Wednesday 7 December 2022

Lewat Kenali Rasanya Indonesia, Bango Mengajak Keluarga Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah

Lewat Kenali Rasanya Indonesia, Bango Mengajak Keluarga Hidangkan Resep Kuliner Legendari ala FJB di Rumah. Salah satu acara tahunan yang selalu ditunggu oleh pecinta kuliner Indonesia adalah Festival Jajanan Bango atau yang biasa disingkat menjadi FJB. Dua tahun acara ini dilakukan secara virtual, akhirnya tahun ini Bango sukses menyelenggarkan FJB di Jakarta. Meskipun saya belum pernah hadir langsung, tapi seringkali lihat di layar televisi. Luar biasa sekali dengan antusias masyarakat Indonesia. Apalagi disana banyak sekali aneka jajanan yang menjadi favorit ataupun yang belum pernah kita incip.

Setelah sukses Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 pada bulan Oktober lalu, Bango ingin terus melanjutkan semangat pengenalan aneka kuliner otentik nusantara di tengah keluarga Indonesia. Maka dari itu, Bango berkolaborasi dengan Chef Ragil Imam Wibowo menggelar acara demo masak virtual bertema “Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu” dengan tujuan untuk menyebarluaskan dua resep kuliner unggulan di FJB 2022, yaitu Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung. Di mana agar masyarakat Indonesia dapat dengan mudah membuat, mengolah dan menyajikan menu-menu ini untuk keluarga di rumah.

Baca sampai akhir ya, karena Bango akan membagikan resep unggulan di FJB 2022. Sssttt, tadi siang saya sudah recook salah satu menunya lho. Enak banget euy sate rembaginya, recommended pokoknya!!!

Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah

Mengenal FJB : Festival Jajan Bango

Siapa yang sih yang nggak tau FJB alias Festival Jajajan Bango, salah satu festival kuliner terbesar yang diselenggarakan oleh Bango, merek dagang yang dijual oleh PT Unilever Indonesia Tbk. Festival Jajanan Bango sudah menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia sejak tahun 2005 dan selalu dinanti setiap tahunnya oleh pecinta kuliner Indonesia.

Festival Jajanan Bango 2022 diselenggarakan di Plaza Parkir Timur - GBK Senayan, Jakarta pada 28-30 Oktober 2022. Bertepatan dengan momen Sumpah Pemuda, Bango ingin mengapresiasi keanekaragaman kuliner Indonesia tetapi kita tetap satu dalam rasa. Oleh karena itu, Bango ingin membawa semangat Satu Nusa, satu Bangsa, Satu Rasa, Satu Kecap Bango. Dengan mengusung tema Kenali Rasanya Indonesia, Bango ingin mengundang masyarakat Indonesia untuk mengenal sekaligus menikmati berbagai kuliner legendaris dan nusantara dari para Penjaja Kuliner.

Lewat Kenali Rasanya Indonesia, Bango Mengajak Keluarga Hidangkan Resep Kuliner Legendari ala FJB di Rumah

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat kaya dengan tradisi ragam kuliner Nusantara yang spesial dan otentik. Sejalan dengan tema FJB 2022 yaitu ”Kenali Rasanya Indonesia”, Bango ingin terus melanjutkan semangat pengenalan anek kuliner otentik Nusantara di tengah keluarga Indonesia. Untuk itu, kali ini Bango berkolaborasi dengan salah satu chef yang sangat terkenal yaitu Chef Ragil Imam Wibowo menggelar acara demo masak virtual bertema ”Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu” dengan tujuan untuk menyebarluaskan dua resep kuliner unggulan di FJB 2022, yaitu Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung.

Tanggal 6 Desember 2022, saya berkesempatan hadir secara virtual pada acara Media & Community Gathering Bersama beberapa media dan Kumpulan Emak Blogger. Menurut Adisty Nilasari, Senior External & Digital Communication Manager PT Unilever Indonesia, Tbk. ”Bango secara konsisten menjalankan purpose-nya untuk melestarikan kuliner otentik Indonesia, salah satunya melalui penyelenggaraan FJB sejak tahun 2005. Di FJB 2022, kami mengangat tema ‘Kenali Rasanya Indonesia’ yang mengedepankan tentang pentingnya masyarakat untuk terus mengeksplorasi aneka kelezatan kuliner nusantara agar bisa mengapresiasi dan akhirnya melestarikan kekayaan kuliner kita.”

Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah

”Setelah dua tahun terakhir diadakan secara online, kehadiran FJB 2022 memang terbukti sangat ditunggu-tunggu oleh para pencinta kuliner. Selama tiga hari, FJB 2022 telah dipadati oleh 97.000 masyarakat untuk mengenali dan merayakan aneka kelezatan kuliner Indonesia. Tentunya semangat pengenalan terhadap kuliner nusantara tidak boleh berakhir di pelaksanaan festival ini saja, tetapi harus terus berlanjut di tengah keluarga Indonesia. Untuk itu, berkolaborasi dengan Chef Ragil Imam Wibowo, kami ingin menginspirasi para ibu agar mereka terdorong mencoba menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah,” lanjut Adisty.

Tak lupa, Chef Ragil Imam Wibowo juga bercerita,"Di FJB 2022 lalu, saya diberikan misi oleh Bango untuk mengeksplorasi begitu banyak kuliner legendaris yang ada dan mengkurasi hidangan-hidangan yang tidak hanya bercita rasa otentik, tapi juga mudah untuk diolah. Akhirnya kami sepakat memilih Sate Rembiga dan Iga Sapi Bakar, keduanya memiliki ciri khas dan cita rasa yang istimewa dengan keunikan bahan-bahan dan cara pengolahannya, sehingga patut untuk diperkenalkan lebih luas lagi. Saya percaya, kedua resep yang kami angkat ini sangat bisa diaplikasikan oleh home chefs, yaitu para ibu di rumah.”

Masak Dua Menu Unggulan FJB 2022 Bareng Chef Ragil : Jangan Lupa Cobain Resepnya di Rumah ya!

Dua menu unggulan dan menjadi primadona di FJB 2022 adalah Sate Rembiga, khas Lombok Nusa Tenggara Barat. Hidangan ini yang langsung disajikan oleh salah satu penjaja Sate Rembiga paling tersohor di Lombok, yaitu Sate Rembiga Ibu Sinnaseh yang selalu dipadati pengunjung karena kelezatannya. Ciri khas Sate Rembiga adalah ada tambahan terasi Lombok yang membuat citarasanya berbeda dari sate yang lainnya.

Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah


Menu yang kedua adalah Iga Sapi Bakar Si Jangkung asal Bandung, Jawa Barat. Keunikan dari Iga Sapi Bakar ini terletak pada paduan daging iga berbumbu dengan irisan bawang merah, cabai rawit merah dan tomat merah, disajikan panas-panas di atas piring cobek yang semakin memperkental sentuhan tradisionalnya. Rasa manis dan pedasnya begitu segar dan membuat penikmatnya ketagihan. Kebayang banget nikmatnya iga sapi yang dimasak menggunakan kecap Bango dan disajikan langsung menggunakan cobek, ini unik sekali.

Nah, buat yang belum kesampian datang ke FJB 2022 dan penasaran sama kedua menu diatas. Nggak perlu khawatir, karena kali ini Bango akan membagikan resepnya kepada kita. Pas banget ya bulan desember, beberapa minggu lagi menyambut tahun baru. Jadi waktunya pas banget, bisa masak menu unggulan FJB pas momen tahun baru untuk keluarga ataupun kerabat terdekat.

”Kami harap kegiatan ini akan membangkitkan semangat para ibu untuk terus mengeksplorasi, mencoba, dan menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah, sebagai bagian dari upaya bersama untuk melestarikan kuliner nusantara dari generasi ke generasi,” tutup Adisty.

Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah


Berikut resepnya, selamat mencoba…

Resep Iga Sapi Bakar ala Jangkung

Total waktu pembuatan: 30 menit | Tingkat kesulitan: Sedang
Bahan:
300 gram Iga sapi

Bumbu halus untuk merebus iga :
50 gram Bawang merah
50 gram Bawang putih
50 gram Sereh
10 gram Laos
10 gram Kunyit
5 butir Cengkeh
1 butir Pala
1 liter Air
3 gram Garam

Bumbu Tumis :
100 ml Kecap manis Bango
80 gram Bawang merah iris kasar
10 gram Cabe rawit dimemarkan
50 gram Cabe merah iris tipis
50 gram Cabe hijau iris tipis
2 lembar Daun salam
30 ml Air asam Jawa
30 gram Minyak samin/margarine
100 gram Tomat merah potong kasar

Cara Memasak:
· Potong-potong iga menjadi beberapa ruas
· Bersihkan potongan iga dengan lap bersih dan kering
· Haluskan bumbu untuk merebus
· Masukkan iga dan bumbu bersama air ke dalam panci dengan api sedang
· Tambahkan pala yang dimemarkan dan cengkeh
· Rebus hingga iga empuk
· Biarkan sampai dingin di dalam kuahnya
· Tiriskan iga lalu bakar di atas bara
· Setelah dibakar, potong-potong iga sesuai selera
· Panaskan pan dengan minyak samin
· Masukkan bawang merah, cabe dan daun salam
· Tumis hingga harum
· Masukkan daging iga yang sudah dipotong
· Tambahkan kecap manis Bango dan air asam Jawa
· Aduk hingga merata
· Masukkan potongan tomat merah dan aduk sebentar
· Sajikan dengan nasi putih dan potongan tomat kasar

Resep Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh

Btw, saya sudah recook resep ini lho. Enak banget ternyata, baru pertama kali bikin sate rembiga. Nggak nyangka bisa seenak itu, maklum dari dulu kenalnya sate madura aja ahaha. Bumbunya meresap sekali, daging empuk. Kata suami, enak banget!!yuk, recook...

Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah
Ini hasil recook hari ini, Sate Rembiga.. ENAK!!

Total waktu pembuatan: 45 menit | Tingkat kesulitan: Sedang
Bahan
Saus Rembiga :
120 gram Bawang putih cincang
50 gram Kecap manis Bango
10 gram Terasi Lombok
100 gram Cabe merah besar
50 gram Cabe keriting
50 gram Minyak goreng
100 gram Air

250 gram Daging sapi khas dalam atau bagian pipi, kemudian potong kecil untuk disate
100 gram Saus Rembiga
2 gram Garam
5 pcs Tusuk sate

Cara Memasak
Saus Rembiga:
· Siapkan wajan, masukkan semua bahan saus Rembiga ke dalam wajan
· Aduk merata dan panaskan hingga mendidih
· Kecilkan api, masak hingga mengental kurang lebih 20 menit
· Matikan api, saus siap digunakan
· Sisihkan 50 ml saus Rembiga sebagai kuah sate

Sate Rembiga :
· Campur daging yang sudah dipotong dadu dengan garam dan minyak, aduk hingga merata
· Masukan 2 sendok makan saus Rembiga, aduk lagi hingga merata
· Tusuk daging dengan tusuk sate (3 potong per tusuk), hingga daging habis
· Tempatkan sisa saus Rembiga di atas piring datar, beri sedikit minyak, lalu aduk merata dengan sate Rembiga yang akan dibakar
· Bakar sate setengah matang dahulu, oleskan lagi saus Rembiga, dan bakar kembali hingga matang merata (bakar jangan terlalu matang)
· Setelah matang, siap disajikan dengan lontong dan sisa saus sebagai kuah

31 comments:

  1. Ih itu lezat banget dah recook <3

    ReplyDelete
  2. Akhirnya ya setelah sekian lama, 2 tahun. Akhirnyaaaaa
    resep lejeeeen mau ah save, dan kecap di rumah pakai ini juga nih mba, Bango. Masak bacem dan varian kecap, nikmaaat

    ReplyDelete
  3. penasaran banget sama rasanya sate Rembiga! keliatan enak banget mbaak. jadi pengen recook, bisa apa enggak yaa, ahaha. cari saus rembiga dan terasi lomboknya dulu nih :D

    ReplyDelete
  4. Mantap kali ini Sate Rembiga yang ada trasi khas Lombok dan Iga Bakar Jangkung yang memang ternama itu...Pas sekali berpadu dengan Kecap Bango . Asyik kuliner legendaris FJB jadi bisa dicoba di rumah nih

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen recook Kuliner Legendaris ala FJB ini deh. Aku belum pernah makan semuanya, tapi kayanya gak terlalu sulit buat masak. Tambah enak karena dikasih Kecap Bango. Makin mantul deh

    ReplyDelete
  6. Mantap sekali acaranya Bango. Kecap terlezat yang menjadi favorit keluarga kami. Rasanya itu pas banget di lidah, nggak bikin eneg dan fleksibel untuk menambah kelezatan masakan..Maknyuss..

    ReplyDelete
  7. penyedap rasa yang memiliki cita rasa manis ini memang menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dari beberapa komponen masakan nusantara, lewat kegiatan ini bisa menjadi inspirasi utk menyediakan aneka kuliner FJB yg bisa di bikin dari rumah

    ReplyDelete
  8. wuaaaah udah recook sate rembiga
    tau gitu aku bawa nasi hangat, hahaha
    menggiurkan banget hasilnya

    ReplyDelete
  9. Kuliner Indonesia emang ga ada lawan, bumbunya, bahannya, semua unik dan enak. Macam sate juga banyak yaa ternyata di Indonesia, jadi pengen icip juga gimana rasanya

    ReplyDelete
  10. Sate yang sudah langsung dieksekusi kemarin itu ya mak, ngiler ih lihatnya karena aku pun kepengen ikutan recook. Pengen nyobain yang iga bakar ala si Jangkung itu, karena biasanya kalau ke Bandung suka cobain iga bakarnya.

    ReplyDelete
  11. aku ikutan acaranya nonton secara langsung, ya lord enak banget lho kedua menu itu, gak heran sih pas FJB antriannya mengular panjang

    ReplyDelete
  12. Aku ketinggalan info FJB tahun ini. Pdhl sebelum pandemi aku ke FJB. Suka cari makanan khas jawa timuran di FJB. Ternyata tahun ini yang jd primadona adalah sate dan iga sapi bakar ya? Nyam kebayang enaknya. Bisa nih kapan2 direcook khususnya satenya. Kecap Bango nih enak selalu aku stock di rumah juga.

    ReplyDelete
  13. Menu yang dimasak di Festival Jajanan Bango 2022 ini lezat sekalii..
    Dan suka banget dengan olahan daging. Biasanya suka dibikinnya itu itu aja ya.. Ide menunya kali ini Iga Sapi Bakar dan Sate Rembiga yang semuanya dimasak dengan kelezatan bumbu rempah Indonesia dipadu dengan kecap Bango.

    ReplyDelete
  14. Wah seru juga ya kalau kelezatan jajanan Bango ini bisa kita nikmati di rumah
    Aku pengen banget nyoba resep iga nya nih mbak
    Kapan kapan mau buat ah

    ReplyDelete
  15. Mau nyobain ah belajar masakan dari resep kuliner legendaris Bango, soalnya dulu pas datang FJB enak semua kulinerannya

    ReplyDelete
  16. saya juga baru tahu nih mbak sate rembiga. selama ini cuma pernah makan sate madura sama sate taichan. kayaknya enak yaa rasanya sate ini

    ReplyDelete
  17. bango memang paling jagoaaan untuk urusan kecap yaaa. Aku suka banget mba.. waktu di Jakarta kita datang ke Festival Jajan Bango dan bahagiaaa banyak makanan enak banget

    ReplyDelete
  18. Mba, keren deh, langsung gercep buat recook resep baru dari Bango. Kayaknya enak banget mba, mupeng berat, hehehe

    ReplyDelete
  19. Dua resep wajib coba di rumah karena mudah sekali dan bahannya juga gampang. Paling terasa Lombok yang harus dibeli online. Rasanya enak, aku udah cicipin.

    ReplyDelete
  20. Sate rembiga? Saya kok baru tahu ya mbak, ternyata dari NTB ya dan terbuat dari daging sapi. Wah ini hal baru lagi buat saya, selama ini kenalnya sate ayam dan sate kambing aja. Jadi pengen recook resepnya juga nih

    ReplyDelete
  21. Wah asih dapat resep masakan.. pas banget andalanku juga nih mba kecap Bangka, memang bikin semua makanan jadi tambah enak. Bahkan telor ceplok, nasi dan kecap itu enak bangeett rasanya hehe

    ReplyDelete
  22. aku dari dulu selalu pake Bango untuk aneka masakan. Apalagi orang Jogja kan suka banget masakan yang agak manis. Nah pake Bango itu rasanya pas

    ReplyDelete
  23. Senangnya FJB muncul lagi. Sebelum pandemi termasuk rajin datang tiap event. Dan resepnya menggoda utk dicoba

    ReplyDelete
  24. aku jadi laper deh jadi pengen nyobain juga soalnya kemarin nonton aja di layar kaca, mau bikin sendiri ah

    ReplyDelete
  25. Fjb ini keknya jarang ada infonya di Bali deh, wkwk.. Sanking oengennya wisata kulineran ala Bango. Etapi untungnya semua resepnya bisa di recook dari web yah

    ReplyDelete
  26. Mau donk sate nya 🤤

    ReplyDelete