Pages

Thursday, 24 October 2019

5 Resep Olahan Udang, Maknyuss!

Sahabat HM Zwan, ada yang suka udang?kali ini saya mau share 5 resep olahan udang yang rasanya maknyus banget. Siapa sih yang nggak suka udang, seafood satu ini lumayan ada beberapa macamnya. Mulai dari yang ukuran mini sekali sampai besarnya nggak nguati. Tapi yang paling saya suka itu udang yang ukurannya sedang, sekali hap atau 2 kali hap haha 

Seminggu sekali biasanya saya belanja ke pasar, untuk keperluan masak selama kurang lebih satu minggu. Mulai dari sayur mayur, ikan, seafood, buah sampai ayam. Yang nggak ketinggalan biasanya udang, selalu beli stok udang. Nggak perlu beli banyak, cukup beli 300gr, itupun kadang langsung habis, kadang bisa jadi 3 kali masak.


Nah, kali ini saya mau share 5 Resep olahan udang. Mulai dari yang resep gitu aja sampai resep yang mungkin rada aneh ya, misalnya udang di mix sama terong. Penasaran kannnn?? Yuk ah, cus kita Intip resepnyaa..

Baca juga Kumpulan Resep Smoothie 

1. Tumis Udang Tahu Pedas
Ide bikin resep ini gara-gara pernah iw, instagram walking ke ig nya mbk Endang JTT, waktu itu sekilas aja baca judulnya. Lupa nggak ngesave, pokoknya lihat fotonya aja. Nah, pas lagi mau masak saya buka kulkas, ada bahan ini itu. Terlintas fot dan judul resepnya mbk Endang. Akhirnya eksekusi deh, berhubung pas bikin ini stok ikan di kulkas masih ada 3 potong ayam, akhirnya saya tambahan satu potong ayam bagian dada, biar banyak hahaha. Resepnya pake Bismillah hahaha. Pakai bumbu seperti biasa, dan jadilah... Alhamdulillah, Enakkkk!!!


By : @hm_zwan
Bahan :
100 gr udang uk besar, bersihkan
1 kotak tahu, potong dadu, goreng setengah matang
1 potong ayam, potong dadu
1 lonjor pete
Gula, himsalt, merica, kaldu jamur secukupnya
2 sdm saos tiram
1 sdm minyak wijen
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 gelas air

Bumbu iris :
6 bawang merah
4 bawang putih
2 cabe merah besar
8 cabe rawit
1 buah tomat merah

Cara membuat :
Tumis bumbu iris, daun salam, daun jeruk dan pete sampai harum. Masukkan ayam, udang, tahu, air. Tambahkan gula, himsalt, merica, kaldu jamur secukupnya. Masukkan saos tiram dan minyak wijen. Tutup. Jika sudah matang, angkat, sajikan.

2. Sambal Udang
Kalau ini sih andalan banget dari zaman awal - awal nikah dulu,di Batam itu surganya seafood. Yaiyalahhh deket laut... Jadi kalo ke pasar seringnya beli ikan sama udang, seger seger banget ikannya, seafoodnya. Bikin ini selalu boros nasi, wkwkwk.


By : @hm_zwan
Bahan :
300 gr udang, bersihkan
Gula, himsalt, kaldu jamur secukupnya
Merica secukupnya

Bumbu uleg :
8 bawang merah
5 bawang putih
5 cabe merah besar
10 cabe rawit
1 buah tomat

Cara membuat :
Tumis bumbu uleg, masukkan udang, gula, himsalt, merica, kaldu jamur secukupnya. Jika sudah matang, angkat sajikan.

Baca juga Resep Mudah dan Enak Bistik Daging 

3. Nasi Goreng Kunyit Udang
Kalau ini idenya datang waktu ada challenge #wajanngebut. Saat itu temannya Udang, sebelum Deadline sehari masih bingung mau masak apa. Eh, pas hari H pagi-pagi dapet ide gitu aja pingin bikin nasi goreng kunyit, awalnya mau bikin nadi goreng kemangi tapi nggak punya kemangi. Pas lihat rak bumbu kok langsung aja mau bikin nasi goreng kunyit hehe. Enak banget lho ini... Cobain ya.


By : @hm_zwan
Bahan :
Semangkok nasi
6 buah udang
Kol secukupnya
Merica, himsalt, kaldu bubuk secukupnya
1 sdm margarin

Bumbu uleg :
4 bawang merah
1 siung bawang putih
5 cabe rawit
2 cm kunyit

Cara membuat :
Panaskan margarin, tumis bumbu sampai harum. Masukkan udang, kol, nasi, merica, himsalt dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk rata, koreksi rasa. Jika sudah matang, angkat, sajikan.

4. Tumis Terong Seafood
Gimana rasanya masak terong dmix sama seafood? Hmmm... Aneh pastinya. Tapi kalo udah jadi, ini bikin boros nasi lho wkwkwk. Enak banget ternyata!!! Ide bikin ini gara-gara pernah lihat sekilas di instagram, lagi-lagi lihat fotonya sekilas nggak saya klik hahaha. Pas lagi buka kulkas mulai bingung, ada kerang enaknya dimasak apa yaaa... Lihat dkolong bawah kulkas ada terong, wah... Inget foto di instagram wkwkwk. Langsung deh eksekusi. Bumbu-bumbunya atas nama Bismillah, pake feeling, dan pastinya harus pedas. Ugh, serius makkk... Maknyus tenan!!!


