Skip to main content

Resep Ayam Lodho Cabe Hijau

Resep Ayam Lodho Cabe Hijau - Ada yang tau ayam lodho?merupakan makanan khas Tulungagung Jawa Timur yang cukup terkenal. Kalau teman-teman pernah jalan di daerah Tulungagung sampai Trenggalek pasti nggak asing sama makanan ini. Karena banyak sekali rumah makan pinggir jalan yang menyediakan menu ini, banner atau tulisan Ayam Lodho bertebaran dimana-mana. Yang khas dari ayam lodho adalah daging ayam di bakar atau dipanggang terlebih dahulu kemudian di masak menggunakan santan dan rasanya identik pedas.

Saya tau ayam lodho setelah menikah, kebetulan ibu mertua sering banget bikin ayam lodho. Karena suami suka banget ayam lodho, hampir sebulan sekali pasti saya bikin ayam lodho. Nah, kemarin saya bikin ayam lodho. Kalau biasanya bikin ayam lodho gitu aja, kali ini ayam lodho nya saya tambah irisan cabe hijau, biar makin sedap dan mantap. Terus bumbunya nggak saya uleg, tapi saya blender pake Blender IL-220 idealife, tentunya yang gelas kecil, khusus untuk menghaluskan bahan kering dan bumbu. 

Mau tau bumbu dan cara bikin ayam lodho nya? Capcus... 

Baca juga Resep Soto Ayam Maknyus

Ayam Lodho 


Resep Ayam Lodho Cabe Hijau 

Ayam Lodho Cabe Hijau

By @hm_zwan 

Bahan:

1 ekor ayam kampung

70 ml santan kental

800 ml santan encer

3 cm lengkuas, geprek

2 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

2 batang sereh, geprek

6 cm jahe

1,5 sdt garam

2 sdt gula

1 sdt kaldu ayam bubuk

1/2 sdt jinten

6 buah cabe hijau, iris serong 

4 sdm minyak goreng 


Bumbu halus :

8 butir bawang merah

5 siung bawang putih

3 butir kemiri

6 cm kunyit

1/2 sdm merica

1/4 sdm ketumbar

20 cabai rawit

Cara membuat:

Potong ayam ukuran sedang, bakar hingga setengah matang. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus,  serai, daun salam, jahe, jinten dan daun jeruk hingga wangi. Tambahkan santan encer. Masukkan ayam bakar, masak dengan api kecil sampai mendidih.Tambahkan santan kental dan cabe hijau. Koreksi rasa, jika sudah matang, angkat, taburi daun bawang dan seledri sajikan.

Blender IL-220 

Untuk menghaluskan bumbu saya pakai Blender IL-220 by Idealifeonline. Dimana Blender IL-220 ini dilengkapi pisau bergerigi 6 sisi yang siap memotong dan memblender dengan sempurna. Pisau yang terbuat dari bahan stainless steel ini pun begitu kuat dan lebih tahan lama, sehingga dapat menghancurkan bahan masakan dengan mudah dan secara bersamaan mengaduknya hingga merata dengan sempurna. Pisaunya bisa dilepas, mudah dibersihkan dan cukup dengan melepas pisaunya dari tabung.

Blender IL-220 dirancang dengan wadah dari kaca yang higienis dan berkualitas sehingga blender kuat dan tahan lama. Selain itu, dengan wadah yang terbuat dari kaca jernih berfungsi untuk mencegah material lain ikut tercampur. Satu set blender ini tersedia pula mini chopper untuk melumat bahan-bahan kasar seperti bumbu, cabai, bawang hingga daging. Fitur Pulse-nya pun dapat memberikan hasil mixing dan blending yang sempurna. Dilengkapi indikator lock/pengunci, blender ini pun aman untuk digunakan. Cara pemakaiannya  harus dengan cara ON/OFF jangan di tekan ON terus. (max 30 detik per ON).  Blender IL-220 cocok : bumbu bumbu dapur ,es batu ,Juice ,Smoothie. 

Baca juga Kumpulan Resep Smoothie Enak 

Specifications :

- Quite motor

- Bowl Capacity : Large 1.5 litre and 200 ml Dry Mill

- 2 Speed with pulse function

- Stainless Steel Blade x 6

- Extra Dry Mill - 2 Blade

- Safety lock Switch

- Overheat protection

- Automatic Overload cut-off

- Easy Cleaning (glass bowl)

- Perfect for : fruit , vegetables , ice , smoothie and nut bean

- Powerful 300 watt motor

- Daya : 100 - 300 watt

- Harga 376.544


Beli Blender IL-220 dan produk Idealifeonline lainnya dimana? Teman-teman bisa cek di Official Shopee / Tokopedia idealifeoutlet. Ohya, selain blender, di idealifeonline juga banyak produk rumah tangga lainnya. Seperti oven, mixer, chopper, dll. Teman-teman bisa ceki ceki langsung ke instagram @idealifeonline ya.


Gimana resepnya? Cukup mudah kan? Bumbunya pun rata-rata yang sudah ready di dapur. Ohya, jangan lupa sebelum dimasak ayam kampungnya di bakar atau panggang dulu ya. Setelah itu baru deh di masak. Soal rasa, ugh maknyus tenan!! Buat pecinta pedas, wajib banget nyobain bikin ayam lodho sendiri ya..

Semoga bermanfaat..


Teman-teman, ada yang pernah makan ayam lodho? 

Comments

  1. Wah, ini resep sudah lama saya cari. Ibu saya sering masak ini karena ini salah satu makanan favorit Bapak saya yang orang asli Tulungagung. Sejak menikah dan merantau, sudah nda pernah makan ini lagi. Makasih resepnya, mbak.

    ReplyDelete
  2. cocok nih buat dijadikan menu masakan keluarga, suami dan anakku suka sekali sama olahan ayam, boleh ya resepnya aku praktikan nanti

    ReplyDelete
  3. Belum pernah makan Ayam Londo. Kaya opor ya, cuma ayamnya dibakar. Btw, kalau halusin bumbu, aku juga suka pakai blender. Apalagi kalau buat masak besar. Biar hemat tenaga

    ReplyDelete
  4. Aku tuh udah niat kepengen amsak ayam lodho ini pas mbak posting kapan tuh di socmed hihihih. Mirip opor tapi beda pastinya ya. Irisan cabe ijonya dan tampilan ayamnya dengan kuah santan duuh nyam3x. Untuk membantu proses memasak asyik nih ada blender :) Ga capek2 ngulek bumbu yg mesti dihaluskan ya mbak.

    ReplyDelete
  5. Ibu mertuaku kan asli Trenggalek, mbaa

    duluuu klo mudik ke sono, kami pasti maem ayam lodho ini.
    nah, kayake besok boljug nih masak ayam lodhooo... pakai resep dari kammu yaaakkk

    ReplyDelete
  6. Aku penasaran.. enak banget kayaknya ini. Gurih aroma ayam kampung kebakar. Santan.. wah sedeeep maaak.. capcus, kapan ya bikiiin inii

    ReplyDelete
  7. Kalau lihat tampilannya mirip opor, ya. Tetapi, setelah baca resepnya, ternyata ada beberapa perbedaan di bahan dan proses. Pengen coba deh Saya bikin ayam lodho.

    ReplyDelete
  8. Aku asli Kediri, Mbak..Ibuku dulu sering bikin ayam lodho ini. Dan kalau kami jalan-jalan ke Tulungagung-Trenggalek pasti makan di depot ayam lodho yang khas sana. Di Jakarta aku kadang bikin juga tapi ga pernah pakai cabe ijo. Asyik nanti akau bikin pakai cabe ijo deh coba ,,,Dan semoga bisa ganti blender ke Idealife yang keren ini

    ReplyDelete
  9. Dengan potongan-potongan cabe hijau, ayam lodho jadi tambah cantik ya Mbak. Lihat fotonya aja sudah ngiler. Coba bikin ah. Resepnya tidak terlalu susah dan bumbu pun pasti ada di dapur. Tinggal beli daging ayam besok :)

    ReplyDelete
  10. Baru tahu nih ada makanan enak yang bernama Ayam Lodho Cabai Hijau. Cara masaknya unik juga, ya. Ayamnya dibakar dulu setengah matang, terus nantinya dimasak pakai santan. Pasti umami banget nih.

    ReplyDelete
  11. Bikin ngiler banget deh ayam lodho cabe hijau ini.
    Emang sekarang mah lebih praktis meracik bumbu pake blender aja yah Zwaaan, ulekan aku kayaknya udah raib entah kemana deh ehehehe

    ReplyDelete
  12. Aku belum pernah dengar mbak menu ini dan belum pernah cicipi juga. Mainku kurang jauh hehe..nampak lezaat..apalagi pedas..yummi,.

