Monday, 19 December 2022

Ruam Popok Pada Bayi Tak Kunjung Sembuh?Yuk, Konsultasi ke Dokter

Ruam Popok Pada Bayi Tak Kunjung Sembuh?Yuk, Konsultasi ke Dokter. Menjadi ibu adalah anugerah yang sangat luar biasa, banyak hal yang baru kita pelajari saat menjadi ibu. Tantangan baru datang, mau tidak mau kita harus bisa berdamai dengan hal-hal tersebut. Terlebih lagi untuk ibu yang baru pertama kali memiliki anak, Bahagia sudah pasti, bahkan setiap melihat barang yang lucu pasti dibeli. Ya nggak bund?. Tapi sekali anak sakit, duh rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Rasanya ingin memindahkan sakit yang dirasakan anak ke diri kita.
Yah, begitulah seorang ibu…


Hal biasa yang umum terjadi pada bayi salah satunya adalah ruam popok, berupa iritasi atau peradangan pada kulit bayi akibat penggunaan popok. Dimana kulit tiba-tiba berwarna merah di area seperti paha, dekat kelamin, bokong dan lipatan paha. Jika sudah parah biasanya terdapat benjolan yang berisi cairan berwarna kuning. Sudah pasti kita yang melihatnya nggak tega ya, apalagi anak sudah pasti rewel setiap waktu. Yang biasa tidur nyenyak sewaktu-waktu jadi terganggu tidurnya, dimana hal tersebut tentu mempengaruhi kualitas tidur dan juga ibu. Karena setelah ibu melahirkan juga membutuhkan waktu tidur yang cukup lho.
Gampang-gampang susah memang mencari popok yang pas atau cocok buat anak, karena kulit bayi sangat sensitif sekali. Untuk itu, harus hati-hati sekali ketika memilih popok untuk bayi.

Apa Saja Penyebab dan Gejala Ruam Popok
Saat bayi kesakitan karena ruam popok yang membuatnya rewel dan terganggu kualitas tidurnya. Kita sebagai orangtua harus segera mencari solusi tentunya dan harus tau apa saja penyebab ruam popok. Sehingga kita bisa meminimalisir kesahalan saat membeli popok. Berikut beberapa penyebah ruam popok pada bayi
1.Popok sudah penuh dan bocor sehingga menimbulkan iritasi pada kulit
2.Infeksi jamur atau bakteri karena area kulit tertentu tertutup dengan popok
3.Anak memiliki tipe kulit sensitif
4.Popok yang terlalu kecil ukurannya atau terlalu ketat bisa menimbulkan iritasi pada kulit, dll

Dalam keterangannya, dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menjelaskan, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi.”

Untuk gejala ruam popok biasanya ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di area pemakaian popok, seperti area paha, dekat kelamin, bokong dan lipatan paha.

Kapan Sebaiknya ke Dokter
Ruam popok yang ringan biasanya hanya berwarna merah, jika sudah ditangani dengan baik maka perlahan akan sembuh. Berbeda lagi jika ruam sudah berubah menjadi benjolan yang ada cairannya, artinya ruam sudah parah dan berbahaya. Jika mengalami gejala seperti ini sebaiknya dibawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Cara Mencegah Ruam Popok Datang Lagi
Ruam popok sebenarnya tanpa diobati bisa sembuh, jika ruamnya ringan. Yang paling penting kita bisa menjaga kulit anak tetap bersih, kering dan menjaga sirkulasi udara di area pemakaian popok.

1.Pastikan tangan dalam keadaan bersih sebelum dan sesudah mengganti popok
2.Bersihkan dengan baik area kulit yang tertutup dengan popok
3.Ganti popok setiap 3-4 jam sekali sesuai dengan rekomendasi dokter anak
4.Jangan menggunakan bedak bayi, tisu basah karena bisa memicu iritasi kulit
5.Sebaiknya gunakan air mengalir atau air hangat saat membersihkan bayi
6.Pastikan kulit dalam keadaan kering saat ingin memakai popok
7.Sesuaikan ukuran popok anak, jangan terlalu ketat karena bisa memicu iritasi

Cara Memilih Popok Bayi
Memilih popok bayi tergolong gampang-gampang susah, karena kulit bayi sangat sensitif sekali. Untuk itu, kita harus hati-hati sekali ketika memilih popok untuk anak. Banyak sekali jenis popok di pasaran, selalu pilih bahan popok yang aman, sesuaikan ukuran popok bayi jangan sampai kekecilan. Selain itu,kita juga harus pilih popok yang daya serapnya cepat. Dan yang paling penting adalah sering-sering mengecek popok bayi, dan mengganti popok setiap 3-4 jam sekali.



MAKUKU SAP Diapers Slim : Popok yang Tipis Bikin Bayi Nyaman Seharian
Nah, kali ini yuk kenalan dengan MAKUKU SAP Diapers Slim. Dimana popok ini memiliki teknologi tinggi dengan daya tampung lebih besar dan maksimal, sebelumnya hanya 400ml menjadi 500ml. Melalui peningkatan kualitas ini, area penyerapan pada inti struktur MAKUKU SAP Diapers Slim meningkat sebanyak 9% untuk mengurangi kebocoran. Sementara volume urine bayi sendiri sekitar 60 – 100 ml sehingga daya tampung MAKUKU SAP Diapers Slim ini sangat baik.

Branding Director MAKUKU, Lucky Zheng menyampaikan, “Sebagai Top Brand dalam kategori Diapers Baby Kesayangan dari Mom & Kids Choice Award, peningkatan daya tampung popok pada MAKUKU SAP Diapers Slim dan MAKUKU SAP Diapers Comfort tidak hanya ditujukan bagi peningkatan kualitas tidur yang ideal bagi bayi, tetapi juga untuk menjaga kualitas tidur yang baik bagi Ibu. Selain daya tampungnya yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi, MAKUKU SAP Diapers Slim dan MAKUKU SAP Diapers Comfort juga meningkatkan kualitasnya dengan teknologi inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer). Teknologi ini mampu menyerap lebih banyak cairan dan menguncinya sehingga menekan risiko ruam popok.”

MAKUKU SAP Diapers Slim memiiki teknologi SAP (Super Absorbent Polymer) pada inti strukturnya. Inti struktur SAP berbeda dengan bahan penyerap tradisional seperti tisu, kapas dan busa. Jika air ditambahkan ke partikel SAP, maka akan muncul interaksi air/polimer yang dapat menciptakan jaringan penyimpan molekul air. Oleh karena itu, penggunaan inti struktur SAP pada MAKUKU SAP Diapers Slim lebih efektif dan maksimal dalam menyerap cairan dan menguncinya sehingga tidak terjadi osmosis balik serta menjaga permukaan popok tetap kering.

Kelebihan utama MAKUKU SAP Diapers Slim
Setiap popok memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing, baik dari segi bahan maupun kenyamanan saat dipakai. Berikut beberapa kelebihan dari MAKUKU SAP Diapers Slim.

1.Anti Gumpal, Nyaman & Tidak Bocor
Popok yang menggumpal memiliki penyerapan di satu titik saja sehingga membuat permukaan lembab dan basah. Permukaan yang lembab membuat pertumbuhan bakteri penyebab ruam merah semakin cepat berkembang biak. Oleh karena itu pemilihan popok dengan daya serap dan anti gumpal sangat disarankan. Makuku Air Diapers Slim menggunakan inti struktur SAP membuatnya tidak menggumpal pada satu titik sehingga penyerapan merata dan menjaga permukaan tetap kering yang mampu secara efektif mengurangi ruam merah. Penyerapan yang merata akan mengurangi kebocoran, penyebaran yang cepat mempunyi daya penyerapan yang tinggi. Selain tidak menggumpal, dan tidak bocor tentunya akan sangat nyaman dipakai bayi.




2.Mengunci cairan dengan baik sampai 500ml
Popok bayi seringkali mengalami kebocoran yang menyebabkan para orang tua menjadi pemilih dalam membeli popok. MAKUKU SAP Diapers Slim menggunakan inti struktur SAP yang mampu mengunci cairan yang masuk kedalam popok sehingga tidak membuat permukaan popok basah ataupun bocor. Cairan tidak akan keluar dan membuat permukaan popok tetap kering. Penyerapan yang cepat dapat mempersingkat kontak urine dengan pantat si keci. Sedangkan bagian bawah, samping, dan belakang tidak akan terjadi kebocoran dan permukaan menjadi lebih kering.

3.Tipis 1.6mm, Ringan membuat si kecil senang seharian
Popok yang tebal belum tentu memiliki penyerapan yang besar dan baik. Popok tebal juga mampu menghambat perkembangan bay dikarenakan pada pantat bayi seperti ada yang mengganjal, terlebih jika sudah penuh maka akan terasa berat. Popok Makuku Air Diapers Slim dengan menggunakan bahan inti struktur SAP membuat popok sangat tipis dan ringan. Bayi akan lebih nyaman menggunakan popok yang tipis karena tidak akan menghambat bayi dalam bergerak dan membuat bayi nyaman beraktivitas.

ruam popok pada bayi

4.Desain berbentuk “U”, melindungi tali pusar bayi (Khusus produk NB)
Makuku SAP Diapers Slim NB, khusus didesign untuk bayi yang baru lahir. Menuggunakan design berbentuk “U”. Di bagian tengah yang berbentuk “U” untuk mengurangi gesekan dengan tali pusar bayi. Dan melindungi tali pusar bayi yang baru lahir. Karena setelah bayi dilahirkan, dokter akan mengikat tali pusar bayi, 24-48 jam setelah dilahirkan, aliran darah tali pusar akan berhenti, dan tunggul tali pusar perlahan-lahan akan berubah menjadi hitam, mengeras dan kering. Biasanya tali pusar akan lepas sepenuhnya setelah seminggu.

5.Heat-Press Side
Selain bahan lebih lembut, menyambungkan kedua sisi tepi dengan menggunakan alat ultrasonik / termokompresi. Lebih mudah dirobek saat mengganti popok, karet lebih elastis yang tidak terputus membuat bayi lebih nyaman. Dengan lem lebih sedikit jadi bisa mengurangi iritasi pada kulit si kecil.





Program MAKUKU di Tahun 2022
1.MAKUKU Bersama 10 Rumah Sakit Berikan Konsultasi Kesehatan Gratis Bagi Ibu dan Bayi Di 10 Kota Besar Indonesia
Semakin kesini, kita bisa dengan mudahnya mendapat informasi. Tapi banyak dari kita yang masih kurang teliti dalam menangkap dan menyaring informasi, khususnya yang berkaitan dengan kesehatan. Maka dari itu, kita harus bijak dalam menanggapi satu berita. Jangan asal sebar tapi cari tahu dulu sumber yang benar. Berkaitan dengan ini, MAKUKU sebagai brand yang berkomitmen untuk mendukung kesehatan bayi, berupaya untuk memberikan edukasi yang sampai kepada Ibu di Indonesia tepat dan diakui oleh para ahli. Edukasi yang tepat ini diperoleh dengan membangun kerjasama bersama 10 rumah sakit di Indonesia. Tujuannya untuk mengurangi kekeliriuan ataupun hoax mengenai kesehatan bayi.

Adapun untuk kolaborasi dengan 10 rumah sakit ini akan dilaksanakan untuk mendukung kesehatan bayi di masa pertumbuhan dengan mengadakan konsultasi kesehatan gratis. Program ini diperuntukkan untuk mengedukasi Ibu mengenai masalah ruam popok bayi dan didampingi langsung oleh dokter spesialis anak dan spesialis kulit. Selain itu, MAKUKU juga akan membagikan popok gratis kepada Ibu yang datang untuk melakukan konsultasi. Para Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis di 10 kota yang telah dipilih yaitu Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, dan Makassar mulai tanggal 16 Desember hingga 18 Desember 2022.

