Saturday, 7 December 2013

Sambal Goreng Pelangi



Berangkatlah melihat dunia, perjalanan hebat menunggu.
 ~ Tere Lije ~

[episode repost karena tulisan ini hilang waktu blog eror ^^]
Siak…
Quotenya keren ya Tere Lije ini.. Dunia itu luas, nah kali ini saya mau menjelajah dan melihat lebih dalam lagi dunia kuliner hehe (nyambung nggak sih???). Mungkin bagi saya yang masaknya cuma ecek-ecek alias asal mak cemplung  aja, seru dan seneng banget kali ya kalo lihat orang-orang hebat dibalik dapur (lihat di tipi aja seru apalagi lihat langsung). Selain ada tukang cuci piring yang tidak bisa dilihat sebelah mata, ada juga pelayan yang wira-wiri nyajikan makanan yang kita pesan, ada juga sosok pembuat masakan yaitu koki atau bahasa gaulnya chef.  Coba aja saya diberi kesempatan melihat langsung cara chef masak di dapur di salah satu hotel ternama (pilih nama hotel seseuai yang anda bayangkan hehehe), pasti deh keluar dari dapur ngepul itu langsung geleng-geleng, sampai rumah pasti masih geleng-geleng lagi. Sambil mbayangin, wih, keren ya chefnya, dapurnya keren..cara masaknya keren bangetttt, makanannya enak bangetttt…bla bla bla bla…
Benar kan, perjalanan hebat baru saja saya alami…(ngimpi!!!pentung pake wajan gosong). Setidaknya berangkatlah ke dapur, anda akan melihat dunia lebih luas lagi, perjalanan hebat menunggumu (paling-paling kalo nggak gosong ya keasinan hahaha).

Yaudahlah, sambil ngimpi saya yang jadi chefnya. Mari masak pake bahan seadanya di kulkas, yuk intip behind the wajan nya HM Zwan….

Bahan
Udang
Tempe
Ayam (dicacah)
Daun salam
Daun jeruk
Jahe
Lengkuas
Sereh
Santan (dikit aja)
Pete
Minyak goreng
Air (dikit aja)
Garam
Gula

Bumbu halus
Bawang merah (suka-suka)
Bawang putih (suka-suka)
Cabe merah (suka-suka)
Cabe rawit (suka-suka)
Kemiri (suka-suka)
Ketumbar

Cara Memasak
Goreng ayam cacah dan tempe
Ulek bumbu halus, masukkan pete, tumis sampai harum masukkan udang, jahe, daun salam, sereh, daun jeruk dan air. Biarkan sampai mendidih
Masukkan ayam dan tempe, aduk pelan biar rata bumbunya
Masukkan garam dan gula sesuai selera
Tambahkan santan (saya dua sendok saja biar tambah guruh dan enak), aduk, diamkan 2 menit, angkat

Nggak nyampe 30 menit, sambal goreng pelangi jadi deh. Kok pelangi sih??warna warni soalnya jadi berasa lihat pelangi (weks). Makan-makan yukkkk, ups…rasanya, heummm..heummm…maknyusss pemirsah. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat…^^

****
Siak, 7/11/2013

32 comments:

  1. Hihihi... suka-suka... sekarang isine masak-masak yo Mbak. Aku seneng liat fotonya, apik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo,lha nggak ngajar lagi jadi ya cari kesibukan baru na :D

      Delete
  2. nyummmzaaa mak,,,, catet reseppnya ya....

    ReplyDelete
  3. Mantabs.... Lapeeeeeeeeeeeeeerrrrrrr... :)

    *SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] Pojok Bumi Kalibayem - Yogyakarta
    Keluyuran | Makan | Jalan-Jalan

    ReplyDelete
  4. Kalo dilihat dari gambarnya, menggoda juga ya ternyata :D

    ReplyDelete
  5. hwoohh..panteess..kayak pernah baca? :-D

    sip sip..ditunggu resep ayam bumbu kuningnyaaa.. :-D

    ReplyDelete
  6. mantaaaap nih kayanyaaa :D hmm, kapan2 nyobain ahhh

    ReplyDelete
  7. Waduh ! Udang ya, mungkin nanti udangnya saya ganti kali ya dengan daging ikan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyyaaa..pasti alergi udang ya mbk^^

      Delete
  8. Sepertinya enak tuh... apalagi tampilannya menarik.
    Menggoda sekali.

    ReplyDelete
  9. Saya yakin, ini pasti enak sekali, Mbak, hmmm.... apalagi dengan sego liwet....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..semakin selera pak kalo pake liwet

      Delete
  10. Aduh aduuuh, ko ya bikin ngiler banget nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..ayuk siap2 gelar tikar mak^^

      Delete
  11. udangnya lari ke Bekasi donk mau nih saya ehhee :D

    ReplyDelete
  12. Mak Hana, aku mau doong.. ^^ enaknya...

    ReplyDelete