By : @hm_zwan
Bahan :
250 gr kerang, bersihkan
6 ekor udang, bersihkan
8 terong bulat, potong jadi 4
1 lonjor pete
2 daun jeruk
1 daun salam
Himsalt, gula, merica secukupnya
2 sdm saos tiram
1 gelas air
Kecap manis secukupnya
Minyak goreng

Bumbu tumis (iris) :
1 bawang bombai kecil
4 bawang putih
1 batang daun bawang
1 cabe merah
10 cabe rawit
3 cm jahe, geprek
1 tomat

Cara membuat :
Tumis bumbu sampai harum, masukkan pete, kerang, udang, air. Tambahkan daun salam, jeruk, himsalt, gula, merica, saos tiram secukupnya. Masukkan terong, tutup. Tambahkan kecap manis, aduk. Jika air surut, matikan api, angkat, sajikan.

5. Udang Kepal
Ini baru aja bikin kemarin, gara-gara bingung mau masak menu apa buat Aqla haha. Lihat freezer ada kentang frozen oleh-oleh dari mbk Dwi Puspita pas main ke rumah. Kepikiran bikin perkedel tapi takut Aqla nggak mau, pas lihat udang mau bikin udang tepung, tapi takut Aqla bosen. Lha kok kepikiran bikin perkedel tapi versi yang berbeda. Terus eksekusi deh, jadinya udang kepal hahaha. Dicocol pake saos, manstap mak.. Incip sat gpplah.. Bonus buat yang masak wkwkwk.

Pas lagi foto udang kepal, tiba-tiba Aqla mendekat, duh.... Rusuh nih wkwkwk. Ternyata dia duduk depan piring udang kepal, terus ngelihatin si udang, main comot langsung dimakan. Alhamdulillah dia suka mak...... Yeayyy


By : @hm_zwan
Bahan :
200 gr kentang frozen
5 ekor udang ukuran sedang, buang cangkangnya
5 bawang merah
2 bawang putih Gula, himsalt, kaldu jamur secukupnya Sedikit daun bawang dan seledri

Adonan pelapis :
1 butir telur+sedikit himsalt
3 sdm terigu+kaldu jamur 

Cara membuat :
Goreng kentang, bawang merah dan putih setengah matang. Haluskan dengan ulekan, beri gula, himsalt, kaldu jamur dan daun bawang seledri. Aduk,sisihkan. Diwadah terpisah, campur terigu dan kaldu jamur, sisihkan. Kocok telur dan himsalt, sisihkan. Ambil adonan kentang, pipihkan,ambil udang, kepal-kepal sampai berbentuk bulat. Panaskan minyak goreng. Masukkan ke dalam telur, guling-gulingkan ke adonan tepung, goreng sampai coklat keemasan. Angkat, sajikan.

Gimana mak, lumayan kan koleksi resep rumahan berbahan dasar udang. Biasanya habis masak, saya tulis judul resepnya di buku. Buat apa?? Buat kalau suatu waktu mentok mau masak apa, terus lihat buku, lumayan terbantu banget lho hehehe. 5 Resep olahan udang yang rasanya maknyus tenan ini bisa jadi alternatif resep ketika para emak lagi bingung mau ngolah udang jadi menu apa lagi ya. Cobain deh mak, enak enak banget ini..
Semoga bermanfaat..
Teman-teman, punya andalan resep berbahan udang? Ayo dong sharing..

32 comments:

  1. Olahan udang memang salah satu makanan yang sangat digemari oleh banyak orang ya Mbak.

    ReplyDelete
  2. Udang nih memang cocok ya Mbak diolah menjadi makanan apa saja, selalu saja enak heheh.

    ReplyDelete
  3. Wah, terimakasih banyak informasi tentang resep olahan udangnya pasti akan sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. Jadi ingin masak udang juga deh, besok langsung cus ke pasar beli udang heheh.

    ReplyDelete
  5. Kadang suka kasihan sama anak yang alergi sama udang, jadi gak bisa ngerasain enaknya udang sekaligus manfaatnya.

    ReplyDelete
  6. Ingin ikut nyobain masak udang kepal yang krispi juga heheh, kelihatannya saja sudah enak banget Mbak.

    ReplyDelete
  7. Mbaaaa dirimu udah waktunya bikin BUKU RESEP MASAKAN lhoo.
    Coba deh, ajukan kerjasama dgn penerbit
    InsyaAllah laris manis tanjung kimpuuull
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  8. Aduuuuh tegganya teganya teganyaaaa itu udang seafood dengan aneka olahan pagi pagi udah mampir di berandaku!

    udang itu favorit banget ama anak anak, jadi kalo liat ini langsung ngeces

    ReplyDelete
  9. aduh--aduh...udang itu enak banget sih apalagi yang gede, hmmm boleh juga tuh dicoba bikin nasi kunyit, karena ku suka rasa rempah...

