Skip to main content

Hal Paling Sulit dalam Dunia Blogging

Hal Paling Sulit dalam Dunia BloggingSaya mulai ngeblog tahun 2009, itupun gara-gara iseng minta dibikinin blog sama teman. Berhubung saat itu saya sedang skripsi dan kok ya ndilalah dapet dosen pembimbing killer di Fakultas Psikologi. Udah terkenal banget deh killernya ini dosen. Sampai-sampai banyak yang males ngurusin skripsi gara-gara dapet dosen killer. Beruntungnya saya pejuang dosen killer, jadi setiap hari kerjaannya duduk manis di depan kantor dosen ini. Meskipun beliau nggak datang ke kantor selama 3 hari, saya tetap menunggu ya sampai jam 1 siang. Yaa, demi skripsi kelar dan cepet wisuda. 

Nah, karena sering zonk nggak ketemu dosen ini. Akhirnya hari-hari selama jadi pengangguran saya sering menghabiskan waktu di warnet (warung Internet) buat nyari materi dan bahan bacaan. Kalo lagi bosan baru deh nulis di blog. Waktu itu nulisnya banyak seputar curhat aja sih, dan akhirnya mendapatkan kenyamanan tersendiri dengan menulis di blog. Selesai wisuda langsung ngajar, dan hobi nulis di blog makin menjadi-jadi karena banyak bahan untuk ditulis di blog wkwkwk. Sudah pastilah, jadi Guru BK di sekolah swasta milik kampus bergengsi di Malang selalu banyak cerita dan kasus anak-anak selama di sekolah. 

Balik lagi, ngomongin soal dunia Blogging, nggak semuanya mulus-mulus aja. Makin kesini, ngeblog itu nggak sekedar nulis curhatan aja. Tapi banyak hal yang harus dipelajari dalam dunia yang mengasyikkan ini. Lalu, apa sih hal yang paling sulit dalam dunia Blogging?Yuk, simak curcolan saya dibawah ini.

Hal Paling Sulit dalam Dunia Blogging

Konsisten

Yup, sampai saat ini konsisten masih menduduki peringkat pertama. Terutama untuk urusan ngeblog. Mungkin kalau kita sekedar iseng, malas-malasan, ya ngaggur deh blognya. Rugilah bayar domain kalo blog nganggur, ye kan. Ngeblog itu butuh konsisten, minimal isilah satu atau dua artikel dalam satu bulan. Pernah satu masa saya males banget nulis blog, keasikan nggak nulis jadinya level malasnya sudah tinggi dan akut. Kayaknya pernah satu bulan nggak nulis sama sekali. Tersadar pas lihat TL Facebook, salah satu teman Blogger sejak awal ngeblog dan saling bewe sukarela, update postingan blog di Fb. Seketika saya tersadar, saya harus nulis!buang jauh-jauh sifat malas!. Nah, sejak saat itu saya tidak pernah lagi malas-malasan nulis di blog. Nyaman saja rasanya menulis di blog. Kayak ada yang kurang gitu kalo segari nggak nengok blog apalagi nulis. Semacam, ngeblog itu terapi.. Yang buat hidup lebih bahagia dan positif. 

Jadi, kalau mau konsisten ngeblog. Sering-sering silaturahmi, blogwalking, maka ide untuk menulis blog bakal muncul. Pasti ada aja sesuatu yang ingin ditulis. Ohya, satu lagi.. Kalo ada challenge ngeblog di group komunitas, ikut aja. Ini lumayan menantang dan bikin kita punya ide buat ngeblog. 

Baca juga Proses Kreatif Membuat Konten 

SEO dan Keyword 

Tau kan SEO? Kalau mau artikel kita di halaman utama, ada di deretan nomor satu di pencarian, atau mau banyak pengunjung. Kita harus dalami ilmu perSEOan hehehe. SEO ini gampang-gampang susah, tapi nggak ada salahnya kita belajar ilmu SEO. Sampai saat ini saya belum pernah ikutan kelas SEO, paling saya belajar otodidak dari berbagai blog teman-teman yang bahas tentang SEO. Atau lewat youtube, semoga ada kesempatan belajar SEO. 

Terus untuk urusan keyword atau kata kunci, ini juga susah-susah gampang. Kalo dulu nulis blog, ya nulis aja nggak perlu mikir ini itu. Tapi makin kesini nulis blog itu nggak hanya langsung nulis aja, sebelum nulis banyak yang harus dipikirkan. Harus cari keyword dulu, mikirin judul yang pas, yang sesuai dan lain sebagainya. Berat yes? Ribet tak? Wkwkwk... Ya begitulah, namanya juga ngeblog masa kini. Jadi banyak hal yang harus dipikirkan. Yah, setidaknya kalau kita berusaha dengan maksimal, ternyata usaha kita terbayar dengan banyaknya pengunjung. Pastinya bahagia kan? Ya, istilahnya nggak sia sia kita nulis ini.. Nggak sia sia kita sharing tentang ini. Ternyata banyak yang baca. Alhamdulillah, kalau bermanfaat. 

Mungkin dua hal inilah yang paling sulit bagi saya di dunia Blogging. Nggak ada cerita kalau ngeblognya datar-datar aja, harus ada tantangan tersendiri. Yaitu menaklukkan dua hal diatas. Semoga tahun ini ngeblognya makin berkah, makin konsisten ngeblog, dan bisa dapat kesempatan belajar ilmu SEO dengan Pakar nya, aamiin. 

Comments

  1. Sejak resign dr kantor, aku jd LBH bisa konsisten sih update blog. Kalo sblmnya, agak susah Krn hrs fokus Ama kerjaan kantor :D.

    Tapi memang ga gampang utk bisa konsisten di sini. Adaaaa aja yg bikin males utk nulis :). Bahannya ada, tp mood nulis ilang. Ato kebalikan. Makanya skr aku bikin jdwal utk update tulisan, supaya blog ttp rutin ditulis :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis