Skip to main content

Resep Dimsum Ayam Daun Kelor

Resep Dimsum Ayam Daun Kelor

Ada yang suka dimsum?

Halo sahabat HM Zwan, kali ini saya mau share resep yang saya buat tadi pagi, Dimsum Ayam Daun Kelor. Kebayang nggak daun kelor dibuat campuran dimsum? Ahahaha, idenya muncul tiba-tiba waktu ambil daun jeruk di kebun belakang rumah ibu mertua. Kebetulan libur panjang kemarin mendadak pulang kampung karena vertigonya ibu kambuh, nggak ada yang ngurusin di rumah. Nggak tega lihat bapak mondar-mandir sendiri. Jadinya pulang dadakan. 

Pas lihat pohon kelor di belakang rumah, kepikiran ambil daun mudanya buat dibawa ke Gresik ahahaha. Pas metik, kok ya kepikiran bikin dimsum Ayam pakai daun kelor. Akhirnya tadi pagi eksekusi deh, resepnya juga kira-kira. Alhamdulillah enak banget, lembut banget isinya. Satu rumah pada suka, alhamdulillah emak bahagia. 

Resep-Dimsum-Ayam

Kenapa pakai daun kelor? Kenapa nggak? Sudah nggak diragukan lagi, manfaat daun kelor ini sangat banyak sekali. Selain baik untuk menjaga tekanan darah, juga untuk mencegah kanker lho. Daun kelor selain enak dibuat sayur bening, urap-urap, bakwan, dibuat dimsum juga nggak kalah enak lho. Alternatif buat anak-anak yang nggak suka sayur tapi demen banget makan dimsum. 

Jadi, wajib banget nyobain bikin Dimsum Ayam Daun Kelor!! 

Resep-Dimsum-Ayam

Resep Dimsum Ayam Daun Kelor

By @hm_zwan

Bahan :

200 gr daging ayam dan kulit

1 butir telur

3 siung bawang putih, iris tipis

2 sdm saos tiram

1 sdm minyak wijen

1 sdt garam

1/4 sdt kaldu bubuk

1/4 sdt lada

5 sdm tepung tapioka

2 genggam daun kelor

1 batang daun bawang, iris tipis 

13 lembar kulit pangsit


Cara membuat :

Panaskan kukusan. Siapkan chopper, masukkan semua bahan (kecuali tepung, daun kelor, daun bawang dan kulit pangsit), Haluskan. Masukkan tepung tapioka dan daun kelor, aduk rata. Ambil satu lembar daun pangsit, ambil satu sendok adonan, bentuk, kukus kurang lebih 20 menit. Sajikan dengan saos sambal.

Saos Sambal 

Bahan :

50 ml air

1 buah tomat, cincang

2 sdm gula pasir

4 sdm saos cabe


Cara membuat :

Rebus semua bahan sampai kental, saring, sajikan dengan dimsum.


Nah, kali ini saya bikin Dimsum Ayam Daun Kelor nya pakai Chopper Hand Blender nya Idealifeonline. Giling ayamnya pakai Chopper Blender 4 in 1. Praktis banget nggak pake ribet, tinggal pencet-pencet aja hand blendernya, otomatis ayamnya halus. 

Baca juga : Resep Ayam Lodho Pakai Blender IL-220 

IDEALIFE - Hand Blender - Penggiling Tangan - Multi Speed (IL-215s)

Alat penghalus daging / bumbu, Juicer, Mixer , Chopper adalah blender 4 in 1 yang menggabungkan blender mini, blender tangan, pengocok telur serta chopper. Blender berkapasitas 600 ml ini bekerja dengan daya 400 Watt. Blender dilengkapi dengan pisau blender stainless steel yang tajam, anti karat dan tahan lama. Kemudahan mengolah makanan favorit keluarga dengan efektif dan efisien.

Untuk memudahkan dalam menggunakan blender, IL-215S ini memberikan pilihan 2 kecepatan. Dengan 2 kecepatan ini Anda dapat mengatur tingkat kehalusan sesuai dengan kebutuhan. IL-215S juga dilengkapi dengan tambahan pengocok telur (whisk) yang berfungsi sebagai pengaduk bahan-bahan lunak seperti adonan bolu, cake, martabak manis dan mengocok kuning telur

Penggiling Daging (Chopper)

dilengkapi dengan penggiling daging. Penggiling berkapasitas 600 ml ini terdiri dari pisau dan mangkuk yang mudah dipasang atau dilepas. Anda akan mendapatkan daging atau cabai halus dalam sekejap.

Catatan :

Pemakaian harus dengan cara ON dan OFF

jangan di tekan ON terus.

Maximum 5 detik On

Whisk di hand blender set tidak boleh utk benda berat, ini utk cairan saja

Tidak di sarankan untuk biji pala

Benda Keras - daging atau es batu - tekan per 1 detik, sampai sudah lumayan jadi kecil2, lalu bisa per 10 detik (supaya pisau awet).


Beli Hand Blender 4 in 1 IL-215S dan produk Idealifeonline lainnya dimana? Teman-teman bisa cek di Official Shopee / Tokopedia idealifeoutlet. Ohya, selain blender, di idealifeonline juga banyak produk rumah tangga lainnya. Seperti oven, mixer, chopper, dll. Teman-teman bisa ceki ceki langsung ke instagram @idealifeonline ya.

Comments

  1. Makin rajin bebikinan nih berkat hand blender chopper hehe.
    Aku juga suka dimsum tapi gak pernah bikin dewe wkwkwk
    Pas mbembentuk kulitnya tu kita perlu ikat2 saat ngukus atau biarkan gtu aj biar terbentuk bentuk alami sih? hehe penasaran
    Gak dibikin videonya pas masak kah? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak.....nggak perlu diikat, digituin aja, habis dibentuk udah tinggal ngukus aja.

      Delete
  2. sebagai pecinta dimsum kok ya aku merasa tertantang untuk mencoba resep dimsum ayam daun kelor. hmm ngebayangin rasanya gimana gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk mbk cobain ini resepnya, selain enak, ini juga mudah banget kok bikinnya..

      Delete

  3. Ih mauuu.. anak2 pasti doyan ini. Dan daun kelor bagus itu 😍
    Mau ah bikin pake kelor. Masaknya praktis pake inii yaa...asyiik

    ReplyDelete
  4. Fotonya cantiikkk syekaliii... Eniwe, penasaran ikutan eksekusi dimsum pake daun kelor ah. Secara daun kelor banyak banget, haha. Anakku pun doyan dimsum. Sesekali bebikinan beginian kayaknya seru. Biar ga jajan mulu kan (tertanda emak milih beli daripada masak). Belum punya hand in blender, baru bercita-cita beli... Biar masaknya makin "rajin"

    ReplyDelete
  5. mbaaa, kapan hari tuh, ART-ku masak sayur bening daun kelor dan pipilan jagung manis, enaaakk bgt.

    Tapi, hari ini, dia masak dgn ingredients dan cara yg sama, kok jadinya agak2 pahit gitu ya? kira2 salahnya di mana ya mba?

    ReplyDelete
  6. Aku tergoda pengen bikin dimsum ayam daun kelor. Penasaran aja gimana rasanya.

    Mbak Iis, bikin masakan yang bahannya harus digiling enak ya. Udah punya hand blender Idealifeonline, jadi makin rajin mengolah menu baru atau menj lama. Mau ngintip harganya di Shopee

    ReplyDelete
  7. Blender mini, blender tangan, pengocok telur serta chopper dalam satu alat. Praktis banget ini, beli satu bisa buat multi fungsi.

    Saya daun kelor biasa di sayur bening aja, bagus juga nih idenya di campur buat isian dimsum

    ReplyDelete
  8. Keren amat ini dimsum pakai daun kelor, bikin tambah sehat banget pastinya. Jadi penasaran rasanya kayak gimana, dan pastinya sehat banget ini. Aku bikin dimsum aja belum bisa, gimana caranya bikin dimsum pakai daun kelor hehe..

    ReplyDelete
  9. Pengen hand blender yang multifungsi gitu. Praktis, nggak makan tempat buat nyimpen. Harganya berapa ya mbak?

    ReplyDelete
  10. Kenapa eh kenapa aku lebih ngiler sama choppernya hahaha.

    Masih penasaran belum ketemu langsung sama yg namanya daun kelor...

    ReplyDelete
  11. Ini sih perpaduan sempurna, dimsumnya bikin ngiler, hand blender-nya juga bikin mupeng, haha. Memang ya, alat yang memudahkan kayak gini bisa bikin jadi lebih semangat bikin-bikin, Keluarga makin happy deh karena dimasakin terus.

    ReplyDelete
  12. baru mau nanya kalau ga punya chopper gimana eh udah dikasih link untuk order, heheh. Kan jadi tergoda soalnya gampang banget buat dimsum sendiri dengan hand chopper ini.
    Eh trus selain kelor berarti bisa pakai daun-daun lain yah untuk siasati supaya anak mau makan sayur.

    ReplyDelete
  13. Aku belum terampil mainin kulit dimsum nih, ngelipetnya aja belum bisa, gak tahu deh bikinnya pinter juga enggak. Hiks. Pernah makan dimsum enak banget dan lembut dan jatuh kepingin bikinpun belum berani.

    Blender 4 in one ini keren banget. Dah lama kepingin choper dan teman-temannya supaya memudahkan aku untuk berkreasi di dapur. Semoga aku lekas punya nih, Handblender dari Idealife ini. Aaamiin

    ReplyDelete
  14. wah daun kelor ternyata bisa dibuat campuran dimsum ya mbak
    kemarin aku baru saja dibuatin ibu mertuaku sayur daun kelor, masih ada daunnya.
    coba praktik buat dimsum juga ah

    ReplyDelete
  15. Kalau udah biasa bikin kreasi masakanan, bahan sederhana kayak daun kelor, bisa dimanfaatkan buat dimsum juga. Enggak kepikiran deh bagi saya. Hihihi.

    Dan aku naksir blendernya, itu cakep banget. Buat ngelumat udah pasti hasilnya bakalan lembut banget.

    ReplyDelete
  16. Ada tips gak gimana caranya supaya kulit pangsit gak nempel ke kukusan? Saya pernah bikin, tapi banyak yang nempel. Jadinya pada robek gitu

    ReplyDelete
  17. Kreatif banget sih bikin dimsum daun kelor, khasiatnya memang banyak ya daun ini..hand blender nya bikin rajin masak ya..

    ReplyDelete
  18. wah inovasi baru daun kelor. Mba sekalian dong resep kulit pangsitnya.. ada ga ya? Mau coba nih.. selama ini mau buat sayur daun kelor betawi doang nih

    ReplyDelete
  19. Keren banget sih idenya memadukan kelor dengan dimsum, ga pernah kepikiran klo aku hehehee.. Boleh juga nih kapan-kapan dicoba bikin, pasti unik ya rasanya.

    ReplyDelete
  20. Selalu kenyang kalau ke blog ini
    Kenyang resep
    Kenyang foto
    Dan kenyang membayangkan

    ReplyDelete
  21. Rajinnyaaa teteh akuu...
    Bisa bikin macem-macem dengan chopper praktis yaa, teh..
    Tuh yaa...kalau alat masak ada di tangan yang tepat itu...bisa jadi menu ajaib yang nikmaatt~

    ReplyDelete
  22. Duh aku ngiler mbak. Pingin banget bisa bebikinan kayak gini. Nunggu anak2 gede kali ya. Wkkka alasan banget aku. Daun kelornya jadi enak nih ga cuma dibening aja

    ReplyDelete
  23. Duh jadi ingin cobain bikin juga deh, nampak enak nih apalagi kalau cocolin ke saus kacang

    ReplyDelete
  24. Duh jadi ingin bikin dimsum ayam juga, cobain ah resepnya. Makasih mbak Hanna resepnya

    ReplyDelete
  25. enak kayaknya mumpung di sini ayam muraaaaah
    pengen utak atik reseppp

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.