Saturday 10 December 2022

Menerapkan Mindfulness dalam Kegiatan Sehari-hari, Susah atau Gampang?

Menerapkan Mindfulness dalam Kegiatan Sehari-hari, Susah atau Gampang?. Bicara soal mindfulness, beberapa tahu yang lalu saya pernah join di salah satu group diet, yang mana prinsip dasarnya adalah mengatur apa yang kita makan, waktu makan dan cara memakannya. Yang menarik saat itu adalah di cara makannya, kalau menu diet sudah biasalah ya, tapi berbeda dengan yang satu ini. Biasanya kan kebanyakan dari kita makannya lashhh lesshh watt wett, selesai. Kadang sambil ngerumpi, comot sana sini, terkadang sambil nonton, auto nambah nasi. Dirasa masih lapar, dramanya makin seru nih, auto nambah, jadinya kalap yang nggak kita sadari. Timbullah penyesalan kemudian…Pernah ngerasain??kalo iya, berarti kita satu club ya.

Mindfulness dalam Kegiatan Sehari-hari

Ada satu kalimat yang saya ingat ketika melihat yt dokter Andri, ”Haruslah berpikir saat itu dan sekarang”. Ketika kita melakukan satu hal, kita harus bisa mengelola pikiran dan perasaan sebagaimana apa adanya. Tapi seringkali kita lupa ketika kita mencoba mengelola pikiran kita dan akhirnya timbul menjadi masalah. Contohnya seperti, hilang fokus saat sedang bekerja karena kita memikirkan banyak hal, itupun terkadang pikiran kita bisa bercabang lho. Dari memikirkan hal yang biasa hingga memikirkan hal-hal yang akan datang. Jadinya timbul kekhawatiran dan kecemasan, karena terlalu memikirkan banyak hal padahal kita sedang melakukan satu hal. Jika sudah seperti itu, biasanya akan timbul masalah. Artinya kita harus belajar untuk lebih fokus ke satu hal atau lebih ke belajar bagaimana mengelola pikiran dan emosi kita dengan baik.

Mindfulness merupakan kemampuan dasar manusia untuk hadir sepenuhnya, menyadari di mana kita berada dan apa yang sedang kita lakukan, dan tidak terlalu reaktif atau kewalahan dengan apa yang terjadi di sekitar kita (sumber mindfull.org). Itulah pentingnya menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari, fokus pada satu hal dampaknya sangat baik untuk diri sendiri khusunya. Seperti mengurangi tingkat stress, kecemasan, kekhawatiran, lebih bisa menerima diri dan menikmati setiap momen dengan lebih baik.

Gimana?susah atau gampang menerapkan minfulness dalam kegiatan sehari-hari?apapun itu, semoga ketika kita melakukan sesuatu kita bisa melakukannya dengan sadar ya.

Nah, ngomongin soal mindfulness, ini tidak hanya berlaku dalam kehidupan sehari-hari saja melainkan juga pada sebuah perusahaan jika ingin berkembang lebih baik. Karena dengan meningkatkan mindfulness pada perusahaan, maka manfaatnya bisa sangat positif untuk para karyawan. Beberapa diantaranya bisa mengurangi kecemasan, stress dan kelelahan di tempat kerja.

 


Pada awal bulan desember tepatnya tanggal 2, The Golden Space menyelenggarakan Mindful Company Award 2022 pada ajang ALIVE Fest 2022 di Multifunction Hall Plaza Indonesia, Jakarta.  Acara ALIVE Fest 2022 merupakan festival meditasi terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh The Golden Space Indonesia yang berkolaborasi dengan  MarkPlus.Inc  yang memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan mental, emosional, dan fisik. Penghargaan ini diberikan kepada sejumlah perusahaan dari berbagai industri yang berkontribusi dan menunjukkan kepedulian terhadap kesehatan mental karyawan.

Diwakili oleh Bpk. Yance Arvan selaku Project Brand Specialist, JNE berhasil menjadi bagian dari Mindful Company Brand 2022. Selamat untuk JNE, Sukses selalu, semoga selalu dapat memberikan pelayanan yang semakin baik sehingga bisa terus menghantarkan kebahagiaan untuk banyak orang. Untuk info lebih banyak tentang JNE, teman-teman bisa langsung kunjungi websitenya di http://www.jnewsonline.com

 

23 comments:

  1. Bener banget kadang karena sudah terlena dengan sesuatu, biasanya akan lupa dengan segala hal. Memang penting untuk menyadari di mana, kapan, dan bagaimana kondisinya saat itu. Jadi tercerahkan, terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
  2. Setuju mba kadang kalau lagi ngerjain sesuatu yang ga fokus bikin cemas, khawatir duh gimana-gimana makanya penting ya mindfulness ini. Mau kegiatan apapun emang perlu banget menerapkan mindfulness soalnya suka ga tenang

    ReplyDelete
  3. Kayaknya perlu ada kelasnya nih Mbak untuk menyeimbangkan kegiatan sehari-hari dengan mindfullness. Sama sih, kalo lagi ngerjain sesuatu sering hilang fokus. Pikiran kemana-mana.

