumbuhan kota yang sangat pesat dan hampir setiap tahunnya ada saja perubahan yang terlihat. Beberapa bulan tidak pulang ke Batam, tau-tau daerah yang dulunya masih banyak pohon sekarang sudah dipangkas separo untuk jalan raya. Sebagian besar banyak sekali yang bangun perumahan baru dan ruko, jadi sudah dipastikan Batam semakin padat dengan perumahan dan ruko, rumah toko. 

Ngomongin tentang kota Batam, hal yang selalu saya ingat dari mulai pertama kali datang adalah kota dengan banyak perumahan dan ruko. Sempat mbatin "rumah dan ruko sebanyak ini emang ada yang beli...", dan terbukti memang ada saja yang beli. Bahkan seringkali saya melihat banyak ruko yang belum jadi 100% tapi sudah laku dan dijual kembali oleh pemilik aslinya. Atau ada juga rumah yang sudah jadi kemudaian di depannya tertulis "rumah dijual". Kenapa ya dijual lagi??

Alasan Rumah Dijual
1. Kredit macet
Banyak alasan kenapa kredit macet, bisa jadi ada musibah sehingga tidak bisa lagi meneruskan cicilan KPR setiap bulan. Misalnya, orangtua sakit dan membutuhkan biaya besar, salah satu kelarga ada yang kecelakan dan lain sebagainya. 
2. Investasi biaya pendidikan anak
Pada dasarnya tujuan utama beli rumah adalah untuk investasi masa depan. Kemarin kebetulan teman datang ke rumah dan cerita kalau beberapa bulan yang lalu dia beli rumah di daerah dekat Nongsa, padahal dia sudah punya rumah yang lumayan besar di daerah Batam Center. Sempat ngobrol juga tentang anaknya yang sudah mulai masuk sekolah, rencananya nanti kalau anak sudah besar, rumah tersebut akan dijual untuk biaya pendidikan anak. Iya juga ya, biaya pendidikan sekarang sudah mahal apalagi beberapa tahun ke depan ya, pastinya lebih mahal lagi.

Baca juga : Serba Serbi Tinggal di Perumahan

3. Untuk modal usaha
Pernah nggak punya teman atau saudara yang koleksi rumah??bukan rumah-rumahan lo ya hehehe, tapi ini rumah beneran. Teman suami kebetulan ada yang koleksi rumah di Batam, nggak banyak cuma dua, tapi dua itu lumayan juga lo, lumayan nyicilnya hehehe. Tapi beberapa bulan yang lalu pas saya sama suami main/silaturahmi ke rumahnya, sempat kaget karena di depan rumahnya ada tulisan di plang "jual rumah cepat, hubungi 08......". Pas ngobrol ternyata rumah yang satunya sudah dibangun kos-kosan untuk pekerja/karyawan pabrik dan toko, soalnya di rumah yang lama dekat sama plaza botania, jadi sudah dipastikan banyak yang cari kos-kosan. Jadi, kalau rumah yang ditempati sekarang sudah laku rencananya mau dibuat bayar beberapa kebutuhan membuat kos-kosan. Kalau uangnya masih banyak, bisa buat beli rumah lagi katanya. Hiyaaa.....

Itulah beberapa alasan rumah dijual, atau mungkin ada yang mau nambahi...???


****



14 comments:

  1. untuk beli rumah yang lebih bagus lagi atau lebih besar

    ReplyDelete
  2. Mutasi pekerjaan ke Kota lain juga biasanya bisa jadi salah satu alasan ya, mbak.

    ReplyDelete
  3. Alasan lain karena pindah ke daerah lain yang jauh dan rumahnya gak ada yang ngurus.. Qeqeqe

    ReplyDelete
  4. Alasan lain: butuh uang cepat, Mbak Han.

    ReplyDelete
  5. Alasan lain, lingkungan sekitar rumah itu sudah tidak seperti dulu. Misalnya dulu masih banyak pepohonan dan sekarang malah rawan polusi, banyak debu.

    ReplyDelete
  6. Xixixi, alasan lainnya karena rumahnya angker. :D

    ReplyDelete
  7. kayak film di raditya dika "pindah rumah banyak kenangan haha

    ReplyDelete
  8. karena sering banjir!! banyak tetangga saya jual rumah karena lingkungan rumah saya sering kebanjiran

    ReplyDelete
  9. opingin pindah aja cari lingkungan yg beda

    ReplyDelete
  10. perlu perencaan yang matang juga sih,
    takutnya jual rumah malah bli gubuk ...
    hikz

    Wooclip
    Wooclip movie

    ReplyDelete
  11. Aku lagi nyari rumah, semoga segera terwujud, amin

    ReplyDelete
  12. mungkin mau mau mencari lokasi rumah yang lebih strategis mak :)

    ReplyDelete
  13. atau memang perlu yang lebih besar karena keluarga bertambah ya mba

    ReplyDelete
  14. duh jd inget biaya pendidikan anak, jd pgn beli2 rumah... emangnya gorengan hihihi...

    ReplyDelete