Skip to main content

Posts

Showing posts from April, 2014

Incip-incip Kuliner Ponorogo #EverythingOnWednesday

...[tentang kuliner] Diingatan saya, Ponorogo i tu nasi pecel, tempe sama sate Ponorogo... ~HM Zwan~ Bismillahirramaanirrahim... Pernah ke Ponorogo???atau pernah dengar Reog Ponorogo???Nah, itu dia, saya mau cerita tentang kuliner yag aduhai maknyus tiada tara dari saya masih ingusan sampai semanis sekarang #hatsyi. Iya, dari lulus SD saya sudah mengembara di kota yang penuh kenangan ini, 7 tahun bo'.  Kalau di penjara suci kan nggak boleh tuh ya beli makanan keluar gerbang, ketahuan keamanan bakal di setrap dan kena hukuman, dan bakal semakin terkenal di kalangan santri huehehe. Hi, perkenalkan saya pecel Ponorogo, rasanya yang nendang tiada tara. Dulu, dullluuuu banget pas masih di penjara suci, kalau keluarga datang, pagi-pagi dibeliin nasi pecel dibungkus daun jati, tak lupa tempe Ponorogonya, sluurpptttt, khas banget Ponorogonya. Sampai sekrangpun kalau ke Ponorogo, pasti sarapannya pecel Ponorogo, meskipun warungnya peyot, juwelek nggak karuan, dijamin pecelnya

Chicken Drum Stick #HotWajan

...Ada hal yang lebih indah dibandingkan bumbu instan, baca komposisi resep dibalik kemasan, coba buat sesuka hati, kalau berhasil, selamat!!!kalau gagal, selamat mengulang kembali.... ~HM Zwan~ Siak Bismillahirrahmaanirrahim... Chicken drum stick, n amanya keren ya???kayak yang punya blog ini #uhuk. Ceritanya teman kantor yang dari Malaysia nawarin ayam KFC ke mas kakang prabu, kebetulan lagi di Pekanbaru, lha kok nolak sih, haddueh!!!Katanya sama aja, nyampe Siak udah dingin nggak anget gitu, gubraks, ya iyalah Pekanbaru-Siak 3 jam, kalau mau ya hayuklah jalan-jalan ke Pekanbaru hehehe (modus). Sampai kos-kosan tiba-tiba suruh bikinin ayam yang kayak punya KFC gitu, errrr.....(tuh kan nyesel memang di belakang) masak aja masih belepotan malah disuruh bikin ayam begituan, ya sudah pakai tepung ayam bumbu ajalah, hidup instant!!!hahaha. Cling, siang-siang saya iseng aja lihat kemasan tepung ayam bumbu, sambil mikir, bisa kali ya pakai tepung campur-campur, suka-suka hati gi

[monday photography] Hi Syam!!!

Siak   Bismillahirrahmaanirrahim... Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan...sengaja atau tak sengaja mas kakang prabu menemukan rumah kos-kosan yang alhamdulillah indah. Bagaimana tidak, awalnya saya tidak menyadari bahwa ketika saya membuka pintu kamar jelang maghrib, kuasaMU sudah menjulang indah di depan mata. Senja yang warna-warni, langit yang begitu indah, dan gelembung awan yang entah menjadi begitu mempesona. Bukan hanya itu, tatkala matahari terbit dan perlahan mengumbar senyum manisnya, saya bisa langsung menatapnya dengan mata tertutup lalu menghirup udara segar. Bagaimana tidak, keluar gerbang rumah kos-kosan sudah disuguhi senyuman yang manis dan secara tidak langsung ada momen indah yang sempat saya abadikan pagi itu.  Hi.... sobahal khoir .... good morning .... sugeng enjing ... selamat pagi ...!!!  Hi stone....  Hi mas kakang prabu, sugeng enjing, semoga inda harimu^^ Hi mbk HM....pagiii,mana senyum manisnyaaa??? cheerrssss...^^ H

[Celoteh Blogger] Tantangan 15 Menit

Begitu banyak saya mengenal teman-teman blogger, tapi jika diminta untuk mengingat dengan cepat tentang mereka dan diberi durasi waktu , rasanya entah seperti mau masuk ruang sidang ujian skripsi, mendadak bekerjasama dengan long dan term memory untuk sekedar merecall....   Bismillahirrahmaanirrahim... Jika ada yang bertanya, kamu berapa tahun ngeblog???emmm...mikir panjang,bingung saya jawabnya. Jika ada yang bertanya, kamu berapa tahun nulis di blog???4 tahun lebih. Jika ada yang bertanya, kamu berapa tahun eksis menyandang gelar blogger???emmm,setahunan (jawabnya nggak pakai mikir hehe). Jika ada yang bertanya, sering blogwalking nggak???lumayan gesit setahunan ini. Jika ada yang memberi tantangan, coba sebutkan teman-teman blogger dan yang kamu ingat dari mereka, entah itu ciri atau khas mereka, atau hal yang paling kamu ingat dari tulisan atau apapun tanpa membuka blog mereka, alatnya hanya memori atau ingatanmu!!!Waktunya 15 menit, dimulai dari sekarang!!!(oke,saya langs

[quote on thursday] Geo dan Perjuangannya

...Hidup adalah perjuangan... Siak Bismillahirrahmaanirrahim... Hidup adalah perjuangan, pernah main nyatuk (ambil) ice cream di timezone??termasuk nyatuk es krim ini, tapi kalau 3 kali sudah nggak berhasil mending beli es krim langsunga ajalah hehehe.Berjuang itu beda-beda ya, apalagi kalau melihat perjuangan para pahlawan kita, pastinya nggak ada apa-apanya hehe.Tapi apapun yang dilakukan dengan sungguh hati, dengan benar-benar, dengan tekad yang kuat pasti hasil perjuangan kita akan ada hasilnya. Berbeda kalau kita ogah-ogahan, malas, hasilnya juga beda bahkan bisa nol, ugh nggak bangetlah. Ini pembukaannya serius banget ya, curcol nggak papa kan ya, pengalaman gitu hahaha. Sejak menjadi guru BK, bagi saya nggak ada yang namanya anak nakal, itu labeling banget, nggak ada dalam kamus guru BK atau anak Psikologi #uhuk (ini saya loh ya xixixi). Adanya dua, khusus (misalnya suka mbolos,suka usil,pelaku bulliying,dll) dan spesial (ABK= anak berkebutuhan khusus). Cerit

[everything on wednesday] Hadueh,Kok Baru Tahu Ya....

 Siak Bismillahirrahmaanirrahim.. Pulang ke Surabaya akhir bulan maret lalu, menyisakan banyak hal. Mulai dari lokasi Rumah Sakit Haji, karena penerbangan Batam-Surabaya delay 45 menit jadinya berangkat pas jam 18.00. Sampai Surabaya sudah malam yaitu pukul 20.00, pesan taxi bandara langsung menuju RS Haji. Namanya juga malam ya, jadi saya cuma bisa menikmati jalanan kota Surabaya yang lumayang sepi sih, sampai akhirnya sampailah ke RS. Setelah bertemu dengan ibu mertua, adik no 2 dengan suaminya dan adik yang terbaring lemah. Kondisi badan masih capek, tapi suami adik udah buru-buru ngajak saya kuliner aja alias makan malam. saya lupa nama jalannya, pokoknya pintu keluar RS Haji belok kiri ada pertigaan belok kanan. Tujuannya pasti dong bebek hehehe, kali ini bukan bebek wahid hasyim tapi bebek hitam krengsengan sambal macam, duileh namanya hahaha. Bebeknya warna hitam, ada saus hitam (bumbu krengsengan), sambel macan, yailah ini mah sambel blelek hehe sama lalapan pastinya. Ras

[hot wajan] Cheese Cake "katanya"

"Sejak menikah,mendadak belajar masak ,mendadak belajar bikin cake buat cemilan a la kadarnya, suka-suka.Hari selasa ada sharing tentang hasil dapur di hot wajan alias wajan panas" ~HM Zwan~ Siak Bismillahirrahmaanirrahim... Saya termasuk penyuka keju, slurppttt. Nggak usah tanyalah ya, pasti teman-teman juga suka yang namanya keju, bukan keju (capek) lo ya hehe. Sebenarnya ini cerita hampir punah hahaha, udah bulukan. Gimana nggak bulukan, saya coba-coba bikin kue ini pas pulang bulan apa ya....pokoknya sebelum pulang ke Batam bulan maret kemarinlah hehe. Lama kan???bangett hehe, tapi postingnya baru sekarang. Nggak papa yang penting sharing bikin kue suka-suka dan resepnya sok tau banget hehe, masalahnya saya punyanya cuma oven, sedangkan timbangan nggak punya sama sekali hahaha. Ceritanya, pas pulang ke Batam saya niat banget pingin buat cheese cake atau kue keju. Kue atau cake sih???yaaa...suka-sukalah, kalau di Batam nyebutnya cake, kalau di Jawa sih saya