    ReplyDelete
  4. Susah sih menerapkan mindfulness ke diri sendiri. Apa lagi ke banyak orang dalam perusahaan. Mantap deh para ceo ini

    ReplyDelete
  5. kebiasaan buruk aku ngedrakor sambil ngemil tahu2 udah abis seplastik aja sih, ini siapa yang ngabisin cobak kok gak kerasa huhu. Bener2 harus belajar untuk lebih mindfull yaah. Keren banget nih JNE makin sukses aja deh

    ReplyDelete
  6. Baru faham arti mindfulness yang sesungguhnya, akan hadirnya kita pada saat itu, jangan sampai meleng pikiran kemana-mana, kalau bagi umat islam mungkin ini yang dinamakan dengan khusyu, mungkin loh yaa..

    ReplyDelete
  7. Sepertinya aku belum terlalu paham soal mindfulness ini :D Mungkin sudah diterapkan dalam kehidupan sehari2 tapi belum ngeh namanya. Menerima diri sendiri itu memang tak mudah sih. Salut sama JNE dengan aneka kegiatan yang inspiratif dan berpartisipasi dalam acara Alive Fest 2022.

    ReplyDelete
  8. Festival meditasi ? Wah baru tahu tentang ini. Jadi ingin juga ke sana kalau diadakan lagi. Orang yang terbiasa melakukan sesuatu berbarengan kayak aku agak susah menerapkan mindfulness deh kayaknya. Harus banyak berlatih nih

    ReplyDelete
  9. Memang susah susah gampang nih menghadirkan mindfulness dalam kegiatan sehari2. Masih harus belajar terus ya.
    Tapi keren lho JNE berhasil menjadi bagian dari Mindful Company Brand 2022. Bisa selalu memberi inovasi dn insight buat semuanya.

    ReplyDelete
  10. Aku belakangan ini berusaha bgt buat mindfull mba.
    Dan yah lumayan sih, bs kurangi overthinking juga
    Thanks sharing nya mba

    ReplyDelete
  11. Karyawan yang sadar dengan keberadaan dirinya, tahu tanggung jawabnya, akan bekerja dengan semangat untuk berprestasi bagi perusahaan. Selamat buat JNE yang sukses mendapatkan penghargaan Mindfull Company Brand 2022. Tentunya iklim kerja yang menyenangkan, peduli dengan kesehatan mental karyawan yang bikin JNE makin sukses

    ReplyDelete
  12. Menerapkan mindfullness dalam kegiatan sehari-hari bagiku masih sulit ya mbak. Btw untuk dier dari dulu sulit banget berhasilnya. godaan terlalu banyak. Niat ada tetapi pelaksanaannya sulit terutama puasa gorengan

    ReplyDelete
  13. Keren banget ya pencapaian JNE di tahun ini, berlimpah penghargaan, semoga kedepannya JNE makin melakukan terobosan yang tak hanya baik buat perusahaan dan karyawan tapi juga buat pelanggannya

    ReplyDelete
  14. Isu kesehatan mental hal serius ya saat ini, kapan hari lewat di tl berita kalau katanya remaja sekarang banyak yg ngalamin masalah kesehatan mental. Sebagai ortu selain tetap jaga kewarasan diri juga anggota keluarga

    ReplyDelete
  15. Jadi, konsep mindfull ini kita gak boleh lalai terhadap sesuatu di zona nayaman. Harus fokus dan move untuk meraih sesuatu. Meskipun susah sih. Seperti halnya saya ketika udah nyaman lihatin video, lupa deh mau ngeblog. Jadiz harus disiplin dan tegas ke diri sendiri juga.

    ReplyDelete
  16. Soal hilang fokus ini sueringggg banget, ngerjain apa yg dipikir apa...Dah gitu.yg single juga dah 0d.yg punyaba (gusti yeni)

    ReplyDelete
  17. Nah ini kalau menunya cocok suka kalap..terus baru nyesel belakangan hiks. Sulit memnag menerapkan mindfulness ya.
    Maka salut untuk, JNE yang berhasil menjadi bagian dari Mindful Company Brand 2022. Selamat untuk JNE!

    ReplyDelete
  18. Mindfulness itu kita butuhkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari ya mbak
    Kalo mindfull pasti bisa lebih fokus dan sukses, seperti JNE ini salah satunya

    ReplyDelete
  19. Kusuka nih pikiran gemrayang, ke mana-mana, gak fokus. Kudu belajar mindfulness, meditasi biar mikir ke yang dilakukan saat ini terlebih dulu. Btw, selamat buat JNE. Dapat penghargaan terus yaaa

    ReplyDelete
  20. pengennn banget mencoba hidup lebih mindfull gini karena ternyata enak dan lebih enjoyment live gitu karena kita memikirkan saat ini dan detik ini juga gitu kan yaaa. Bismillah 2023 memasukkan memory dan kenangan baik dengan lebih mindfull atas apapun

    ReplyDelete
  21. Selamat untuk JNE atas penghargaan Mindful Company Brand 2022.
    Salut dengan JNE yang selalu memiliki gebrakan baru di dunia usaha logistik.

    ReplyDelete
  22. Konsep mindfulness ini memang bisa diterapkan dalam aktivitas apa saja ya. Yang dalam keseharian juga bisa. Yang pastinya, dengan menerapkan konsep mindfulness ini, semua yang kita lakukan jadi membawa manfaat yang maksimal. Kayak JNE ini juga. Keren nih JNE.

    ReplyDelete
  23. Aku pernah belajar mindfulness ini dan memang harus butuh dibiasakan dan konsisteni ya mba. Paling susah kalau lagi jalan ke luar kota dan godaannya ngemil di jalan.

    ReplyDelete