Skip to main content

Review Blender IDEALIFE IL-220A, Bikin Apa Aja Makin Praktis!

Assalamu'alaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya.. Kali ini HM mau sharing pengalaman bikin apa aja pakai Blender IDEALIFE IL-220A. Fyi, sekarang ini blender rasanya sudah jadi barang elektronik wajib di setiap rumah ya. Kalau dulu fungsi blender cuma buat ngehalusin bumbu dan bikin jus saja, tapi seiring berjalannya waktu. Blender sekarang sudah semakin canggih dan manfaatnya dobel-dobel lho. Ibu rumah tangga bisa bikin apa aja pakai alat satu ini, jadi lumayan praktis banget kan. Satu alat elektronik bisa multifungsi.

Manfaat dan Jenis Blender

Manfaat Blender

1. Untuk menghaluskan bumbu

2. Untuk membuat smoothie

3. Untuk menghancurkan makanan (buah, sayur)

4. Untuk menghancurkan es batu, dll

Jenis Blender

Ada dua jenis blender yaitu standing blander, yang merupakan blender konvensional yang biasanya diletakkan diatas meja. Dengan wadah mangkok dan  pisau yang ada dibagian bawah yang berfungsi untuk menghancurkan makanan. Biasanya standing blender memiliki beberapa mangkok,  ada yang ukuran kecil, sedang dan mengkok besar dengan kapasitas 1,5 liter. 

Sedangkan jenis blender lainnya yang lebih praktis yaitu hand blender. Hanya dengan cara dipegang dan dipencet maka makanan akan halus seketika tanpa harus memindahkan ke wadah lainnya. Jadi kita bisa menghaluskan makanan dll di satu wadah. Ada dua jenis hand blender, yaitu menggunakan kabel dan tanpa kabel. 

Review Blender IDEALIFE IL-220A 

IDEALIFE Home Innovation adalah salah satu brand/merk dagang produk-produk rumah tangga seperti peralatan dapur (mulai dari wajan, pisau, oven hingga mixer dan masih banyak lagi) dan peralatan kebersihan (seperti vacuum cleaner, bel pintu wireless dll).

Kalau sebelumnya HM sudah beberapa kali review Blender IDEALIFE, seperti standing blender IL-220 dan hand blender versi complete set IL-215s. Kali ini HM mau review produk terbarunya IDEALIFE yaitu Glass Electric Blender Set - Penggiling Pemulat Listrik Kaca (IL-220A). Ini masih fresh banget, baru keluar produknya. 

Saatnya Unboxing 

Blender IDEALIFE IL-220A dibungkus menggunakan box warna putih perpaduan hitam, tertera informasi nama produk dan detailnya di bagian luar box. Satu set terdiri dari satu mesin motor, mangkok kaca besar kapasitas 1,5 liter, mangkok kaca kecil (dry mill) kapasitas 200 ml dan mangkok stainless steel (wet mill) kapasitas 600 ml. 

Pisau 6 Sisi

Blender ini dilengkapi pisau bergerigi 6 sisi yang siap memotong dan memblender dengan sempurna. Pisau yang terbuat dari bahan stainless steel ini pun begitu kuat dan lebih tahan lama, sehingga dapat menghancurkan bahan masakan dengan mudah dan secara bersamaan mengaduknya hingga merata dengan sempurna. Pisaunya bisa dilepas, mudah dibersihkan dan cukup dengan melepas pisaunya dari tabung.

Wadah Kaca

IDEALIFE (IL-220A) dirancang dengan wadah dari kaca yang higienis dan berkualitas sehingga blender kuat dan tahan lama. Selain itu, dengan wadah yang terbuat dari kaca jernih berfungsi untuk mencegah material lain ikut tercampur.

Mini Chopper

Dalam set blender ini tersedia pula mini chopper untuk melumat bahan-bahan kasar seperti bumbu, cabai, bawang hingga daging. Fitur Pulse-nya pun dapat memberikan hasil mixing dan blending yang sempurna. Dilengkapi indikator lock/pengunci, blender ini pun aman untuk digunakan.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Blender IL-220A

- Pemakaian harus dengan cara ON/OFF jangan di tekan ON terus, (max 30 detik per ON).

- Untuk mangkok Dry Mill tidak boleh untuk benda yang bercair (seperti cabe), Dry Mill hanya untuk benda kering (seperti kacang dll).

Masak Makin Praktis dengan Bantuan Blender IDEALIFE IL-220A

Satu minggu jadi hari-hari yang makin indah berkat kehadiran asisten baru ahahaha. Sering banget saya ngehalusin bumbu secara manual, tapi kali ini terbantu sekali dengan kehadiran Blender !L-220A. Pisau yang tajam membuat bumbu dan bahan yang diolah menjadi cepat halus. Selain itu, kapasitas mangkok kaca yang besar juga bisa lebih leluasa bikin olahan yang lumayan banyak. Apalagi untuk jenis blender terbaru ini ada tiga jenis mangkok, jadi lumayan terbantu. Salah satunya mangkok kaca khusus untuk menghaluskan bahan kering seperti kacang, cabe kering dan lain sebagainy. Nggak perlu lagi ditambahin air. Karena ketika kita memutar tombol on, otomatis mesin berjalan dan bahan makanan otomatis halus, tanpa mampet. 

Ada cabe kering, bikin chili oil yuks..

Pernah makan dimsum cocol minyak cabe?pertama kali nyobain minyak cabe wkatu makan gorengan dan siomay, enak banget ternyata. Pedas gurih gitu. Ohya, minyak cabe ini selain untuk dimsum, aneka gorengan. Juga enak buat campuran tumis sayur, olahan mie dan nasi goreng lho.

Kali ini saya bikin Chili Oil - Minyak Cabe pake cabe kering hasil panen di rumah ibu mertua. Karena dibawain banyak, sebagian saya keringin, Alhamdulillah bermanfaat deh.

Ohya, untuk ngehalusin cabe keringnya saya pakai Blender IL-220A yang mangkok kaca kecil Dry Mill. Nggak pake minyak atau air, jadi cabe kering aja. Auto halus, mata pisaunya tajam banget jadi halusnya lumayan cepet.

Skuy, ini resep minyak cabenya.

Minyak Cabe

By @hm_zwan 

Bahan :

30 gr cabe rawit kering

170 ml minyak sayur

2 bawang putih 

4 bawang merah 

1 sdm udang rebon

1 sdt garam 

1/2 sdt kaldu bubuk 

1/2 sdt gula


Cara membuat :

Blender cabe kering sesuai selera (bisa halus atau agak kasar), sisihkan. Haluskan dengan blender bawang merah, bawang putih, udang rebon dan minyak sayur. Panaskan teflon, tumis bahan minyak sayur sampai harum, masukkan cabe kering, gula, garam dan kaldu bubuk. Aduk, koreksi rasa. Jika sudah matang, angkat, simpan di wadah kaca. 

Punya daun pisang nganggur? Bingung mau ngolah ayam jadi apa? Bikin pepes yuks.. 

Pagi ini mendadak bikin pepes ayam gara-gara suami lihat daun pisang nganggur di kulkas. Akhirnya setelah nenenin Aqla daring, setor dll masak deh. Dimulai dengan sayur asem lanjut bikin pepes ayam. Ngehalusin bumbunya pake mangkok stainless steel Wet Mill, nggak pake lama auto bumbu halus karena pisaunya tajam banget. Nah, kebetulan setelah dikukus pepes ya saya bakar, nggak dibakar juga nggak papa. Nikmatnya sama.. Sama-sama enak. 

Pepes Ayam

By @hm_zwan

Bahan :

8 potong ayam, bagian sayap

2 buah tomat, iris

Air secukupnya

1 sdt garam

1/2 sdt kaldu bubuk

1/2 sdt ketumbar

1/4 sdt lada

Kemangi secukupnya

Daun pisang dan tusuk gigi

3 sdm minyak goreng 

4 lembar daun jeruk

3 lembar daun salam 


Bumbu halus :

15 bawang merah

2 bawang putih

2 butir kemiri

2 cm kunyit

2 cm lengkuas

3 cm jahe

2 batang sereh

12 cabe rawit

2 cabe merah

Cara membuat :

Haluskan bumbu menggunakan blender, sisihkan. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, ayam, gula, garam, lada, ketumbar, kaldu bubuk sampai air sedikit surut. Panaskan kukusan, bungkus ayam, kukus kurang lebih 20 menit. Bakar pepes kurang lebih 10 menit, sajikan.

Punya roti tawar nganggur? Yuk, dibikin puding..

Kali ini bikin puding roti tawar 2 lapis, dinikmati dingin dingin enak banget. Ngehalusin roti tawarnya saya pakai mangkok besar yang kapasitasnya 1,5 liter. Nggak pake lama, roti iawar auto halus, cepet banget. 

Puding Roti Tawar

Bahan puding coklat :

4 lembar roti tawar 

500ml air

6 sdm silky puding bubuk

1 sdt agar agar bubuk 


Bahan puding kaca :

350ml air

3 sdt agar agar bubuk, plain

2 lembar roti tawar 


Cara membuat :

Blender semua bahan puding coklat, rebus hingga matang, tuang di cetakan. Rebus jadi satu bagan puding kaca, tata roti tawar diatas puding coklat, tuang puding agar agar. Diamkan sampai set, hidangkan.


Gimana, ada yang mau kembaran blendernya?

Untuk satu set Blender IDEALIFE IL-220A ini harganya 700.000, produk ini dan banyak produk IDEALIFE lainnya bisa dipesan di Tokopedia dan Shopee (idealifeoutlet) ya.





Comments

  1. Nah, benda satu ini kegunaannya banyak banget apalagi buat bunda yang masak berbagai makanan pasti butuh banget, tapi kadang itu ada blender yang gak bisa dibuat blender ini itu, ribet banget dan cepat rusak. :)

    ReplyDelete
  2. Wah ini nih yang bagus butuh banget blender yang kayak gini, yang dulu pasti ada aja masalahnya karetnya tipis atau yang lainnya padahal baru beli. :)

    ReplyDelete
  3. Aku malah fokus sama puding roti tawarnya, pasti enak, nih, mau coba resepnya.

    ReplyDelete
  4. Zaman sekarang blender udah menjadi perlatana masak yang kudu dimiliki rumah tangga ya mbak. Mempermudah proses baking2 juga dan segala macam fungsinya. Harganya 700K cukup terjangkau sih sesuai kualitasnya. By the way, kebetulan banget aku punya roti tawar banyak nih. Ada agar2 juga raca cokeat. Mau dieksekusi ah buat weekend cocok nih.

    ReplyDelete
  5. Bahkan untuk saya nih, selain yang disebutkan Mbak Iis di atas, blender juga saya pakai sebagai parutan. Iya marut kelapa ga pakai parutan lagi. Lama. Jadi diblender aja. Hasilnya air patinya malah lebih banyak hehehe

    ReplyDelete
  6. Waah, blender dengan multifungsii ini mah, huhuu aku pengen adopsi atulaah. Blender di rumah udah rusak nih, keknya peralatan dapurku udah pada lama nih, minta digantii, hikss..
    NOted 700k, sesuai dengan kualitasnyaa.
    Ehhh, lavaar, mau pepes ayaam plus dessertnya eeaa

    ReplyDelete
  7. Lengkap dong ya segala macam tugas bisa dikerjakan blender ini. Hasilnya jadi sesuai harapan dan mestinya awet ya karena ada banyak bagian sesuai fungsi masing2

    ReplyDelete
  8. Enak banget bisa giling cabe ya, buat stok kalau masak lebih cepat nih. Udah aku hapalin resep minyak cabenya tinggal nunggu blender idealifenya :-D

    ReplyDelete
  9. Lengkap dan kreatif aneka menu makananya ba. Tapi sama kayak aku paling ngandelin blender, mba. Bumbu bumbu aku blender dan Cepat. Harus punya merk ini ah karena kaapasitas guede dan bagus kokoh. Andalan banget menghaluskan seusia kebutuhan masakan kita ya mba

    ReplyDelete
  10. Blendernya tentu recomended ya. Jelas membantu para emak nih untuk menghaluskan bumbu-bumbu. Juga kalo mau bikin juice jadi gampang. Makasih resep pepes ayamnya yaaa. Jadi pengen praktekin langsung nih aku.

    ReplyDelete
  11. Satu benda bisa untuk banyaaaakkk fungsi, keren dan ciamik banget ini blender!
    Aku juga mauuukk. cuss nabung dulu ahhh
    mayan affordable ya hargaya.
    keren!

    ReplyDelete
  12. Asik banget nih blender idealife. Komplit, mau mblender apa aja bisa. Kalau punya blender ini bakal makin rajin bebikinan, karena praktis jadi nggak rempong.

    ReplyDelete
  13. Blender salah satu andalan ibu-ibu ini ya mbak. Saya juga paling demen sama blender yang bisa membantu kita memotong waktu memasak, karena lebih praktis dan efisien.

    ReplyDelete
  14. Maaak, aku nyontek resep chili oil-nya, yaa... Baca resep minyak cabe, aku jadi kepikiran harga cabe yang kemarin sempat anjlok. Coba kalau petaninya bikin minyak cabe botolan, yaa, kan jadi ngga nyesek-nyesek amat. Lebih awet juga kan...

    Aduh, malah ngomongin petani cabe.. Hihi... Btw, itu blendernya dijual terpisah atau sepaket gitu, Mak? Aku butuh blender baru nih. Blenderku kurang bagus buat giling daging, hiks...

    ReplyDelete
  15. Aihhh kok Idealife tahu aja kalo aku pengen punya blender yang bisa multifungsi gini, belum beli udah seneng duluan, hahaaa. Aku tiap mau masak ngintip dulu punya bumbu halus apa di kulkas, males sih kalo mesti nguleg gitu, biasanya dibantuin suami. Meluncur ke Tokopedia ajah, ngintip Blender Idealife iL 220 A yang harganya murce bingit

    ReplyDelete
  16. Mantaaap multifungsi bgt. Aku juga paling sering pakai blender dan chopper, terutama buat ngehalusin bumbu gitu. Makanya itu blender udah mpe kecapekan kayaknya saking seringnya dipakai. Btw ini 700 udah dapat komplit kan ya? Satu set gitu?

    ReplyDelete
  17. Semuanya jadi lebih mudah dan membantu pekerjaan di dapur dengan idealife. Jadi lebih sering masak

    ReplyDelete
  18. Idealife kalau di tangan teteh semuanya jadi kreasi masakan yang lezat.
    Aku iri banget...ternyata masak itu butuh bakat, hehehe... ada aja alesannya yaah...
    Cantik banget design dari IDEALIFE IL-220A. Elegan dan mudah diberishkan sepertinya yaa... karena gak berlekuk modelnya.

    ReplyDelete
  19. Kreatif bnget sih mba... Palingan Aku klo lagi rajin Suka Juga buat puding roti klo roti nya gk laku di rumah buru2 buat puding deh... Next kepingin bnget beli blender idea life ya away pastinya ya

    ReplyDelete
  20. Aku naksir sejak lama nih produk, hahaha. Liat postingan ini jadi kayak makin termotivasi pengen beli, hahahaha

    ReplyDelete
  21. Sepengetahuan saya idealife itu cuma cooking ware saja eh ternyata ada blendernya juga. Saya suka produk-produknya keren dan elegan gitu.

    ReplyDelete
  22. aku punya blender 2 rusak karena suami pake giling biji kopi langsung cry seketika liat ancur hahaha emang enak ya mba kalau giling bumbu lebih praktis pake blender jadi pengen punya nih

    ReplyDelete
  23. puding roti tawar kerasa sampai siniiiiiii
    pakai kayu manis tambah enak makkk
    aduh pengen blenderin juga pakai idealife euy secara belulm punya yang begini

    ReplyDelete
  24. Pas banget aku lagi mikir cari blender buar ortu nih, karena bapakku bener-bener butuh buat macam-macam deh, Kayaknya ini cocok deh, dan desainnya juga keren banget

    ReplyDelete
  25. Kok bisa kebetulan gini sih, aku lagi cari set belender yang juga bisa buat chopper haha. Soalnya si bayi udah ga mau bubur2an lagi sekarang, pengennya nasi. Cuma masih bingung buat kasih proteinnya gimana soalnya giginya belum lengkap. Hmm bikin nugget pake Chopper dari Idealife ini bisa kali ya.

    ReplyDelete
  26. Praktis banget yak, satu alat bisa buat macam-macam. Saya yang urgent banget tuh buat chopper dan bikin smoothie. Blender lama saya udah gak kuat diajak berantem sama bahan pangan. Untuk harga 700 udah komplit banget manfaat blender idealife.

    ReplyDelete
  27. Blender ini wajib ada menurut aku, multifungsi... Apalagi aku suka minum jus

    ReplyDelete
  28. Apik banget sih, Mbak foto jepretanmu. Aku lagi cari blender, tapi masih bingung. Yang tak pengenin harganya 7 juta hahaha no money

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis