Skip to main content

Suka Terong? Berikut 5 Resep Olahan Terong yang Mudah dan Rasanya Maknyus


Ada yang suka terong?Nah, kali ini saya mau sharing 5 resep olahan terong yang mudah dan rasanya maknyus pastinya. Buat pecinta terong, setiap belanja pasti masuk dalam daftar belanja mingguan. Ya nggak sih mak's?. Yang saya tau, ada tiga jenis terong di pasaran. Terong ungu, terong hijau dan terong lalap yang bentuknya bulat warna hijau. 

Ketiganya saya suka, awalnya hanya tau terong yang panjang saja. Tapi sejak tinggal di Batam mulai tau kalau ada jenis terong lalap. Sampai akhirnya pindah ke Subang Jawa Barat, nah disinilah mulai kenal banget sama terong lalap. Orang Sunda itu sukanya yang mentah-mentah, termasuk terong lalap. Hampir setiap masuk ke rumah makan (selain warung padang) di meja selalu tersedia aneka lalapan, mulai dari kacang panjang sampai terong lalap. 

Terong ini termasuk sayur (yang berbuah) yang mudah sekali diolah. Mulai di goreng saja, dipenyet sama sambel sampai diolah jadi sayur lodeh. Semua nikmat, rasanya bener-bener enak dan maknyus.

Nah, buat yang belum familiar atau belum pernah nyoba masak terong. Yuk, dicoba.. Berikut 5 resep olahan terong yang mudah dan rasanya maknyus. 


1. Jangan Pedes Iwak Pindang 
Tau Anita Joyo? Yang belum tau, wajib mampir ke instagramnya @anitajoyo. Dari dulu bolak balik ke ig nya mbk Nita lihat resep ini terus tapi nggak juga dieksekusi. Akhirnya saya eksekusi juga. Rada nyesel, kenapa baru sekarang praktekin resepnya. Enak banget lhoo. Ternyata sayur pedes macam lodeh gini dikasih terasi itu rasanya tambah enak banget.. Harumnya beda, khas.. Dan, pastinya ini sayur nginep dong.. Hahaha karena kalo jadi blendrang (sayur kemarin yang nginep) itu rasanya makin jossss. Sayang banget nasi tiwulku habis hohoho.

Jangan Pedes
Resep @anitajoyo
Modifikasi @hm_zwan

Bahan :
1/2 bungkus tempe, potong dadu,goreng setengah matang
2 kotak tahu, potong dadu,goreng setengah matang
1 ikat kacang panjang, potong 3 cm
1 buah terong ijo, potong dadu 
3 cabe hijau,potong serong
2 cabe merah, potong serong 
1 tomat ijo, iris iris
2 papan pete
6 ikan pindang,potong jadi 2,goreng setengah matang
5 cabe rawit utuh
3 gelas air
1 kotak santan kara
2 daun salam
4 daun jeruk
4 cm lengkuas, geprek
Gula, himsalt, kaldu jamur

Bumbu halus :
8 bawang merah
6 bawang putih
10 cabe rawit
1 ruas kencur
3 cm kunyit
1 sdt ketumbar 
1 sdt terasi 

Cara membuat :
Tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan  daun salam, jeruk, lengkuas. 
Tuang air, masukkan terong, kacang panjang, tutup. 
Tambahkan gula, himsalt, kaldu jamur, dan ikan pindang, koreksi rasa. 
Tuang santan, biarkan mendidih sesekali di aduk. 
Jika sudah matang, angkat, sajikan.



2. Tumis Terong Pedas Manis
Salah satu menu andalan yang sering banget saya bikin saat PSBB adalah olahan terong, salah satunya ditumis pedas manis. Sejak di rumah aja, makin kesini hawa masak menurun, kurang piknik banget. Jadi obat paling mujarab masak yang simpel-simpel dan praktis. Bikin terong tempe penyet aja udah berasa makan di warung penyet ahaha. Receh banget bahagianya emak..

Bosen dipenyet, biasanya terong saya balado. Nah, yang ini versi tumis pedas manis. Sudah jelas boros nasi pemirsah, tapi habis kalap terbitlah nyuci seember, nyapu, ngepel... Lunas buang kalorinya wkwkwk. Jadi nggak ngerasa bersalah banget sama badan, dudududu. 

Tumis Terong Pedas Manis
By @hm_zwan
Bahan :
1 buah terong ijo, iris memanjang, goreng
1 sendok sayur air
Gula, garam, lada, kaldu bubuk secukupnya
2 sdm kecap manis
1 sendok sayur minyak goreng

Bumbu tumis (iris itipis) :
6 bawang merah
2 bawang putih
1 buah tomat
5 cabe rawit

Cara membuat :
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu iris sampai harum, masukkan air, gula, garam, lada dan kaldu bubuk secukupnya. Masukkan terong hijau, aduk sampai bumbu meresap, angkat, sajikan.


3. Sambel Terong Kukus
Pernah bikin sambel terong kukus? Ini ide resep dari suami, di rumah ibu mertua sering bikin menu ini. Pas saya coba pertama kali, ternyata enak juga ya terong lalap dikukus terus dipenyet. Ini pake terong lalap, dikukus bentar, diuleg jadi satu sama sambel blelek. Sambel blelek? Resepnya ada dibawah ya.. Soal rasa, mohon maap nih... Boros nasi buibu wkwkwk. 

Sambel Terong Kukus
By @hm_zwan
Bahan :
5 bawang merah
3 bawang putih
8 cabe rawit
Gula dan garam secukupnya
4 buah terong bulat, kukus 5 menit

Cara membuat :
Goreng bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit. Uleg, masukkan gula dan garam secukupnya,uleg sampai rata. Ambil terong, belah jadi 2,penyet terong sampai tercampur dengan sambal. Hidangkan.


4. Tumis Terong Tauco
Ada yang suka tauco? Kalau boleh jujur, selain di Siak Riau, ilmu perdapuran saya bertambah ketika tinggal di Subang Jawa Barat. Termasuk tau bumbu tauco, rasa tauco dan bentuk tauco itu sendiri. Di Subang, setiap penjual sayur selain selalu bawa oncom, juga bawa tauco. Segala macam menu tauco diajari sama ibu-ibu genk pembeli sayur, wkwkwk. Salah satunya ya menu ini, tumis terong tauco. Cobain deh, maknyusss. 

Tumis Terong Tauco
By @hm_zwan

Bahan :
1 buah terong ijo, iris tipis
1 kotak tahu, potong dadu, goreng setengah matang
1 kotak tempe, poting dadu, goreng setengah matang
2 sdm tauco
Gula, garam, lada, kaldu jamur secukupnya
2 sdm minyak goreng
2 sdm kecap manis
Air secukupnya 

Bumbu iris :
4 bawang merah
2 bawang putih
3 cabe hijau
4 cabe rawit

Cara membuat :
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu iris sampai harum. Masukkan terong,gula, garam, kaldu jamur, lada secukupnya. Masukkan tahu, tempe, tauco dan air, aduk rata. Koreksi rasa, jika air sudah surut (nyemek nyemek), angkat, sajikan.


5. Terong Penyet
Salah satu menu saat malas adalah goreng tempe, terong, bikin sambel. Jadilah tempe terong penyet, wkwkwk. Soal rasa, udahlah...nggak perlu dibahas, karena boros nasi banget ini mah ahahaha. 

Terong penyet
By @hm_zwan 

Bahan :
4 iris tempe goreng
1 buah terong, iris tipis, goreng 
5 bawang merah 
1 bawang putih 
1 buah tomat, uk kecil
2 cabe merah besar 
5 cabe rawit 
Gula, garam secukupnya 
Minyak goreng 

Cara membuat :
Goreng bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawi dan tomat sampa layu. Uleg, masukkan gula dan garam secukupnya. Penyet terong dan tempe, hidangkan. 

Gimana, mudah kan resepnya? Rasanya udah pasti maknyus banget. 
Buat yang belum pernah masak terong, 5 resep olahan terong yang mudah dan rasanya maknyus diatas bisa jadi ide menu harian untuk keluarga di rumah. Selain harga terong yang relatif murah, terong juga bisa diolah menjadi menu masakan yang enak lho. 
Semoga bermanfaat.. 

Teman-teman, ada yang suka terong? Biasanya dimasak apa? Ayo dong sharing.. 

Comments

  1. Terong lalap emang enak mba, di kukus doang langsung cocol sambal terasi memang bisa bikin boros nasi. Pemilihan terongnya harus teliti karena kadang ada terong yang udah tua dan rasanya jadi kurang nikmat.

    ReplyDelete
  2. Baca ini jadi inget penyetan di jogja jaman ngekost dulu, ada yang super enak sambelnya + goreng terong aja, duhhhh...

    Btw saya demen banget juga mantengin ig mbak anita, kayaknya madak cemplang cemplung hasilnya bikin ngiler terus 😁

    ReplyDelete
  3. Terong penyet mailaaaafff!
    Aku suka segala macam olahan terong, dan yg paling epic ofkorsss terong penyeeett
    Endolitaaa, murah dan bergizi yak

    ReplyDelete
  4. Aku paling suka terong tumis atau balado, disambel penyet, sama digoreng tepung. Cuma kalau goreng tuh kudu langsung dimakan. Kalau terong lalap belum pernah makan

    ReplyDelete
  5. Aku ya sering liat-liat akunnya Mb Anita Joyo ini. Menarik semua masakan yang dia buat ya. Telateeenn banget bikin step by step masak gitu.

