Thursday, 9 May 2019

Resep Soto Ayam Maknyus

Ada yang suka soto?ayo angkat tangan, samaan dong kita. Sejak sering diajak suami sarapan soto kuali di daerah Batam Center, akhirnya mau nggak mau suka soto. Termasuk mulai kepo resep soto ayam yang rasanya maknyus. Apalagi setiap ke rumah bulek, sering banget diajak makan soto medan di deket Alun-alun Batam. Jadi, sejak itu mulai suka dan kepincut sama soto. Bisa ya?bisa banget hahaha.


Saya lupa, kapan tepatnya saya pertama kali masak soto. Kalau di Batam, kayaknya nggak deh karena kami sering makan diluar wkwkwk. Masaknya masih sering nyambel dan numis. Plus goreng ayam, sambelnya pakai sambel hasil beli lauk malam hari hahaha. Ya ampunnn.... Tapi, kayaknya mulai rajin masak itu waktu tinggal di Siak Riau. Termasuk pertama kali bikin soto sendiri, bumbu dan caranya hasil dari minta resep ibu lewat telpon setiap hari minggu.

Makin hari, mungkin karena sering banget incip soto ini itu dari satu warung ke warung lain. Akhirnya kami keseringan bikin soto bersantan alias tidak bening. Mungkin kalau di Jawa pada umumnya warna soto itu bening, beda lagi kalau incip soto medan, kuahnya bersantan dan yang khas itu ada perkedelnya. Hmmmm....

Nah, berbekal resep dari ibu, akhirnya saya sering bikin soto kuahnya pakai santan. Meskipun resep dari ibu ini sotonya kuah bening. Tapi suami lebih suka soto medan, yang berkuah santan gitu. Nah, berikut resep soto maknyus ala #hotwajan bukan wajan biasa.


SOTO AYAM
Bahan :
1 liter air
3 paha ayam
2 batang daun bawang, iris 1 cm
2 batang daun seledri, iris 1 cm
Gula, garam, merica dan kaldu bubuk secukupnya
3 siung bawang merah, iris, goreng setengah matang
Minyak goreng
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 batang sereh,geprek
3 cm jahe,geprek
1 bungkus santan 

Bahan pelengkap :
Ayam goreng suwir (paha ayam goreng) 
Tauge rebus
Kol, iris tipis
Kentang goreng
Irisan tomat
Jeruk nipis
Sambal kecap
Kerupuk

Bumbu halus (blender) :
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah kemiri
4 cm kunyit

Cara membuat :
Tumis bumbu, daun salam, jeruk, sereh, dan jahe sampai harum. Masukkan air, paha ayam tunggu sampai mendidih. Angkat paha ayam, masukan gula, garam, merica, kaldu bubuk, koreksi rasa. Masukkan santan, bawang merah goreng, daun bawang dan seledri, aduk rata. Jika sudah matang, angkat, hidangkan dengan bahan pelengkap.


Rasanya, hmmmmm.....tahan pemirsah, masih jam berapa nih hahaha....insya Allah maknyus tenan, resepnya mudah kok dan bumbunya komplit ada di rak dapur. Silahkan dicoba ya. Semoga bermanfaat...

Teman-teman, ada yang suka soto?

No comments:

Post a comment