    ReplyDelete
  13. Wah naksir produk Idealife online, lagi butuh mixer. Kepoin ke Shopee deh, mana tahu ada promosi diskon kan suasana Imlek ya, hihihi

    Aku simpan resep ayam lodho dari mba Iis share di IG. Tapi belum sempat eksekusi

    ReplyDelete
  14. Wah menu baru santan nih, saya pun kalau bumbu selalu pakai blender. Cuma punya saya bukan merk idealifeonline. Jadi mupeng deh, Mba ngeliat blendernya. Tapi saya mau coba menunya dulu deh sambil menunggu kasih sayang suami dibelikan blender idealifeonline.. xixixi..

    ReplyDelete
  15. jadi daging ayamnya dipanggang dulu atau digoreng, lalu dimasak campur santan, ya? seperti makanan khas semarang apa ya namanya? mangut lele apa ya, kalau ndak salah?

    Coba besok deh, dipanggang bentar terus pakai santan ya. Uuh dah ngebayangin gurih gurih gimana gitu

    ReplyDelete
  16. Dulu sebelum ada tol Malang-solo, saya kalau mudik ke Klaten lewat jalur selatan. Di trenggalek pasti mampir warung lodho, dan di sana itu ayamnya masih 1 utuh gitu, nggak dipotong-potong.

    Saya juga sering pakai blender buat menghaluskan bumbu, hihi... generasi malas nguleg

    ReplyDelete
  17. belum kebayang rasanya, tapi kalo liat santan dan warna serta cabe hijau di mana mana, seperti makan ikan asap pe (asal Semarang) ala ala gitu ngga sih?
    enak ya ada blender idealifeonline, keren pula bentukannya moderen dan stylish

    ReplyDelete
  18. Aku jd keinget temenku yg ortunya org Tulungagung dan pertama kali memperkenalkanku pada masakan ini. Tapi aku gak pernah masak sendiri hehe.
    Wah blendernya cakep mbak, yg penting pisau blendernya ok ya.
    Tengkyu resep ayam lodhonya :D

    ReplyDelete
  19. aku baru ngerti masakan ayam lodho ini mbak. Lha sudah luamaaaa skali nggak main ke jatim. Pernah lewat trenggalek itu sudah duluuuu banget, pas zaman masih kinyis2 hihihi. Dan lewatnya malam2, nggak lihat tulisan2 tempat makan.. jd pengen ngicipin. tapi kalau coba bikin sementara belum ngerasain aslinya ya ga bisa klaim rasanya sdh mirip atau belum kan ya...hehehe

    ReplyDelete
  20. Udah pernah makan kek gini, mamaku paling seneng kalo masak Ayam pake bumbu gitu, jadi aja anaknya suka masak juga, ga ngeh kalo namanya Lodho.
    Tapi pas ditanyainn tenpo hari dirimu share di Ig, mamaku bilang iya Ayam Lodho. Hahhaaa..

    ReplyDelete
  21. Disebut ayam londho karena bumbunya putih kah, teh?
    Aku suka...
    Hahhaa...semua aja masakan teh Iis aku auto ngiler.
    Jangan kezel yaa, teh...ama aku.

    ReplyDelete
  22. Kuliner kesukaan saya. Saat pulang kampung ke Blitar dan Tulung Agung, menu Ayam Lodho selalu menjadi idola. Makan dengan lauk Ayam Lodho selalu tanduk alias nambah terus. Terima kasih untuk resepnya ya.

    ReplyDelete
  23. Blendernya mirip blender di rumah cuma beda merk aja, jadi praktis ya menghaluskan bumbunya. Udah aku catat Resepnya Mbak makasih yaa

    ReplyDelete
  24. Wah noted mba resepnya.. Mau dicoba ah.. aku dan suami suka cabai ijo.. tapi beli terus.. wkwk

    ReplyDelete
  25. aku belum pernah coba ayam Lodho, seperti enak :D nanti coba masak ah

    ReplyDelete
  26. Menggiurkan nih, kalau punya blender ini semua pekerjaan rumah menjadi mudah dan menyenangkan ya mak

    ReplyDelete
  27. belum pernah makan ayam lodho, tapi namanya sering banget aku denger
    liatin fotonya keliatan seger enak gitu, apalagi kalau disantap siang siang nih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis