Tuesday, 17 June 2014

Botok Tahu Tempe

Stok lauk wajib saya adalah tahu dan tempe..
~HM Zwan~
Bismillahirrahmaanirrahim...
Pernah nggak, malam-malam ngebayangin makan apa gitu??kalau nggak, ngebayangin makanan yang pernah kita santap waktu di rumah saudara atau tetangga. Kalau saya sering banget hehe, apalagi sekarang udah jarang juga makan di luar, maklum warung terbatas dan menunya itu lagi itu lagi. Nah, kebetulan waktu itu ngebayangin makan botok tahu tempe sama sop buatan si mbak waktu ke rumah bulek. Yasudah, bermula dari ngebayangin akhirnya bikin juga besok sorenya. Resepnya tanya nenek...
Bahan
Tahu 4 kotak (ukuran tahu maksudnya) potong dadu
Tempe 4 kotak potong dadu
Kelapa parut muda 4 sdm
Telur 1 buah
Cabe merah 2 (iris serong)
Cabe rawit 10 buah
Daun jeruk 3 lembar (iris tipis)

Bumbu Halus
 Bawaang putih 4 buah
Bawang merah 7 buah
Cabe rawit 4 buah
Kencur 1 ruas
Garam 
Gula
Kaldu ayam bubuk

Cara Memasak
 Campur tahu,tempe,kelapa parut,cabe merah,daun jeruk,telur dan bumbu halus.
Ambil daun pisang, sendokkan 3 sdm dan cabai rawit utuh, bungkus dan sematkan dengan lidi.
Kukus 30 menit sampai matang, hidangkan.

Heummmm, harum botoknya masih kebayang nih hehehe. Cocok banget sama sayur sop, perasaan dulu waktu di Jawa makannya pakai sayur asam tapi baru kali itu saya menikmati botok tahu tempe dengan sayur sop. Endiang brambang ternyata, cocok juga, apalagi gratis hehehe. Ohya sambelnya pakai sambel trasi, hadududu....maknyus pemirsah.
Semoga bermanfaat, baarokalloh.
***
 @hmzwan

15 comments:

  1. hmmmm biken ngiler yang nyimak posting neh

    ReplyDelete
  2. wah botoookkk...
    makanan favoritku mak...
    ^_^

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka bikin botok tahu tempe hihiii... Enak yaa mbak, bumbu kita sama loh, dimakan dengan nasi panas juga maknyuss kadang malah dicemil tanpa nasi :)

    ReplyDelete
  4. Aduh ini wenak puol Mak, ngebayangin kalo tinggal di luar negri apa aku masih bisa bertahan hidup since aku ndak bisa masak dan ga ada warung kan di sana :)) *lebay*

    ReplyDelete
  5. mbak,,,gampang banget ya buatnya,,,seumur-umur belum pernah bikin botok tahu tempe sendiri,,,hahaha,,,pengen nyoba juga nih :)

    ReplyDelete
  6. Ohw ternyata pakai telur ya mbak. Noted

    ReplyDelete
  7. sedia nasi anget sebakul walaah pas ini...

    ReplyDelete
  8. sedia nasi anget sebakul walaah pas ini...

    ReplyDelete
  9. Bude di rumah suka masak botok ini, tapi saya lebih suka yang banyak cabenya biar terasa pedas :D

    ReplyDelete
  10. pas banget miss hari ini menu makan malam ada botok juga,kesukaan suami

    ReplyDelete
  11. resepnya mirip pepes tahu, ya. Cuma gak pake kelapa parut :)

    ReplyDelete
  12. Duh... duh... Mbak... dengar botok tahu tempe saja saya sudah sueneng apalagi dikasih foto yang begitu bening dan jelas, kemecer rasane...

    ReplyDelete
  13. walau bacanya malam tapi kok tetap laper ya.. :)

    ReplyDelete
  14. Andai saja botok itu bisa tanpa parutan kelapa, pasti lebih enak ya? *nasib tak suka parutan kelapa -_-*

    ReplyDelete
  15. Hidup Tempe! Saya selalu suka sama Tempe mak apalagi kalau di makan hangat2 tapi blm pernah Kalo dibotok

    ReplyDelete

Resep Asem-asem Iga Sapi