Tuesday, 4 February 2014

[hot wajan] Iwak Kali Goreng Tepung Cocol Sambel Blelek

"A recipe has no soul. You, as the cook, must bring soul to the recipe"

Siak.
Bismillahirrahmaanirrahim…selamat hari selasa,tetap semangat ya. Udah pada masak belum nih??apa jangan-jangan baru mau masak ya??hehe. Kalau saya sudah beres semua, masak, sarapan, nyuci, nyiapin bekal maksi buat mas kakang prabu, pokoknya sudah beres semua, Alhamdulillah. Pas libur imlek kemarin, saya ke pasar, lumayan ramai soalnya kan hari libur. Kebetulan saya memang sudah jarang (jarangggg sekali) makan ayam, memang sengaja pelan-pelan stop konsumsi ayam, jadi makan apa dong??ikan, ikan, ikan dan tahu tempe hehehe. Kebetulan kemarin banyak banget iwak kali (bahasa Jawa) atau ikan sungai, jadi mas kakang prabu tergoda dengan banyaknya ikan sungai yang tergeletak tak berdaya di lapak ikan sungai. Harganya permata, satu mata dihargai Rp 10.000, jangan tanya mata itu apa ya??masuk ons atau apa??maaf pemirsah,saya juga nggak mudeng hehe, lupa tanya. Kebetulan kemarin beli 25.000 isi ada 10 ekor ikan, slurrppptttt. Bingung juga mau dimasak apa, banyak banget, lha wong Cuma berdua. Akhirnya di goreng ajalah, kebetulan stok tepung beras nggak ada jadi yang ada tepung bumbu, baiklah praktis itu pilihan anak kos hehehe.

Bahan
Iwak kali
Jeruk nipis
Telur
Tepung bumbu sajiku

Bumbu
Ketumbar
Garam

Cara Memasak
Bersihkan iwak kali, baluri jeruk nipis, diamkan 2 menit, bilas.
Taburi ketumbar halus dan garam, diamkan 2 menit.
Panaskan minyak goreng.
Masukkan iwak kali ke kocokan telur, guling-gulingkan ke tepung bumbu, goreng sampai warna kecoklatan.
Angat, tiriskan, hidangkan.



Makan iwak kali itu nggak seru kalau nggak pakai sambal, betul tidak???eh, ada yang tau sambal blelek nggak???sayapun tahunya pas di rumah mertua, di rumah bulek, disuruh makan, nah ada sambal bleleknya. Heummm, memang ya rasanya itu menggelora banget, ending brambang deh.Puwedes membara, poko'e maknyusss!!!
  
Bahan dan bumbu
Cabe rawit 10
Bawang merah 3
Bawang putih 3
Gula
Garam

Cara Memasak
Goreng cabe rawit, bawang merah dan putih
Angkat, tambahkan gula dan garam secukupnya, uleg, hidangkan.

Aaarggghhh, ANDA PATUT MENCOBANYA!!!nggak harus di goreng kok, mentah juga nggak kalah maknyusnya sama di goreng. Jangan lupa, makan yang model hidagan beginian, harus pakai nasi punel atau pulen, kalau memang niatttt banget bikinlah nasi liwet, dijamin klenger deh, enak banget soalnya. Dan, selamat ngiler, selamat mencoba, semoga bermanfaat, bukankah bahagia itu sederhana…see you next time^^.

***
Siak,4/2/2014
@hmzwan

52 comments:

  1. huwaaaa..itu sambelnya pasti pedes bangeeett...

    tp pas nih resepnya..aku dan suami suka ikan soalnya..huehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,,iyha kak,buruan coba,,,enak bangettt

      Delete
  2. ikannya maknyusss kayanya tu yaa...*ngecesss

    ReplyDelete
  3. Aq dan keluarga juga lagi mengurangi konsumsi ayam mak Karena suamiku hpertensi jadi Kalo pengen makan daging makan ikan air tawar. Maknyuss keliatannya mak apalagi klo dimasakin hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslinya enak banget mak hehehe....

      Delete
  4. Huaaaaaa... Itu sambel nya ya.. Namanya si ga bgt, tp dri tampilan nya bikin ngecess lgs :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha,,,namanya elek tapi dijamin ketagihan^^

      Delete
  5. Aaaaarrrrghhhh bikin laperrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
  6. iwak kali itu iwak apa Mbak? ikan sungai kan jenisnya banyak. Saya juga tinggal di pinggir sungai,,, ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg ini saya nggak tau mbk namanya apa hehe,lupa tanya ^^

      Delete
  7. tampilane menarik, rasanya kaya apa ya? hehe

    ReplyDelete
  8. eh, gilak bener.. itu cabenya mantaps. hehe

    ReplyDelete
  9. mata itu keranjang kecil gt bukan ka? hhi

    menunyaaa bener2 favorit bngt nih.. haduuh, syambelnyah.. menggodah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mbk,ya ditimbang cuma kurang tahu juga,,besok tak tanya ya hehehe....menggoda idung ya hehehe

      Delete
  10. wuih.. tampak enak banget..
    ntar coba ah :)
    itu sambelnya kok bs jd kuning mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,,iyha,cabenya banyak yg kuning mbk belum merah heheh

      Delete
  11. kayaknya enak, hujan + lapar2 begini makan ikan. kirim ke sini dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini aja,silahkan dinikmati,,mpung gratis hehe

      Delete
  12. ha ha ha hak..jadi ingat waktu kecil..(sampai sekarang) seang sekali jika Emak nggoreng iwak wader. Sambal sih sambak trasi
    Kayaknya sambelnya beda ya Jeng
    Pinjam ya untuk di posting di blogkku (paksa ajah..)
    Salam hangat dari surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe,,,kadang disini ada iwak wader kadang nggak ada dhe,sambel blelek dhe...resep dari suami hehehe...injeh,monggo ^^
      nuwun dhe

      Delete
  13. Ukuran mata itu gimana ya? Di Pekanbaru tetep pakai kilo heheheee... Bumbunya itu udah pake garam & tumbar sayang kalau pakai sajiku, tinggal ditambah bawang putih & kemiri, mendingan pakai tepung tapioka atau sagu. Aku nyontek sambalnya ya. Ngiler2 nih lihatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,,,lupa nggak nanya mak,besoklah tanya2...iyha mak,soalnya stok abis,jadi apa adanya hehe...kapan2 coba pake tepung tapioka,belum pernah soalnya,sik tukar2an nih,,q nyontek tapiokanya ya mak :D

      Delete
  14. ngecesss liat sambel yg mak nyosss mak hanna..iwak kali memang mantab tiada tara...apalagi dl didesa asalku kertosono...iwak kali spt iwak sepat, iwak wader, iwak bader tambah mantab lg...klo digoreng kring...gurihhhhhh....top markotop...sip markusip deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah2,,kok tambah bikin ngiler aja sih,loh mak iro kertosono toh???wah tongo iki hehehe

      Delete
    2. wehhh jebule tonggo dwe ya mak...tp mak hanna merantau jauh diseberang lautan...ketemu dlm KEB...hehehe

      Delete
  15. wah laper deh jadinya.... sambelnya menggoda

    ReplyDelete
  16. Namanya ... sungguh sangat eksotis sekali banget ...

    Ini pasti enak ... empuk pula ...
    cocok untuk Om-om (tak bergigi) seperti saya

    Salam saya

    (5/2 : empat-belas)

    ReplyDelete
  17. Ngga kepengen sambelnya :P Tapi kepengen iwaknya, fufufu...
    Aku engga kebayang ukuran mata Mbaaa...

    ReplyDelete
  18. aku naksir sambel sama ulekannya arrkh keren.. tapi ikannya aku gak bisa makan:D,

    ReplyDelete
  19. judul masakannya panajng amat mak... hehe

    ReplyDelete
  20. dicoba ah.. tapi sambalnya jan pedes bener, is..

    ReplyDelete
  21. wah enak buanget ini maaakkkkk...anakku aja suka nambah kalau makan pake lauk ikan seperti ini, mantapppp

    ReplyDelete
  22. itu iwak kalinya menggiurkan
    sambelnya apalagi
    subhanallaahhh aku jadi kelaparan!

    ReplyDelete
  23. hadeuuuh..ngileerr mbak...enak kayaknya...

    ReplyDelete