Friday, 27 February 2015

Sehat itu Penting


"Sehat itu murah, sehat itu gampang, sehat itu penting", salah satu jargon yang selalu manari-nari di pikiran saya tiga tahun terakhir ini, menikah dengan suami yang memiliki pola makan sehat, tidak suka jajan sembarangan dan dipertemukan dengan sebuah group kesehatan bernama Food Combaining. Ngomong-ngomong masalah makanan, sejenak mari saya antarkan ke pola makan saya sebelum menikah.

Pola makan dulu : Semua serba asal
Asal enak, asal ketemu, asal masuk mulut dan perut, asal kenyang. Dulu, saya termasuk orang yang setiap ketemu makanan langsung di embat, apalagi pas kuliah. Pola makan jauh dari kata teratur, bisa jadi satu hari hanya makan nasi satu kali, selebihnya jajan semaunya dan sembarangan. Ketemu cilok, beli, ketemu bakso, beli, ketemu burger, beli, ketemu gorengan, beli. Dan baru makan malam hari, itupun beli ayam penyet, nasi goreng, atau tahu tek. Untuk sarapan, kalau ada teman yang mengajak sarapan, baru saya ikut sarapan di kantin kampus. Tapi seringnya kalau libur, mulai dari sarapan sampai makan malam kadang saya masak mi goreng pakai hiter. Jarang sekali saya mengkonsumsi sayur dan buah, entah...bagi saya waktu itu, menikmati ayam goreng dengan nasi dan sambal itu nikmat sekali. Pokoknya serba keringan atau tanpa sayur.

Tersadar sekarang, bahwa saya dulu sering sakit, mulai dari kepala pusing, demam, jarang BAB, ambeien sampai berdarah dan kesakitan, sampai flu setiap sebulan sekali. Dan itupun flunya tidak sembuh dalam hitungan hari, bahkan sampai satu bulan lamanya. Parah ya...huhuhu


Dulu,seringnya,makan menu diatas sama nasi saja,tanpa sayur >_<

Pola makan sekarang : Sayur itu wajib
Sejak menikah, pola makan mulai tertata dengan baik. Kebetulan suami suka sekali dengan sayur, mulai sayur mentah sampai matang. Jadi menu wajib di meja makan adalah sayur, titik. Sampai akhirnya saya bertemu dengan grouf Food Combaining di fb, mulailah saya belajar banyak hal tentang kesehatan disana. Membaca banyak artikel dan segala hal yag berhubungan dengan pola makan sehat dan berbagai penyakit yang menjangkit para pemilik pola makan tidak sehat. Perlahan saya menyadari betapa pentingnya sebuah kesehatan. Di dukung dengan suami yang suka sayur dan buah, dapat banyak ilmu, akhirnya pelan-pelan saya mengatur pola makan dengan sebaik-baiknya. 

Tersadar dan bahkan seringkali saya bersyukur, bahwa sakit-sakitan yang sering saya alami dulu ketika masa kuliah tidak pernah lagi saya alami, alhamdulillah. Ambeien sudah hilang, BAB lancar,  dan alhamdulillah daya tahan tubuh semakin baik. 

Menu wajib makan sekarang,serat,serat dan serat^^

I Love SBY : Sarapan Buah Yuk...
Itu adalah jargonnya pak Wied Hary, sejak mengenal Food Combaining, akhirnya yang dulu saya seringnya sarapan nasi, kini beralih ke sarapan buah. Kok sarapan buah?buah memiliki kadungan serat dan enzim cerna yang dapat menghilangkan tumpukan makanan dari usus besar. Selain itu, buah juga dapat membantu kerja pencernaan menjadi ringan dan sehat. Terbukti dengan banyak mangkonsumsi banyak serat, maka pencernaan lancar dan sehat. Biasanya bangun tidur minuman pertama yang saya minum adalah perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat, lalu pukul 07.00 atau lebih saya mulai sarapan buah. Emang kenyang sarapan buah??alhamdulillah kenyang, makan buah secukupnya, kunyah dengan baik, setidaknya sampai buah dan air liur tercampur. Jika jam 09.00 lapar, ya makan buah lagi hehe. Terus kapan makan nasinya??makan siang baru makan nasi sama sayur plus tahu tempe. Alhamdulillah perut nggak begah kalau sarapan buah.


Jika di pikir-pikir, jargon sehat itu murah, sehat itu gampang, sehat itu penting ternyata memang benar-benar terbukti jika kita konsisten. Alhamdulillah sampai hari ini saya masih berusaha konsisten dengan pola makan sehat, dengan sarapan buah, makan siang dan makan malam dengan banyak sayur. Sesekali beli bakso, mi ayam, dan bikin mie, tapi setelah itu banyakin makan sayur dan buah. Karena sehat itu penting..jadi,tetep sehat Y.E.S!!!

Teman-teman pola makannya seperti apa ya??ayo dong cerita..^^




52 comments:

  1. sama mak, dulu sebelum nikah makannya asal aja, mana belom bisa masak lagi jadi ya jajan mulu
    setelah nikah menu makanan lebih sehat, selalu ada sayur, lauk, dan buah...jadi seimbang gitu
    walaupun kadang-kadang masih suka jajan juga sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalau dulu sebelum menikah mash memikirkan perut sendiri, sekarang sudah menikan berbeda, harus irit dan hemat karena selain perut kita masih ada perut suami yang dipikirkan ya mak, hehe..!!

      Delete
    2. mbak indah....iya bener banget mbak,kalau saya udah g jajan lagi,jajan kayak cireng, bakso bakar, dll keikut suami yang g suka jajan hehe. tapi paling sebulan sekali beli bakso/mie ayam hehehe


      mbak Devy...hehehe iyap,betul betul, tapi pengetahuan tentang kesehatan juga minim *baca (malas baca buku kesehatan)*^^

      Delete
  2. Yeyy, pola makan sehat. Dulu aku kira FC itu susah lho Mbak, ternyata tinggal main kombinasi aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kuncinya cuma di dasar2nya aja mbak...selanjutnya terserah kita,mau jalani bener2 nggak hehehe

      Delete
  3. wahh mbak buah2 nya menggiurkan
    kalo chika masih agak susah makan sayur karena dari kecil trauma sayur
    skarang lagi belajar buat suka
    sukses untuk GA nya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba pelan2 mbak....sayur bagus untuk kesehatan^^
      makasih mbak

      Delete
  4. saya blum berani food combining mak, pdhl pengen :D
    skarang yang penting makanan yg masuk gizinya seimbang aja dl hehe...
    smoga sukses giveawaynya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga masih belajar konsisten makan sehat mbak..
      makasih yaa^^

      Delete
  5. Replies
    1. yang penting badan sehat yaaa^^

      Delete
  6. beh,,, pola makan yg sehat nih ...
    klo sy sayur setiap hri hrus ada ... tpi untuk buah kadang ada kdang nggk ada ,,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting sayur setiap hari mas, kaau keringan kasihan juga badan kita, ya nggak hehe

      Delete
  7. Hidup sehat itu mudah ya mak...yg penting konsisten jalaninnya.... aku trmsk blom konsisten..hehe... good luck buat GA nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget, saya juga masih belajar konsisten..
      terima kasih^^

      Delete
  8. Mba ajari biar bagus gitu ngefoto makanannya, hihihi... Aku alhamdulillah udah merhatiin asupan makanan juga pernah nyoba detox, klo malas detox ya puasa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..itu jepret biasa dan suka2 gitu mbak hehehe.
      iya mbak, semoga kita selalu diberi kesehatan ^^