10 rumah sakit yang turut serta dalam program kolaborasi ini yaitu :
RS St. Carolus di Jakarta
RSIA Bina Medika di Tangerang
RS Lira Medika di Karawang
RS Hermina Pasteur di Bandung
RS Hermina Pandanaran di Semarang
RSIA Putri di Surabaya
RS Mitra Medika Premiere di Medan
RSIA Azzahra di Palembang
RSIA Bunda Asy Syifa di Lampung
RSIA Ananda di Makassar

2.Program “Jaminan Tidak Cocok, Uang Kembali”
Program ini berlangsung sejak tanggal 10 Oktober 2022 dan hingga kini belum mendapatkan klaim dari para Ibu di Indonesia. Artinya bayi yang menggunakan MAKUKU Diapers tidak ada yang mengalami ruam popok dan iritasi.

3.Berbagi Rahasia Ruam Popok Bersama Dokter, MAKUKU 12.12 Live Shopping
Saat Harbolnas 12.12, MAKUKU memberikan edukasi mengenai ruam popok dengan mengadakan MAKUKU 12.12 Live Shopping pada platform TikTok. Edukasi mengenai ruam popok yang dilakukan oleh MAKUKU diikuti oleh Nikita Willy, Fiona Antoni, Chelsea Olivia dan Jessica Iskandar dengan topik “Rahasia Super Moms Atasi Drama Ruam Popok”. Selain itu, juga bersama Fiona Antoni dan dr.Marlisye Marpaung, SpA (K) dari Bina Medika dengan topik “Drama Ruam Popok dan Cara Mengatasinya”.


Nah, buat teman-teman yang penasaran dengan MAKUKU SAP Diapers Slim, produk ini bisa didapatkan di offline store atau online store seperti Shopee (makukustore) dan Tokopedia (MAKUKU). Untuk info lebih lengkapnya skuy ke website makuku.co.id dan juga follow akun instagram @makukuindonesia.official.

Memilih popok bayi tergolong gampang-gampang susah. Untuk itu, kita harus hati-hati sekali ketika memilih popok untuk anak. Pastikan kita memilih popok yang bisa bikin si kecil nyaman seharian. Jika teman-teman mengalami hal seperti ruam popok si kecil yang tidak kunjungi sembuh, sebaiknya konsultasi ke dokter. Jangan lupa sebelum membeli popok, cek tips dan cara diatas ya.























23 comments:

  1. Makuku emang the best sih kalo kataku sepanjang aku punya anak dan pengalaman pake popok. Emang makuku terbaik di kelasnya

    ReplyDelete
  2. Anakkku pernah ruam popok mba dan rasanya hati aku sakit liat dia kesakitan. Dan aku nyesel dulu ga langsung bawa dia konsultasi ke dokter Hiks 😞. Tapi untungnya anak aku pernah coba pakai Makuku ini. Allhamdulilah cocok. Tapi dia Makuku varian yang sebelumnya air diapers. Blum yang tetbaru

    ReplyDelete
  3. wah aku salfok sama popok yang berwarna merah, itu seolah menunjukkan si air nyerep ya mak Hanna?
    Tapi kan ... jadi bayangin "popok" satunya

    ReplyDelete
  4. Berarti ganti popok gak boleh asal dan jangan sampe penuh ya mbak. Nanti muncul ruam popok, kasian banget bayinya gak nyaman. :(

    ReplyDelete
  5. Dulu pernah juga anakku sempet ruam popok, ya karena lagi diare. Jadi area yang tertutup popok lebih lembap.
    Sedih banget ya. Untung sekarang uda kenal MAKUKU Diapers Slim dengan teknologi SAP yang bikin popok tetep kering, dan slim. Bayi jadi ngga rewel karena iritasi lagi.

    ReplyDelete
  6. Setuju, ruam popok yang berkelanjutan memang harus konsultasi ke dokter ahli. Selain itu popok yang dipergunakan harus tepat, seperti MAKUKU SAP Diapers Slim ini.

    ReplyDelete
  7. Suka kasihan kalo liat bayi rewel tu. Apalagi jika sudah kena ruam popok. Duh bikin emak juga susah tidur.

    ReplyDelete
  8. Makuku bisa mengunci cairan sampai 500 ml, wah walau si kecil pipis berulangkali, tetap aman ya dan bakal terhindar dari ruam popok

    ReplyDelete
  9. aku kemarin juga nyoba popok MAKUKU ini, mbak. memang bahannya halus banget dan asli nggak bocor pas dipakai anakku semalaman

    ReplyDelete
  10. Aku sudah lama gak mengurus bayi, kudu belajar lagi nih soal popok dan ruam popok yang mungkin terjadi. Siapa tahu nanti punya bayi lagi hehe. Daya serapnya Makuku ini bagus, yaaa.

    ReplyDelete
  11. Banyak aku lihat pakai popok seharian gak diganti sampai bulukan ga di ganti, nah biasanya krn takut boros. Padahal popok wajib ganti tiap 3-4 jam yaa....Makuku popok yang baguss tdk bikin ruam kulit

    ReplyDelete
  12. Di kampung jarang popok diganti tepat waktu. Alasannya sayang popok, atau hemat popok. Padahal kontak kulit dengan kotoran itu berbahaya ya. Ruam popok bikin anak rewel, semua keluarga kena getahnya jadinya Karen agak bisa istirahat maksimal

    ReplyDelete
  13. DUku waktu pascal pernah tuh sekali ruam popok, maklum ibu baru ya jadi masih belajar, setelahnya jadi makin diperhatikan banget penggunaan popok biar gak ruam lagi.
    Cara mencegah ruam popok penting banget diketahui para ibu supaya anaknya juga gak rewel salah satunya dengan pakai popok MAKUKU

    ReplyDelete
  14. Aku beli MAKUKU SAP Diapers Slim untuk ponakanku mbak
    Asli bahannya bagus banget, menyerap lebih cepat
    Lembut di kulit, bebas ruam popok

    ReplyDelete
  15. Memang ga bisa dianggap enteng ya ruam popok. Perlu hati2 milih popok. Makuku nih seperti menjawab keluhan para moms ya soal popok.

    ReplyDelete
  16. Bener banget, Bun. Super sedih kalau anak sakit. Rasanya jiwa raga kita ikut sakit juga, ya.

    Btw, teknologi SAPnya keren banget. Bikin pempers enggak menggumpal. Bagus banget buat kesehatan kulit anak.

    ReplyDelete
  17. MAKUKU SAP Diapers Slim ini nyaman banget.
    Dengan kemampuan dan daya serapnya juga anti gumpalnya, tetap bikin anak nyaman berekspresi dan eskplorasi.

    ReplyDelete
  18. Makuku dengan teknologi SAPnya ini bantu banget untuk menjaga kebersihan kulit adek bayi yaa.. jangan lupa juga bersihkan dengan benar saat mengganti popok agar tak ada kotoran yang tertinggal di kulit.

    ReplyDelete
  19. Kebetulan anak pertamaku ruam popoknya agak parah sampe tes alergi segala, pas anak kedua jadinya ga mau coba2, pa banget ini Makuku klaim pake lapisan SAP yg penyerapanny bagus jadi mencegah ruam pada si kecil

    ReplyDelete
  20. Kasihan banget ya kalau bayi kena ruam popok rasanya pasti tersiksa banget pedih dan panas memang harus rajin ganti popok rutin apalagi kalau pipisnya banyak dan kudu pilih popok berkualitas

    ReplyDelete
  21. Ruam popok ini sakit banget, apalagi pas dibersihkan. Emang kudu diantisipasi dengan cara pilih popok yang bahannya bisa menyerap cairan, ngga bikin kulit lembab, dan bisa mempertahankan permukaan tetap kering.
    Untung udah ada MAKUKU SAP Diapers Slim yang mampu menyerap lebih banyak caoran, tipis, bahannya lembut

    ReplyDelete
  22. Punya yang MAKUKU diapers SAP emang bagus sih daya serapnya plus anti bocor samping

    ReplyDelete