    ReplyDelete
  10. Aku paling sering bikin Sambal Udang karena memang pecinta pedas. Tapi kalau lihat Udang kepal, jadi mau coba buat juga deh. Cocol saos enak tuh

    ReplyDelete
  11. Selama ini cuma bisa bikin Udang Goreng Tepung doang. Melihat ini menambah hasrat pengen cepet pulang dan praktekin satu satu biar yang makan ga bosen tepungan muluuu.

    Btw mbak, masih tinggal di Batam?
    Ku dulu menghabiskan waktu sama SMA disanaa dan masih suka bolak balik ke Batam jugaa :D

    ReplyDelete
  12. Jadi pengen nyobain bikin sambel udang :9

    ReplyDelete
  13. pinisirin sama udang kepalnya...meski pas baca otak lgsg ngelink ke es kepal milp hahaa. btw himsalt itu garam apa sih mbak?

    ReplyDelete
  14. Bookmarked! Hehehehe. Saya pecinta udang nih, Mak. Dulu pernah kerja di restoran seafood bahagia banget sering makan udang enak-enak. Sesudah resign sedih jadi jarang makan udang karena saya gak bisa masak tadinya wkwkwkwk. Dari 5 menu ini paling pengin banget nyoba bikin nasi goreng kunyit udang, nih. Makasih ya resepnya :*

    ReplyDelete
  15. Favorit banget itu udang kepal. Makan sama nasi oke, dicemil aja juga nikmat.

    ReplyDelete
  16. Udang itu dibikin apa aja enak ya mbak, aku paling suka bikin sambel udang. Resep dari bapakku dulu,namanya sambel raden, hahahaa. Kalo favorit anak-anak tuh udang krispi

    ReplyDelete
  17. telat baca ini, haha. kemarin punya banyak stok udang. karena saya mager, cuma digoreng tepung sama ditumis bareng kacang panjang pakai saos bulgogi. wkwkwk

    ReplyDelete
  18. Noted, saya contek ah resepnya. Suka bingung mau ngolah udang diapakan lagi soalnya kalau digoreng terus bosan.

    ReplyDelete
  19. yawlaaa kok serba udang beginih. kan eike doyang banget. suka semuanyah :D
    kalo anaku yg bungsu paling demen yg terakhir, si udang kepal gendud yg digoreng

    ReplyDelete
  20. Segalanya tentang udang pasti nendang!
    Hahaha.
    Aku suka semuanya.
    Ini jodohnya, nasi pulen hangat, dinikmati bareng kesayangan!
    :)

    ReplyDelete
  21. Wah penasaran dengan udang kepal, nampak enak perpaduan kentang dan udangnya..mau coba ah terima kasih saay..

    ReplyDelete
  22. Tandaiin dulu ah resepnya, siapa tau minggu depan mood masakku membaik. Bisa juga nih dipraktekan di rumah untuk sajian keluarga, pas kemarin beli udang juga tapi belum ku sentuh.

    ReplyDelete
  23. Makasi banyak lho mba buat aneka resep olahan udang yang maknyuss inih, duh udang my love banget nih, apalagi kalo ditumis sambal balado yang pedes, aku doyan banget, dibakar juga endeus, digoreng garing pun sama

    ReplyDelete
  24. Enak semua!!! Jadi kapan kita bancakan udang?? Digoreng biasa aja enak, gmn kalau dibumbui rempah jawa gini. Tambah sedeeeeep

    ReplyDelete
  25. Duh salah aku bacanya pas malam hahaha. AKu kalau udang biasanya aku goreng aja kalau gak aku jadikan campuran tumis kangkung. RZesep2nya boleh juga mbak, izin save ya moga kapan2 bisa kupraktikkan TFS :D

    ReplyDelete
  26. resepnya enak-enak semua mbak, kalau saya seringnya udang dibakar madu lemon, suami sampai nyesepin bumbunya hehehe. kalau anak lanang suka udang crispy.

    ReplyDelete
  27. Yang paling sering dibuat no 2 mba,,, praktis soalnya klo resep yg lain Blum pernah,, next mesti ini soalnya udang favorite bngt

    ReplyDelete
  28. Aku juga suka banget udang kak tp semenjak hamil aku batasin soalnya baca artikel katanya lbh baik dikurangi, btw makasih resepnya noted nih 😊

    ReplyDelete
  29. Kalau urusan masakan memang mba HM Zwan jagonya hehe
    Yuk Mba aku tunggu di Kertosono nih
    Mau dibuatin kudapan lezat

    ReplyDelete
  30. wah pengen coba sambal udang dan udang kepal, keliatan enak :D makasih resepnya ya kak!

    ReplyDelete
  31. Mau nyoba ah yang udang kepalnya. Gampang lagi ya bikinnya. Sekarang agak susah nih nyari udang segar

    ReplyDelete
  32. Tumis udang pedasnya menggoda banget, Mbak....saya sukaa banget oalahan udang meski kadang alergi muncul. Suka muncul urtikaria kalau nggak fit atau udangnya nggak segar.. :(

    ReplyDelete