Thursday 24 March 2022

Resep Roti Panggang Pasta Keju, Ide Menu Takjil Tanpa Digoreng untuk Buka Puasa

Resep Roti Panggang Pasta Keju, Ide Menu Takjil Tanpa Digoreng untuk Buka puasa. Assalamualaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu. Bulan Ramadan tinggal menghitung hari, semoga kita dipertemukan dengan bulan yang penuh ampunan dan selalu ditunggu disetiap tahunnya. Ngomongin Bulan Ramadan, pasti nggak jauh-jauh sama menu takjil, ya nggak?. Mempersiapkan menu buka puasa adalah menjadi hal yang wajib rasanya, momen yang selalu dinantikan karena tidak setiap hari kita lakukan. 

Nah, kali ini HM mau bikin menu takjil tanpa minyak untuk buka puasa. Artinya nggak pake digoreng pake minyak, cukup dipanggang aja. Ide bikin resep ini gara-gara lihat salah satu video di instagram yang bikin roti panggang/Burnt Cheese Toast. Terus kepikiran deh jadi menu takjil tapi saya tambahkan pasta. Uww, emang enak pasta dimasak manis? Eits, jangan salah. Karena ini percobaan dan eksperimen pertama lumayan deg-degan, takut aneh rasanya hahahaha. Tapi ternyata enak lho, ada sensasi kenyal lembut saat menikmati roti panggang ini. 

La Fonte Chifferi Rigati

Dari sekian banyak macam dan bentuk pasta, kali ini HM pilih berkreasi dengan pasta La Fonte Chifferi Rigati 206 merupakan pasta berbentuk pendek (short pasta) dengan permukaan bertekstur. Terbuat dari Semolina gandum durum pilihan. Chifferi Rigate-206 450gr dalam kemasan lebih kecil adalah Elbow Macaroni-206 225gr.

Baca juga Resep Bolu Kukus Mekar Anti Gagal 

Pasta ini sering digunakan untuk membuat sup dan makaroni skotel. Selain itu, kita juga bisa berkreasi dengan pasta ini seperti menyajikan pasta ini dengan salad, saus krim keju susu, saus tomat dengan daging atau irisan ikan untuk menu makan harian. 

Saran Penyajian dan Cara Memasak 

450gr Chifferi Rigati = 60 - 100 gr/porsi

Rebus pasta di air mendidih dan tunggu sekitar 8-12 menit atau sesuai dengan tingkat kekenyalan yang diinginkan. Setelah itu tambahkan bumbu lain untuk penyajian.

Resep Roti Panggang Pasta Keju

Ada yang suka pasta? 

#IDEMENUTAKJIL kali ini pilih yang manis gurih dan tanpa digoreng tentunya. Kali ini HM bikin kreasi Pasta Burnt Cheese Toast alias roti panggang pasta keju. Praktis bahannya, cara bikinnya gampang, dan enak banget ternyata. Baru kali ini bikin pasta yang rasanya manis gurih. Sengaja manggangnya lebih dr 10 menitan, biar kerasa kres kres rotinya. 

Buka puasa pakai ini plus teh tawar anget, adududu sedap mantap..

Skuy, resepnya ada disini ya. Semoga bermanfaat. 


Resep Roti Panggang Pasta Keju 

By @hm_zwan

Bahan :

4 sdm pasta Cifferi Rigati 206 La Fonte, rebus,sisihkan

3 lembar roti tawar

2 sdm gula pasir

70 ml susu cair

1 sdm margarin

2 lembar keju slice

Cara membuat :

Panaskan menggunakan api sedang margarin, masukkan gula pasir, susu dan keju slice. Aduk sampai kental, masukkan pasta, aduk rata, angkat. Sisihkan.

Panaskan oven, tata roti tawar, tuang adonan pasta, panggang kurang lebih 10-13 menit oven suhu 180*.

27 comments:

  1. Hemm roti panggang, suka banget sama tekstur roti yang kering dan gurih pas dimakan apalagi kalau sama keju kayak gini bakalan mantap. Belum lagi ditambah pasta chifferi rigati, jadi lapar, belum sarapan lagi.

    ReplyDelete
  2. Memang sejak minyak goreng harganya melonjak, kita dituntut untuk makin kreatif menghadirkan menu ya Mak.
    Alhamdulillah selalu ada alternatif cara masak yg lebih ramah budget emak2
    Bikin roti panggang ini salah satunya

    ReplyDelete
  3. Boleh nih dicontek ya mom resepnya.Aku sih gak terlalu pandai masak tetapi kalau step-stepnya jelas dan bahannya mudah didapat biasanya berhasil,he he he. Ini bahan dasarnya AL Fonte ya? aku suka tuh,enak ini

    ReplyDelete
  4. Ini menggoda banget..anakku suka menu seperti ini buat buka puasa, simpel juga ya. Apalagi pakai pasta La Fonte, makin mantap pastinya roti panggang pasta kejunya. Cus bisa jadi ide menu takjil ini

    ReplyDelete
  5. Belum pernah bikin nih menu kayak gini, noted kak, pas banget lg pengen makan roti panggang apalagi bisa menghemat minyak

    ReplyDelete
  6. Nah ini enak nih, mudah dibuat, dan ga perlu pakai minyak goreng. Bisa dicoba buat menu buka puasa :D

    ReplyDelete
  7. Nyam nyam nyam, mudah buatnya, nikmat rasanya. Patut dicoba untuk jadi menu buka puasa baru nih. Jadi biar tambah semangat buka puasanya

    ReplyDelete
  8. Mari kita coba bikin di rumah, kebetulan bahannya ada semua nih. Penasaran sih ini soalnya, karena belum nyobain pasta dibikin ke kue gitu.

    ReplyDelete
  9. Pasta juga bisa dibikin roti panggang. Selama ini saya menikmati pasta yang standard aja. Kayak sup atau macaroni schotel.

    Ide bagus nih pasta dibikin roti panggang.

    ReplyDelete
  10. Hmmmm, ngebayangin bukber nyomot takjil roti panggang pasta keju plus teh tawar anget, ternikmaaat. Aku ga mau bikin suka enek kalo pas makan, mau dibikinin ajaaaa..

    ReplyDelete
  11. Menggoda banget nih..haha jadi pengen cobain resepnya.. Apalagi tanpa goreng2 ya..penting banget di masa sekarang nih haha..

    ReplyDelete
  12. Inii kesukaan anak-anak saya, menu berbuka sama sahur mereka sedikit bahkan tidak makan nasi sama sekali. Anak-anak sukanya roti panggang, spagetty, aneka pasta aneka roti.
    Resepnya mudah bisa di coba nih makasih ya mak

    ReplyDelete
  13. Simpen ah ini resepnya. Aku lagi nyari menu no goreng2 nih mb Hana hahaha. Kalau kaya gini kan praktis ya untuk menu berbuka atau sahur

    ReplyDelete
  14. simple tapi mewah ya karena isinya pake keju dan tidak biasa gitu. Anak-anak pasti suka kali ya dibuatkan roti panggang ini. Makasih resepnya mbak.

    ReplyDelete
  15. Kreatif banget sih resepnya pasta bisa dipadukan dengan roti ya apalagi tambah keju makin enak..

    ReplyDelete
  16. Ternyata pasta itu ada penomerannya gitu yaa, teh..
    Menu berbuka yang asik dan langsung mantap di perut yang lapar menggunakan La Fonte Chifferi Rigati.

    ReplyDelete
  17. Wah iya
    Ini pasti enak banget
    Anak anak bakal suka
    Bahannya mudah di dapat buatnya juga gampang ya mbak

    ReplyDelete
  18. Hwaaa ini resep yg dicari oleh seluruh ibu2 karena naiknya harga minyak goreng dan harus berhemat masaknya tanpa minyak. Thanks infonya kaaak

    ReplyDelete
  19. Menu takjil praktis tanpa minyak goreng nih
    Klo biasanya hanya roti goreng, ini ditambah sama pasta Chifferi Rigati
    sepertinya di rumah masih ada nih pastanya, jadi kepengen nyobain juga resepnya mbak

    ReplyDelete
  20. ow jadi kejunya dicampur susu dulu barulah dituang ke atas roti. Ku pikir ditata aja gitu tipe keju quickmelt beersama pasta. Kalau pakai teflon bisa gak yah.

    ReplyDelete
  21. Mantap nih doble carbo ya kalau buka puasa pake roti panggang mix dengan pasta. Enaaakk dan cepat kenyang, yang penting bergizi karena ada kejunya juga.

    ReplyDelete
  22. Saya belum pernah bikin menu kayak gini dari pasta, ternyata cocok buat takjil yah, kudu cobain n resepnya nih

    ReplyDelete
  23. Coba ahhhh...
    pasti seru juga ini kalau mau bikin sama anak-anak. dan pasti mereka suka, karena mirip-mirip sama pizza

    ReplyDelete
  24. Mbaaaa, simpan resepnya yaa, duh ini simpel tapi pasti enaknya, nyam nyam bisa dieksekusi utk cemilan buka puasa.

    ReplyDelete
  25. Kayaknya enak nih. Pecinta roti wajib coba

    ReplyDelete
  26. Kreatif banget mbak, aku kepikiran cuma makaroni schotel sama campuran sup aja nih pasta. Auto kepengen coba bikin juga. Thanks resepnya.

    ReplyDelete
  27. Kreatif banget mbak, aku kepikiran cuma makaroni schotel sama campuran sup aja nih pasta. Auto kepengen coba bikin juga. Thanks resepnya.

    ReplyDelete