[monday photography] 3 Foto 1 Klik

"Sejak ada smartphone, gairah untuk belajar motret suka-suka sejak SMP semakin menggelora. Ada sharing a la kadarnya di hari senin, namanya monday photography.." ~HM Zwan~ Siak Bismillahirrahmaanirrahim..Assalamu'alaikum... Apa kabar??semoga sehat selalu, weekend panjang kemana aja nih liburannya??kalau saya masih tetep ya tiap sore ngelilingi kota Siak yang indah nian di mato hehe. Lihat TL teman-teman yang pada sibuk liburan, saya sama mas kakang prabu asik aja lihat kalender di hp, lebaran tinggal berapa hari ya???hahahaha (ish,nggak ada kerjaan banget ya hehe). Jadi inget pas pulang ke Surabaya akhir bulan maret kemarin, jagain adek yang opname di RS Haji. Ternyata bosenin ya di RS hehehe, sebagus apapun kamarnya, RSnya tapi beneran deh saya bosen banget hehe. Tapi, berhubung RS Haji ini lumayan asik ada taman yang asri banget, plus kebun binatang mini. Jadinya, kalau saya bosen keluar jalan-jalan ke taman, silir-silir gimana gitu. Alhamdulillah ... Nah, p

[on friday] Seribu Tanya

Ada bait yang tertinggal Ada rindu yang menggantung Ada senja yang perlahan berias Ya, Padanya ada yang hilang Entah, Terkadang membosankan Tapi, Entah sore ini rasanya rindu mendera Seketika menyergap  Masuk dari lubang yang entah akupun tak tahu Menerobosnya, lalu sampailah ia di depanku  Tak ada batas Pun sekat Tiba-tiba seperti pelahan membeku Terpekur Entah, hanya bisa memandangnya lebih dekat Bergerakpun tak kuasa Tapi, Sepertinya ada yang tertinggal  Entah, aku tak ingat lagi *** dibaca : berkali-kali Siak,17/4/2014 writtwn by @hmzwan

[quote on thursday] Lebih Dekat dengan Siak

“yang khas dan bermutu dari suku bangsa mana pun asalnya, asal bisa mengidentifikasikan diri dan menimbulkan rasa bangga, itulah kebudayaan nasional”. ~ Koentjaraningrat ~  Siak Bismillahirrahmaanirrahim... Cantik ya gedung diatas???itu kantor Bupati Siak, lokasinya bukan di area kota Siak tapi keluar dari area kota. Loh kok???hehehe, maksud saya lokasinya berada di seberang sungai Siak (kalau dari kota Siak). Tapi kalau dari arah Pekanbaru menuju ke Kota Siak, tak perlu nyebrang jembatan, cukup belok kiri, ikuti plang hijau. Hampir setengah tahun lamanya saya berada di Siak Riau, ah, betapa waktu bergulir cepat. Betah nggak betah ya harus dibetah-betahin lah ya. Namanya juga ikut suami yang ditugaskan disini, meski jauh dari rumah Batam, jauh dari orangtua dan saudara di Jawa tapi saya senang bisa keluar dari pulau Jawa. Apalagi sekarang, sudah menginjak tanah Riau, impian masa kecil keliling peta perlahan tercapai (uhuk) hehehe. Kebiasaan dan  budaya di Indonesia t

[everything on wednesday] Dataran Engku Putri di Malam Hari

Siak Bismillahirrahmaanirrahim... Alhamdulillah sampai hari ini nikmat masih mengalir, semoga begitu juga dengan teman-teman blogger. Ohya, sebelum pulang ke Surabaya akhir bulan maret lalu, saya pulang dulu semalam di Batam, nengokin kasur, tipi, taman dan dapur hehehe. Setelah pulang ke Surabaya, balik lagi ke Batam, dua hari tiduran nggak jelas, maklum seminggu di Surabaya, jalan-jalan ke Jombang dan Ponorogo sangat melelahkan. Asik tapi berasanya pas sampai Batam hehe. Malam hari sebelum paginya balik lagi ke hutan Siak xixixi, saya jalan-jalan ke Dataran Engku Putri. Penasaran banget pas suasana malam, pernah lihat foto teman yang bangus banget, banyak lampu, jadi bener-bener seperti masjidil haram (katanya). Sebelum pulang kemarin juga pernah ke sini, tapi masih belum jadi. Reportasenya disini...  Pagi hari, cantik ya....  Bangunannya belum jadi,tapi tetep cantik banget... Nah, dua foto diatas saya ambil pas jogging pagi hari, soalnya kalau hari minggu Dataran En

[Hot Wajan] Risoles Segitiga

"Jajanan favorit dari MI sampai sekarang ya risol, apalagi risol buatan ibu.." ~HM Zwan~ Siak Bismillahirrahmaanirrahim...  Ini adalah salah satu jajanan favorit saya, risol atau risoles. Ceritanya dulu waktu masih sekolah MI (SD) ibu sering buat risol dan dititipkan di warung dekat rumah, pokoknya jajanan pertama kali yang saya bisa buat atau masak ya risol. Gimana nggak bisa, tiap ibu buat kulit dan isi risol saya selalu ngerecokin di dapur, dan sampai sekarangpun saya kalau kangen ibu, dan pingin nyemil, bikinnya risol. Nggak perlu lihat buku resep dari ibu, karena sudah lihai bikinnya hehe. Sempat malahan pas ibu ke Batam tahun lalu, pas saya masih ngajar, dibuatin risol buat dibawa ke sekolah. Kata teman-teman guru, enak banget risolnya, malah disuruh jualan hehehe. Biasanya digulung panjang dan nggak pakai tepung panir, tapi kali ini iseng aja dilipat segitiga. Yuk ah intip resep acakadut ala HM Zwan^^.   Bahan Isi 1 buah wortel ukuran besar (iris kotak)

[monday photography] Klik!!

"What I like about photographs is that they capture a moment that’s gone forever,  impossible to reproduce.."   ~Karl Lagerfeld~ Siak Bismillahirrahmaanirrahim... Yeaaa,udah hari senin aja. Apa kabar???semoga sehat selalu. Ngomong-ngomong hari senin, kapan hari pas jalan pagi tiba-tiba saya melihat pemandangan yang (mungkin) sebetulnya biasa aja . Lha wong setiap hari kan kalau pagi ada sunrise kalau sore ada sunset hehe, tapi kebetulan iseng saya muncul, mulai deh klak klik klak klik hehe.  Berapa kali klik tiap ngeklik tombol klik kamera?? (kok bahasanya jadi belepotan gini ya hehe) satu, dua, atau bahkan lebih??hayoooo, berapa kali ya??kalau saya sih tergantung objek, tapi nggak juga sih. Dari dulu kalau njepret satu objek atau gaya selalu ngeklik berkali-kali, minimal dua kali, maksimal sampai benar-benar menemukan hasil yang klik di hati (tsah). Nah, kebetulan pagi itu ada sunrise yang mulai menampakkan senyum manisnya, posisinya bener-bener nggak oke

Melihat Gedung Pencakar Langit dari Dekat

Siak Bismillahirrahmaanirrahim... Happy weekend , kira-kira pada liburan kemana nih???kalau saya sih tetep ya liburan keliling kota Siak yang seuprit kotanya hehe, apapaun itu tetap bersyukur masih bisa jalan-jalan. Nah, kali ini saya mau rekomendasikan satu tempat yang sangat menarik, bisa melihat gedung pencakar langit negara tetangga "Singapura" dari dekat, pulau kecil di dekat pantai, kapal-kapal besar yang sedang melintas dan parkir di tengah laut, dimana lagi kalau bukan Pantai Tanjung Pinggir Batam. Rutenya kalau dari arah Batam Center, ke arah pelabuhan Sekupang, ada plang RS Otorita Batam lurus, sebelum RS ada dua jalan, ke kanan ke RS. Nah, untuk ke pantai tanjung pinggir lurus ke kiri, setelah melewati depan komplek KTM resort, sampailah di pantai yang indah ini.  pertama datang langsung lari kesini,apalagi kalau nggak njepret hehe..kelihatan kan gedung pencakar langitnya Singapura^^  Lebih dekat lagi...  Itu contoh tenda yang bes

[quote on thursday] Tentang Rezeki

Siak Bismillahirrahmaanirrahim... Pulang kampung ke Surabaya kemarin, kebetulan sambang ke rumah emak cuma sehari semalam. Emak sumringah nggak karuan, bagaimana bisa saya mendadak pulang setelah dua hari sebelumnya kami cekikikan, cerita-cerita via telpon, eh sekarang sudah nongol aja di rumah hehe. Alhamdulillah emak sehat dan semoga usianya semakin berkah amin..Malam-malam saya sms sahabat sejak kecil dulu sampai sekarang, masih satu desa, salah satu sahabat yang rutin setiap bulannya sms saya. "Em (manggil saya HM), apa kabar??kamu sehat kan??gimana, udah hamil belum??bla bla bla..." . Saya menyuruhnya untuk datang ke rumah pagi-pagi sebelum berangkat ke sekolah (profesi guru). Pagi-pagi dia datang bersama suami dan kedua anaknya, setelah cipika-cipiki dia duduk disamping saya, sementara suami dan anaknya bermain ayunan di depan mushola samping rumah. Setelah tanya kabar dan lain sebagainya, tiba-tiba dia bercerita. Dia : Aku kemarin ikut PNS, tapi nggak l

[everything on wednesday] Apa!!!Harga Tiket Pesawat Naik???

"Bandara hang nadim Batam,oye..mbk city delay 40 menit,uhhhh >_< " ~status facebook,23/3/2014~ Siak. Bismillahirrahmaanirrahim.. Cie, yang pada libur, semoga hari ini indah liburannya. Ohya, sukses juga buat yang nyoblos. Ceritanya, dua minggu yang lalu saya mendadak pulang ke Jawa. Jenguk dan lihat kondisi adik ip yang habis kecelakaan kejambretan di Apolo Surabaya . Pulang ke Batam dan mendadak cari tiket, kebetulan kalau saya cari tiket itu browsing dulu di web beberapa maskapai penerbangan. Kalau sudah dapat dan lihat harganya, saya langsung telpon agen yang jualan tiket langganan. Misalnya begini, "mbak, saya lihat di web, penerbangan Batam - Surabaya harganya segini....saya pesan 2 PP ya". Tapi, kemarin saya ngak nemu nomornya si agen, alhasil minta tolong bulek untuk memesankan (temannya jualan tiket). Kebetulan pas saya browsing , harga tiket yang tertera Rp 565.000, bulek telpon saya dan memberitahukan bahwa harga tiketnya per@ Rp 800.

[hot wajan] Sambal Goreng Hati

“...no one is born a great cook, one learns by doing.”   ~Julia Child~  Siak. Bismillahirrahmaanirrahim. Semoga hari ini tetap semangat ya, besok kan libur hehe. Hampir 2 mingguan nggak masak, rasanya kangen banget sama wajan hehe. Lihat isi kulkas ada hati ayam, ada kentang juga, ya sudah bikin masakan yang simpel aja. Sambal goreng hati, ini resep dari ibu, ceritanya pas habis nikah setiap minggu telpon nodong resep hehe, biar nggak lupa dicatet deh di note book. Yuk, ah masak-masak lucu ala HM Zwan...     Bahan 4 buah hati ayam (potong dadu, goreng) 3 buah kentang (potong dadu, goreng) 1 buah sereh(geprek) 1 buah daun salam 2 sdm minyak goreng 2 sdm kecap manis Garam Gula  Kaldu ayam 1/2 gelas air Bumbu Halus 7 buah bawang merah 3 buah bawang putih 3 buah kemiri 3 buah cabe merah 5 buah cabe rawit Cara Memasak  Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum. Masukkah sereh, daun salam, garam, gula, kaldu ay

[monday photography] Focus Mode

"Which of my photographs is my favorite? The one I’m going to take tomorrow ." ~ Imogen Cunningham~ Siak. Bismillahirrahmaanirrahim. Apa kabarnya semua???semoga sehat selalu ya, alhamdulillah Siak sering hujan, jadi cuacanya adem selalu. Nah, berhubung malam hari sering hujan, otomatis pagi-pagi banyak bertebaran sisa-sisa hujan yang masih menggantung. Entah di pucuk daun atau di pagar kos-kosan, mulailah hobi iseng jepret saya memanggil-mangil. "Ambil kamera dong, itu ada objek menarik" ,ya sudahlah ambil kamera dan beraksi, klik klik klik. Kebetulan yang saya foto kan objek yang lumayan mini bukan kecil banget lo ya, jadi butuh fokus yang nendang. Otak-atik setting kamera hp, klik focus mode gambar pohon (mini), tinggal klik. Tapi, meskipun sudah di seting FM tetep harus fokus yang jepret hehe, tangan gerak dikit, gagal. Tangan nggak gerakpun kadang sering gagal, jadi pasti harus benar-benar fokus (yag jepret maksudnya hehe). Emang dimana sih letak