Thursday 22 December 2022

5 Peralatan yang Wajib Dimiliki oleh Food Blogger

5 Peralatan yang Wajib Dimiliki oleh Food Blogger. Dulu nggak kepikiran banget bisa terjun menjadi Food Blogger khususnya. Berawal dari resign mengajar di salah satu sekolah swasta di Batam tahun 2013, lalu ikut suami pindah kerja ke Siak Riau. Karena bingung harus ngapain selama di rumah kontrakan, akhirnya saya buat list jadwal harian untuk mengisi blog. Salah satu temanya adalah masak-masak dan saya beri tagline Hot Wajan, bukan wajan biasa. Dari sinilah awal mula saya mulai berdekatan dengan “makanan, wajan dan kompor”, setiap hari masak lalu di foto kemudian di publish di blog. Nggak penting masak apa, yang paling penting saya bisa sibuk ngeblog selama suami kerja. Kebetulan saya suka jalan-jalan dan explore daerah baru, setiap makan dan jajan di luar selalu saya foto dan abadikan di blog. Alhamdulillah nggak nyangka sampai sejauh ini, dari dulunya hanya motret makanan sekarang sudah bisa membuat video masakan hasil belajar secara otodidak sejak tahun 2016.


5 Peralatan yang Wajib Dimiliki oleh Food Blogger

Food Blogger sendiri merupakan sebuatan untuk Blogger (orang yang memiliki/mengelola website pribadi) yang senang membuat konten makanan, berburu kuliner, memasak atau apapun yang berhubungan dengan makanan kemudian dipublikasikan di blog. Untuk membuat satu konten makanan yang menarik, para Food Blogger harus memiliki peralatan yang bisa menunjang aktivitas mereka. Kira-kira apa saja?berikut 5 peralatan yang wajib dimiliki oleh Food Blogger :

1.Kamera
Item wajib pertama adalah kamera, baik kamera pocket/mirrorless/DSLR/smartphone. Yang merupakan alat untuk mendokumentasikan kegiatan, memotret makanan, hingga membuat video baik untuk review resto/makanan atauun untuk membuat konten video memasak.

2.Peralatan masak
Buat Food Blogger yang memang khusus membuat konten video mamasak, item ini menjadi hal yang wajib dimiliki. Tidak harus banyak, komplit, bagus ataupun bermerek. Bisa jadi dengan peralatan yang sederhana, minimalis, ini bisa jadi satu konten yang menjadi ciri khas dari Blogger tersebut.

peralatan wajib food blogger


3.Tripod
Tripod menjadi hal wajib yang dimiliki untuk membuat satu konten, baik untuk membuat video review ataupun memasak. Salah satu manfaat tripod adalah bisa membantu kita dalam membuat konten saat sendirian. Tripod juga meminimalisir agar hasil bidikan tidak blur.

4.Properti foto
Agar foto lebih menarik dan terlihat cantik, biasanya para Fod Blogger menambahkan elemen-elemen khusus properti foto. Mulai dari barang yang terkecil seperti sendok, garpu, talenan hingga vas bunga.

5. Modem
Untuk membuat satu konten makanan yang menarik, para Food Blogger harus memiliki peralatan yang bisa menunjang aktivitas mereka. Selain kamera dan tripod, jaringan internet yang lancar juga jadi prioritas utama lho. Bayangin aja kalo misal ada jadwal posting video dan artikel di waktu bersamaan tapi tiba-tiba jaringan putus pas upload video, kan bikin cemas dan bingung. Ye kan??maka dari itu, modem bisa jadi solusi untuk Food Blogger yang memiliki mobilitas tinggi. Karena kerja dimana saja butuh sekali jaringan internet yang kuat.

Mifi HKM M22 : Rekomendasi Modem Unlock untuk Food Blogger

Sebagai Food Blogger yang sering berbagi info tentang resep masakan ataupun rekomendasi tempat makan, butuh sekali jaringan internet yang lancar. Untungnya semua permasalahan ada solusinya, nggak ada lagi drama internet tiba-tiba mati ketika uplod video. Karena ada Modem Mifi HKM, modem unlock yang bisa menggunakan sim card apapun. Praktis kan?

peralatan wajib food blogger

Spesifikasi dan Keunggulan Mifi HKM-M22
Berikut spesifikasi dan keunggulan dari Mifi HKM-M22 :
Chipset ASR1803s Series
Yang merupakan chipset 4G yang mampu mengintegrasikan teknologi pita berbasis Radio Frekuensi dengan memori flash. Sehingga menghasilkan chipset low-cost dan booting lebih cepat. Selain itu, chipset ini juga sudah disertifikasi secara global oleh operator besar di Asia, Afrika, Eropa dan sudah dikapalkan sebanyak lebih dari 2o juta unit untuk kebutuhan berbagai solusi IoT.

LCD 144” Interactive
Dengan design hitam yang elegan dan dilengkapi dengan LCD 1,44” Interaktif, menjadikan tampilan Mifi ini semakin mewah.

peralatan wajib food blogger

LTE Category 4
Dengan LTE Category 4 yang mendukung kecepatan download hingga 150 MBps, dan upload hingga 50 MBps.

Fitur ByPass
Dimana ini berfungsi untuk scenario penggunaan Mifi selama 24 jam tanpa baterai terpasang dan terhubung langsung ke listrik via usb adaptor. Dalm kondisi ini wifi tetap dapat berjalan normal sehingga baterai Mifi lebih awet. Nah, buat yang ingin menggunakan Mifi lebih dari 6 jam, tidak perlu khawatir dengan Kesehatan baterai. Karena dengan fitur ByPass ini dapat menggunakan Mifi tanpa menggunakan baterai, sehingga baterai akan lebih awet.

Tersedia WEB UI
Ini bisa merubah nama SSID dan kata sandi, melihat statistik pemakaian, melihat daftar pengguna dan banyak fitur lainnya dengan cukup mengakses melalui browser dan masuk ke 192.168.1.1

UNLOCK All Operators, Praktis dan dan Fleksibel
Dapat digunakan dengan berbagai operator seluler sehingga kita dapat menyesuaikan sesuai kenginginan.

Baterai dan Biaya Sesuai dengan Kebutuhan
Memiliki kapasitas baterai 2050mAh, yang memungkinkan untuk pemakaian hingga 9 jam.

Koneksi Hingga 10 Pengguna
Dapat digunakan hingga 10 pengguna secara bersamaan sehingga cukup 1 biaya untuk dinikmati Bersama, dimana dan kapan saja.

peralatan wajib food blogger

Mifi HKM Bundling
Selain itu, Modem Mifi HKM juga mengeluarkan modem Mifi HKM bundling dengan XL dan Telkomsel, harganya Rp 619.000 12 bulan garansi resmi. Berikut beberapa detail paket bundlingnya :

Telkomsel
Ada pilihan paket tambahan, seperti Lite, Medium dan Heavy tarif khusus spesial Mifi mulai dari Rp 75.000 sampai Rp 200.000. Adapun kelengkapannya sebagai berikut :
1. Kabel Micro USB
2. Unit Mifi HKM-M22
3. Baterai 2050mAh
4. Kartu Telkomsel 14GB
5. Kartu garansi
6. Giftbox HKM-M22
7. Tutorial Aktivasi Kuota
8. Panduan pemakaian

peralatan wajib food blogger

XL GO
Isi pulsa langsung jadi kuota, cukup mengisi pulsa nomor XL GO dimana saja. Selain it, gratis XL PASS LITE 1 tahun, kuota utama bisa langsung dipakai di 10 negara (Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Taiwan, Hongkong, Sri Lanka, Macau, Bangladesh dan Nepal). Adapun kelengkapannya sebagai berikut :
1. Kabel Micro USB
2. Unit Mifi HKM-M22
3. Baterai 2050mAh
4. Kartu XL GO 25GB
5. Kartu garansi
6. Giftbox HKM-M22
7. Tutorial Aktivasi Kuota
8. Panduan pemakaian


Penutup
Untuk membuat satu konten makanan yang menarik dan disukai banyak orang, butuh usaha yang maksimal. Terlebih lagi jika apa yang kita kerjakan menjadi satu peluang untuk mendapatkan cuan. Tidak hanya butuh kamera saja, melainkan banyak hal diantaranya seperti tripod, properti foto dan tentunya jika ingin pekerjaan kita tidak terganggu maka modem menjadi solusi untuk mendapatkan jaringan yang lancar.

Modem Mifi HKM-M22 bisa jadi solusi untuk Food Blogger yang memiliki mobilitas tinggi, karena kerja dimana saja butuh sekali jaringan internet yang kuat. Selain desainnya yang ramping, elegan dan tidak membutuhkan banyak tempat, baterai bisa awet sampai 9 jam. Asiknya lagi, modem ini bisa unuk all operator dan bisa dipakai buat 10 pengguna sekaligus. Mantap ya…praktis dan fleksibel sekali.



24 comments:

  1. Wah sekarang makin banyak wifi mini, terobosan baru yang satu ini memang praktis apalagi buat blogger yang perlu bawa internet ke mana-mana. Hehe, makin lancar ngeblog, ya, Bun. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Iya, Mbak. Kebayang kalau ga ada koneksi internet, upload video bakalan susah kan ke IG atau Youtube. Solutif ini ada modem portabel yang bisa pakai katu apa aja.

    ReplyDelete
  3. untuk wifinya sendiri, bisa menjangkau berapa jumlah gadget ya mba ? terus pas uda konek sampai maximal gadget, sinyalnya akan lebih lemot atau nggak ?

    ReplyDelete
  4. Wah iya dong, apalagi kalau post kerjaan dengan rentang waktu yang ditentukan, misal hari ini maksimal jam sekian. Kalau sinyalnya jelek, repot nanti. Mifi ini dulu pernah saya dengar pas masih di Jakarta.

    ReplyDelete
  5. Mantaaaap. Sekarang ulasan Modem Mifi HKM-M22 nya dari sudut pandang food blogger.
    Dari kemarin aku udah tertarik pengen beli nih. Biar kemana-mana lebih gampang buat konek internet. Bentuknya yang mungil itu travel friendly banget...mendukung mobilitas

    ReplyDelete
  6. Mbak Iis, saya juga kepengen punya kelima jenis barang yang disebutkan dalam tulisan ini meskipun bukan food blogger. Yang modem itu bikin penasaran ya, soalnya bisa dipergunakan dengan operator berbeda. Bisa milih kan ya, provider telekomunikasi yang mana yang sedang lancar internetnya, itu yang dipake.

    ReplyDelete
  7. Mantabbb bgtttt
    Ternyata utk jadi food blogger, ini ya piranti yg diperlukan.
    Alhamdulillah seneeengg pol dirimu udah sharing mba

    ReplyDelete
  8. Wah ada modem yang bisa ganti-ganti kartu, Modem Mifi HKM-M22. Menarik juga nih, apalagi punya fitur by pass, jadi nggak butuh colok ke listrik terus. Bisa nih lesehan di rerumputan, sambil laptopan dan akses internet pakai Modem Mifi HKM-M22

    ReplyDelete
  9. Modem udah jadi senjata utama yah Zwan supaya kegiatan ngonten jadi lebih lancar. Semoga semakin semangat masak-masak dan bikin konten masakannya yaaah. Ngonten drakor juga kayaknya butuh nih hahaha

    ReplyDelete
  10. Setuju banget nih sama peralatan perangnya Food Blogger, karena aku pun memiliki senjata yang sama dan ending yang sama. Endingnya saat mau upload apa yang kita tulis atau foto harus punya internet yang cepatkan hehehee

    ReplyDelete
  11. Wah iya, food blogger butuh modem yang bisa dibawa kerja kemana mana ya mbak
    Biar urusan bikin konten makin lancar

    ReplyDelete
  12. Wah jd diingetin buat beli tripod baru nih karena tripodku sebelumnya rusak hehe. Iya ya yang namanya jaringan internet penting buat food blogger makanya kudu memastikan minimal ada modem tuh di rumah. Modem Mifi-nya lucuk juga nih mungil dna gampang dibawa ke mana2 yaa. Bisa dipakai banyak user pula TFS

    ReplyDelete
  13. banyak yaa perlengkapannya dan sudah lengkap niiih mba. Makin banyak deh foto dan konten keren yang akan dihasilkan ya. Aku juga selalu online, jadi punya juga modem ini

    ReplyDelete
  14. Food blogger memang butuh peralatan mumpuni yaa tapi yang penting skill yang terus diasah, aku suka foto-fotomu say cakep semuanya

    ReplyDelete
  15. Ahh jadi tahu rahasia mba Iis di belakang layar kontennya, ada sederet properti yang ngedukung. Pantas aja hasil konten juga terlihat selalu keren sih, terutama dengan Mifi yang punya banyak keunggulan. Lumayan juga ya baterai bisa digunakan sepanjang 9 jam misal sedang di luar rumah, aman dong yaa

    ReplyDelete
  16. Oh jangan lupa, jadi Food Blogger kudu bisa masak dan bedain bumbu serta teman-temannya. Gak lucu kalai jahe sama kencur aja salah. Mungkin aku kudu belajar foto-foto yang estetik dulu ya. Sayang kalau udah masak, eh gak bisa motonya

    ReplyDelete
  17. Oh jangan lupa, jadi Food Blogger kudu bisa masak dan bedain bumbu serta teman-temannya. Gak lucu kalai jahe sama kencur aja salah. Mungkin aku kudu belajar foto-foto yang estetik dulu ya. Sayang kalau udah masak, eh gak bisa motonya

    ReplyDelete
  18. Bener bih kalau foto udah bagus harus bnget butuh bantuan internet yg lancar, next mau coba deh internet yang lancar.
    Seperti modem Mifi HKM-M22 bisa jadi solusi kayak kita Blogger yang memiliki mobilitas tinggi, karena kerja dimanapun tetap lancar

    ReplyDelete
  19. food photography ingin ku pelajari tahun ini supaya nantinya makin ciamik mendukung konten blog mengenai resep masakan. alat-alatnya bisa pakai yang di rumah aja sebenarnya yaa, trus kasih ciri khas dari bloger tersebut. hmm ... kalau mbak Iis apa nih ciri khas foto makanannya?

    ReplyDelete
  20. Mantabs banget ini, peralatan yang memang hukumnya wajib dimiliki ya, selain itu saya merasa harus terus upgrade skill nih supaya makin cucok

    ReplyDelete
  21. Awal pandemi aku rajin bgt food photo malah banyak temen kirim makanan minta difotoin. Sekarang kok jadi males yaaa hehehehe baca ini jadi kepengen lagi

    ReplyDelete
  22. salfok sama foto-fotonyaa, cakeepps. sebetulnya awal2 tanpa properti bisa juga ya, tapi kalau ada properti foto memang jadi lebih mantul hasilnya. jaringan internet juga sangat diandalkan banget, makanya mifi jadi salah satu barang wajib juga yaa

    ReplyDelete
  23. internet sekarang memang sangat dibutuhkan ya, mbak di berbagai bidang termasuk bidang memasak ini. jadi ingat nih kemarin saya beli modem second yang katanya bisa semua kartu eh pas dicoba sinyalnya jelek banget. heu

    ReplyDelete
  24. wah jadi pengen beli modemnya juga, aku butuh banget nih modem ini untuk di rumah biar bisa dipakai bareng anak-anak sekolah

    ReplyDelete