      Delete
  9. Daku jg mak...terutama yg itu... i love sby..:D

    ReplyDelete
  10. Mie-nya guweh binggitt.. Urapnya menggoda binggiiitts.
    Kalo aq pagi coba maem buah, tp ga bertahan lama. Harus tetep makan nasi hahaha! Kuyus tapi manaknnya buanyaakk :P (trus aku kudu py uhuhuhu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha....nggak tega kalau lihat badanmu,kurus bangetttt. terus,terus..akukudu piye?? >_<

      Delete
  11. Saya gitu mak semua yang saya makan asal enak aja hiks. Pengen nyoba ah sarapan buah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..saya dulu juga gitu,tapi sekrang udah agak belok sedikit hehehe. kasihan badanku hehehe..
      ayo mak dicoba^^

      Delete
  12. Kayanya azefff banget ni gan jika di santap di tengah sawah sambil liat kerbau menggarap sawah :))

    ReplyDelete
  13. karna rumah sakit sekarang mahal mas hehehehe

    ReplyDelete
  14. foto2nya,.. hehe laper :P
    isha juga gitu mbak.. tapi ya karena ga ada tempat masak, lauk pauknya beli.. an yang jual sayur itu jarang banget.. kebanyakannyaayam, kan, tahu, tempe, telor.. protein semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang banget ya, buka warung tapi nggak ada sayurnya...tapi iya sih,pernah punya pengalaman seperti ini juga,

      Delete
  15. hmmmm lihat makanannya jadi ngiler mas ...
    salam kenal mas ... :)

    ReplyDelete
  16. Saya itu masih suka gak konsisten sama yang namanya makan sehat. Tapi gimana, ya. Abisnya yang enka itu kebanyakan yang gak sehat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixixi...iya,bener bangettt godaannya itu loh..hehe

      Delete
  17. waa, sama say..aku apalagi karena sakit, kapok tenan..sekarang berusaha jaga makan..semoga kita sehat selalu aamiin :* eh dirimu kok jadi mas? sih hihihihi *lirik info menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.....
      hahahah,iyo mbak...jelas2 foto gedenya cewek haha

      Delete
  18. gagal fokus beneran aku..makanannya sungguh menggoda banget euy.... lap iler dulu

    ReplyDelete
  19. aku kan ada maag gimana caranya suapaya aku bisa makan buah pagi hari sebelum makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaan saya dulu,kebetulan dulu magh pas ngajar, asam lambung juga sering naik..pas nyoba ikutan pola makan fc,minum jeniper dan sarapan buah, alhamdulillah g ada masalah mbak. atau coba join group di fb FCI food combaining indonesia, disana banyak artikel dan bisa tanya2 seputar fc.
      semoga infonya bermanfaat^^

      Delete
  20. Pernah nyoba detoks pake jus buah. Rasanya badan jadi lebih seger. Tapi kadang2 aja bikinnya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..iya mak,lebih enteng dan seger kalau habis detox

      Delete
  21. Saia masih pemakan segala ni hehe, butuh disiplin tinggi untuk memulai pola makan sehat, smangaatt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap...betul bangettt.semangartt^^

      Delete
  22. pengen juga nyobain sarapan buah, selama ini blm pernah.... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mak nyoba sby...sarapan buah ketika perut kosong,diutamakan buah yang menganfung banyak sir,misalnya semangka,mrlon,pepaya dll.
      selamat mencoba^^

      Delete
  23. Foto-foto makanannya membuat gimana gitu... :D
    Bahkan semua penyakit dimulai dari urusan lambung ya.. :(

    ReplyDelete
  24. ngiler sambel terasi dikasi kacang panjang ituuuuu
    senenganku pooool

    ReplyDelete
  25. setujuuuuu...mari kita SBY dan semoga sehat selalu yaaa maaak :)

    ReplyDelete
  26. Sy blm bisa berfc mba.
    Kalo minum air jeniper, perut masih ga kuat.
    Di sini, diet gagal cz harga buah lumayan mahal dibanding di Indo, buah sehari sekali.

    ReplyDelete