    Klo terong aku suka banget dibikin balado dan bumbu rujak. Maknyuuss... tapi klo pas malesnya kumat yawda digoreng aja, sama tempe dan tahu, buatin sambel.

    ReplyDelete
  6. Aku doyan tumis terong pedas loh. Kadang ditambahin teri belah dan cabe ijo gede2 plus rawit orens. Terong memang gampang dibuatnya kok dan bisa dimodifikasi dengan aneka bahan masakan lainnya. Aku suka semua resep terong yang mbak tulis hihihi :)

    ReplyDelete
  7. Bener banget, terong tuh harganya murah tapi rasanya maknyus. Aku juga suka ketiga jenis terong itu, Mbak. Dan olahan terongnya mirip-mirip juga yang biasa aku masak. Cuma yang bumbu tauco nih belum kucoba. Soalnya di tempatku gak ada tauco :)

    ReplyDelete
  8. Kebetulan saya lagi belajar masak.
    Pengen save ah resep2 terong ini.
    Semoga besok2 bisa bikin juga.

    ReplyDelete
  9. sayangnya di rumah cuma saya yang suka terong, kalo si kaka mau cuma disambel dan terung ungu saja mba

    ReplyDelete
  10. Boleh juga ya itu terong tauconya. Jadi ide buat masak terong nih. Soalnya selama ini kan cuma terong balado, ditumis kecap dan cabe ijo doang. sip sip sip

    ReplyDelete
  11. Wah, langsung aku simpan nih Mak resep-resepnya biar bisa dicobain besok, jadi ngiler pengen makan terong...makasih banyak untuk idenya...

    ReplyDelete
  12. Aku paling pol bikin terong penyet dan terong balado...eh satu lagi lodeh terong.
    Jadi penasaran pengin coba Jangan Pedes Iwak Pindang. Wah...enak tenan itu. Ibuku dulu masak mirip ini, tapi aku belum pernah bikin sendiri..Jadi ingat. Segera eksekusi ajaaa

    ReplyDelete
  13. Aku pun suka terong. Biasanya aku tumis, di semur atau dimasak balado. Hm..sedap deh. Baca ini jadi pengin nyobain sambel terong kukus.. :)

    ReplyDelete
  14. Itu yang dibuat penyet bikin kemeceerr. Hihihi. Ibuku paling suka dibikin balado, Mbak. Cuma serumah yang makan ya cuma Ibu. Karena beliau dowang yang doyan. Hahaha.

    ReplyDelete
  15. Saya penyuka terong. Seringnya cm digoreng tepung dan dicocol dsambel. Ini sepertinya yg sambel terong enak juga. Nyobain ah.

    ReplyDelete
  16. Ternyata banyak juga ya variasi menu berbahan terong, selama ini saya cuma dibikin balado, sayur asem, sama lodeh aja...

    ReplyDelete
  17. Dudududu...lihat resep terong langsung ingat kalau di.kulkasku sudah raib terongnya. Tadi siang dimasak jadi sayur asem

    ReplyDelete
  18. Di rumah doyan banget terong, sampe nanem berbagai jenis terong jadi kalo pengen masak ya tinggal metik aja hehe

    ReplyDelete
  19. aku suka banget sama terong karena terong itu emang enak dan harganya terjangkau juga jadi bisa dibuat kreasi makanan apa aja

    ReplyDelete
  20. Aku kaget pas baca namanya nomor 1 itu mba. Kok namanya jangan? Oalah.. Ternyata sejenis 'Gangan' gitu. Kami orang kalimantam biasa nyebut 'gangan' untuk sayur yg berkuah begini. Hihi

    ReplyDelete
  21. aku paling sering ditumis dan juga di sambal balado mba. Tapi goreng krispy juga enaak banget lho

    ReplyDelete
  22. Sebenarnya bumbu dasarnya sama ya, kak...
    Aku suka banget sama terong, tapi baru tahu kalau bisa dimasak macem-macem. Hehhe...selama ini aku masaknya baladooo aja.

    Mauuuu ikuutt masak ragam terong.

    ReplyDelete
  23. Suka bangeett. Biasanya dilodeh atau ya dipenyet gtu aja :D
    Duh jd laper aku malam2 baca resep2nya. Pengen eksekusi yang Jangan Pedes Iwak Pindang itu nyaam :D

    ReplyDelete
  24. kemecerrrrr aku liatnya, yg penyet ituuu. Kalo suami ni suka banget sama terong, tapi kalau dibikin jangan dia nggak suka haha.

    Paling favorit dibikin terong balado, habis seketika.

    ReplyDelete
  25. Aku suka terong
    Mau coba nih semua resepnya
    Lain kali resep pare ya Mbak

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say